Ukuran Bola Basket Standar Nasional Internasional

Ukuran Bola Basket – Bola Basket merupakan permainan bola yang dipertandingkan dalam pertandingan olahraga skala nasional dan internasional. Di Indonesia sendiri, cabang olahraga yang berasal dari Amerika ini dinaungi oleh PERBASI (Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia) sebagai organisasi basket skala nasional yang mengatur segala hal terkait pertandingan bola basket di tanah air.

Terkait bola yang digunakan dalam permainan basket, terdapat peraturan standar yang mengatur seperti apa bola yang bisa digunakan bermain. Aturan ini mencakup berat, ukuran, juga tekanan udara bola.

Pengertian Bola Basket

Ukuran Bola Basket

Bola basket merupakan sebuah bola bulat yang digunakan sebagai alat permainan dalam olahraga basket. Bola basket memiliki berbagai jenis ukuran. Ada bola basket mini yang hanya berdiameter beberapa inchi dan dimainkan oleh anak-anak, hingga bola basket berukuran besar yang berdiameter hingga 1 kaki, yang digunakan dalam latihan oleh profesional.

Selama pertandingan, bola harus dipantulkan terus-menerus (dribbling) untuk digiring ke ring tim lawan. Selain dribbling, bola dalam permainan ini juga diperbolehkan untuk dilempar ke pemain satu tim yang lain atau dilemparkan ke arah keranjang basket untuk mencetak angka. Oleh sebab itu, bola basket harus bersifat tahan lama serta mudah dipegang.

Selain untuk digunakan dalam pertandingan bola basket, bola basket juga seringkali digunakan untuk melakukan trik atau freestyling bola. Trik paling umum yang dilakukan adalah memutar bola di ujung jari telunjuk pelaku freestyling.

Trik lain misalnya, menggiring (dribble) bola dalam pola yang rumit, menggulir bola melewati bahu pemain lain, atau melakukan manuver aerobatik dengan bola ketika melakukan slam dunk.

Karakteristik Bola Basket

Ukuran Bola Basket

Hampir semua bola basker terbuat dari bahan karet di bagian dalam, yang dibungkus oleh lapisan serat dan terakhir diditutup oleh lapisan kulit, atau bisa juga karet atau bahan sintetis lainnya. Pada kulit bola basket, biasanya terdapat lubang kecil yang berfungsi untuk meningkatkan atau mengurangi tekanan udara di dalam bola.

Di bagian permukaan bola basket, kita akan menemukan garis-garis rusuk bola yang tersembunyi di bawah permukaan bola. Bentuk rusuk ini memiliki berbagai konfigurasi dan biasanya berwarna kontras.

Warna bola basket yang umum digunakan adalah warna orange pada permukaan, dengan warna rusuk hitam. Warna tersebut merupakan warna tradisional bola basket, namun kita dapat menemukan berbagai warna lain.

Terdapat dua jenis bola basket menurut pemakaiiannya, yaitu bola basket indoor dan bola basket outdoor. Harga bola basket indoor pada umumnya lebih mahal daripada bola basket outdoor, karena bahan pembuatnya yang cukup mahal (biasanya kulit).

Baca juga : Ukuran Lapangan Bola Basket 

Bola outdoor biasanya dibuat dari karet dan tekanan udaranya lebih tinggi, agar mampu mengatasi kondisi lapangan yang leboh kasar.

Ukuran Bola Basket Standar Internasional

Ukuran Bola Basket

Standar ukuran bola basket yang digunakan dalam pertandingan, baik secara internasional maupun nasional pada umumnya adalah sama. Namun, terdapat sedikit perbedaan ukuran bola basket standar pada beberapa organisasi bola basket internasional. Berikut perinciannya:

  1. Ukuran bola basket menurut standar Federation Internationale de Basketball atau FIBA yaitu memiliki keliling bola antara 749 – 780 mm, dengan berat bola antara 567 – 650 gram.
  2. Ukuran bola basket menurut standar National Basketball Association atau NBA yaitu memiliki keliling bola antara 749,3 – 755,65 mm, dengan berat 623,7 gram
  3. Ukuran bola basket menurut standar National Collegiate Athletic Association atau NCAA yaitu memiliki keliling bola antara 749,3 – 762 mm, dengan berat bola antara 567 – 623,7 gram.

Ukuran Bola Basket Standar Nasional

Ukuran Bola Basket

Seperti dijelaskan sebelumnya, standar ukuran bola basket dalam permainan bola basket secara internasional maupun nasional secara umum adalah sama. Untuk pertandingan standar nasional, PERBASI Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia) menentukan standart berdasarkan FIBA. Standar ukuran bola basket adalah:

  1. Bola Basket Ukuran 7: keliling bola basket berkisar 749 – 780 mm, atau 29.5 – 30.7 in dengan berat 567 – 650 gram atau 20 – 23 ons. Bola basket berukuran 7 ini digunakan oleh pemain bola basket pria berusia 15 tahun keatas. Ukuran 7 merupakan ukuran bola basket resmi yang digunakan pada pertandingan basket pria skala sekolah, universitas, maupun profesional.
  2. Bola Basket Ukuran 6: keliling bola basket berkisar 724 – 737 mm, atau 28.5 – 29 in dengan berat 510 – 567 gram atau 18 – 20 ons. Bola basket berukuran 7 ini digunakan oleh pemain bola basket pria berusia 12 – 14 tahun; dan pemain bola basket wanita berusia 12 tahun keatas. Bola ukuran 6 merupakan ukuran bola resmi yang digunakan pada pertandingan basket wanita skala sekolah, universitas, maupun profesional.
  3. Bola Basket Ukuran 5: keliling bola basket berkisar 690 – 710 mm, atau 27.5 – 28 in dengan berat 510 – 567 gram atau 18 – 20 ons. Bola basket berukuran 5 ini digunakan oleh pemain bola basket pria dan wanita berusia 9 – 11 tahun.
  4. Bola Basket Ukuran 4: keliling bola basket berukuran 650 mm, atau 25.5 in dengan berat 400 gram atau 14 ons. Bola basket berukuran 4 ini digunakan oleh pemain bola basket pria dan wanita berusia 5 – 8 tahun.
  5. Bola Basket Ukuran 3: keliling bola basket berujuran 560 mm, atau 22 in dengan berat 280 gram atau 10 ons. Bola basket berukuran 3 ini digunakan oleh pemain bola basket pria dan wanita berusia 4 – 8 tahun.

Selain di kalangan profesional, bola basket juga digunakan secara resmi dalam pertandingan olahraga tingkat universitas, maupun sekolah; termasuk tingkat sekolah dasar. Oleh karena itu terdapat juga ukuran standar bola basket mini, yang diatur menyesuaikan ukuran telapak tangan berdasarkan usia pemain bola basket.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.