Ukuran Lapangan Futsal (Standar Nasional & Internasional) Beserta Gambarnya

Ukuran lapangan futsal berbeda dengan ukuran lapangan sepak bola. Padahal Futsal adalah bagian dari cabang olahraga sepak bola. Hanya saja dimainkan di lapangan dalam ruangan dengan ukuran lebih kecil.

Ukuran lapangan futsal memiliki standar internasional yang telah ditetapkan oleh International Federation de Football Association (FIFA) dan standar nasional. Induk olahraga futsal sama dengan induk olahraga sepak bola.

Ukuran Lapangan Futsal

Jika dalam permainan sepak bola, baik ukuran lapangan sepak bola standar nasional dengan internasional memiliki ukuran yang sama. Tetapi ukuran lapangan futsal tidak demikian. Antara standar nasional dan standar internasional memiliki perbedaan.

1. Ukuran lapangan futsal yang ditetapkan oleh FIFA

  • Panjang lapangan futsal standar internasional adalah 38 meter sampai 42 meter.
  • Lebar lapangan futsal standar internasional adalah 18 meter sampai 25 meter.

2. Ukuran Lapangan Futsal Nasional

  • Panjang lapangan futsal standar nasional adalah 25 meter sampai 42 meter.
  • Lebar lapangan futsal standar nasional adalah 15 meter sampai 25 meter.

Terlihat perbedaan ukuran lapangan futsal standar nasional dan internasional terletak pada bagian panjang dan lebar minimal. Sedang untuk panjang dan lebar maksimal keduanya sama.

Garis Tanda pada Lapangan Futsal

Di dalam lapangan futsal, ada beberapa garis yang menjadi artibut sekaligus penanda. Untuk lebih jelasnya, silakan perhatikan gambar di bawah ini:

  1. Lapangan futsal memiliki garis tengah yang membagi lapangan menjadi dua bagian sama besar.
  2. Terdapat dua garis pembatas lapangan, yaitu garis yang lebih panjang disebut garis samping atau touch line dan garis yang lebih pendek disebut garis gawang atau goal line.
  3. Lebar garis pembatas lapangan futsal adalah 8 sentimeter, dengan garis sentuh dibagian samping, garis gawang di ujung-ujung yang berhadapan, dan garis melintang yang berada ditengah lapangan.
  4. Terdapat titik tengah yang berada tepat ditengah-tengah lapangan. Garis melingkar yang terdapat ditengah lapangan dibuat dengan berpusat pada titik tengah lapangan, dengan jari-jari lingran 3 meter.

Tanda Lain pada Lapangan Futsal

1. Daerah Penalti pada Lapangan Futsal

Daerah penalti adalah daerah di depan gawang yang ditandai garis setengan lingkaran atau berbentuk busur. Pada daerah penalti ini terdapat ketentuan yang telah ditetapkan:

  • Dua garis seperempat lingkaran dengan jari-jari 6 meter di dalam lapangan dengan titip pusat tiang gawang.
  • Satu ujung seperempat lingkaran menempel di garis gawang. Ujung yang lainnya tepat berada di depan tiap tiang gawang dengan garis lurus 3,16 meter. Panjang garis lurus ini didapat dari jumlah lebar gawang dan diamater ketebalan dua buah tiang gawang yang masing-masing diameternya 8 sentimeter.

2. Titik Penalti Lapangan Futsal

Lapangan futsal memiliki dua titik penalti. Hal ini tidak akan kita temukan dalam lapangan sepak bola.

Dua titik penalti tersebut terdiri dari titik penalti berjarak 6 meter dari titik tengah antara kedua tiang gawang. Dan titik penalti berjarak 10 meter dari titik tengah antara kedua tiang gawang.

3. Daerah Tendangan Sudut Lapangan Futsal

Terdapat seperempat lingkaran dengan jari-jari 25 sentimeter di setiap sudut lapangan futsal. Tanda tersebut merupakan daerah tendangan sudut. Tendangan sudut di dapatkan pemain jika bola keluar atau melewati garis gawang.

4. Daerah Bebas Lapangan Futsal

Daerah bebas pada lapangan futsal terletak padalima meter di sekeliling garis tengah lapangan.

Ketentuan Saat Membuat Lapangan Futsal

Karena dalam membuat ukuran lapangan futsal ada lebar dan panjang minimal dan maksimal, maka setiap garis yang dibuat di dalam lapangan harus disesuaikan dengan ketentuan sebagai berikut:

  • Jika garis gawang antara 15 meter sampai 16 meter, maka radius seperempat lingkaran hanya diukur 4 meter. Dengan demikian titik pinalti berada pada jarak 6 meter dari titik tengah antara kedua tiang gawang.
  • Garis digambarkan diluar lapangan di luar lapangan dengan ukuran 5 meter serta pada sudut kanan dan kiri dari garis gawang, agar jarak inu dapat dicermati jika tendangan sudut dilakukan. Lebar garis ini adalah 8 sentimeter.
  • Terdapat dua garis tambahan dengan masing-masing jarak 5 meter pada kanan dan kiri titik penalti kedua yang digunakan untuk menggambarkan jarak pengamatan ketika tendangan bebas dilakukan dari titik penalti kedua.
  • Daerah pergantian pemain terdapat di belakang garis pembatas lapangan, tepat dismaping daerah bebas yang berada di depan meja pencatat waktu atau time keeper. Daerah pergantian pemain atau tempat duduk pemain ditandai dengan garis yang memiliki lebar 8 sentimeter dan panjang 80 sentimeter, 40 senti meter di dalam lapangan dan 40 sentimeter diluar lapangan.

Ukuran Gawang Futsal

Di dalam lapangan futsal ada dua gawang yang akan dilindungi masing-masing tim. Tujuanya mencegah gawangnya kemasukan bola dan memasukkan bola ke gawang lawan. Nah gawang ini memiliki ketentuan ukuran:

  • Gawang terdapat dibagian tengah masing-masing garis gawang.
  • Lebar gawang futsal adalah 3 meter, diukur dari dalam tiang.
  • Tinggi gawang futsal adalah 2 meter, diukur dari bagian dalam tiang palang atas gawang sampai lantai.
  • Dalam permainan futsal, penampang tiang yang diperbolehkan adalah berbentuk kotak dan bundar. Akan tetapi, lebih disarankan menggunakan penampang bundar karena lebih aman dan ketika terjadi benturan tiang bundar lebih menghasilkan arah yang akurat.
  • Jaring pada gawang futsal umumnya terbuat dari bahan rami, goni, atau nilon.
  • Bagian dalam gawang memiliki ukuran 80 sentimeter dibagian atas dan bagian bawah 100 sentimeter.

Jenis-jenis Lapangan Futsal

Ketika bermain futsal, kita akan melihat ada lapangan dari karpet dan ada dari rumput sintetis. Sebenarnya itu tidak masalah. Berikut beberapa jenis lapangan futsal yang umum kita temui:

1. Lantai Karpet dari Rumput Sintesis

Jenis lapangan ini sudah banyak beredar. Lapangan dengan rumput sintesis yang terbuat dari plastik. Sehingga pemain tidak akan sakit saat terjatuh. Lapangan dengan lantai karpet sintesis banyak digemari oleh pemain. Akan tetapi, sewa per jam untuk lapangan ini lebih mahal dari lapangan futsal lainnya.

2. Lapangan Futsal Lantai Vinly

Lapangan futsal dengan lantai vinly atau disebut dengan rubber terbuat dari bahan yang menyerupai karet. Lapangan ini juga banyak diminati karena tekstur yang empuk dan permukaannya halus. Aman untuk para pemain karena tidak terasa sakit saat terjatuh.

Lapangan futsal lantai vinly memiliki ketebalan bervariasi, diantaranya 5 milimeter, 6 milimeter, dan 8 milimeter. Permukaan lapangan rata, sehingga bola dapat melaju dengan lancar tidak terhambat.

3. Lapangan Futsal Lantai Polypropylene

Lapangan futsal dengan lantai polypropylene terbuat dari plastik PP. Kelebihan lapangan ini yaitu dapat dipindah-pindah dan di bongkar pasang. Meskipun dibongkar pasang lapangan ini cukup awet serta memiliki ketahan yang kuat. Untuk keselamatan pemain lapangan ini cukup aman karena teksturnya yang kesatsehingga tidak terasa sakit saat terjatuh.

Setelah tau ukuran lapangan futsal, saatnya kita cari bahan-bahan untuk membuatnya. Semoga besok siap digunakan untuk bermain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.