Pengertian, Manfaat dan Tujuan Permainan Bola Basket

Apa itu permainan bola basket? Permainan Bola basket atau yang di Indonesia disebut juga permainan bola keranjang merupakan permainan bola yang berasal dari Amerika Serikat. Permainan yang sangat populer di negara asalnya ini, juga cukup populer di Indonesia.

Hal ini tidak mengherankan, karena selain sebagai permainan olahraga yang dapat menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh, permainan bola basket juga memiliki manfaat tersendiri.

Pengertian Permainan Bola Basket

Pengertian Permainan Bola Basket

Permainan Bola Basket merupakan sebuah permainan dimana para pemainnya membentuk dua tim berlawanan, yang masing-masing timnya terdiri dari 5 orang dengan beberapa pemain cadangan. Tidak seperti Sepak bola yang lebih terkenal dimainkan oleh tim Putra, Bola basket biasa dimainkan baik oleh tim putra maupun tim putri.

Dalam bermain bola basket, setiap tim berusaha memperoleh poin sebanyak-banyaknya dengan cara memasukkan bola ke dalam ring basket lawan. Selain itu setiap tim juga berusaha sebaik mungkin untuk mencegah tim lawan memperoleh poin.

Caranya adalah dengan berusaha mencegah tim lawan memasukkan bola ke dalam ring basket tim mereka. Tim yang paling banyak mengumpulkan poin, merupakan pemenang dalam permainan ini.

Terdapat tiga posisi pemain dalam olahraga bola basket, yaitu: forward, defense dan playmaker. Pemain forward bertugas untuk mencetak poin dengan memasukkan bola ke dalam ring basket tim lawan.  Pemain defense bertugas menghadang lawan, mencegah lawan mencetak poin. Pemain playmaker bertugas untuk mengatur alur bola serta merancang strategi permainan.

Lama permainan bola basket adalah 2 x 20 menit. Bola basket dimainkan dalam lapangan berukuran 28,5 meter x 15 meter. Hal-hal yang dapat dan perlu dilakukan ketika bermain bola basket adalah mengoper, melempar, menepis, menggilingkan, serta memantulkan (dribble) bola untuk berusaha mencetak angka, dan mencegah pemain lawan mencetak angka.

Tujuan Permainan Bola Basket

Tujuan Permainan Bola Basket

Sama seperti olahraga lainnya, olahraga bola basket juga bertujuan untuk meningkatkan kebugaran serta kesehatan tubuh dengan cara yang menyenangkan. Selain itu, bola basket juga dapat membuat pergerakan tubuh semakin lincah, menguatkan otot, menmbakar kalori, juga menambah tinggi badan.

Tujuan utama permainan bola basket adalah memenangkan pertandingan. Tetapi selain itu, ada pula alasan kesehatan dan kebugaran tubuh. Terdapat pula beberapa tujuan lain yang ingin didapatkan oleh para pemain bola basket, diantaranya:

1. Meningkatkan Prestasi

Permainan bola basket merupakan salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan. Atlet bola basket yang berhasil memenangkan pertandingan, tentu akan dikenal dan diakui prestasinya oleh publik.

2. Memperluas Pergaulan

Bola basket dapat membangun solidaritas diri, dan membuat para pemainnya bisa bertemu dengan banyak pemain lain dari bebagai sekolah, ataupun wilayah. Semakin banyak jam terbang pemain basket, tentu akan semakin banyak teman bermain yang dimiliki.

3. Melatih Kerjasama Tim

Kemampuan bekerjasama tim akan berguna dalam kehidupan sosial di masyarakat. Bola basket menuntuk kerja sama yang silid dalam tim, untuk dapat memenangkan pertandingan. Sebaik apapun kemampuannya, para pemain bola basket tidak dapat memenangkan pertandingan sendiri.

4. Melatih Kepemimpinan

Selain melatih kerja sama, permainan bola basket juga akan dapat melatih sikap kepemimpinan para pemainnya, terutama kapten tim. Selain harus mengorganisasikan permainan dengan baik, kapten juga bertugas mengontrol emosi diri sendiri dan rekan satu tim.

5. Sumber Pengahasilan

Ini berlaku untuk para atlet profesional. Sama seperti olahraga lainnya, para atlet profesional bola basket dapat menjadikan permain bola basket sebagai profesi. Para atlet ini bisa mencapatkan hadiah cukup besar ketika berhasil memenangkan pertandingan.

Manfaat Permainan Bola Basket

Manfaat Permainan Bola Basket

Bila kita rajin bermain bola basket sebagai bagian dari olahraga rutin, maka akan ada beberapa manfaat permainan bola basket yang bakal kita dapatkan. Berikut ini beberapa manfaat tersebut:

1. Melatih dan Menguatkan Otot

Olahraga basket merupakan jenis olahraga yang bisa membuat seluruh otot tubuh bekerja secara secara terus menerus. Karena itu, permainan bola basket sangat baik untuk melatih dan menguatkan otot.

2. Menjaga dan Meningkatkan Ketahanan Tubuh

Gerakan yang dilakukan dalam olahraga bola basket akan membuat badan bergerak lincah, dengan demikian ketahanan tubuh akan terjaga dan terbangun.

3. Meningkatkan Sistem Imun

Basket merupakan olahraga yang dapat membantu tubuh untuk mencegah bakteri dan virus yang bersifat patogen. Bakteri dan virus patogen menyerang tubuh ketika sedang dalam keadaan lemah, dengan rajin melakukan olahraga basket maka imunitas tubuh akan meningkat dan mencegah serangan bakteri patogen tersebut.

4. Meningkatkan Koordinasi dan Keseimbangan Tubuh

Permainan basket memerlukan kerjasama yang baik antara tangan, kaki, serta mata. Dengan demikian dengan melakukan olahraga basket secara rutin, akan meningkatkan koordinasi serta keseimbangan antar bagian tubuh.

5. Meningkatkan Kemampuan Motorik

Permainan bola basket akan membuat seluruh anggota tubuh bergerak, dengan demikian kemampuan motorik tubuh akan meningkat ketika melakukan olahraga ini secara rutin.

6. Membangun Tubuh Ideal

Permainan basket akan membuat seluruh otot tubuh bergerak, serta membakar lemak berlebih. Dengan demikian otot-otot tubuh akan terbentuk sempurna dan terlihat atletis, selain itu berat badan pun terjaga; tinggi badan juga dapat bertambah; sehingga bentuk tubuh akan menjadi ideal.

7. Meninggikan Badan

Bermain olahraga basket akan membuat otot kaki, tulang kaki, dan tulang belakang meregang, dan memanjang. Dengan demikian tubuh pun secara bertahap akan menjadi lebih tinggi.

8. Menurunkan Berat Badan

Sama seperti olahraga lainnya, bola basket dapat membakar kalori. Bermain bola basket selama satu pertandingan dapat membakar 700 – 750 kalori. Karena itu, ini termasuk jenis olahraga yang sangat bagus untuk membentuk badan yang ideal.

9. Terhindar dari Osteoporosis

Bermain bola basket akan membuat tulang-tulang dalam tubuh semakin kuat. Jika melakukan olahraga ini secara rutin, sejak dini, akan membantu kita terhindar dari osteoporosis.

10. Menjaga dan meningkatkan Kesehatan Kardiovaskular

Permainan basket melibatkan banyak lari, melompat, dribbling, mengoper dan melempar bola,. Semua pintu merupakan latihan kardiovaskular yang efektif. Mampu melatih pernafasan yang optimal, serta meningkatkan pasokan darah yang mengangkut oksigen ke seluruh otot tubuh.

11. Menjadi Atlet Profesional

Bagi yang tertarik untuk menekuni permainan bola basket secara profesional, juga bisa bermanfaat untuk menjadi atlet. Selain itu, juga bisa membawa nama bangsa dikancah internasional. Tentu saja dengan begitu, kebutuhan finansial akan terpenuhi.

Itulah pengertian, tujuan hingga manfaat permainan bola basket. Semoga dengan begini, kamu yang memiliki cita-cita menjadi pemain basket profesional jadi semakin semangat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.