Teknik Dasar Bola Voli dan Penjelasannya

Permainan bola voli merupakan permainan yang biasa kita mainkan secara beregu dalam berbagai kompetisi dan kejuaraan. Bila kita tinggal dipedesaan, setiap sore pemuda-pemuda desa biasa memainkanya sebagai ajang mempererat pertemanan sekaligus olahraga. Keseruanya begitu terasa ketika memainkan permainan yang menggunakan media bola ini.

Bola voli dimainkan dengan memakai bola khusus. Caranya adalah dengan memukul bola menggunakan tangan untuk menyebrangi net. William G. Morgan adalah pencipta bola voli pada tahun 1895. Nah untuk bisa memainkanya dengan benar, maka kita harus berlatih, berlatih dan berlatih agar bisa menguasai teknik-tekniknya. Berikut teknik permainan bola voli tersebut:

Teknik Dasar Permainan Bola Voli

Teknik dasar permainan bola voli dapat dibagi menjadi empat jenis teknik dasar, diantaranya teknik dasar service, teknik dasar passing, teknik dasar blocking, dan teknik dasar smash atau spike. Simak uraian berikut untuk mengetahui lebih lanjut mengenai masing-masing teknik dasar.

1. Teknik Dasar Service dalam Permainan Bola Voli

Teknik Bola Voli Service

Service merupakan jenis pukulan dalam permainan bola voli yang bertujuan untuk melemparkan bola agar bisa melambung ke atas net dan masuk atau mendarat di daerah lawan.

Pukulan ini dilakukan pada beberapa kondisi tertentu, yaitu saat awal permainan, saat poin tim bertambah, dan juga saat terjadi pelanggaran oleh tim lawan. Ada empat jenis teknik dasar service dalam permainan bola voli, yaitu service bawah, service mengapung, overhand around service, dan jumping service.

a. Teknik Dasar Gerakan Service Bawah

Teknik service bawah merupakan gerakan service yang dilakukan dengan posisi bola berada dekat bagian bawah tubuh. Teknik ini merupakan teknik service yang paling mudah dilakukan, sehingga banyak dilakukan terutama oleh pemain pemula. Berikut adalah cara untuk melakukan gerakan service bawah dalam permainan bola voli:

  • Bola dipegang menggunakan tangan kiri sejajar dengan pinggang
  • Badan dibungkukkan agar bola bisa dipukul oleh tangan kanan
  • Tangan kanan dikepalkan lalu diayunkan untuk bisa memukul bola

b. Teknik Dasar Gerakan Service Mengapung

Teknik service mengapung merupakan gerakan service yang dilakukan pada saat posisi bola mengapung di udara. Bola yang dilambungkan tidak berputar sehingga terlihat seperti mengapung atau mengambang di udara. Berikut adalah cara untuk melakukan gerakan service mengapung dalam permainan bola voli:

  • Pemain berdiri tegak menghadap ke arah lapangan
  • Posisi kaki pemain dibuka sedikit agar sejajar dengan kedua bahu
  • Bola dilambungkan kea rah atas sampai posisinya sedikit lebih tinggi dari kepala
  • Bagian belakang bola dipukul menggunakan tangan satunya

c. Teknik Dasar Gerakan Overhand Around House Service

Teknik overhand around house service dilakukan saat bola berada di atas kepala. Berbeda dengan gerakan service mengapung, pada gerakan overhand around house service ini bola harus berputar. Fungsinya agar bola yang dipukul memiliki arah gerak yang menukik. Berikut adalah cara untuk melakukan gerakan overhand around house service:

  • Bola digenggam di bagian depan badan menggunakan tangan kiri
  • Bola dilemparkan ke atas
  • Tangan kanan diayunkan ke belakang agar memiliki simpangan terjauh dari bola, sedangkan kaki kiri agak dilekukkan
  • Bola dipukul menggunakan tangan kanan dengan ayunan melingkar

d. Teknik Dasar Gerakan Jumping Service

Teknik jumping service merupakan teknik service dalam permainan bola voli yang dilakukan sambil meloncat. Teknik ini merupakan salah satu teknik service yang tersulit. Berikut adalah cara untuk melakukan gerakan jumping service:

  • Pemain berdiri di bagian belakang lapangan sambil memegang bola menggunakan kedua tangan
  • Bola dilambungkan sampai lebih tinggi dari badan pemain, kira-kira tiga meter di atas permukaan tanah
  • Pemain menekuk lutut agar badan agak rendah sambil bersiap untuk meloncat
  • Bola dipukul seperti smash dengan cara menekuk pergelangan tangan sambil meloncat

2. Teknik Dasar Passing dalam Permainan Bola Voli

Dalam permainan bola voli, gerakan passing merupakan gerakan yang bertujuan untuk menerima, menahan, atau mengendalikan bola dari pemain lain. Ada dua jenis gerakan passing dalam permainan bola voli, yaitu gerakan passing atas dan gerakan passing bawah.

Gerakan passing bawah sendiri bisa dibagi menjadi dua jenis yaitu gerakan passing bawah menggunakan satu tangan dan gerakan passing bawah menggunakan dua tangan.

a. Teknik Dasar Gerakan Passing Atas

Gerakan passing atas dalam permainan bola voli merupakan gerakan yang dilakukan untuk memberikan umpan ke pemain lain yang dilakukan dengan posisi bola berada dekat dengan bagian atas tubuh. Gerakan passing atas terdiri dari dua jenis, yaitu teknik passing atas setinggi wajah dan passing atas normal.

Perbedaan dari dua gerakan ini yaitu posisi bola. Posisi bola pada teknik passing atas setinggi wajah berapa di bagian agak atas wajah pemain, sedangkan pada passing atas normal posisi bola berapa tepat di depan wajah pemain.

Berikut adalah cara untuk melakukan gerakan passing atas dalam permainan bola voli:

  • Kaki pemain dibuka sedikit selebar kedua bahu dengan lutut agak ditekuk
  • Kedua tangan berada di depan dahi. Posisi ibu jari dan telunjuk membentuk segitiga
  • Saat bola datang, bola diterima dengan cara menekuk pergelangan tangan ke arah dalam, sehingga bola diterima oleh jari-jari tangan
  • Bola didorong dengan cara menggerakkan pergelangan tangan ke arah luar sambil meluruskan sku
  • Kaki pemain agak jinjit saat mendorong bola

b. Teknik Dasar Gerakan Passing Bawah

Gerakan passing bawah dalam permainan bola voli merupakan gerakan yang dilakukan untuk memberikan umpan ke pemain lain yang dilakukan dengan posisi bola berada dekat dengan bagian bawah tubuh.

Gerakan ini biasanya dilakukan saat menerima service atau smash dari pemain tim lawan. Secara umum, gerakan passig bawah dibagi menjadi dua jenis, yaitu passing bawah menggunakan satu tangan dan passing bawah menggunakan dua tangan.

  • Teknik Dasar Gerakan Passing Bawah Menggunakan Satu Tangan. Teknik passing bawah menggunakan satu tangan ini dilakukan apabila jangkauan pemain terhadap bola terlalu jauh untuk melakukan gerakan passing atas. Teknik ini dilakukan dengan cara membungkukkan badan dan memukul bola menggunakan satu tangan yang dianggap paling kuat atau paling cocok.
  • Teknik Dasar Gerakan Passing Bawah Menggunakan Dua Tangan. Teknik passing bawah menggunakan dua tangan ini dilakukan apabila pemain mendapatkan service atau smash dari pemain lain, namun posisi bola terlalu rendah. Teknik ini bisa dilakukan dengan dua cara: Tangan kanan menggenggam empat jari di tangan kiri, sedangkan ibu jari tangan kiri menindih ibu jari tangan kanan atau sebaliknya tangan kiri dikepalkan, sedangkan tangan kanan menggenggam tangan kiri

3. Teknik Dasar Blocking dalam Permainan Bola Voli

Teknik Bola Voli Blocking

Pada permainan bola voli, teknik blocking dilakukan untuk menahan dan mencegah serangan yang berasal dari tim pemain lawan. Pemain yang memiliki postur badan cukup tinggi akan diuntungkan sehingga lebih mudah untuk melakukan teknik blocking ini.

Berikut adalah cara untuk melakukan teknik dasar blocking dalam permainan bola voli:

  • Pemain bersiap di depan dan dekat net
  • Lutut ditekuk agar pemain siap untuk melompat
  • Posisi kedua tangan pemain berada di depan dada agar siap untuk menghalangi bola yang datang
  • Saat bola akan datang, pemain lompat setinggi mungkin dengan posisi tangan rapat dan mengarah ke bagian atas
  • Halau bola menggunakan kedua tangan agar bisa masuk ke area tim lawan
  • Pemain sebaiknya mendarat dengan kaki agar mengeper agar resiko cedera bisa dikurangi

Berdasarkan jumlah pemainnya, teknik blocking dibagi menjadi dua jenis yaitu block tunggal dan block berkawan:

  • Block tunggal yaitu teknik blocking yang hanya dilakukan oleh satu orang pemain
  • Block berkawan yaitu teknik blocking yang dilakukan oleh beberapa orang pemain, biasanya dilakukan oleh 2 hingga 3 orang

Sedangkan berdasarkan gerakannya, teknik blocking dibagi menjadi dua jenis yaitu blocking aktif dan blocking pasif:

  • Blocking aktif yaitu teknik blocking yang dilakukan oleh pemain dengan menggerakkan tangan dengan kuat agar bisa menghalau bola
  • Blocking pasif yaitu teknik blocking yang dilakukan pemain dengan tidak menggerakkan tangannya saat melakukan block, namun bola tetap bisa terhalau

4. Teknik Dasar Smash atau Spike dalam Permainan Bola Voli

Permainan Bola Voli

Dalam permainan bola voli, teknik smash atau spike merupakan gerakan memukul bola voli dengan cara melompat dan memukul menggunakan tangan agar bola bergerak dengan arah kemiringan terkecil dan kekuatan yang terbesar ke daerah pemain lawan. Teknik ini sangat berguna dan jika dilakukan akan menambah kesempatan pemain untuk mendapatkan skor.

Berikut adalah teknik dasar dalam melakukan gerakan smash atau spike dalam permainan bola voli:

  • Pemain mengambil ancang-ancang dengan jarak sekitar 3 meter dari tempat bola akan melambung
  • Pemain melangkah agar lebar dengan satu kaki yang kemudian disusul oleh kaki satunya
  • Tangan pemain dijulurkan ke depan agar bisa diayunkan ke belakang
  • Pemain loncat setinggi mungkin sambil mengayunkan tangan ke depan untuk bersiap melakukan gerakan smash
  • Pemain memukul bola ke arah daerah lawan sambil mengarahkan bola agar menukik
  • Pemain mendarat dengan posisi kaki agak mengeper agar resiko cedera bisa dikurangi

Berdasarkan arah bolanya, teknik smash bisa dibagi menjadi dua jenis, yaitu smash silang dan smash lurus:

  • Smash silang dilakukan dengan mengarahkan bola secara diagonal ke arah kiri atau ke arah kanan agar bisa masuk ke bagian kosong di daerah lawan
  • Smash lurus dilakukan dengan mengarahkan bola secara lurus ke depan

Berdasarkan awalannya, teknik smash bisa dibagi menjadi empat jenis, yaitu smash tanpa awalan, smash dengan awalan, smash dengan satu kaki, dan smash dengan dua kaki:

  • Smash tanpa awalan yaitu gerakan smash yang dilakukan jika posisi pemain sudah ada di dekat net dan bersiap untuk meloncat
  • Smash dengan awalan yaitu gerakan smash yang dilakukan secara umum dengan cara teknik dasar yang telah dijelaskan sebelumnya
  • Smash dengan satu kaki merupakan gerakan smash yang dilakukan dengan satu kaki pemain berada di depan kaki lainnya. Dengan kata lain, kaki pemain tidak sejajar
  • Smash dengan dua kaki merupakan gerakan smash yang dilakukan oleh pemain dengan posisi kedua kakinya sejajar seperti pada gerakan smash umumnya

Berdasarkan kurva gerakan bolanya, gerakan smash bisa dibagi menjadi tiga jenis, yaitu drive smash, top spin, dan lob smash:

  • Drive smash. Drive smash merupakan gerakan smash di mana gerakan bola membentuk kurva yang panjang dan mengarah ke bagian luar net
  • Top spin. Top spin merupakan gerakan smash di mana gerakan bola berputar dan menukik tajam ke arah daerah lawan
  • Lob smash. Lob smash merupakan gerakan smash yang mengandalkan putaran bola daripada kecepatan bola. Gerakan smash ini dilakukan agar bola berputar sehingga bola tidak keluar dari batas garis lapangan.

Menguasai berbagai teknik permainan bola voli di atas memang bukan berarti akan menjadi pemain profesional. Sebab masih harus ditunjang dengan latihan, latihan dan latihan keras.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *