Ukuran, Berat, Dan Tekanan Udara Bola Basket

Peraturan mengenai permainan basket memang begitu kompleks. Tak hanya lapangan, pemain, dan teknis pertandingannya. Bolanya pun memiliki standarnya tersendiri. Federasi basket internasional (FIBA) pun sudah menetapkan ukuran standarnya.

Selain besaran ukurannya, bola basket standar resmi juga ditentukan berat hingga tekanan udaranya. Mengapa sampai sebegitu kompleksnya? Sebab jika tekanan udaranya berbeda-beda, maka permainan dikhawatirkan tidak berjalan seperti seharusnya. Berikut ini ulasan selengkapnya untuk ukuran, berat, dan tekanan udara bola basket.

Ukuran Bola Basket Standar

Ukuran bola basket agar bisa digunakan untuk bermain harus memenuhi standar. Diantaranya:

  • Bola basket harus terbuat dari bahan karet dengan lapisan sejenis kulit.
  • Berat bola basket yang diharuskan adalah 600-650 gram
  • Keliling bola basket standarnya 75-78 cm
  • Untuk tekanan udaranya adalah 4,26-4,61 psi. Tekanan tersebut harus mampu melambungkan bola dengan ketinggian antara 120-140 cm.

Ukuran tersebut sudah ditetapkan secara umum oleh sejumlah organisasi bola basket. Diantaranya FIBA, NCAA, dan NBA. Meskipun sudah ada standar internasionalnya, namun terdapat sejumlah perbedaan standar pada beberapa organisasi bola basket internasional maupun nasional.

  • Ukuran bola basket standar nasional dan internasional memiliki keliling 75-78 cm. Sedangkan beratnya adalah 600-659 gram
  • Berdasarkan ketetapan FIBA, ukuran bola basket yang disetujui memiliki keliling 749-780 mm. Berat bolanya adalah 567-650 gram.
  • Ukuran standar untuk pertandingan NBA kelilingnya 749,3-755,65 mm. Sedangkan berat bolanya adalah 623,7 gram.
  • Ukuran standar NCAA sekitar 749,3-762 mm dengan berat bola 567-623,7 gram.

Dalam menggunakan bola sepanjang permainan pun mesti memperhatikan sejumlah aturannya. Antara lain:

  • Bola bisa dilempar ke seluruh arah dengan satu maupun kedua tangan.
  • Bola bisa dipukul ke seluruh arah menggunakan satu tangan. Akan tetapi, pemain tidak diperkenankan meninjunya.
  • Pemain tidak boleh berlari sembari memegang bola. Pemain mesti melemparkan bola dari titik tempat dimana menerima bola. Selain itu, pemain dibolehkan berlari sembari melempar dengan kecepatan biasa.
  • Bola mesti dipegang di dalam maupun diantara telapak tangan. Lengan maupun anggota tubuh lainnya tidak dibolehkan untuk memegang bola.
  • Pemain akan dianggap melakukan pelanggaran jika memukul bola dengan cara meninju. Atau melakukan pelanggaran terhadap aturan-aturan yang disebutkan sebelumnya.

Ukuran Bola Basket Untuk Pertandingan Resmi

Ukuran berat untuk pertandingan resmi terbagi menjadi tiga ukuran. Yakni 5,6 dan 7. Untuk pertandingan profesional, menggunakan ukuran 7. Sedangkan untuk pertandingan resmi tingkat SMP, ukuran yang digunakan adalah 6. Sementara untuk ukuran 5 digunakan untuk pertandingan tingkat SD.

Perbedaan standar tersebut diberlakukan untuk menyesuaikan kemampuan masing-masing. Pada akhirnya akan mempermudah serta memperlancar jalannya pertandingan.

Meskipun banyak diabaikan, mengetahui standar bola basket begitu penting agar kita bisa menetapkan secara tepat standar mana yang nantinya akan digunakan. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.