Sejarah Perkembangan Teknologi Di Dunia Maupun Di Indonesia Dari Masa Ke Masa

Tidak ada hal yang selamanya sama. Semua hal pasti mengalami perubahan. Entah sedikit atau banyak. Seperti halnya dengan penggunaan teknologi yang kian berkembang pesat. Berubah dari masa ke masa. Mulai dari teknologi dalam komunikasi, transportasi, dan lain-lain guna meningkatkan kenyamanan hidup manusia.

Teknologi adalah segala sesuatu yang bisa mempermudah pekerjaan manusia. Jadi tidak hanya sebatas teknologi komputer atau hp saja. pada tingkat yang paling sederhana misalnya teknologi berburu pada jaman prasejarah menggunakan alat dari bebatuan, lalu berkembang menggunakan pisau dan seterusnya.

Perkembangan Teknologi Dari Masa Ke Masa

Sulit untuk merumuskan satu bahasan untuk topik perkembangan teknologi dari masa ke masa. Mengingat topiknya sangat luas. Misalnya pada teknologi transportasi. Dulu manusia bergerak dari satu tempat ke tempat lain menggunakan kaki, lalu ditemukan roda hingga bisa membuat sepeda, sepeda motor, mobil, pesawat, kapal, dan kereta. Bahkan mungkin suatu saat nanti akan dikembangkan alat transportasi yang benar-benar efektif, efisien dan menghemat waktu.

Begitu pula teknologi dalam komunikasi yang juga mengalami perkembangan pesat. Dulu, orang berkomunikasi hanya dengan bertatap muka. Lalu menggunakan kentongan untuk memberi sinyal bahaya, aman atau waspada. Ada surat untuk menghubungkan yang jauh agar tetap bisa bertukar kabar. Hingga saat ini adanya internet dengan berbagai media sosial yang menghubungkan seluruh orang di dunia dalam sesaat.

Sejarah Perkembangan Teknologi Informasi Dan Komunikasi

Dilihat dari masa ke masa berikut adalah perkembangan teknologi, khususnya dalam hal informasi dan komunikasi. Mulai dari masa prasejarah sampai masa modern, saat ini.

1. Masa prasejarah

Awal komunikasi di masa ini berupa suara dengusan dan isyarat tangan. Selanjutnya berkembang Informasi dan komunikasi yang digunakan dalam masa ini adalah bentuk-bentuk yang familiar oleh manusia jaman itu. Mereka mulai mengenal benda-benda di sekitar dan menggambarnya di dinding gua tempat tinggal. Pada masa prasejarah, manusia mulai menciptkan komunikasi menggunakan suara dari alat-alat seperti gendang dan terompet serta isyarat seperti kepulan asap yang menandakan adanya bahaya.

  • 3000 SM

Manusia mulai mengenal simbol-simbol yang disebut piktografi yang kemudian dilafalkan menjadi berbagai kata yang berbeda lalu menjadi kalimat hingga membentuk bahasa untuk berkomunikasi dengan sesama manusia.

  • 2900 SM

Bangsa mesir pada masa ini sudah menggunakan huruf hieroglif atau bahasa simbol yang mana setiap simbol mewakili ungkapan yang berbeda.

  • 500 SM

Pada masa ini manusia telah mengenal menulis surat dengan menggunakan serat papyrus yang tumbuh di sepanjang sungai nil. Serat papyrus digunakan sebagai kertas untuk media penyampaian informasi. Sebelum menggunakan serat papyrus dulu orang-orang mengunakan lempengan tanah liat yang dirasa kurang efisien.

  • 105 SM

Kertas mulai ditemukan pada masa ini oleh bangsa Cina. Bahkan penemuan oleh bangsa Cina pada masa ini adalah kertas yang kita gunakan untuk menulis saat ini. Kertas yang ditemukan oleh Bangsa Cina ini dibuat dari bahan bambu. Pertama bambu dihaluskan lalu disaring dan dicuci hingga bersih. Setelah itu diratakan menjadi bentuk lembaran dan dikeringkan menjadi kertas. Setelah penemuan kertas terjadi penemuan mesin cat yang mana bibit idenya berasal dari balok kayu yang dilumuri oleh tinta dan ditempelkan ke kertas.

2. Masa Modern (1800 M – sekarang)

Berikutnya kita juga bisa melihat perkembangan teknologi pada masa modrn. Dalam tulisan ini akan dimulai dari tahun 1845.

  • Tahun 1845

Mesin cetak pertama kali ditemukan oleh Johann Gutenberg. Mesin cetak yang diciptakan menggunakan plat huruf dari besi dan bisa diganti dalam bingkai berbahan kayu.

  • Tahun 1830

Agusta Lady Byron bekerja sama dengan Charles Babbage membuat komputer pertama kali di dunia. Komputer yang diciptakan oleh mereka pada zaman itu sudah mampu memasukkan data, mengolah data hingga membuat output berupa kartu.

  • Tahun 1837

Telegraf dan bahasa kode dikembangkan oleh Samuel Morse, Sir William COOk dan Sir Charles Wheatstone. Telegraf ini merupakan pesan-pesan yang dikirim menggunakan pulsa listrik dengan bantuan kabel tunggal yang diwakili oleh kode-kode sederhana. Kekurangan dari telegraf adalah hanya bisa dikirim dengan baik dalam jangkauan 32 km. Sehingga terjadi sambungan rantai telegraf tiap 32 km jika ingin mengatarkan pesan.

  • Tahun 1877

Telepon mulai diciptakan dan dikembangkan oleh Alexander Graham Bell. Mulanya sistem ini menggunakan pemanggilan nama pelanggan tapi diganti dengan nomor. Nomor telepon yang digunakan menggunakan sistem dua huruf dan lima digit angka.

  • Tahun 1939

Komputer elektronik digital pertama kali diciptakan oleh Dr. John V. Atanasoff dengan bantuan Clofford Berry. Mulai 1939 hingga saat ini komputer berkembang dengan pesat dan canggih.

  • 1973 – 1990

Internet mulai ada yang menghubungkan antar komputer. Yang mana diciptakan oleh ArpA dengan awal mula bernama ARPANET.

  • 1991 – sekarang

Teknologi dalam informasi dan komunikasi mulai dijadikan oleh bisnis saat CERN memungut biaya dari pengguna. Hal ini dilakukan untuk menyokong biaya operasional CERN. 1992 CERN mengenalkan world wide web (www). Dan kini semakin dikembangkan oleh berbagai perusahaan dan komunitas teknologi dan informasi.

Perkembangan Teknologi Komunikasi di Indonesia

Di Indonesia sendiri perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dimulai dari surat. Kemudian pada 9 juli 1976 Indonesia meluncurkan satelit palapa guna mempermudah komunikasi berupa telepon, fax, dan lain-lain.

Perkembangan selanjutnya adalah jaringan seluler berupa GSM, sebuah teknologi komunikasi bergerak (2G). Setelah itu bisa menggunakan SMS yang mana pertama kali dikirim oleh Neil Paport dan diterima oleh Richard Jarvis pada Desember 1992. Dan SMS semakin populer dikembangkan oleh nokia. Mulai tahun 1972 Indonesia melalui PUSILKOM UI mempelajari ilmu komputer. Hingga peneliti-peneliti yang didukung oleh berbagai kampus negeri.

1994 pertama kali Internet Service Provier muncul di Indonesia. 2002 Indonesia resmi meluncurkan portal nasional www.indonesia.go.id. Hingga saat ini teknologi dalam hal informasi dan komunikasi di Indonesia semakin berkembang pesat seiring waktu yang berjalan sangat cepat.

Cara Mengaktifkan Virtualization Technology di BIOS (Lengkap)

Komputer memang teknologi yang keren dan luar biasa hebatnya. Saking kerennya, ada banyak teknologi di dalamnya yang ternyata tak semua pemilik sadari. Salah satunya...
litalia
2 min read

Cara Mengatur Ukuran Kertas pada Printer dan MS Word

Untuk mendapatkan sebuah cetakan sesuai keinginan, maka hal yang musti kamu lakukan yakni terlebih dahulu melakukan pengaturan kertas pada printer dan Microsoft Word sesuai...
litalia
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *