10 Tips Cara Mengatasi BBM Android Agar Tidak Pending, Lemot, dan Lelet, Siapa saja pasti sangat jengkel bila aplikasi BBM nya berjalan lemot dan lelet sekaligus sering pending saat mengirim sebuah pesan. Padahal di dalam BBM, ada banyak kontak teman, rekan kerja sekaligus juga pacar. Bayangkan, hanya untuk mengirim satu pesan saja, butuh waktu bermenit-menit.

BBM yang pending, lemot dan lelet penyebabnya itu ada banyak sekali. Cara mengatasi nya juga banyak. Termasuk juga bila BBM lemot, pending dan lelet karena spesifikasi ponsel kamu yang rendah. Tetap masih bisa diatasi.

BBM pending, lemot dan lelet

Cara Mengatasi BBM Lemot dan Pending di HP Android

Gimana caranya? Mari kita bahas satu persatu:

1. Hapus File Cache Android

Pernah dengar file cache? File cache itu semacam file riwayat perintah atau file sampah yang diterima oleh aplikasi yang kamu gunakan. Makin sering aplikasi kamu gunakan, makin cepat pula menumpuk file cachenya.

Cache ternyata bisa menyebabkan kinerja sebuah aplikasi jadi melambat. Hal ini tak lain karena beban sebuah aplikasi jadi semakin berat. Termasuk juga bisa menyebabkan aplikasi BBM berjalan lemot, lelet dan terkadang bisa jadi pending pula.

So, harus kamu bersihkan. Membersihkanya bisa pake dua cara:

  • Kamu bisa menggunakan aplikasi cleaner atau pembersih. Ada banyak sekali di internet.
  • Kamu bisa bersihkan secara manual. Caranya: buka menu pengaturan (setting) lalu cari manager aplikasi (aplikasi terinstal). Cari dan temukan aplikasi BBM, klik. Maka kamu akan melihat beberapa pilihan, salah satunya clear cache. Tab bagian itu dan oke.

2. Cari Tempat Dengan Kualitas Sinyal Yang Lebih Kuat

Berikutnya lebih ke masalah BBM yang pending. Ada kemungkinan penyebab utama dan mendasarnya adalah kualitas signal jaringan kamu yang lemah. Satu-satunya cara untuk mengatasi hal ini adalah dengan cari tempat yang lebih mendukung signal jaringan kamu.

Atau kamu bisa pula dengan ganti kartu data seluler kamu. Biasanya tiap kartu memiliki kemampuan internet yang berbeda.

Nah untuk mengetahui kemampuan jaringan kamu, kamu bisa melakukan uji coba. Cobalah buka salah satu aplikasi yang menggunakan internet. Misalnya youtube atau browser. Putarlah salah satu video youtube, apakah bisa berputar atau tidak.

Jika ternyata Youtube bisa berputar, itu artinya ada yang salah dengan aplikasi BBM kamu. Cobalah matikan data seluler, lalu tunggu 10 detik, baru hidupkan lagi. Atau bisa juga kamu gunakan mode pesawat.

Kalau masih tidak bisa, cobalah untuk restart, biasanya cara ini ampuh menyelesaikan segala masalah.

3. Hapus Aplikasi Yang Tidak Digunakan

Bagaimanapun kecepatan sebuah ponsel android tergantung seberapa banyak ruang memori internal yang tersisa, kecepatan CPU dan berapa RAM yang digunakan. Jika salah satu komponen tersebut mencapai batas maksimal, bisa dipastikan apapun aplikasi yang kamu buka bakal berjalan lemot dan lelet.

Beruntung kalau kamu menggunakan ponsel kelas flagship atau high end yang biasanya didukung dengan memori, CPU dan RAM yang besar. Tapi bagaimana bila ponsel kamu berkelas mainstream atau malah low entry?

Satu-satunya jalan adalah menggurangi beban penggunaan aplikasi. Kamu bisa memantau penggunaan RAM dan memori melalui: Menu pengaturan -> Manager aplikasi. Disitu kamu akan melihat memori dan ram yang tersisa (masih kosong).

Kamu juga bisa memantau aplikasi apa saja yang sedang berjalan. Cobalah untuk matikan aplikasi secara paksa (force close) aplikasi apa saja selain BBM yang sedang berjalan.

Atau kalau memang tidak digunakan, ada baiknya kamu unistal saja. pilih beberapa aplikasi yang sangat penting agar tidak membebani ponsel kamu.

4. Matikan Aplikasi Sosial Media Yang Selalu Online

Jika kamu suka membaca bagaimana cara meningkatkan performa android jadi lebih baik, kamu pasti tahu, bahwa menghilangkan media sosial akan membuat performa android jadi lebih baik.

Bahkan beberapa penulis teknologi android menyarankan agar membuat saja aplikasi media sosial yang tidak penting demi mempertahankan kualitas android, termasuk juga baterainya.

Salah satu yang sering kali disarankan untuk dibuang adalah facebook. Selain itu juga ada beberapa aplikasi media sosial lainya.

Pada intinya, aplikasi media sosial membebani android karena bekerja dengan terus-terusan terhubung. Terutama berkaitan dengan notifikasinya. Kalau ponsel kamu berkelas high end atau flagship, bisalah kamu bebani 3 atau 4 media sosial. Tapi kalai kelas mainstream, hanya dua media sosial yang terus aktif saja rasanya sudah sangat berat.

So, hapuslah aplikasi media sosial yang tidak kamu butuhkan. Kamu bisa membuka media sosial melalui browser. Hal itu jauh lebih baik dan tidak membebani ponsel android.

5. Jangan Gunakan Tema BBM, Menggunakan theme default

Sungguh keterlaluan jika kamu tahu ponsel kamu berkelas mainstream atau entry law tapi masih memaksa menggunakan tema BBM. Itu sama artinya kamu memaksa ponsel kamu mati pelan-pelan.

Menggunakan tema BBM itu sama artinya menambah beban kerja.

So, gunakanlah theme default aplikasi BBM saja. Lagi pula tidak ada yang melihat bukan? Tidak akan ada yang memperhatikan.

6. Penurunan performa hardware

Berikutnya yang bisa membuat BBM pending, lemot dan lelet adalah karena adanya penurunan performa hardware. Bagaimanapun, hardware punya masa penggunaan dan masa top levelnya.

Bagaimanapun, tidak ada yang bisa kamu lakukan kalau sudah berkaitan dengan hal ini. Paling kamu hanya bisa mengurangi beban ponsel. membuang beberapa apliksi yang tidak perlu. Dan menunggu uang terkumpul untuk beli ponsel android yang baru.

7. Kurangi kontak BBM, group dan channel

Tips cara mengatasi BBM agar tidak pending, lemot dan lelet berikutnya adalah mengurangi kontak BBM, group dan channel.

Tentu tidak semua kontak BBM dan group yang kamu miliki itu punya tingkan urgensi yang sama kan? Cobalah pilih yang tidak penting dan buang. Terutama yang sering update tapi tak ada pentingnya buat kamu.

Mengurangi kontak BBM yang semacam ini, akan mengurangi beban BBM juga.

8. Upgrade atau Downgrade BBM Kamu

Jika kamu menemukan BBM berjalan tidak seperti biasanya, entah mudah pending, lemot atau lelet. Kamu bisa update atau downgrade aplikasi BBM. Update biasanya berguna untuk menghilangkan segala bug yang terjadi.

Sementara downgrade dilakukan bila kita menemukan aplikasi BBM jadi sering bermasalah setelah dilakukan update. Biasanya tidak kompatible dengan perangkat kamu.

Bisa juga kalau tidak kamu downgrade kan aplikasi BBM, kamu update versi androidnya. Pilihan ada di kamu.

Untuk melakukan update, bisa kamu lakukan dengan jalan buka aplikasi Play Store. Lalu klik simbol yang berada di samping pojok kiri atas, kemudian pilih Aplikasi & Game Saya. dari situ tinggal kamu cari dan temukan aplikasi BBM dan update. Jika sudah ada pembaharuan dari developer.

Jika tidak ada, ya berarti tidak bisa kamu lakukan.

Sedang kalau ingin kamu downgrade, bisa kamu lakukan dengan jalan menghapus BBM yang ada di ponsel kamu. lalu cari BBM versi sebelumnya, misal versi sekarang 2.0.0. maka kamu bisa pilih download versi 1.9.1. pokoknya yang lebih lama. Baru setelah selasai kamu download, langsung instal saja.

9. Reboot dan HardReset

Reboot biasa kita gunakan untuk mengatasi masalah kinerja smartphone android yang melambat. Tapi hanya bisa digunakan dalam waktu beberapa menit saja. biasanya setelah beberapa menit, masalahnya akan muncul kembali.

Di samping reboot, kita bisa pilih hard reset. Hard reset atau factory reset adalah mengembalikan setelan ponsel seperti setelan pabrik. Jadi sama seperti saat pertama kita beli.

Cara ini sangat ampuh menyelesaikan banyak masalah yang terjadi pada ponsel, termasuk BBM pending, lemot dan lelet.

10. Ubah Settingan BBM

Terakhir tapi wajib kamu lakukan bila kamu tidak ingin BBM kamu berjalan lambat, pending dan lelet, adalah mengubah setingan BBM.

Default settingan BBM biasanya membawa fitur BBM dalam keadaan aktif semua. Kamu bisa matikan. Misalnya fitur notifikasi musik yang didengarkan teman, lokasi dan lainya. Ada baiknya kamu matikan saja.

Adakah Tips Lainnya?

Jika BBM masih bermasalah, kamu bisa baca cara mengatasi BBM android error, lemot dan pending. Disitu jurnalponsel sudah memberikan ulasan secara mendalam dan detail terkait segala masalah berkaitan dengan BBM. Juga ada beberapa tulisan lain.