Teknik Dasar Passing Bawah Permainan Bola Voli

Permainan bola voli merupakan permainan bola yang dilakukan oleh dua buah tim yang terdiri dari masing-masing enam orang pemain. Bola dalam permainan bola voli dipindahkan menggunakan tangan pemain. Salah satu teknik dasar dalam permainan ini adalah passing bawah. Apa itu passing bawah?

Sebelum bicara soal teknik passing bawah, mari mengenal terlebih dahulu permainan bola voli. Kita mulai dari sejarahnya terlebih dahulu:

Sejarah Permainan Bola Voli

Awalnya permainan bola voli disebut dengan nama Mintonette. Olahraga ini pertama kali ditemukan oleh instruktur pendidikan jasmani asal Amerika Serikat yang bernama William G. Morgan.

Olahraga ini ditemukan dengan mengkombinasikan beberapa jenis permainan menjadi satu, yaitu bola basket, baseball, tenis, dan bola tangan atau handball.

Pada tahun 1896, nama Mintonette diganti dengan nama volleyball atau bola voli. Pergantian ini dilakukan pada acara pertandingan pertamanya di International YMCA Training School.

Permainan ini dilakukan bisa di luar maupun di dalam ruangan, sehingga lebih leluasa bagi pemainnya. Sasaran dari permainan bola voli yaitu agar bola bisa tetap bergerak melewati net yang cukup tinggi dari satu daerah ke daerah lain atau wilayah lawan.

Permainan bola voli kini berada di bawah naungan organisasi internasional FIVB atau Federation Internationale de Volleyball. Di Indonesia, permainan bola voli berada di bawah naungan PBVSI atau Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia.

Teknik Passing Permainan Bola Voli

Pada permainan bola voli, teknik dasar untuk melakukan gerakan passing merupakan teknik yang sangat penting. Passing pada permainan bola voli merupakan gerakan yang dilakukan pemain untuk melempar atau memberikan bola voli kepada rekan satu timnya dengan teknik tertentu. Teknik ini dilakukan juga sekaligus untuk merancang strategi penyerangan kepada tim lawan.

Agar pemain bisa memberikan bola dengan baik, maka teknik passing yang dilakukan harus tepat dan akurat. Arah bola juga harus diperhatikan agar bola diarahkan tepat ke pemain yang dituju atau melakukan penyerangan dengan berhasil sehingga bisa memenangkan poin.

Secara umum, dalam permainan bola voli terdapat dua jenis gerakan passing yaitu gerakan passing bawah dan juga gerakan passing atas. Pada pembahasan kali ini akan dijelaskan secara detail mengenai teknik dasar gerakan passing bawah.

Teknik Dasar Passing Bawah

Sesuai dengan namanya, gerakan passing bawah dilakukan saat posisi bola di bawah atau rendah, sedangkan gerakan passing atas dilakukan saat posisi bola di atas atau tinggi di atas kepala pemain.

Teknik passing bawah biasanya digunakan pemain untuk menerima bola yang datang menikuk ke bawah. Sehingga bola dengan cepat berada di posisi rendah. Agar bola tidak jatuh, maka pemain melakukan passing bawah.

Untuk melakukan passing bawah, pemain harus berlatih dalam beberapa tahapan. Yaitu:

1. Persiapan Gerakan Passing Bawah

Latihan teknik dasar passing bawah dimulai dengan persiapan yang baik. Persiapan ini adalah gerakan yang dilakukan sebelum pemain melakukan gerakan passing bawah pada permainan bola voli:

  • Pemain yang akan menerima bola bergerak ke arah bola dan mengatur posisi tubuhnya agar bisa melakukan gerakan passing bawah dengan baik dan benar
  • Pemain menggenggam jari-jari tangannya
  • Kedua tungkai pemain merenggang secara santai, dengan kedua kaki dibuka selebar bahu
  • Pemain rapatkan dan luruskan kedua tangan di depan badang agar dua jari ibu dari kedua tangan posisinya sejajar. Bentuk landasan dengan tangan
  • Pandangan pemain tepat lurus kearah bola
  • Pemain menekuk lutut dan menahan agar punggung tetap lurus, namun posisi badan rendah.

2. Pelaksanaan Gerakan Passing Bawah

Pelaksanaan gerakan ini dilakukan pemain saat melakukan gerakan passing bawah pada permainan bola voli:

  • Pemain menerima bola di depan badan
  • Alihkan berat badan ke depan untuk bisa menerima bola dengan lebih baik
  • Kaki pemain sedikit diulurkan sambil menggerakkan tangan
  • Pinggul pemain juga bergerak ke depan
  • Ayunkan kedua lengan secara bersamaan dari bagian atas hingga bawah tangan sampai mencapai ketinggian bahu pemain, namun jangan sampai lebih dari atas bahu
  • Jika bola sudah tersentuh oleh kedua lengan pemain, luruskan lutut
  • Bola sebaiknya jatuh mengenai pergelangan tangan agar pukulan lebih tepat sasaran

3. Gerakan Lanjutan Passing Bawah

Gerakan lanjutan ini dilakukan setelah pemain melakukan gerakan passing bawah pada permainan bola voli:

  • Jari pemain tetap digenggam dan siku tetap terkunci
  • Atur agar arah landasan bola tetap searah dengan sasaran lemparan pemain
  • Posisi lengan sejajar di bawah bahu pemain
  • Pindahkan berat badan dari depan ke arah sasaran bola
  • Perhatikan bola yang bergerak, pastikan bola bergerak ke arah sasaran dengan baik

Kesalahan Umum Gerakan Passing Bawah

Bagi pemain bola voli, terutama bagi pemain pemula, terkadang melakukan beberapa kesalahan saat menggunakan teknik dasar passing bawah. Kesalahan passing bawah merupakan hal yang umum bagi pemula, namun sebaiknya diperbaiki agar bisa bermain bola voli dengan lebih baik dan benar.

Berikut adalah beberapa kesalahan umum pada gerakan passing bawah permainan bola voli yang biasanya dilakukan:

  • Pemain yang menerima bola menempatkan posisi tangan terlalu tinggi, kemudian posisi lengan berada di bagian atas bahu
  • Tubuh pemain dibungkukkan terlalu rendah karena pemain menekuk pinggang. Akibatnya, operan yang diberikan menjadi terlalu rendah dan kencang. Bagian tubuh yang seharusnya ditekuk yaitu bagian lutut.
  • Lengan pemain terpisah secara sesaat, yaitu sebelum, pada saat, atau sesaat sesudah pemain menerima bola. Seharusnya tangan pemain tetap menyatu erat
  • Bola yang diterima mendarat di daerah lengan dekat siku. Harusnya, bola diterima oleh bagian kepalan tangan

Passing bawah adalah baian dari cara mengalirka bola permainan voli agar bisa mengatur strategi dan mengalahkan lawan. Semakin baik penguasaanya, semakin kuat pula pertahanan dan penyerangan sebuah tim.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.