Tendangan Bebas, Pengertian dan Macam-macam dalam Permainan Olahraga Sepak Bola

Bicara soal tendangan bebas, barang kali ada beberapa pemain bintang lapangan hijau yang sangat terkenal tendangan ini. Pada abad ini, Messi dan Ronaldo adalah dua bintang yang paket komplet di atas lapangan hijau. Messi terkenal karena bakal alaminya, sedang Ronaldo terkenal karena kerja kerasnya. Keduanya juga memiliki tendangan bebas yang sangat memukau.

Prosentase gol tendangan bebas pada jarak tertentu yang dihasilkan keduanya sangat tinggi. Tak salah bila lawan kemudian sangat mewaspadai tendangan bebas dari mereka. Nah, bicara soal tendangan bebas, tahukan kamu apa itu tendangan bebas?

Pengertian Tendangan Bebas

Tendangan bebas dalam olahraga sepakbola merupakan jenis tendangan yang dilakukan tim lawan sebagai hadiah atas pelanggaran yang diperolehnya di luar kotak pinalti. Jenis tendangan ini terbagi menjadi beberapa macam dengan peluang terjadinya gol yang berbeda-beda.

Dibandingkan dengan tendangan penalti, tendangan bebas atau free kick memiliki peluang tercipta gol yang lebih sedikit. Namun jika dilakukan dengan strategi dan teknik yang benar, besar kemungkinan gol pun bisa tercipta. Entah dengan melakukan umpan atau langsung menendang bola ke gawang.

Tendangan bebas dan penalti itu berbeda. Jika pelanggaran oleh tim lawan terjadi di area kotak penalti, maka akan berbuah penalty kick. Eksekusi tendangan penalti pun bebas dilakukan tanpa boleh adanya pagar betis pemain lawan.

Sementara tendangan bebas bisa dilakukan di titik manapun kecuali di kotak penalti. Jika tendangan terlalu dekat dengan gawang, tim lawan hanya boleh menghadang bole dengan pagar betis sekitar 9 meter. Pagar betis ini berisikan pemain lawan yang berjejer antara 3-5 orang.

Selain berisikan pemain lawan yang berjejer, pagar betis juga harus memposisikan pemain-pemainnya berdempetan dengan tangan menutup dada serta organ vital lainnya.

Macam-macam Tendangan Bebas

Tendangan bebas bisa dibedakan menjadi beberapa jenis. Kita bisa membedakan berdasarkan teknis serta jaraknya.

A. Berdasarkan Jarak

1. Tendangan Bebas Jarak Jauh

Merupakan tendangan yang terjadi dengan jarak terlalu jauh dari gawang. Biasanya dalam eksekusinya tidak diperlukan penjagaan pagar betis. Dalam jenis tendangan bebas ini, bola ditendang secara melambung agar bisa menghasilkan jarak lebih dekat dari gawang.

Tidak hanya ditendang melambung, bola pun kerap dioper ke rekan setim untuk melakukan strategi tertentu.

2. Tendangan Bebas Jarak Dekat

Merupakan tendangan yang dilakukan pada jarak tidak terlalu jauh dari gawang. Kebalikannya dengan tendangan bebas jarak jauh, pada eksekusinya akan ada penjagaan pagar betis. Tendangan bebas jarak dekat bisa dimanfaatkan untuk peluang mencetak gol atau sebagai umpan.

Karena memiliki penjagaan pagar betis dan ada di luar kotak penalti, kemungkinan terjadinya gol tak sebesar tendangan penalti.

Tendangan bebas bisa terjadi dimanapun asalkan tidak berada di area kotak penalti. Jika pelanggaran terjadi di area yang terlalu dekat dengan gawang lawan, maka jarak yang diambil adalah kurang dari 9 meter. Ini berarti tendangan bebas tidak memerlukan pagar betis.

Pemain tim yang bertahan boleh berdiri menahan bola dengan jarak 9 meter. Pagar betis diisi oleh para pemain bertahan yang berbaris antara 3-5 orang.

Tak hanya ditendang dengan cara melambungkan bola, tendangan bebas juga bisa dieksekusi dengan cara mendatar. Seperti halnya yang pernah dilakukan Ronaldo ketika membobol gawang Bayern Munchen.

B. Berdasarkan Teknis

1. Tendangan Bebas Langsung

Tendangan bebas langsung merupakan tendangan yang tujuannya untuk menendang bola langsung ke arah gawang lawan. Pemberian hadiah tendangan satu inidisebabkan karena adanya pelanggaran tertentu. Seperti:

  • Sengaja menendang lawan
  • Mengganjal/berusaha mengganjal lawan
  • Menabrak lawan
  • Memukul/berusaha memukul lawan
  • Melompat kepada lawan
  • Menarik anggota tubuh/pakaian lawan
  • Hands-ball
  • Membuat kontak fisik dengan lawan sebelum menyentuh bola pada saat melakukan tackling.

2. Tendangan Bebas Tidak Langsung

Merupakan tendangan yang tidak langsung diarahkan ke gawang, melainkan dioper ke sesama rekan. Karena tidak diarahkan langsung ke gawang, tendangan bebas ini tidak bisa digunakan untuk mencetak gol secara langsung. Tendangan bebas tidak langsung sudah ditetapkan dalam Aturan Sheffield.

Ada pula tendangan bebas tidak langsung di kotak penalti karena kiper yang melakukan pelanggaran. Namun berbeda dengan tendangan penalti, hadiah atas pelanggaran tersebut adalah tendangan tidak langsung yang mengarah ke gawang. Teknisnya, satu pemain mengumpan terlebih dulu ke rekannya. Umpan tersebut kemudian langsung diarahkan ke gawang lawan.

Tendangan ini boleh dilakukan di titik selain terjadinya pelanggaran jika pelanggaran terjadi di area permainan sendiri. Tendangan satu ini diberikan karena sejumlah hal seperti:

  • Pemain melakukan tindakan berbahaya seperti menendang bola yang sedang dipegang penjaga gawang.
  • Offside
  • Menghalangi pergerakan lawan dengan badan sementara posisinya jauh dari bola.
  • Membahayakan pemain lain. Seperti menendang terlalu tinggi di dekat lawan atau menyundul bola terlalu rendah ketika akan ditendang lawan.
  • Memegang bola lebih dari enam detik (ini hanya berlaku untuk penjaga gawang)
  • Mengambil bola yang telah dilepas secara sengaja (khusus untuk penjaga gawang)

Tendangan bebas langsung dan tidak langsung memiliki sejumlah peraturan umum yang mesti diketahui. Antara lain:

  • Penendang tidak diperkenankan menendang bola dua kali sebelum bola tersebut disentuh pemain lain.
  • Pemain tidak boleh memberi isyarat atau menggerakkan bagian tubuh lain untuk mengganggu lawan ketika mengeksekusi tendangan bebas.
  • Jika ada isyarat yang mengganggu pada saat eksekusi, pemain yang melakukan isyarat tersebut akan langsung mendapat peringatan wasit.
  • Jika eksekutor melakukan tendangan bebas cepat sebelum pagar betis berada di zona yang diizinkan, wasit tetap memperbolehkan untuk melanjutkan permainan.

Meskipun kemungkinan gol dalam eksekusi tendangan bebas tidak sebesar tendangan penalti, namun sejumlah pemain terbaik dunia terbukti mampu memanfaatkan peluang tersebut untuk mencetak gol.

Kita bisa melihat dari permainan cantik David Beckham, Roberto Carlos, Francesco Totti, Ronaldinho, dan segenap pemain bintang lainnya yang berhasil mengeksekusi tendangan bebas secara mulus hingga berbuah gol indah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *