Tinggi Ring Bola Basket Standar Indonesia dan Internasional FIBA

Ring bola basket merupakan bagian yang sangat penting dalam arena permainan bola basket. Untuk bisa mendapatkan poin, para pemain harus dapat memasukkan bola ke dalam ring bola basket.

Tinggi ring basket sendiri telah ditentukan oleh Asosiasi resmi olahraga bola basket internasional maupun nasional. Berikut jurnalponsel.com jelaskan secara lengkap tinggi ring bola basket standar indonesia dan internasional FIBA.

Standar Tinggi Ring Basket

Tinggi ring bola basket

Pada sejarah awal perkembangan bola basket, tinggi ring bola basket ditentukan dengan ukuran yang sangat sederhana. Namun seiring dengan semakin meluas dan populernya olahraga ini, serta dibentuknya federasi bola basket internasional atau yang lebih dikenal dengan nama FIBA, maka ditetapkan aturan standar mengenai tinggi ring bola basket.

Organisasi-organisasi bola basket Internasional, seperti NBA, FIBA dan NCAA memiliki aturan tersendiri mengenai standar lapangan bola basket. Namun secara umum standar tinggi ring basket yang digunakan dalam berbagai pertandingan adalah 3,05 meter atau 10 feet.

Meskipun pemain Luar negeri memiliki tinggi yang cukup jauh diatas rata-rata tinggi orang Indonesia, namun tidak mempengaruhi peraturan mengenai standar tinggi ring basket yang digunakan.

Dalam pertandingan ataupun kompetensi bola basket di Indonesia maupun internasional, standar tinggi ring basket yang digunakan tetap sama.

Tinggi Ring Bola Basket Standar Internasional FIBA

Dalam peraturan resmi FIBA dinyatakan bahwa pada permainan olahraga bola basket, dalam lapangan basket diwajibkan memiliki 2 unit backstop yang terletak di sisi lapangan. Blackstop sendiri merupakan istilah untuk sebuah unit ring basket yang didalamnya tercakup 1 tiang struktur, 1 papan, 1 ring basket, dan 1 jaring.

Untuk lebih jelasnya, silakan perhatikan gambat backstop unit di bawah ini:

Dari gambar di atas, jika kita perinci lagi maka akan ada beberapa bagian yang menyusun satu buah backstop. Yakni:

1. Tiang (Support Structure)

Tiang penyangga ring basket bisa berupa tiang permanen, yang menancap pada lantai (floor-fixed) atau tiang yang dapat dipindahkan (mobile) yang biasanya menggunakan roda. Untuk standarisasi tiang bola basket menurut FIBA adalah sebagai berikut:

  • Tinggi ring basket adalah 3.050 mm dari lantai, yang dihitung dari bagian atas ring basket.
  • Tiang dilapisi warna cerah, atau kontras dengan background agar terlihat jelas oleh pemain.
  • Ring dipastikan tidak bergerak kertika terkena getaran dari tembakan bola. Pada tiang mobile dapat ditambahkan beban di bagian bawah tiang penyangga.

2. Papan Pantul (Backboard)

Papan pantul atau backboard merupakan tempat ring dipasangkan. Selain itu, papan pantul juga dapat bermanfaat untuk memantulkan bola yang tidak tepat sasaran masuk ring kembali ke arena lapangan permainan. Berikut peraturan resmi mengenai standar papan pantul yang digunakan dalam permainan olahraga bola basket:

  • Panjang 1,8 meter (toleransi hingga 30 mm)
  • Lebar 1,2 meter (toleransi 20 mm)
  • Terbuat dari material tempered Safety Glass
  • Permukaan datar, rata, tidak memantulkan cahaya, tidak memiliki sambungan
  • Papan berwarna transparan, dengan garis petunjuk berwarna putih dengan lebar 50 mm.
  • Dilengkapi dengan lighting disekelilingnya, dengan lebar minimal 10 mm.

3. Ring Basket

Ring basket merupakan keranjang berbentuk bundar dimana  jaring dipasangkan. Berikut ketentuan mengenai standar ring basket menurut FIBA:

  • Dibuat dari material besi (solid Steel)
  • Berdiameter 450 mm – 459 mm
  • Berwarna Orange, dengan ketebalan 16 mm – 20 mm
  • Jarak papan dengan titik terdekat ring 151 mm

4. Jaring atau Net

Jaring atau net yang digunakan pada ring basket juga memiliki aturan standar yang ditetapkan oleh FIBA. Berikut standarisasinya:

  • Panjang jaring 400 mm – 500 mm
  • Digantungkan pada ring basket
  • Terdapat 12 bagian jaring yang terganrung pada ring
  • Jaring dibuat sedemikian rupa agar tidak menghambat bola pada batas waktu tertentu, ketika melewati jaring.
  • Berbahan lentur/ tidak kaku

Tinggi Ring Bola Basket Standar Indonesia (PERBASI)

Di Indonesia peraturan mengenai standar tinggi ring bola basket secara nasional di tetapkan oleh organisasi Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia atau PERBASI. PERBASI menetapkan standar tinggi ring basket yang ditetapkan oleh FIBA sebagai standar nasional.

Untuk lebih jelasnya, berikut gambar ukuran tinggi ring bola basket sesuai standar Indonesia dari Perbasi.

Dari gambar di atas, berikut penjelasan lengkapnya:

  1. Tinggi ring basket yang digunakan dalam pertandinga resmi nasional sesuai peratuan PERBASI adalah 305 cm atau 10 feet.
  2. Papan pantul yang digunakan berukuran 180 cm x 120 cm.
  3. Ring basket berdiameter 45 cm, terbuat dari baja padat dengan diameter 20 mm, di cat orange dan memiliki 12 kaitan.
  4. Jarak papan pantul dengan bagian terdekat ring adalah 151 ± 2 mm
  5. Ketentuan lainnya sesuai standar FIBA

Standar tinggi ring bola basket tersebut berlaku pada pertandingan tingkat SMA, Mahasiswa, dan Profesional. Sedangkan untuk tingkat SMP terdapat sedikit perbedaan mengenai standar tinggi ring bola basket.

Tinggi ring bola basket untuk tingkat SMP dikurangi 50 cm dari tinggi ring bola basket profesional. Hal ini dilakukan menilik struktur tubuh pemain basket tingkat SMP yang pada umumnya tentu lebih pendek daripada tingkat SMA ke atas.

Di Indonesia sendiri, event pertandingan bola basket selalu rutin diagendakan. Olah raga ini juga masuk sebagai salah satu cabang olah raga yang dipertandingkan dalam pesta olah raga nasional Indonesia, yaitu PON. Oleh karena itu tak menutup kemungkinan jika permain bola basket di Indonesia untuk menjadi atlet profesional bola basket.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.