Zaman Mesozoikum: Pengertian, Pembagian, Ciri-ciri, Kepunahan, Peninggalan

Zaman Mesozoikum

Zaman di mana dinosaurus meraja lela dan menguasai kehidupan di bumi disebut dengan zaman mesozoikum. Zaman ini juga disebut dengan zaman reptil karena banyaknya jenis reptil yang berkembang pesat.

Masa atau periode zaman mesozoikum berlangsung kira-kira sejak 252 tahun yang lalu dan berakhir pada 65 tahun lalu. Berakhirnya masa ini diperkirakan dikarenakan adanya benturan meteorit yang jatuh ke bumi dan menyebabkan kebakaran.

Kira-kira apa saja spesies dinosaurus yang hidup pada zaman ini? Selengkapnya simak penjelasan di bawah ini.

Zaman Mesozoikum Disebut Juga Dengan Zaman Reptil

Ya, zaman mesozoikum disebut sebagai zaman reptil karena pada masa inilah mulai berkembang pesat reptil berukuran besar atau reptil raksasa. Hal ini juga dibuktikan oleh pernyataan ahli paleontologi yaitu Gideon Mantell.

Beliau menyatakan bahwa pada abad ke 19 memang didominasi oleh reptil seperti Megalosaurus, Iguanodon, Plesiosaurus, dan yang saat ini disebut Pseudosuchia.  

Pengertian Zaman Mesozoikum

Zaman Mesozoikum merupakan zaman kehidupan yang berkembang pada masa 252 hingga 66 juta tahun yang lalu. Pada zaman ini banyak berkembang hewan reptil khususnya dinosaurus dan banyak berkembang pula Amonit dan tumbuhan berbiji masa purba.

Setelah berjaya selama kurang lebih 186 juta tahun lamanya, di akhir zaman kapur terjadi kepunahan massal dan berakhirlah zaman mesozoikum.

Secara harfiah atau diambil dari bahasa Yunani, mesozoikum artinya kehidupan tengah. Kata awalan meso artinya antara dan zoon yang artinya hewan atau makhluk hidup.

Di bawah ini akan dibahas lebih lengkap mengenai zaman mesozoikum. Pembahasannya tentang pembagian zaman mesozoikum, ciri-ciri, peninggalan, flora dan fauna, serta akhir dari zaman ini.

3 Pembagian Zaman Mesozoikum

Zaman mesozoikum itu sendiri dibagi menjadi 3 masa dan akan dijelaskan satu per satu di bawah ini:

1. Zaman Trias (245 – 208 juta tahun lalu)

Zaman mesozoikum pertama kali diawali dengan zaman trias, di mana hewan-hewan reptil dan dinosaurus mulai bermunculan. Zaman Trias itu sendiri disebut juga dengan masa transisi antara peristiwa kepunahan perm-trias dan zaman Jura yang subur.

Sedangkan zaman Trias bisa dibilang paling gersang dan sunyi dalam sejarah kehidupan bumi. Pada zaman ini, benua Pangea bergerak menuju ke arah utara kemudian membentuk sebuah gurun di sana. Lapisan es yang ada di sisi selatan mulai mencair dan terbentuk celah-celah di Pangea.

Ekosistem di zaman ini sudah mulai pulih dan hewan reptil mulai berkembang menjadi lebih besar dan lebih besar lagi. Pada zaman trias ini semakin banyak amonit, gastropoda dan bivalvia. Ada pula sejenis reptilia yang mirip mamalia pemakan daging disebut cynodont.

Mamalia pertama juga bermunculan beserta reptilia air seperti kura-kura dan penyu. Reptil air seperti Ichthyosaurus dan Nothosaurus baru berkembang, sedangkan buaya kuno pertama mulai berevolusi. Berbeda lagi keadaan di darat, hutan pinus berkembang serta banyaknya nyamuk dan lalat buah.

2. Zaman Jura (208 – 145 juta tahun lalu)

Nah, pada zaman kedua di masa mesozoikum ini, dinosaurus mulai merajai kehidupan di daratan. Sedangkan lautan dikuasai oleh reptilia laut yaitu Plesiosaurus dan Ichthyosaurus.

Berbeda dengan kawasan udara yang dikuasai oleh Pterodactyl dan Pterosaurus. Kondisi alam pada zaman ini sangat berbeda dari zaman Trias yang kering, zaman Jura lebih lembap dan bersifat sangat tropis.

Pada zaman ini, benua Pangea sudah terbelah dan Amerika Utara terpisah dari Afrika. Sedangkan Amerika Selatan telah melepaskan diri dari Antartika dan Australia.

Di Indonesia, pernah ditemukan fosil dari gigi Ichthyosaurus di daerah pulau Seram yang dulu masih berupa lautan. Ichthyosaurus itu sendiri adalah sejenis reptil laut yang hidupnya pada zaman dinosaurus.

Pada zaman Jura ini, reptil berkembang sebagai kawanan besar sauropoda seperti Brachiosaurus dan Diplodocus serta predator lainnya seperti Allosaurus.

Burung pertama yang muncul di kehidupan ini adalah Archaeopteryx, banyak berkembang pula jenis buaya diikuti dengan Amonit dan Belemnit. Tumbuhan yang berkembang pada zaman ini yaitu Ginko, Benetit dan Sequoia serta konifer yang semakin banyak keberadaannya.

3. Zaman Kapur (145 – 65 juta tahun lalu)

Zaman ketiga atau yang terakhir dari zaman mesozoikum adalah zaman kapur dan masih berkembang pesat dinosaurus dan reptilia terbang. Di zaman ini, India sudah terlepas jauh dari Afrika dan bergerak menuju benua Asia.

Terjadi banyak perluasan jalur laut sehingga sauropoda mulai punah, kecuali di daerah Amerika Selatan. Banyaknya dangkalan pesisir yang tercipta juga menyebabkan Ichthyosaurus mengalami kepunahan.

Sebagai pengganti Ichthyosaurus, Mosasaurus mulai berevolusi menjadi puncak predator laut. Ada beberapa dinosaurus yang hidup berpindah-pindah dari pulau satu ke pulau lainnya seperti Eustreptospondylus.

Sedangkan dinosaurus yang bisa dibilang paling sukses kemudian menjadi Iguanodon dan menyebar ke seluruh benua. Di daerah dingin atau di kutub, terdapat dinosaurus bernama Leaellynasaura yang menghuni hutan kutub sepanjang tahun.

Pada zaman ini, mamalia dan tumbuhan berbunga semakin berkembang dan menjadi berbagai macam bentuk. Pada zaman ini juga mulai muncul mamalia yang memiliki plasenta. Iklim atau cuaca juga mulai muncul di zaman kapur atau akhir zaman mesozoikum ini.

Ciri-ciri Zaman Mesozoikum

Ada beberapa hal yang membedakan zaman mesozoikum dengan zaman lainya. Berikut ciri-ciri zaman mesozoikum:

  • Zaman mesozoikum ini berlangsung sekitar 150 hingga 65 juta tahun yang lalu
  • Zaman di mana dinosaurus berjaya, berkembang dan menguasai kehidupan di daratan, serta beberapa hewan besar/raksasa lainnya di lautan dan udara
  • Pada zaman ini mulai ada aktivitas tektonik, evolusi dan juga iklim
  • Pada zaman ini, iklim dan cuaca mulai stabil dari masa-masa sebelumnya
  • Zaman ini disebut-sebut sebagai zaman dasar dari kehidupan zaman modern selanjutnya
  • Di zaman ini benua-benua bergeser dan bergerak, ada yang terlepas atau terbelah dan ada pula yang menyatu dan berkumpul

Peninggalan Zaman Mesozoikum

Peninggalan pada zaman ini bukan berupa alat-alat purba, melainkan tulang belulang atau fosil hewan maupun tumbuhan. Zaman mesozoikum itu sendiri cukup panjang dan terbagi menjadi 3 zaman, sehingga pembahasan mengenai peninggalannya akan dijelaskan tiap periode zamannya.

Nah, beberapa peninggalan zaman mesozoikum atau zaman reptil akan dibawah lebih lengkap di bawah ini.

1. Peninggalan Zaman Mesozoikum Periode Zaman Trias

Zaman trias merupakan yang paling tua sehinga fosil yang ditemukan juga bersifat lebih tua daripada yang lainnya. Zaman ini merupakan periode pertama kehidupan reptil dan munculnya dinosaurus, peninggalan yang ditemukan antara lain:

  • Postosuchus, yaitu reptil yang memiliki peran sebagai predator dan memangsa makhluk lain yang lebih kecil
  • Pterosuchus, yaitu reptil yang hampir sama atau mirip dengan buaya serta hidup dan berkembang di awal periode Trias
  • Staurikosaurus, yaitu hewan karnivor namun berukuran kecil atau mini
  • Plateosaurus, yaitu hewan sejenis kadal yang memiliki bentuk leher panjang dan berukuran mini
  • Cynogathus, yaitu hewan mamalia pertama pada periode atau zaman Trias
  • Coelophysis, yaitu spesies dinosaurus yang pertama pada periode Trias

Sedangkan peninggalan dari jenis tumbuhan juga banyak ditemukan hingga saat ini seperti batu bara. Batu bara dipercaya sudah ada sejak zaman ini dan terbentuk akibat fosil tumbuhan yang membatu dan mengalami reaksi kimia.

Hal ini membuat batu bara bisa digunakan sebagai bahan bakar. Contoh lainnya seperti pakis dan cemara juga ditemukan pada masa atau zaman mesozoikum ini.

2. Peninggalan Zaman Mesozoikum Periode Zaman Jura

Zaman Jura merupakan zaman kejayaan dinosaurus, sehingga peninggalan yang ditemukan juga banyak dari tulang-belulang dinosaurus dan jenis reptil lainnya. berikut ini beberapa penemuan peninggalan zaman Jura, antara lain:

  • Allosaurus, yaitu predator yang sangat besar atau paling besar yang pernah hidup di zaman Jura
  • Diplodocus, yaitu dinosaurus raksasa dengan leher panjang yang tingginya bisa mencapai 30 meter
  • Stegosaurus, yaitu jenis dinosaurus darat yang memiliki kaki empat dan memiliki tulang belakang mirip seperti duri, mereka hidup mendominasi pada zaman ini
  • Archaeopteryx, yaitu dinosaurus jenis burung primitif yang bisa terbang dan menguasai udara pada masa itu
  • Plesiosaurus, yaitu dinosaurus yang hidup dan berkembang di dalam laut
  • Ichthyosaurus, yaitu dinosaurus laut yang bentuknya hampir sama atau menyerupai lumba-lumba

Untuk peninggalan fosil tumbuhan, banyak ditemukan jenis tumbuhan lumut, pohon cemara dan juga pakis. Hingga sekarang pun jenis tumbuhan tersebut banyak Kita jumpai.

Sedangkan tumbuhan primitif yang punah dan hanya tumbuh pada masa itu yaitu poho ginko, cheirolepidiaceae dan lain sebagainya.

3. Peninggalan Zaman Mesozoikum Periode Zaman Kapur

Pada akhir zaman mesozoikum ini, peninggalan yang ditemukan cukup banyak karena terjadinya kepunahan secara besar-besaran. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Tyranosaurus Rex, yaitu dinosaurus predator paling besar dan paling terkenal pada zaman ini serta menjadi temuan paling penting pada zaman mesozoikum
  • Velociraptor, yaitu dinosaurus predator yang memiliki ukuran sekitar dua meter
  • Triceraptops, yaitu dinosaurus herbivor yang besar atau raksasa
  • Pterosaurus, yaitu dinosaurus terbang yang berukuran besar
  • Dischocapites, yaitu sejenis kerang yang hidupnya berada di sungai
  • Tylosaurus, yaitu sejenis dinosaurus air

Flora dan Fauna pada Zaman Mesozoikum

Pada zaman mesozoikum, kondisi alam sedang dalam keadaan panas dan basah serta terdapat banyak jenis flora dan fauna yang tersebar. Pada masa pertumbuhan zaman mesozoikum, tumbuhan mulai berkembang dan bermunculan tumbuhan berdaun lebar. Sedangkan fauna yang muncul seperti ikan, amfibi, hewan melata atau reptil dan juga mamalia pertama.

Beberapa jenis fauna atau hewan yang ada di zaman ini antara lain Postosuchus, Pterosuchus, Staurikosaurus, Plateosaurus, Cynogathus, Coelophysis yang ditemukan pada zaman Trias.

Selain itu Allosaurus, Diplodocus, Stegosaurus, Archaeopteryx, Plesiosaurus, Ichthyosaurus, Tyranosaurus Rex, Velociraptor, Triceraptops, Pterosaurus, Dischocapites, dan Tylosaurus pada zaman Jura dan Kapur.

Sedangkan flora atau tumbuhan yang berkembang meliputi pakis, pohon cemara, tumbuhan lumut dan jenis lainnya. Tumbuhan pada zaman ini yaitu poho ginko, cheirolepidiaceae dan masih banyak lagi yang lainnya.

Akhir dari Zaman Mesozoikum

Sebagian dari kita pasti sudah tahu sejarah kelam kepunahan atau akhir dari zaman mesozoikum ini. Zaman terakhir pada masa ini yaitu zaman kapur dan saat itulah terjadi kepunahan besar-besaran akibat jatuhnya meteorit raksasa dan menimpa bumi.

Banyak yang menjelaskan tentang teori ini, disebutkan bahwa benturan dari meteorit tersebut menyebabkan panas dan kebakaran besar. Kebakaran ini menimbulkan asap dan awan tebal sehingga matahari terhalang masuk ke bumi dan terjadilah pendinginan global serta menipisnya oksigen.

Hal ini menyebabkan banyak hewan dan tumbuhan mati satu per satu termasuk dinosaurus dan hewan besar lainnya.

Pada akhirnya, kehidupan hewan besar/raksasa pada zaman mesozoikum berangsur punah. Hewan tersebut di antaranya seperti Dinosaurus, Pterosaurus, Ichthyosaurus, Plesiosaurus, kelompok binatang moluska seperti Amonit dan Belemnit, serta sebagian besar Brakiopoda.

Nah, itulah sejarah tentang zaman mesozoikum yang merupakan zaman sebelum kenozoikum. Masa mesozoikum identik dengan hewan besar atau raksasa seperti Dinosaurus dan lainnya.

One Reply to “Zaman Mesozoikum: Pengertian, Pembagian, Ciri-ciri, Kepunahan, Peninggalan”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.