Ukuran Kertas A9 Dalam mm, cm, inci dan pixel

Ukuran Kertas A9 adalah ukuran kertas standar International yang ditentukan berdasarkan ISO dalam satuan milimeter (mm) dan bisa dikonversi menjadi yang lebih tinggi yaitu satuan centimeter (cm). Karena sudah ditentukan oleh standar international inilah makanya ukuran kertas yang diproduksi oleh pabrik manapun – asalkan nama kertasnya sama-sama A9 – pasti memiliki ukuran yang sama pula. Bahkan di negara manapun, ukurannya pasti sama.

Sedangkan Ukuran kertas adalah panjang dan lebar suatu kertas dalam satuan yang milimeter atau dikenal (mm) yang bisa dikonversi kedalam satuan lainnya seperti centimeter (cm) dan inchi (inci). Standar yang digunakan ini ditetapkan oleh ISO atau International Organization for Standardization.

Jika kamu bertanya, mengapa harus ditetapkan standarnya? Jawabanya sederhana. Bayangkan saja seandainya tidak ada standar yang sama. Apa jadinya bila kamu hendak mencetak gambar di kertas A9 tetapi ternyata ukuran kertasnya beda. Apa jadinya kalau mesin pencetak kertas A9 ternyata terlalu kecil untuk kertas A9. Tentu akan sangat konyol.

Kertas A9 sendiri berada dalam jejeran ukuran kertas seri A, ia memiliki ukuran setengah dari kertas A8 dan seperempat dari kertas A7. Untuk  lebih tepatnya mengenai ukuran kertas A9 baik dalam satuan mm, cm, inchi, ataupun pixel sebagai berikut.

Ukuran Kertas A9 dalam mm

  • Ukuran kertas A9 dalam milimeter (mm) yakni sebesar 37 x 52 mm.

secara lebih detail yakni lebar adalah 37 mm dan panjang kertas A9 adalah sebesar 52 mm. Bisa kamu bayangkan sendiri betapa kecilnya ukuran tersebut bukan? Jika masih bingung, silakan lihat gambar di bawah ini.

Ukuran Kertas A9 dalam mm

Keterangan:

  • Panjang 52 mm
  • Lebar 37 mm

Ukuran Kertas A9 dalam cm

Ukuran kertas A9 dalam milimeter (mm) dapat dikonversikan kedalam ukuran yang lebih besar yakni centimeter (cm).

  • Ukuran Kertas A9 dalam satuan centimeter (cm) adalah 3,7 x 5,2 cm.

Ukuran ini sama dengan ukuran dalam mm dibagi dengan 10. Secara lebih detail lebar kertas A9 dalam centimeter adalah 3,7 cm dan panjang kertas A9 dalam centimeter adalah 5,2 cm. Jika masih bingung, silakan lihat gambar di bawah ini.

Ukuran Kertas A9 dalam cm

Keterangan:

  • Panjang 5,2 cm
  • Lebar 3,7 cm

Ukuran Kertas A9 dalam Satuan Inci

Selain ukuran kertas A9 dalam mm dan cm, kita juga bisa mengkonversikal ukuran kertas A9 dalam inchi.

  • Ukuran kertas A9 dalam inchi yakni sebesar 1,46 x 2,05 inci.

Atau secara lebih rinci yakni lebar kertas A9 1,46 inci dan panjang kertas A9 2,05 inci. Untuk lebih jelasnya, lihat gambar di bawah ini.

Ukuran Kertas A9 dalam Satuan Inci

Keterangan:

  • Panjang 2,05 inci
  • Lebar 1,46 inci

Tabel Ukuran Kertas A9 Dalam Satuan mm, cm, dan inci

Biar kamu tidak kebingungan dan lebih mudah melihat ukuran standar kertas A9 dalam mm, cm, ataupun inci, saya sudah buatkan tabel secara lebih rinci. Berikut tabel ukuran kertas A9 dalam mm, cm, dan inci

Ukuran Kertas Satuan inci Satuan mm Satuan cm
A9 1,46 x 2,05 37 x 52 3,7 x 5,2

Dari tabel di atas terlihat jelas bahwa ukuran cm adalah sepuluh kali ukuran mm.

Ukuran Kertas A9 Dalam Pixel

Lantas berapa ukuran A9 dalam ukuran pixel? Satuan ukuran yang Pixel atau disebut juga dengan sebutan piksel per inch (ppi) adalah satuan yang menggambarkan sebuah titik terkecil dalam sebuah gambar grafis yang dihitung per inchi. Artinya dalam satu inchi ada berapa titik piksel yang dapat memenuhinya.

  • Ukuran Kertas A9 Dalam Pixel 440 x 610

Penggunaan Kertas A9 Dalam Seri A

Kertas seri A tidak hanya milik A9 melainkan ada seri lainnya seperti A1, A2, A3, A4, A5, A6, A7, A8, A9, dan A10. Ukuran kertas seri A ini memang memiliki fungsinya sendiri-sendiri walaupun kita jarang mengenalnya. Pasti banyak dari kita yang hanya mengenal ukuran A4, karena ukuran kertas A4 telah menjadi ukuran standar surat bisnis di negara-negara yang berbahasa inggris seperti Australia, Selandia Baru dan Inggris.

Sementara kertas A9 banyak digunakan untuk Percetakan, perkantoran, pendidikan, dan penerbitan walaupun biasanya kertas A9 ini tidak begitu populer untuk digunakan. Apalagi memang ukuran kertas A9 ini memang sangat kecil. Paling hanya cocok digunakan untuk note yang ditempel di dinding-dinding.

Lebih tidak familiar lagi karena memang kertas A9 biasanya tidak secara default kamu temukan di ukuran kertas pada software komputer. Misalnya saja di word yang tidak mengenal ukuran A9. Paling hanya ada A4 saja. Untuk membuat A9 kita perlu melakukan pengaturan sendiri.

Kita bisa lakukan dengan buka word, lalu pilih page layout. Pada bagian ini, selanjutnya kita pilih margins. Selanjutnya pilih customs margins lalu papers, pasti tidak ada ukuran A9. Maka kita harus memilih custom size untuk memasukkan ukuran kertas A9 sendiri.  Silakan kamu masukkan panjang dan lebar sesuai kertas A9.

Beres, itulah yang bisa saya jelaskan terkait dengan ukuran kertas A9 dalam milimeter, centimer, inchi, dan juga dalam pixel serta kegunaan kertas A9. Saya rasa, apa yang saya bahas sudah sangat lengkap.

Ada pertanyaan atau komentar?