Organel Sel Tumbuhan: Struktur, Gambar, Fungsi, Ciri Khas (Lengkap)

Sel tumbuhan dapat didefinisikan sebagai bagian yang terkecil dari setiap organ yang ada pada tumbuhan. Pada tumbuhan, sel merupakan penggerak dari tumbuhan tersebut. Organel sel sendiri merupakan satu atau beberapa struktur yang memiliki fungsi tertentu dan terapung di dalam sitoplasma sel eukariot.

Sel tumbuhan tersusun atas organel-organel yang terlibat langsung dalam proses metabolisme sel secara keseluruhan. Sel sendiri mengandung materi genetik atau DNA yang terbungkus oleh membran. Berikut merupakan uraian lengkap mengenai organel sel tumbuhan.

Struktur Organel Sel Tumbuhan

Struktur Organel Sel Tumbuhan

Tumbuhan merupakan organisme eukariotik yang memiliki organel sel yang terikat oleh membran. Meskipun begitu, organel sel tumbuhan memiliki karakteristik tertentuk yang khas. Struktur dari sel tumbuhan terdiri dari sitoplasma atau cairan sel dan organel.

Setiap organel sel tumbuhan memiliki karakteristik dan fungsinya masing-masing. Selain itu jugamemiliki perannya tersendiri yang memungkinkan sel bisa bekerja dengan baik.

Sel tumbuhan yang terdiri dari berbagai komponen organel ini dilindungi oleh dinding sel dan membran sel. Berikut adalah beberapa komponen dari organel sel yang ditemukan dalam sel tumbuhan pada umumnya:

  • Inti sel atau nukleus
  • Plastida atau kloroplas
  • Ribosom
  • Mitokondria
  • Aparatus golgi (badan golgi atau diktiosom)
  • Retikulum endoplasma (RE)
  • Vakuola atau rongga sel
  • Peroksisom atau badan mikro

Gambar Organel Sel Tumbuhan

Berikut adalah contoh ilustrasi gambar mengenai struktur dan bagian-bagian dari organel sel tumbuhan:

gambar organel sel tumbuhan

Fungsi Organel Sel Tumbuhan

Setiap bagian dari organel sel tumbuhan memiliki karakteristik, peran, dan fungsinya masing-masing. Kerja dari setiap bagian organel sel tumbuhan memungkinkan sel tumbuhan untuk bisa berfungsi dengan baik demi kehidupan tumbuhan tersebut. Berikut adalah penjelasan lebih lanjut mengenai fungsi dari masing-masing bagian organel sel tumbuhan.

1. Fungsi dari inti sel atau nukleus

Inti sel atau disebut juga dengan nukleus merupakan salah satu organel sel yang paling penting. Nukleus menyimpan kromosom yang merupakan komponen genetik dari sel tumbuhan. Fungsi dari nukleus yaitu untuk koordinasi metabolisme, seperti pembelahan sel, pertumbuhan sel, serta sintesis protein.

2. Fungsi dari plastida atau kloroplas

Plastida atau kloroplas merupakan organel sel tumbuhan yang membawa pigmen. Kloroplas sendiri merupakan bagian dari plastida yang mengandung pigmen klorofil yang berwarna hijau.

Dengan adanya klorofil, tumbuhan bisa menyerap sinar matahari sehingga bisa membuat makanannya sendiri melalui proses fotosintesis.

3. Fungsi dari ribosom

Ribosom merupakan organel sel yang berupa butiran nukleoprotein. Ribosom tersusun dari sub unit besar dan sub unit kecil yang berisi RNA ribosom, RNAr, dan protein. Fungsi dari ribosom yaitu untuk produksi dan sintesis protein dalam sel.

4. Fungsi dari mitokondria

Mitokondria merupakan organel sel tumbuhan yang berbentuk batang bulat pada sitoplasma. Organel sel ini berperan dalam pemecahan karbohidrat kompleks dan gula.

Fungsi dari mitokondria yaitu sebagai tempat respirasi aerob untuk pembentukan ATP sebagai sumber energi tumbuhan.

5. Fungsi dari aparatus golgi (badan golgi atau diktiosom)

Badan golgi atau aparatus golgi terdiri dari sekumpulan vesikel pipih yang berbentuk berkelok-kelok seperti kantung pipih. Aparatus golgi yang letaknya berada di dalam sel tumbuhan disebut sebagai diktiosom. Fungsinya yaitu untuk mengangkut zat kimia ke dalam dan ke luar sel, serta berperan dalam sintesis protein dan lemak.

6. Fungsi dari retikulum endoplasma (RE)

Retikulum endoplasma (RE) merupakan organel sel tumbuhan yang menghubungkan inti sel dan sitoplasma. RE terdiri dari kantong yang berbelit-belit. Terdapat dua jenis RE pada organel sel tumbuhan yaitu RE kasar dan RE halus.

Fungsi dari RE itu sendiri yaitu sebagai pengangkut lemak dan steroit, tempat penyimpanan fosfolipid, steroid, dan glikolipid, serta menjalankan fungsi detoksifikasi.

7. Fungsi dari vakuola atau rongga sel

Vakuola atau rongga sel merupakan membran yang berperan sebagai tempat penyimpanan pada sel. Vakuola dapat membantu untuk mengatur tekanan tugor pada sel tumbuhan.

Sebagai tempat penyimpanan berbagai senyawa kimia, vakuola menghabiskan ruang yang cukup besar. Selain itu, vakuola juga berfungsi untuk eksresi produk limbah dan pencernaan instraselular pada molekul kompleks.

8. Fungsi dari peroksisom atau badan mikro

Peroksisom atau badan mikro merupakan bagian organel sel tumbuhan yang mengandung enzim oksidatif. Enzim ini digunakan untuk memecah metabolisme asam lemak menjadi gula sederhana. Peroksisom juga berperan membantu kloroplas selama proses fotorespirasi.

Ciri Khas Organel Sel Tumbuhan

Sel tumbuhan memiliki ciri khas tersendiri yang membedakannya dari sel hewan atau sel eukariot lainnya. Berikut adalah beberapa ciri khas yang dimiliki oleh organel sel tumbuhan:

  • Organel sel tumbuhan memiliki vakuola berukuran besar yang dipenuhi air. Vakuola ini dilapisi oleh membran yang dinamakan tonoplas. Fungsinya yaitu untuk mempertahankan sel turor, mengatur pergerakan molekul, menyimpan zat yang berguna, serta mencerna limbah protein dan organel
  • Dinding sel tumbuhan terdiri dari selulosa, hemiselulosa, pektin, dan ada juga beberapa sel yang mengandung lignin
  • Antar sel tumbuhan memiliki jalur komunikasi khusus yang dikenal sebagai plasmodesmata. Jalur ini berupa pori-pori yang terdapat di dinding sel untuk menghubungkan plasmalesma dari satu retikulus endoplasma di satu sel ke sel lain
  • Organel sel tumbuhan mengandung plastida yang terdiri dari kloroplas, kromoplas, dan leukoplas. Kloroplas mengandung klorofil yang bisa menyerap sinar matahari sehingga tanaman bisa berfotosintesis. Kromoplas berfungsi untuk melakukan sintesis dan menyimpan pigmen. Sedangkan leukoplas merupakan bagian yang berfungsi menyimpan cadangan makanan
  • Pembelahan sel pada tumbuhan dilakukan dengan membentuk phragmoplas sebagai dasarnya
  • Pada sel kelamin jantan lumut, pteridophyta, sikas, dan ginko terdapat flagela yang mirip dengan pada sel hewan. Namun, pada tumbuhan yang lebih kompleks tidak terdapat flagela dan sentriol yang biasanya bisa ditemukan pada sel hewan.

Demikian penjelasan mengenai organel sel tumbuhan lengkap. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.