Ukuran Lapangan Sepakbola Standar Nasional, Internasional FIFA PLUS Gambarnya

Bicara soal sepakbola tentu belum lengkap tanpa membicarakan lapangan sepakbola. FIFA selaku induk sepakbola internasional pun sudah menetapkan standar ukuran lapangan sepakbola. Umumnya lapangan sepakbola standar FIFA menggunakan rumput alami. Namun ada pula yang menggunakan rumput sintetis.

Tak hanya digunakan dalam pertandingan internasional, lapangan standar FIFA ini pun juga digunakan dalam pertandingan nasional. FIFA sendiri sudah memberikan patokan tentang kisaran lebar dan panjang lapangan sepakbola. Yakni dengan panjang mulai 90-120 meter dengan lebar 45-90 meter.

Gambar lapangan sepakbola beserta ukurannya

Gambar ukuran lapangan sepakbola

Seperti yang ada pada gambar di atas, bentuk lapangan sepakbola adalah persegi panjang. Pada lapangan tersebut terdapat sejumlah komponen sebagai berikut:

  • The touchline atau garis samping: 92-120 meter
  • The goal line atau garis gawang: 45-90 meter
  • Halfway line atau garis tengah: 45-90 meter
  • Center circle atau lingkaran tengah: 9,15 meter
  • Center spot atau titik tengah berada di tengah lapangan
  • Penalty box atau kotak pinalti: panjang 40,32 meter dan lebar 16,5 meter
  • Goal box atau kotak area gawang: Panjang 18,32 meter dan lebar 5,5 meter
  • Penalty spot atau titik pinalti: 11 meter
  • Penalty arc
  • Corner arc: 1 meter
  • Corner Flagpost: 1,5 meter

Biar lebih lengkap, berikut penjelasan mengenai komponen-komponen dalam lapangan sepakbola standar nasional, internasional FIFA tersebut:

1. The touchline (garis samping)

Merupakan garis tepi yang bentuknya memanjang di sisi lapangan. Panjang garis samping juga menunjukan ukuran panjang lapangan sepakbola. Umumnya panjang garis samping kisaran 92-120 meter.

Jika bola keluar garis ini, permainan akan dihentikan sementara. Permainan akan dilanjutkan lagi dengan lemparan kedalam menggunakan tangan.

Misalnya saja pada Stadion Utama Gelora Bung Karno. Panjang lapangannya sendiri sebesar 110 meter dengan lebar 70 meter. Hal lain bisa kita jumpai pada Stadion Old Trafford, markas Manchester United, Santiago Bernebu yang merupakan markas Real Madrid dimana panjang lapangannya sebesar 105 meter dengan lebar 68 meter.

2. The goal line (garis gawang)

Garis gawang merupakan garis yang letaknya sejajar dengan gawang. Garis ini juga menjadi patokan untuk mengukur lebar lapangan sepakbola. Ukuran garis gawang sendiri antara 45-90 meter.

Jika bola keluar melalui garis gawang dan dilakukan oleh pihak musuh, maka permainan akan dihentikan. Kemudian dimulai lagi dengan tendangan gawang.

Tetapi jika bola keluar dari garis gawang oleh anggota tim sendiri, permainan akan dihentikan dan dilanjutkan kembali dengan tendangan sudut atau corner kick oleh pihak lawan.

3. Halfway (garis tengah)

Garis tengah lapangan berukuran sama panjangnya dengan lebar lapangan/garis gawang, yakni antara 45-90 meter. Fungsi garis tengah lapangan untuk membagi area dua tim. Garis tengah juga bermanfaat untuk mengetahui posisi offside dalam pertandingan.

4. Center circle (lingkaran tengah)

Lingkaran tengah berada di tengah lapangan sepakbola. Llingkaran tengah sendiri digunakan untuk melakukan kick off tanda pertandingan dimulai. Lingkaran tengah sendiri memiliki radius 9,15 meter.

5. Center spot (titik tengah)

Center spot juga bisa dikatakan sebagai pusat dari lapangan. Titik ini juga menjadi tempat menaruh bola pada saat akan melakukan kick off di babak pertama maupun kedua. Kick off sendiri dapat dilakukan oleh 1 ataupun 2 pemain dan harus berada di area lingkaran pusat.

6. Penalty Box

Penalty box merupakan area kotak dekat gawang. Disarankan bagi pemain untuk tidak melakukan pelanggaran terhadap musuh yang menyerang di area kotak pinalti. Sebab jika pelanggaran terjadi di area kotak pinalti, maka akan terjadi tendangan pinalti yang besar kemungkinan menghasilkan gol.

Panjang area pinalti sendiri 40,32 meter dengan lebar 16,5 meter yang dihitung dari garis gawang.

7. Goal box (kotak area gawang)

Kotak area gawang ukurannya lebih kecil dari kotak pinalti. Panjangnya sendiri hanya 18,32 meter dengan lebar 5,5 meter yang dihitung dari garis gawang.

Kotak area gawang juga bisa dikatakan sebagai wilayah kekuasaan kiper. Misalnya jika kiper ingin menangkap bola tinggi di area ini dan mendapat gangguan dari pihak musuh, biasanya pertandingan akan dihentikan.

Kiper akan diberikan hadiah pelanggaran dengan tendangan bola mati ke arah pihak musuh.

8. Penalty spot (titik pinalti)

Titik pinalti merupakan titik yang ada tepat di depan tengah gawang. Jarak antara titik pinalti dengan garis gawang adalah 11 meter. Titik pinalti ini juga kerap disebut sebagai titik 12 pas.

Dinamakan titik 12 pas untuk menunjukan ukuran jarak titik pinalti dengan garis gawang yang diukur dalam satuan yard, yakni sebesar 12 yard atau 11 meter.

9. Penalty arc

Penalty arc merupakan area cekung berbentuk setengah lingkaran yang ada di belakang titik pinalti. Fungsi penalty arc sendiri sebagai pengatur jarak pemain dengan bola ketika terjadi tendangan pinalti. Maka pada saat pinalti, tidak ada pemain yang berjarak terlalu dekat dengan bola.

10. Corner arc

Corner arc merupakan area dengan bentuk seperempat lingkaran yang ada di masing-masing pojok lapangan. Area sudut ini digunakan untuk menaruh bola ketika terjadi tendangan pojok/penjuru. Radiusnya sendiri sebesar 1 meter.

11. Corner Flagpost

Di area corner arc pun terpasang bendera atau corner flagpost. Corner flagpost sendiri diletakan di masing-masing sudut corner arc lapangan sepakbola. Tinggi tiang untuk menancapkan benderanya bervariasi. Namun FIFA sendiri menetapkan untuk ukuran tingginya tidak boleh kurang dari 1,5 meter.

Sebagai tambahan, di lapangan sepakbola sendiri terdapat technical area. Technical area sendiri merupakan area dengan bentuk persegi panjang. Area tersebut berada di samping lapangan.

Fungsi area tersebut sebagai area untuk pelatih, staf tim, dan para pemain cadangan untuk memberikan instruksi, mengamati pertandingan, dan duduk bersiap-siap jikalau terjadi pergantian pemain.

Itulah kira-kira ukuran lapangan sepakbola standar nasional maupun internasional FIFA. Semoga bisa membantu kamu memahami lebih baik soal dunia sepakbola.