litalia Pemudi pembelajar yang senang berbagi pengetahuannya untuk teman-teman semua

Ukuran Kertas F4 di Word & Excel [cm, mm, inch]

2 min read

ukuran kertas f4 dalam cm

Ukuran kertas F4 adalah sebuah ukuran dari panjang dan lebar sebuah kertas yang telah ditetapkan oleh standar internasional sehingga bisa disebut berukuran F4.

Ukuran kertas ialah panjang serta lebar suatu kertas dalam satuan mm (milimeter), serta dapat juga dikonversikan berubah menjadi satuan cm (centimeter) maupun inchi (inci). Dalam soal ini ukuran kertas seri A berdasaran pada ketentuan standard internasional, berlaku luas yang sudah diputuskan oleh ISO (International Organization for Standardization). Setiap seri kertas memiliki ukuran yang berbeda-beda. Begitu juga dengan kertas F4.

Pada artikel ini, saya akan menjelaskan soal ukuran kertas F4 dalam satuan cm, mm, inch.  Saya sengaja menulisnya karena memang sering menjadi permasalahan sendiri dalam bidang pengetikan dan printing. Hal ini dikarenakan dalam Microsoft Office, ukuran untuk kertas F4 tidak tersedia di word secara default, melainkan harus dilakukan pengaturan sendiri.

ukuran kertas f4 dalam cm

Ukuran Kertas F4 (dalam mm, cm, inc)

Ukuran kertas F4 dalam satuan mm, cm, inci beruntun seperti berikut:

  • Ukuran Kertas F4 dalam satuan mm adalah 215 x 330 mm.
  • Ukuran Kertas F4 dalam satuan cm adalah 21,5 x 33 cm.
  • Ukuran Kertas F4 dalam satuan inci adalah 8,47 x 12,99 inci.

Tabel Ukuran Kertas F4

Untuk mempermudah kamu mengidentifikasi ukuran kertas F4 dalam berbagai satuan, berikut tabel lengkap ukuran kertas F4 dalam mm, cm, dan inci.

Ukuran Kertassatuan mmsatuan cmsatuan inci
F4210 x 33021,0 x 33,08,27 x 12,99

Tabel: Ukuran Kertas A0, A1, A2, A3, A4, A5, A6, A7, A8, A9, A10

Dari angka-angka di atas terlihat bahwa yang paling mudah adalah mengingat ukuran kertas F4 dalam satuan cm dan yang paling sulit adalah mengingat ukuran kerta F4 dalam satuan inci. Meski demikian kebanyakan MS Word memiliki pengaturan dalam satuan inci.

Ukuran Kertas F4 di Word

ukuran kertas f4 di word

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, ukuran kertas F4 tidak tersedia dalam Microsoft Office. Lalu bagaimana saat kamu akan membuat dokumen dalam bentuk F4 di Word?

Kertas f4 memiliki ukran yang sama dengan HVS dan Polio, untuk mengatur ukuran kertas f4 di Ms Word, kamu dapat  mengikuti langkah berikut ini:

  1. Siapkan Dokumen
  2. Pilih Layout > Size > More Paper Size.
  3. Masuk ke tab Paper.
  4. Di bagian Paper Size pilih Custom Size, paling bawah.
  5. Isi Width : 21.59 cm | Height : 33 cm, atau
  6. Isi Width : 8.5″ | Height : 13″.
  7. Lalu klik OK
  8. Selesai

Seringkali kamu menemukan masalah yaitu tulisan yang terpotong saat di print atau letak tulisan yang berubah.

Untuk mengatasi permasalahan kamu dapat mencoba mengotak-atik sendiri karena sebenarnya masalahnya terdapat pada settingan kertas di komputer milikmu saja.

Ukuran Kertas F4 di Excel

ukuran kertas f4 di excel

Untuk mengatur kertas f4 di Ms Excel, kamu dapat  mengikuti langkah berikut ini:

  1. Siapkan dokumen
  2. Pilih Page Layout > Size > More Paper Sizes.
  3. Di bagian Page. Pada bagian Paper Size pilih Folio
  4. (Opsional) kalian juga bisa mengatur orientasi kertasnya baik itu portrait ataupun landscape,
  5. Selesai klik OK.

Memang di Ms Word dan Excel tahun 2007, 2010, 2013 ataupun 2016 terdapat berbeda pada tampilan, akan tetapi cara yang dipakai tetap sama.

Point utamanya ada di Page Layout lalu Size dan ada di More Paper Size dan pilih Folio / HVS/ F4.

Penggunaan Kertas F4

Dalam dunia pengetikan dan percetakan, kertas yang berukuran F4  memang  banyak dibutuhkan. Ada banyak kegiatan yang membutuhkan kertas ukuran F4 dalam dunia percetakan. Salah satunya yaitu untuk digunakan sebagai kertas laporan.

Selain itu, kertas ukuran F4 juga sering digunakan untuk lembar kerja seperti lembar soal dan lainnya. Ada banyak pula format-format fomulir yang menggunakan kertas F4. Dan masih banyak lainnya contoh penggunaan kertas F4 lainny dalam kehidupan sehari hari.

Ada fakta unik yang perlu kamu ketahui mengenai kertas F4 ini. Kertas F4  atau yang dikenal sebagai folio sebenarnya hanya populer di Negara-negara wilayah Asia Tenggara saja, termasuk Indonesia yang banyak menggunakan kertas berukuran F4 ini.

Sementara di negara memang juga sering menggunakan kertas folio, namun yang dimaksudkan bukanlah kertas F4 melainkan kertas yang berukuran foolscap. Dalam bidang percetakan, ukuran F4 juga terkadang disebut sebagai kertas berukuran metric foolscop.

Tips Memilih Kertas F4

Kertas berukuran F4 banyak digunakan di sekoah, kantor, maupun pihak yang bergerak dalam bisnis fotokopi. Jika kamu ingin membeli jenis kertas ini dalam jumlah yang besar, ada baiknya jika kamu memperhatikan beberapa hal:

  • Pertama perhatikan merk kertas tersebut. Sebelum memutuskan membeli kertas F4, maka ada baiknya mengenali merk-merk yang ada di pasaran. Setiap merk memiliki harganya masing-masing, dan hal tersebut sesuai dengan kualitas kertas yang dimiliki.
  • Perhatikan gramasi (GSM) kertas F4, dipasaran ada banyak kertas F4 yang beredar dengan berbagai ukuran yang berbeda. Umumnya yang digunakan adalah yang jenis 70 GSM. Namun ada juga beberapa yang memiliki gramasi 60 GSM dan 80 GSM. Ukuran 60-70 GSM digunakan untuk fotokopi. Sedangkan untuk 80 GSM banyak digunakan untuk dokumen-dokumen penting

Nah itulah yang bisa saya jelaskan soal ukuran kertas F4 dalam satuan cm, mm, ataupun inchi. Jika masih ada yang kurang paham, silakan kontak saya melalui kolom komentar.

litalia Pemudi pembelajar yang senang berbagi pengetahuannya untuk teman-teman semua

Ukuran Foto 4×6

litalia
2 min read

Ukuran Foto 2×3

litalia
2 min read

2 Replies to “Ukuran Kertas F4 di Word & Excel [cm, mm, inch]”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *