Ukuran Kolam Renang Syarat Standar Nasional & Internasional

Olahraga renang diperlombakan dalam berbagai kejuaraan bergensi di seperti Olimpiade, Pekan Olahraga Nasional (PON) dan berbagai kejuaraan tingkat nasional maupun internasional lainya. Dalam renang, siapa yang paling cepat menyelesaikan jarak lintasan tercepat adalah pemenangnya.

Jarak lintasan ini berada di dalam kolam renang. Sebagai media olahraga renang, kolam memiliki kriteria sebagaimana yang telah ditetapkan dalam standar nasional maupun internasional.

Ukuran Kolam Renang Standar Nasional

Ukuran Kolam Renang Standar Nasional

Ukuran kolam renang telah ditetapkan dalam standar nasional oleh Persatuan Renang Seluruh Indonesia atau PRSI selaku induk organisasi renang di tanah air. Ukuran kolam renang standar ini digunakan untuk berbagai kejuaraan nasional. Menurut PRSI ukuran kolam renang standar nasional sebagai berikut:

1. Panjang Kolam Renang

Panjang kolam renang yang ditetapkan oleh PRSI adalah 50 meter. Dihitung dari panel start sampai ujung balok finish (dari dinging ke dinding)

2. Lebar Kolam Renang

Lebar kolam renang yang ditetapkan oleh PRSI adalah 25 meter. Dihitung dari ujung ke ujung dinging bagian samping.

3. Kedalaman Kolam Renang

Kedalaman kolam renang yang ditetapkan oleh PRSI adalah 2 meter. Dihitung dari 1 meter pada lintasan pertama hingga paling sedikit sekitar 6 meter dihitung dari dinding kolam renang.

4. Lebar Lintasan Kolam Renang

Lebar lintasan kolam renang yang ditetapkan oleh PRSI adalah 2,5 meter.

5. Jumlah Lintasan Kolam Renang

Jumlah lintasan kolam renang yang ditetapkan oleh PRSI adalah 8 lintasan.

6. Temperatur Air pada Kolam Renang

Standar temperatur yang ditetapkan oleh PRSI antara 25º C sampai 28ºC.

Ukuran Kolam Renang Standar Internasional

Ukuran Kolam Renang Standar Internasional

Pada kejuaraan internasional, ukuran kolam renang tidaklah mengikuti standar nasional. Melainkan mengikuti ukuran standar Internasional sebagaimana yang ditetapkan oleh Federation Internationale de Nation (FINA) selaku induk organisasi renang dunia. Menurut FINA, ukuran kolam renang standar Internasional adalah:

1. Panjang Kolam Renang

Panjang kolam renang  yang ditetapkan oleh FINA adalah 50 meter. Dihitung dari panel start sampai ujung balok finish (dari dinging ke dinding).

2. Lebar Kolam Renang

Lebar kolam renang yang ditetapkan oleh FINA adalah 25 meter. Dihitung dari ujung ke ujung dinging bagian samping.

3. Kedalaman Kolam Renang

Kedalaman yang ditetapkan oleh FINA adalah 1,35 meter. Dihitung dari 1 meter pada lintasan pertama hingga paling sedikit sekitar 6 meter dihitung dari dinding kolam renang.

4. Lebar Lintasan Kolam Renang

Lebar lintasan kolam renang yang ditetapkan oleh FINA adalah 2,5 meter.

5. Jumlah Lintasan Kolam Renang

Jumlah lintasan kolam renang yang ditetapkan oleh FINA adalah 8 lintasan.

6. Temperatur Air pada Kolam Renang

Standar temperatur yang ditetapkan oleh FINA antara 25º C sampai 28ºC.

Ukuran kolam renang standar nasional dan internasional kurang lebihnya hampir sama. Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan ukuran kolam renang nantinya akan disesuaikan dengan kebutuhan teknis suatu kompetisi.

Standar  Umum Kolam Renang

Membuat kolam renang tidak bisa dibuat asal-asalan. Terutama bila digunakan untuk aktivitas olahraga dan kejuaraan. Berikut standar umum kolam renang:

1. Dinding

Dinding kolam renang harus dibuat vertikal membentuk sudut 90º terhadap permukaan air dan dasar kolam.

2. Lintasan Kolam Renang

Seperti yang dijelaskan sebelumnya jika jumlah lintasan sesuai standar nasional dan internasional adalah 8 lintasan. Akan tetapi, pada kejuaraan dunia atau World Championship ditetapkan jumlah lintasan adalah 10 lintasan.

3. Volume Air

Satandar volume air ditetapkan dengan ketentuan berikut:

  • Kolam renang ukuran 50 meter standar volume airnya adalah 220 m3/h hingga 250 m3/h.
  • Kolam renang ukuran 33,33 meter standar volume airnya adalah 150 m3/h hingga 180 m3/h.
  • Kolam renang ukuran 25 meter standar volume airnya adalah 120 m3/h hingga 150 m3/h.

4. Pencahayaan

Pencahayaan pada kolam renang standarnya tidak lebih dari 600 lux atau 1500 lumin.

Kelayakan Kolam Renang

Bukan hanya kolam renang untuk kejuaraan saja yang memiliki standar. Akan tetapi, dalam pembuatan kolam renang umum atau kolam renang pribadi tentunya juga memperhatikan berbagai aspek standarisasi yang berlaku. Hal ini tidak lain untuk kenyamanan dan keamanan pengguna kolam renang.

Untuk lebih jelasnya, berikut kolam renang yang memenuhi syarat kelayakan berdasarkan peruntukannya.

1. Kolam Renang Kompetisi atau Kejuaraan

Perhatikan kolam renang yang digunakan untuk event kejuaraan. Dari segi bentuk dan desain kolam renang untuk kejuaraan jelas berbeda dengan kolam renang pada umumnya.

Kolam renang untuk kejuaraan tingkat nasional maupun tingkat internasional dirancang secara lebih detail dan kompleks. Desain kolam serta sarana dan prasarananya di buat seergonomis mungkin untuk menunjang kenyamanan dan keamanan para atlet renang.

Ukuran standar yang digunakan pada kolam renang pada kejuaraan tidak jauh berbeda dengan standar ukuran yang ditetapkan oleh FINA atau standar Nasional.

2. Kolam Renang Pribadi

Kolam renang pribadi tidak ada standar ukuran tertentu yang berlaku. Ukuran kolam renang pribadi disesuaikan dengan kebutuhan dan ketersediaan lahan yang ada. Meskipun demikian, untuk kenyamanan dan keamanan ukuran kolam renang pribadi yang tepat sebagai berikut:

  • Lebar kolam renang pribadi adalah 3 meter.
  • Panjang kolam renang pribadi adalah 7 meter.

Sedangkan untuk kedalamannya sesuaikan dengan pengguna anak-anak atau orang dewasa. Ukuran ini hanya sesuai untuk kolam renang pribadi hanya sebatas kenyamanan dan keamanan pengguna seluruh keluarga.

3. Kolam Renang Umum

Tidak berbeda dengan kolam renang pribadi, kolam renang umum juga tidak memiliki standar ukuran yang ditetapkan. Umumnya kolam renang umum memiliki luas 25 m2. Kolam renang yang dibuat untuk umum biasanya dibuat tidak hanya satu blok. Dalam pembuatan kolam renang umum yang paling diutamakan adalah jaminan keamanan dan keselamatannya.

Untuk kenyamanan dan keamanan ukuran kolam renang umum disesuaikan dengan umur pengguna. Dalam satu komplek dibuat blok kolam renang yang berbeda-beda sesuaikan dengan usia anak-anak atau oramg dewasa. Ukuran kedalaman berdasarkan kategori tinggi badan atau kemampuan berenang.