Ukuran Lapangan Bola Voli (Ukuran & Keterangan)

Olahraga bola voli sudah menyebar hampir di seluruh dunia. Salah satunya Indonesia. Banyak kalangan memainkan permainan ini. Bahkan olahraga bola voli menjadi materi utama dalam mata pelajaran olahraga di sekolah tingkat SMP maupun SMA. Salah satu hal yang tidak bisa diabaikan dalam permainan bola voli adalah lapangan bola voli.

Lapangan bola voli memiliki standar ukuran tersendiri yang telah ditetapkan dalam peraturan bola voli. Ukuran lapangan bola voli yang ada di Indonesia pun demikian, dibuat berdasarkan ukuran lapangan bola voli standar nasional dan internasional.

Ukuran Lapangan Bola Voli

Ukuran lapangan bola voli standar nasional ditetapkan oleh Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) sebagai induk organisasi bola voli di tanah air sekaligus juga ditetapkan oleh Federation International De Valleyball (FIVB) sebagai induk organisasi bola voli dunia.

Untuk memahami dengan baik ukuran lapangan bola voli, berikut gambar lapangan tersebut:

Ukuran lapangan bola voli

Dari gambar lapangan bola voli di atas, terlihat bahwa:

  • Panjang lapangan bola voli adalah 18 meter.
  • Lebar lapangan bola voli adalah 9 meter.
  • Itu artinya, luas lapangan bola voli adalah 162 meter persegi.
  • Panjang garis serang pada lapangan bola voli adalah 3 meter.
  • Lebar garis lapangan bola voli adalah 5 meter.
  • Area servis pada lapangan bola voli adalah 3 meter.

Ukuran lapangan bola voli di atas berlaku untuk bola voli putra ataupun putri.

Di dalam lapangan tersebut, ada 6 pemain setiap timnya yang bermain. Masing-masing menempati posisi yang berbeda dan memiliki peran yang berbeda pula. Kesalahan dalam menempatkan posisi bisa berakibat memberikan poin pada lawan. Berikut posisi setiap pemain di dalam lapangan permainan:

  1. Pemain pada posisi nomor satu adalah server. Server adalah pemain yang melakukan servis. Setelah melakukan servis, pemain pada posisi ini juga menjadi libero atau defender.
  2. Pemain pada posisi nomor 2 dan 4 adalah Spiker atau Smasher. Spiker atau Smasher adalah pemain yang bertugas sebagai blocker atau memblock bola untuk membendung serangan dari tim lawan.
  3. Pemain pada posisi nomor 3 adalah Set-Upper atau Tosser. Set-Upper atau Tosser adalah posisi pemain yang bertugas sebagai pengatur serangan dari tim.
  4. Pemain pada posisi nomor 5 dan 6 adalah Libero atau Defender. Libero atau Defender adalah pemain yang bertugas menerima dan menahan berbagai serangan pemain atau tim lawan dengan melakukan passing.

Ukuran Net dan Bola

Selain ukuran lapangan, Net yang dipasang di tengah lapangan bola voli juga telah ditentukan sesuai standar nasional dan internasional. Berikut ukuran net permainan bola voli:

  • Lebar net olahraga bola voli adalah 1 meter
  • Panjang net pada olahraga bola voli adalah 9 meter.
  • Tinggi net bola voli untuk putera adalah 2,43 meter.
  • Tinggi net bola voli untuk puteri adalah 2,24 meter.
  • Tinggi antena pada net bola voli adalah 80 sentimeter (berada di atas net).
  • Tinggi tiang net pada lapangan bola voli adalah 2,55 meter.
  • Jarak antara tiang net dengan garis tepi atau samping lapangan bola adalah 0,5 sampai 1 meter.
  • Pita tepian atas net bola voli adalah 5 sentimeter.
  • Pita tepian samping net bola voli adalah 5 sentimeter (dengan panjang 1 meter).
  • Ukuran mata jala net bola voli adalah 10 sentimeter (berbentuk persegi).

Berikutnya yang juga ditentukan selain lapangan dan net adalah bola. Bola adalah alat utama dalam olahraga bola voli. Ukuran bola pun memiliki standar nasional dan internasional.

  • Ukuran keliling bola voli adalah 65 sampai 67 sentimeter.
  • Berat bola voli sekitar 260 sampai 280 gram.
  • Tekanan bola voli adalah 0,30 sampai 0,325 kg/cm2.
  • Diameter bola voli sekitar 18 sampai 20 sentimeter.

Ukuran-ukuran dalam permainan bola voli, baik itu lapangan, net ataupun bola sangat terkait dengan sejarah bola voli. Berikut sejarah singkat permainan bola voli hingga seperti sekarang ini.

Sejarah Bola Voli

William G. Morgan seorang instruktur pendidikan jasmani (Director Physical Education) menemukan olahraga yang diberi nama Mintonette pada 9 pebruari 1895, di Holyoke, Massachussetts, Amerika Serikat.

Morgan lahir di Lackport, New York pada tahun 1870, dan meningal pada tahun 1942. Morgan mendirikan Young Men’s Christian Association (YMCA) pada 6 Juni 1884 di London, Inggris. YMCA adalah organisasi yang berdedikasi untuk mengajarkan ajaran-ajaran pokok umat Kristen kepada para pemuda, sesuai dengan ajaran Yesus.

Setelah bertemu dengan pencipta olahraga basket, James Naismith. Morgan menciptakan olahraga baru yang diberi nama Mintonette. Morgan dan James Naismith mendedikasikan hidupnya sebagai instrukur pendidikan jasmani. Morgan juga merupakan lulusan Springfield College of YMCA. Morgan mencipatakan Mintonette empat tahun setelah terciptanya olahraga basket.

Mintonette adalah permainan yang diciptakan berdasarkan kombinasi beberapa jenis permainan. Morgan mengadopsi empat macam karakter olahraga menjadi satu, diantaranya basket, basball, tenis, dan handball. Awalnya, Morgan menciptakan olahraga ini hanya untuk anggota YMCA yang tidak muda lagi, sehigga permainan ini dibuat tidak seaktif olahraga basket. Mintonete kini dikenal dengan olahraga bola voli.

Jumlah Pemain dan Kelengkapan Atribut

Jumlah pemain dalam olahraga bola voli adalah 6 orang disertai pemain cadangan 6. Para pemain diharuskan mengenakan atribut pakaian olahraga lengkap dengan nomor punggung dan dada, celana pendek, dan sepatu olahraga.

Yang perlu diperhatikan adalah pergeseran pemain. Pergeseran pemain adalah searah jarum jam. Jika salah satu tim dari penerima servis memenangkan permainan, maka semua pemain diharuskan berpindah posisi atau bergeser termasuk Tosser. Untuk Tosser, setiap kali selesai melakukan servis harus kembali ke posisi asalnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *