Ukuran Kertas A0 dalam cm, mm, dan inci

Ukuran kertas merupakan panjang dan lebar dari sebuah kertas dalam bentuk satuan millimeter (mm) yang kemudian bisa saja dikonversikan dalam bentuk satuan ukuran lainya, misalnya centimeter ataupun inchi. Ukuran kertas ini sendiri sudah ditetapkan oleh ISO (International Organization for Standardization). Setiap ukuran pada kertas tentunya memiliki fungsi masing-masing. Misalnya saja untuk kertas ukuran seri R, kebanyakan digunakan dalam ukuran foto.

Untuk seri kertas A sendiri yang sudah banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari, memiliki standar ukuran yang ditetapkan oleh ISO juga. Termasuk untuk ukuran A0, A1, A2, A3, A4, A5, A6, A7, A8, A9, A10, dan masih banyak lainnya. Biasanya kertas seri A ini sering digunakan untuk kebutuhan tulis menulis, kartu, dokumen-dokumen percetakan, maupun amplop.

Dan pada kesempatan kali ini akan dibahas lebih lanjut mengenai ukuran kertas A0 dalam ukuran cm, mm, dan inchi serta kegunaannya dalam kehidupan sehari hari.


Ukuran Kertas A0
gambar, ukuran, kertas, A0, ukuran kertas a0
Ukuran kertas A0 merupakan ukuran kertas terbesar yang ada dalam seri kertas A. Bahkan karena ukurannya yang memang cukup besar, kertas ini sangat jarang ditemukan di pasaran.

Sejalan dengan hal tersebut, penggunaan kertas A0 memang sangat terbatas. Misalnya saja hanya untuk pengganti kertas papan tulis, bahan baku industry, dan masih banyak lainnya. Nah penjelasan mengenai ukuran standar kertas A0 di bawah ini mungkin akan sangat membantu kamu mengetahui lebih lanjut informasi seputar kertas A0

Ukuran Kertas A0 Dalam Centimeter

  • Untuk ukuran kertas A0 dalam satuan centimeter (cm) adalah 84,1 x 118,9 cm.

Artinya panjang kertas A0 adalah 118,9 cm dan lebar kertas A0 sama dengan 84,1 cm. Biar lebih jelas, silakan lihat gambar di bawah ini.

Ukuran Kertas A0 Dalam Centimeter

Keterangan:

  • Lebar 84,1 cm
  • Panjang 118,9 cm

Ukuran Kertas A0 Dalam Milimeter

  • Untuk ukuran kertas A0 dalam satuan millimeter (mm) adalah 841 x 1189 mm.

Artinya ukuran lebar kertas A0 sama dengan 841 mm dan panjang kertas A0 sama dengan 1189 mm. Biar lebih jelas, silakan lihat gambar di bawah ini.

Ukuran Kertas A0 Dalam Milimeter

Keterangan:

  • Lebar 841 mm
  • Panjang 1189 mm

Ukuran Kertas A0 Dalam Inci

  • Untuk ukuran kertas A0 dalam satuan inci adalah 33,11 x 46,81 inci.

Artinya ukuran panjang kertas A0 dalam inci adalah 46,81 inci. Sedang lebar kertas A0 adalah 33,11 inci. Biar lebih jelas, silakan lihat gambar di bawah ini.

Ukuran Kertas A0 Dalam Inci

Keterangan:

  • Lebar 33,11 inci
  • Panjang 46,81 inci

Tabel Ukuran Kertas A0

Untuk memudahkan kamu dalam mengidentifikasi panjang dan lebar kertas A0, saya sudah rangkum dalam bentuk tabel. Berikut tabel ukuran kertas A0:

Ukuran Kertassatuan mmsatuan cmsatuan inci
A0841 x 118984,1 x 118,933,11 x 46,81

TABEL UKURAN KERTAS SERI A

Penggunaan Kertas Ukuran A0

Jika dilihat dari ukuran panjang dan lebar kertas A0, memang sangat jarang kertas ukuran A0 ini digunakan untuk kebutuhan langsung sehari-harinya. Bisa jadi mungkin juga belum pernah melihatnya. Kebanyakan kertas A0 digunakan untuk bahan baku dalam proses pembuatan kertas HVS (seri A) yang dilakukan melalui pemotongan dengan menggunakan mesin pemotong khusus.

Untuk penggunaan secara langsung masih terbatas, biasanya digunakan untuk kertas presentasi manual yang ditempelkan pada papan tulis. Selain itu, sangat jarang ditemukan ukuran kertas A0 ini dalam kebutuhan tulis menulis sehari hari. Untuk kebutuhan percetakan juga masih jarang. Sepertinya belum ada mesin cetak atau printer khusus untuk kertas A0.

Cara Membuat Ukuran Kertas A0 Dalam MS Word

Perlu kamu ketahui jika tidak ada ukuran kertas A0 yang tersedia dalam pilihan paper yang ada di Microsoft Word, baik itu pada versi Word 2003, 2007, 2010, ataupun versi terbaru 2013. Untuk itu lah ketika kamu ingin melakukan pencetakan dengan menggunakan ukuran kertas A0, maka mau tidak mau kamu harus melakukan pengaturan secara manual.

Untuk langkah-langkah dalam membuat ukuran kertas A0 pada MS Word cukup mudah dan tidak ribet. Pertama yang bisa kamu lakukan adalah mengarahkan kursorpada tab Page Layout. Setelah itu pilih Size dan kemudian klik More Paper Size. Dengan melakukan hal tersebut, nantinya tab Page Set Up dapat muncul pada laman.

Dan langkah selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah pada Paper Size klik Custom Size dan kemudian sesuaikan dengan Width dan Height pada kertas sehingga sesuai dengan kertas A0. Untuk ukuran kertas A0 sendiri sudah kamu ketahui seperti ketentuan diatas.

Kamu tinggal mengisikan ukuran kertas baik dalam ukuran cm, mm, maupun inch sesuai dengan pengaturan pada MS Word. Dan setelah itu tinggal klik OK dan pengaturan kertas selesai dilakukan.  Perlu kamu ketahui jika cara ini juga dapat kamu terapkan pada aplikasi lainnya, seperti MS Excel maupun MS Power Point. Bagaimana? Mudah bukan?

Nah itu tadi penjelasan mengenai ukuran kertas A0 dalam satuan centimeter, millimeter, dan inch serta penggunaannya dalam kehidupan sehari hari yang bisa kamu ketahui. Semoga informasi diatas bisa bermanfaat untuk kamu. kalau masih ada yang belum kamu pahami, silakan kontak saya saja. Kamu bisa kontak saya melalui kolom komentar di bawah ini. Silakan tulis saja.

Cara Mengecilkan Ukuran Foto Dengan Paint

Foto adalah cara termudah dan paling banyak dipilih untuk mengabadikan moment setiap orang. Melalui foto kita bisa bercerita pada siapa saja tentang apa yang...
litalia
2 min read

Ukuran Foto 4×6 dalam mm, cm dan inci lengkap

Untuk mencetak sebuah foto, kita musti tahu dulu ukuran foto. Baik itu berkaitan dengan berapa ukuran foto yang kita miliki ataupun berapa ukuran kertas...
litalia
2 min read

Ukuran Foto 2×3 dalam mm, cm dan inci lengkap

Berencana cetak ukuran foto 2×3? Sebelum kamu cetak foto, tentu kamu harus terlebih dahulu mengetahui ukuran foto yang akan kamu cetak. Apakah kamu akan...
litalia
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.