Sejarah Komputer dan Perkembangan Komputer Lengkap dari Generasi Pertama Sampai Sekarang

Sejarah Komputer – Di zaman yang serba modern, komputer hadir dan telah menjadi bagian dari hidup kita. Dengan berbagai manfaat yang ditawarkannya, komputer kemudian menjadi salah satu perangkat yang menghadirkan solusi bagi kita semua dalam menyelesaikan berbagai tugas dan kerja manusia. Komputer selanjutnya banyak dimanfaatkan untuk mengolah, mengelola, dan menyimpan informasi.

Sebenarnya, komputer yang kita miliki saat ini, tidak serta merta hadir begitu saja dengan bentuk seramping seperti sekarang. Sama halnya dengan ilmu pengetahuan dan teknologi itu sendiri, komputer juga mengalami perkembangan. Tentu saja ada sejarah yang mengawali ditemukannya komputer, hingga kemudian akhirnya menjadi alat paling penting di dunia.

Sejarah perkembangan komputer yang terjadi pada komputer meliputi perkembangan dari sisi ukuran hingga fungsi yang ditawarkan komputer itu sendiri. Perlu kamu tahu, dahulu beberapa organisasi membutuhkan suatu ruangan yang besar hanya untuk menyimpan komputer karena ukurannya saat itu memang terbilang sangat besar. Sementara kini, komputer telah hadir dengan ukuran yang kecil sehingga kita bahkan bisa menyimpannya dalam saku celana.

Nah sebelum kita terlalu jauh bicara soal bagaimana komputer berkembang dari waktu ke waktu, tahukan kamu apa itu komputer?

Pengertian Komputer

Sejarah Komputer

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), komputer adalah alat elektronik otomatis yang bisa menghitung atau mengolah data dengan cermat sesuai dengan yang diinstruksikan, dan menampakkan hasil pengolahannya, serta dapat digunakan pula untuk menjalankan beberapa fungsi multimedia seperti film, musik, dan lainnya, biasanya juga terdiri atas beberapa unit seperti unit pemasukan, pengeluaran, penyimpanan, dan pengontrolan.

Selain pengertian dari KBBI di atas, ada juga pengertian komputer menurut sumber lain seperti dari Wikipedia. Berdasarkan definisi yang dikutip dari Wikipedia Indonesia, komputer diartikan sebagai alat yang dimanfaatkan untuk mengolah data menurut perintah yang telah dirumuskan. Definisi ini, mengacu pada kondisi awal komputer di zaman permulaan ditemukannya.

Semula, kata komputer digunakan untuk menggambarkan orang yang bekerja melakukan perhitungan aritmetika dengan memanfaatkan alat bantu. Sementara kini, komputer didefinisikan sebagai suatu peralatan elektronik yang terdiri atas beberapa komponen yang saling bekerja sama satu sama lain untuk menghasilkan suatu informasi menurut data dan program yang tersedia. Beberapa komponen yang dimaksud di sini, antara lain monitor dan CPU sebagai komponen utama, serta keyboard, mouse, dan printer sebagai komponen tambahan.

Fungsi Komputer

Komputer sendiri mempunyai banyak fungsi atau kegunaan yang bisa menunjang kerja kita semua. Beberapa peranan yang bisa kita manfaatkan dari komputer di antaranya:

1. Sebagai alat yang mempermudah kerja

perkembangan komputer

Kemampuan komputer yang mampu menyimpan, mengolah, mengedit data, dan proses yang lain dapat membantu kalian untuk mengerjakan tugas dengan lebih mudah. Kalian tidak perlu mengulang dari awal seperti halnya pada mesin tik, dengan komputer kalian dapat mengedit tulisan berulang-ulang selama data masih tersimpan dengan benar di komputer.

2. Sebagai sarana informasi

Komputer menjadi sarana untuk mencari beraga informasi. Seperti halnya informasi pendidikan, hiburan, pekerjaan, berita, dan lain sebagainya. Namun, jika ingin mengulas informasi tersebut lebih jauh, kalian perlu menyambungkan komputer dengan internet.

3. Sebagai sarana kontrol

Fungsi KomputerKomputer juga digunakan sebagai sarana kontrol atau mengoperasikan sistem. Seperti halnya di supermarket untuk mengontrol keuangan, kamera security, sistem mesin di pabrik, sistem jaringan networking, dan lain sebagainya.

4. Sebagai sarana komunikasi

Komputer juga bisa menjadi sarana komunikasi. Jika menggunakan telepon, kalian hanya bisa mendengarkan suara. Tetapi dengan komputer, kalian bisa menggunakan web camera untuk telepon video, bisa chattingan, berkirim email, dan lain sebagainya.

5. Sebagai sarana hiburan

Jenis-jenis Komputer

Jika dulu, untuk menghibur diri, seseorang perlu mengeluarkan cukup uang untuk jalan-jalan misalnya, atau menggunakan radio untuk mendengar lagu. Nah, komputer sudah menyediakan beraneka macam hiburan. Selain hiburan permainan, kalian dapat memutar lagu, video, atau bahkan film untuk mencari hiburan murah.

Penemu komputer Pertama Kali

Jika kamu bertanya siapa penemu komputer pertama? Beliau adalah Charles Babbage yang dikenal sebagai salah satu pelopor yang pertama kali mengemukakan gagasan mengenai komputer yang bisa diprogram.

Lahir di Inggris, tepatnya di jalan Crosby Row nomor 44, Walworth Road, London pada tanggal 26 Desember 1791 dan wafat di tanggal18 Oktober 1871 pada usia 79 tahun.

Mesin penghitung atau juga yang dikenal dengan Difference Engine no.1 yang ditemukan oleh Charles Babbage merupakan salah satu icon paling terkenal dalam sejarah perkembangan komputer yang juga adalah kalkulator otomatis pertama di dunia.

Sejarah Perkembangan Komputer

Sejarah Perkembangan Komputer

Komputer yang kita kenal dan temui hari ini adalah hasil dari pengembangan versi komputer lama dari masa ke masa. Saat ini komputer telah dirancang dengan sangat canggih. Hal ini sangat berbeda dengan komputer versi lama di masa awal ditemukannya.

Dahulu di masa-masa awal pertama kali komputer ditemukan, tampilannya sangat jauh berbeda dengan yang saat ini kita miliki. Komputer versi lama tidak sekecil, secanggih, seringan, dan sekeren komputer versi sekarang. Sebaliknya, komputer versi lama ada dalam wujud yang sangat besar, berat, dan hanya diperuntukkan untuk tugas tertentu saja.

Perancangan komputer pertama kali merupakan cikal bakal dari suatu mesin hitung. Cikal bakal komputer tersebut kemudian mengalami perkembangan dari masa ke masa hingga menjadi komputer versi modern seperti yang kita miliki.

Berdasarkan perkembangannya, komputer diklasifikasikan menjadi lima generasi. Masing-masing generasi ditentukan berdasarkan teknologi pengembangan  yang digunakan saat komputer tersebut beroperasi. Berikut ini akan dijelaskan sejarah perkembangan komputer yang lengkap dari generasi pertama hingga generasi kelima:

Sejarah Komputer Generasi Pertama (1941 – 1959)

Komputer Generasi Pertama

Selama berlangsungnya perang dunia kedua (1930-1945), negara-negara yang terlibat dalam perang dunia kedua, berusaha untuk mengembangkan komputer sebagai langkah strategis untuk memenuhi kebutuhan perang. Negara-negara tersebut sangat menyadari potensi besar dari pemanfaatan sebuah komputer. Hal ini membuat pendanaan pengembangan komputer semakin meningkat sehingga berdampak pada makin cepatnya kemajuan pengembangan komputer.

Jerman menjadi negara yang kemudian membuat negara lain turut mengembangkan komputer. Ialah Conrad Zuse, seorang insinyur Jerman yang berhasil membuat komputer Z3 pada tahun 1941. Komputer ini digunakan untuk mendesain pesawat terbang dan peluru kendali.

Tidak ingin ketinggalan dari Jerman, pihak sekutu juga turut membangun dan mengembangkan komputer sebagai pemenuhan kebutuhan perang. Selanjutnya pada tahun 1943, Inggris berhasil menyelesaikan sebuah komputer yang dinamai dengan Colossus. Colossus ini dirancang untuk dapat memecahkan kode rahasia yang digunakan oleh Jerman secara cepat dan efisien.

Meski begitu, namun hadirnya Colossus tidak terlalu banyak berdampak pada perkembangan industri komputer. Ini disebabkan oleh dua alasan. Alasan pertama karena Colossus bukan merupakan komputer multiguna (general purpose computer). Sedangkan alasan yang kedua yaitu karena keberadaan komputer ini dirahasiakan sampai satu dekade setelah perang dunia kedua berakhir.

Di Amerika, pengembangan komputer diawali oleh Howard H. Aiken yang merupakan seorang insinyur Harvard. Dia bekerja sama dengan IBM dan berhasil mendesain kalkulator elektronik yang digunakan untuk angkatan laut Amerika (US. Navy). Kalkulator ini dinamakan Harvard Mark I yang memiliki ukuran panjang setengah lapangan sepak bola dan panjang kabel sejauh 500 mil.

Mark I bekerja dengan menggabungkan komponen elektronik dan mekanik yang digerakkan menggunakan sinyal elektromagnetik. Kalkulator ini dapat melakukan perhitungan aritmetika dasar dan persamaan-persamaan lainnya yang lebih kompleks. Namun, Mark I bekerja dengan lambat karena membutuhkan 3-5 detik untuk setiap perhitungan dan tidak fleksibel karena urutan perhitungannya tidak dapat diubah.

Selanjutnya pada tahun 1946, pemerintah Amerika Serikat berhasil mengembangkan komputer untuk tujuan serbaguna (general purpose computer) yang pertama. Komputer ini dirancang oleh John Presper Eckert dan dinamakan ENIAC. ENIAC (Electronic Numerical Integrator and Computer) inilah yang kemudian disebut sebagai komputer generasi pertama.

Komputer ini terdiri atas 18.000 tabung vakum, 70.000 resistor, dan 5 juta titik solder yang membutuhkan daya 175 kW untuk menjalankannya. Daya ini sekitar 450 kali lebih besar dibandingkan kebutuhan daya komputer era sekarang. ENIAC merupakan komputer dengan wujud yang sangat besar namun kinerjanya lebih cepat 1000 kali lipat dibanding Harvard Mark I.

Di pertengahan tahun 1940-an, John Von Naeumann yang merupakan matematikawan Amerika, bekerjasama dengan tim University of Pennsylvania. Kerja sama ini membuahkan pengembangan konsep desain komputer yang dapat digunakan hingga 40 tahun setelah diciptakannya.

Komputer itu dikenal dengan EDVAC yang merupakan kependekan dari Electronic Discrete Variable Automatic Computer. Komputer ini dilengkapi dengan memori untuk menampung program dan data. EDVAC mampu berhenti sesaat sebelum melanjutkan pekerjaannya kembali. Neuman menggunakan satu unit prosesor tunggal untuk mengoordinasikan semua fungsi komputer.

Berikutnya di tahun 1951, Remingto Rand mengembangkan UNIVAC I (Universal Automatic Computer I) yang menjadi komputer komersia pertama dengan model rancangan Neuman. Bila dibandingkan dengan ENIAC, UNIVAC punya lebih banyak keunggulan. Jumlah tabung yang digunakan berkuang drastis dari 19.000 menjadi 5.000.

Berat UNIVAC juga relatif lebih ringan, yaitu 8 ton bila dibandingkan dengan ENIAC yang beratnya 30 ton. Konsumsi dayanya 100 kW, di mana relatif lebih kecil bila dibandingkan dengan ENIAC dengan konsumsi daya yang mencapai 175 kW. Meski begitu, ukuran UNIVAC tetap saja besar sehingga tidak dapat ditampung dalam garasi mobil. Selain itu UNIVAC juga tetap dianggap sangat tidak efisien bila dibandingkan komputer standar era modern.

Ciri-Ciri Komputer Generasi Pertama

Ada beberapa ciri-ciri yang membuat kita bisa membedakan komputer berdasarkan tingkat pengembangannya yang diklasifikasikan menjadi lima generasi komputer. Komputer generasi pertama sendiri juga dapat dilihat ciri-cirinya sebagai berikut:

  • Komputer generasi pertama dirancang dengan karakteristik hanya untuk melakukan pekerjaan tertentu yang spesifik
  • Komputer generasi pertama sulit untuk diprogram. Hal ini memiliki keterkaitan dengan karakteristik pengembangan komputer generasi pertama yang hanya diperuntukkan bagi fungsi tertentu saja yang spesifik.
  • Kecepatan yang dimiliki komputer generasi satu masih terbatas
  • Pengoperasian komputer generasi pertama membutuhkan daya yang sangat besar
  • Komputer generasi satu menggunakan tabung vakum dalam jumlah besar
  • Ukuran komputer generasi pertama sangat besar. Sangking besarnya ukuran komputer generasi pertama ini, bahkan tidak muat bila disimpan dalam garasi mobil. Sehingga butuh ruang yang sangat besar untuk menyimpannya.

Komputer Generasi Kedua (1959 – 1965)

Komputer Generasi Kedua

Tahun 1948 ditemukan transistor yang menggantikan fungsi tabung vakum. Penemuan oleh tiga fisikawan asal Amerika yang terdiri atas Walter Houser Brattain, John Barder, dan William Bradford Sockley, mendatangkan perubahan besar pada berbagai peralatan elektronik khususnya komputer. Perubahan besar ini berdampak pada ukuran dan konsumsi daya komputer. Ukuran komputer generasi dua ini menjadi lebih kecil dan energi yang digunakan untuk mengoperasikannya pun menjadi lebih hemat.

Selanjutnya di tahun 1950-an, International Business Machines (IBM) Corporation berhasil mengembangkan memori inti magnetik. Komputer generasi dua ini mulai menggunakan memori inti magnetik di tahun 1960-an. Transistor yang digunakan bersama dengan memori inti magnetik mampu menjadikan tampilan komputer generasi dua lebih kecil, cepat dan efisien dalam konsumsi dayanya dibanding komputer pendahulunya.

Komputer generasi kedua yang pertama adalah superkomputer Stretch ang dibuat oleh IBM. Kemudian disusul hadirnya superkomputer LARC yang dibuat oleh Sperry- Rand untuk dimanfaatkan di laboratorium energi atom dalam menangani data-data penelitian. Komputer ini kurang populer karena harganya yang sangat mahal dan terlalu kompleks untuk kebutuhan komputasi bisnis.

Bahasa mesin pada komputer generasi kedua menggunakan bahasa assembly yang menggunakan kode-kode berupa singkatan-singkatan untuk menggantikan kode-kode biner pada bahasa mesin. Kode-kode berupa singkatan-singkatan ini jauh lebih mudah dipahami dibandingkan dengan kode-kode biner. Komputer generasi dua memiliki program dan bahasa pemrograman, sehingga lebih fleksibel untuk digunakan.

Fleksibilitas ini berhasil menjadikan kinerja komputer semakin meningkat dengan harga yang masih terjangkau bagi kalangan bisnis. Karena alasan inilah komputer generasi dua ini sukses diterima di bidang bisnis, universitas, dan pemerintahan. Komputer generasi dua ini bahkan sudah dapat digunakan untuk mencetak faktur pembelian, mendesain produk, menghitung daftar gaji, dan sebagainya. Salah satu komputer generasi kedua yang sukses di pasaran adalah IBM 1401 yang digunakan secara luas di berbagai industri.

Penggunaan komputer di era komputer generasi kedua ini semakin meluas. Di generasi kedua ini juga mulai muncul bahasa-bahasa pemrograman yang mampu meningkatkan fleksibilitas komputer. Bahasa pemrograman tersebut misalnya Common Business Oriented Languange (COBOL) dan Formula Translator (FORTRAN). Selanjutnya dua bahasa pemrograman tersebut mulai menggantikan bahasa mesin dan bahasa assembly yang lebih rumit dipahami.

Berkat meluasnya penggunaan komputer dan munculnya bahasa pemrograman  untuk komputer, menyebabkan bermunculannya berbagai macam pekerjaan atau karier baru. Misalnya seperti programmer, analisis sistem, ahli sistem komputer. Berbagai industri peranti lunak juga banyak bermunculan dan berkembang di masa komputer generasi kedua ini.

Ciri-Ciri Komputer Generasi Kedua

Komputer generasi kedua memiliki beberapa keunggulan bila dibandingkan dengan komputer generasi pertama. Beberapa ciri-ciri dari komputer generasi kedua yang membedakan dengan versi komputer generasi lainnya antara lain:

  • Memanfaatkan teknologi transistor
  • Ukuran komputer generasi dua lebih kecil
  • Konsumsi daya komputer generasi dua lebih hemat dan efisien
  • Komputer generasi dua bekerja lebih cepat dan lebih andal
  • Komputer generasi kedua menggunakan bahasa assembly yang lebih mudah dipahami
  • Komputer generasi dua dilengkapi dengan program dan bahasa pemrograman sehingga lebih fleksibel.

Komputer Generasi Ketiga (1965 – 1971)

 

Komputer Generasi Ketiga

Kehadiran transistor yan sukses menggantikan fungsi tabung vakum memang memberikan kontribusi yang besar dan penting dalam pengembangan komputer. Pemanfaat transistor selanjutnya mampu menjadikan ukuran komputer menjadi lebih kecil dan konsumsi daya selama pengoperasiannya jauh lebih hemat. Meski begitu, transistor tetap memiliki kelemahan. Saat komputer dioperasikan transistor  menghasilkan panas yang cukup besar sehingga berpotensi merusak bagian-bagian komputer yang lain.

Selanjutnya pada tahun 1958, Jack Kilby yang merupakan seorang insinyur elektro asal Amerika, menawarkan solusi atas permasalahan sebagai dampak penggunaan transistor. Solusi yang ditawarkan Jack Kilby ini berupa sirkuit integrasi (Integrated Circuit/ IC) yang dirancang dengan mengombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa.

Para ilmuwan selanjutnya juga berhasil memasukkan lebih banyak komponen-komponen ke dalam satu chip tunggal. Penggunaan chip inilah yang membuat komputer semakin kecil. Hal ini disebabkan karena komponen-komponen dalam komputer tersebut dapat dipadatkan dalam chip-chip.

Keunggulan komputer generasi ketiga lainnya ialah telah digunakannya sistem operasi (operating system). Penggunaan sistem operasi ini memungkinkan mesin komputer dapat menjalankan berbagai program yang berbeda secara serentak dengan sebuah program utama yang memonitor dan mengoordinasikan memori komputer. Contoh komputer generasi ketiga diantaranya IBM 30, UNIVAC 9000, UNIVAC 1108, dan GE 600.

Ciri-Ciri Komputer Generasi Ketiga

 

sejarah komputerKomputer generasi ketiga memiliki beberapa ciri khusus yang menjadikannya berbeda dengan versi komputer generasi lainnya. Ciri-ciri komputer generasi ketiga antara lain:

  • Mulai memanfaatkan teknologi sirkuit integrasi (Integrated Circuit/ IC). Adanya pemanfaatan sirkuit integrasi (integrated circuit/ IC) mampu mengurangi kelemahan teknologi transistor yang menghasilkan panas berlebih saat komputer dioperasikan.
  • Ukuran Komputer Generasi Ketiga Lebih Kecil Lagi Bila Dibandingkan dengan Komputer Pendahulunya
  • Komputer Generasi Ketiga Menggunakan Chip-Chip

Komputer Generasi Keempat (1971 – 1980)

 

Komputer Generasi Keempat

Ditemukannya Integrated Circuit selanjutnya membuat arah pengembangan komputer menjadi semakin jelas. Inovasi yang hadir di masa komputer generasi keempat yakni Large Scale Integrative (LSI). LSI merupakan gabungan atau hasil penyatuan dari ribuan IC pada suatu kepingan atau chip. Pada tahun 1980-an bahkan muncul Very Large Scale Integration (VLSI) yang memuat ribuan komponen dalam satu chip tunggal.

Jumlah komponen yang ribuan tersebut bahkan meningkat menjadi jutaan pada Ultra Large Scale Integration (ULSI). Dengan dipasangnya ribuan bahkan jutaan komponen dalam satu keping chip menyebabkan turunnya harga dan ukuran komputer. Tidak hanya itu saja, inovasi ini juga mampu meningkatkan kinerja, efisiensi, dan keandalan komputer.

Selanjutnya teknologi yang ditemukan di masa komputer generasi keempat ini dikenal dengan mikroprosesor. Mikroprosesor pertama adalah Intel 4004 yang dibuat tahun 1971 dan digunakan untuk kalkulator. Awalnya, IC dibuat agar diperuntukkan untuk mengerjakan tugas yang spesifik, namun dengan kehadiran mikroprosesor, selanjutnya dapat dikembangkan untuk memenuhi seluruh kebutuhan yang diharapkan.

Ada banyak piranti yag kemudian dikembangkan dengan menggunakan mikroprosesor, bahkan termasuk peralatan rumah tangga seperti microwave, oven, AC, lemari pendingin dan televisi. Perkembangan yang semakin pesat ini juga berdampak linier dengan penggunaan komputer yang semakin meluas. Penggunaan komputer tidak lagi didominasi oleh perusahaan-perusahaan besar ataupun instansi pemerintahan saja. Harga komputer yang semakin murah menjadikan komputer sebagai produk elektronik yang dibutuhkan dan dekat dengan masyarakat.

Beberapa contoh dari komputer generasi keempat salah satunya adalah personal computer (PC) yang diperkenalkan oleh IBM di tahun 1981. Contoh lainnya meliputi IBM PC 486, Pentium, Pentium II, Pentium III, Pentium IV, AMD K6, dan AMD Kathon.

Dengan semakin menjamurnya penggunaan komputer bahkan di masyarakat secara luas, mendorong dilakukannya berbagai inovasi baru yang menunjang pengembangan dan penggunaan komputer. Sejumlah komputer kecil yang banyak digunakan tersebut kemudian dapat dihubungkan secara bersamaan dalam suatu jaringan. Mereka bisa saling berbagi memori, peranti lunak, informasi, dan saling berkomunikasi satu sama lain.

Kehadiran jaringan komputer ini, memungkinkan suatu komputer tunggal  membentuk kerja sama elektronik untuk menyelesaikan suatu proses tugas. Jaringan komputer ini bisa menggunakan rangkaian kabel secara langsung yang disebut dengan local area network (LAN).

Ciri-Ciri Komputer Generasi Keempat

Ciri-ciri komputer pada generasi keempat ini antara lain:

  • Mulai dikembangkannya komputer yang memanfaatkan mikroprosesor dengan general purpose microprocessor yang dikembangkan oelh Intel 8080.
  • Komputer generasi keempat mulai menggunakan LSI (Large Scale Integration) yang merupakan gabungan atau penyatuan dari ribuan IC (integrated circuit) yang dimasukkan dengan cara dipadatkan dalam sebuah chip.
  • Pada generasi keempat ini, hampir sebagian besar komputernya sudah menggunakan sistem operasi dengan konsep Graphical User Interface (GUI). Contohnya ialah sistem operasi Microsoft Windows yang dibuat oleh Microsoft Corp.

Komputer Generasi Kelima (Sekarang – Masa Depan)

Komputer Generasi Kelima

Komputer generasi lima digadang-gadang sebagai komputer generasi masa depan. Karena diperuntukkan bagi masa depan, membuat komputer generasi lima ini masih dalam tahap perancangan. Komputer generasi kelima diharapkan terwujud dalam bentuk komputer yang bisa menampilkan seluruh fungsi yang diinginkan dari komputer generasi kelima.

Contoh imajinatif dari komputer generasi kelima ialah dengan adanya kelengkapan kecerdasan buatan (artificial intellegence atau AI). Kelengkapan kecerdaan buatan ini diharapkan membuat komputer dapat melakukan percakapan dengan manusia, menggunakan input visual, dan belajar dari pengalaman pribadinya.

Realisasi dari contoh imajinatif komputer generasi kelima ini memang masih jauh dari kenyataan, namun beberapa fungsi-fungsi yang diharapkan ada di komputer generasi ini telah terwujud. Sebagai contoh, komputer dapat menerima instruksi secara lisan dan mampu meniru nalar manusia. Kemampuan untuk menerjemahkan bahasa asing juga telah terwujud saat ini. Meskipun terlihat sederhana, namun fitur ini sebenarnya jauh lebih rumit pemrogramannya.

Jepang menjadi contoh negara yang gencar dan memperkenalkan diri untuk menyosialisasikan jargon dan proyek rancangan komputer generasi kelima. Lembaga yang menaunginya ialah ICOT. Keberhasilan proyek rancangan komputer generasi kelima akan mampu membawa perubahan baru terhadap paradigma di bidang komputerisasi dunia.

Ciri-Ciri Komputer Generasi Kelima

Beberapa ciri utama yang menjadi karakteristik dari komputer generasi lima antara lain:

  • Didirikannya ICOT (Institute for New Computer Techmology) di Jepang yang dimaksudkan untuk mengembangkan komputer generasi kelima. Komputer generas lima ini dirancang agar menghasilkan komputer yang powefull dan intelligent.
  • Komputer generasi kelima mulai menggunakan unsur artificial intelligence. Unsur ini membuat komputer punya karakteristik serupa manusia dan menggunakan bahasa sehari-hari.

Tokoh-Tokoh yang Berpengaruh dalam Perkembangan Komputer

Sejarah perkembangan komputer dari generasi pertama hingga generasi kelima, tidak akan lepas dari peran tokoh-tokoh penting yang terlibat di dalamnya. Selama masa awal pertama kali dibangunnya sebuah komputer hingga kini kita mengenal komputer yang jauh lebih canggih, tentu berkat jasa besar tokoh-tokoh dunia yang berhasil dalam mengembangkan teknologi khususnya di bidang komputerisasi.

Di antara banyaknya tokoh-tokoh yang terlibat dalam perkembangan komputer dari masa ke masa, ada beberapa tokoh utama yang punya andil besar dalam mengembangkan komputer, hingga menjadi sehandal dan secanggih sekarang. Mereka antara lain Charles Babbage, Ada Augusta Byron, Herman Hollerith, Thomas Watson, Bob Noyse dan Gordon Moore, Steven Jobs dan Steve Wozniak, Bill Gates dan Paul Allen, Richard Stallman, serta Linus Torvalds.

1.  Charles Babbage

Tokoh pertama yang cukup punya kontribusi besar dalam pengembangan komputer dari masa ke masa ialah Charles Babbage. Dia merupakan seorang matematikawan kelahiran Inggris yang berhasil membangun sebuah mesin yang dikenal dengan Difference Engine. Charles Babbage juga sukses merancang Analytical Engine yang punya lima unsur penting yang masih relevan dan berguna untuk pengembangan komputer masa depan.

Kelima unsur tersebut antara lain alat masukan (input device), tempat penyimpanan data yang hendak diproses, alat pemrosesan, unit pengontrol pengolahan, dan alat keluaran (output device). Berkat penemuan Analytical Engine yang punya lima unsur penting bagi komputer masa depan ini, Charles Babbage kemudian mendapat sebutan sebagai Bapak Komputer Modern atau Father of Modern Computer.

2.  Herman Hollerith

Pada tahun 1886, Herman Hollerith sangat besar kontribusinya terhadap pengembangan komputer karena berhasil membangun suatu tabulating machine. Mesin ini selanjutnya dapat dimanfaatkan pada empat tahun berikutnya untuk menghitung hasil sensus penduduk Amerika Serikat di tahun 1890. Berkat alat tersebut, penghitungan sensus penduduk dapat dilakukan dengan lebih cepat.

Berikutnya di tahun 1896, Herman Hollerith mendirikan Tabulating Machine Company. Selain itu, dia juga melakukan merger dengan dua perusahaan lainnya dan membentuk Intenational Business Machines Corporation atau yang lebih dikenal dengan IBM Co pada tahun 1924.

3.  Ada Augusta Byron

Tokoh yang juga tak kalah pentingnya dalam pengembangan komputer dari masa ke masa ialah Ada Augusta Byron. Perannya sangat penting karena turut membantu mengembangkan instruksi atau program perintah untuk menjalankan Analytical Engine. Berkat jasanya ini, Ada Augusta Byron kemudian dijuluki sebagai programmer pertama dunia.

4.  Thomas Watson

Thomas Watson juga menjadi salah satu tokoh yang punya peranan penting dalam perkembangan komputer dari satu generasi ke generasi berikutnya. Dia merupakan pemimpin International Business Machines (IBM) di tahun 1924 sampai tahun 1956.

Selama masa kepemimpinannya, Thomas Watson mampu membuat IBM mendominasi pasar sebagai pemasok mesin pengolah dataahkan menjadi pengembang komputer yang populer. Selanjutnya sejak tahun 1981, IBM mulai memasuki bisnis komputer mikro dengan menghadirkan IBM Personal Computer (PC) yang dikenalkan secara luas pada publik.

Pada masa itu, IBM bahkan sukses mengenalkan penggunaan IBM PC untuk dipakai d rumah, kantor dan sekolah. Jumlah personal computer yang digunakan mengalami kenaikan yang cukup tinggi, yaitu dari 2 juta unit di tahun 1981 menjadi 5,5 juta unit di tahun 1982. Seelah sepuluh tahun berselang, bahkan ada 65 juta unit PC telah digunakan.

5.  Bob Noyse dan Gordon Moore

Bob Noyse dan Gordon Moore juga termasuk dalam tokoh utama yang punya kontribusi besar dalam pengembangan komputer. Mereka adalah orang-orang yang mendirikan Intel di tahun 1968. Selain itu, mereka juga berhasil mengenalkan mikrprosesor pertama yaitu Mikroprosesor Intel 4004 di tahun 1971.

Mikroprosesor ini merupakan sebuah sirkuit yang didalamnya disusun banyak chip-chip. Sebelum digunakan secara meluas, mikroprosesor buatan Intel ini, pertama kali digunakan pada kalkulator. Selanjutnya penggunaan mikroprosesor semakin meluas, seiring semakin pesat dan majunya teknologi.

6.  Steven Jobs dan Steve Wozniak

Steven Jobs dan Steve Wozniak juga punya andil besar dalam proses pengembangan komputer. Peran keduanya sangat penting karena di tahun 1976, mereka berhasil mengenalkan Apple I yang menjadi komputer pertama yang dilengkapi dengan keyboard dan layar. Komputer hasil karya dari kedua tokoh ini termasuk dalam komputer generasi keempat.

Dua tokoh ini juga kemudian mendirikan Apple Computer Inc. dan mengembangkan serta memasarkan Apple II. Selanjutnya di tahun 1983, Perusahaan Apple pertama kali mengembangkan penggunaan mouse pada personal computer hasil  rancangan Apple.

7.  Bill Gates dan Paul Allen

Dua tokoh lain yang juga tidak kalah pentingnya dalam sejarah perkembangan komputer ialah Bill Gates dan Paul Allen. Keduanya sangat dikenal karena merupakan pendiri perusahaan Microsoft yang ternama di bidang komputerisasi dunia. Microsoft merupakan perusahaan yang mengembangan sistem operasi pada komputer.

Pada tahun 1980, IBM memilih Microsoft untuk didapuk sebagai perusahaan pengembang sistem operasi bagi IBM PC. Hasil sistem operasi yang didesain oleh Microsoft untuk IBM PC ini, kemudian populer dengan nama MS DOS.

Perusahaan Microsoft selanjutnya berhasil mendominasi pasar perangkat lunak (software) di tahun 1990. Dominasi Microsoft di pasar perangkat lunak ini berkat semakin luasnya penggunaan sistem operasi Microsoft Windows. Ada banyak program aplikasi yang ditawarkan oleh Microsoft dalam Microsoft Windows. Misalnya saja aplikasi untuk kepentingan bisnis, teknik, pendidikan, bahkan aplikasi yang sifatnya personal atau pribadi juga tersedia.

8.  Richard Stallman

Richard Stallman juga menjadi tokoh yang berkontribusi besar tehadap sejarah perkembangan komputer. Dia yang mengawali proyek GNU atau GNU’S Not Unix di tahun 1984. GNU ini adalah sistem operasi mirip Unix yang merupakan perangkat lunak tak berbayar atau bersifat  free software. Setahun berikutnya, Richard Stallman mendirikan lembaga Free Software Foundation yang mensponsori pengembangan free software.

9.  Linus Torvalds

Linus Torvalds juga termasuk ke dalam salah satu tokoh yang turut berperan dalam sejarah perkembagan komputer. Di tahun 1991, dia mengembangkan sistem operasi Linux yang kemudian dikenal luas dan disebarluaskan pada publik secara open source. Sistem operasi Linux ini banyak digunakan untuk server pada sistem jaringan.

Jenis-Jenis Komputer (5 Klasifikasi Komputer yang Paling Umum)

generasi komputer

Komputer saat ini memang sudah menjadi bagian dari hidup kita. Bila dulu komputer hanya digunakan untuk fungsi yang spesifik saja, lain halnya dengan sekarang, di mana komputer punya banyak fungsi dalam hdup kita. Komputer dulunya juga hanya dimiliki oleh perusahaan-perusahaan besar tertentu saja, namun saat ini komputer sudah digunakan oleh masyarakat luas.

Ada banyak sekali jenis-jenis komputer yang beredar di pasaran saat ini seiring dengan makin maju dan berkembangnya teknologi. Anda bisa menemukan komputer yang sangat kecil yang bisa disimpan di saku, sampai dengan komputer yang sangat besar yang merupakan versi komputer generasi pertama.

Dengan banyaknya jenis-jenis komputer tersebut, membuat komputer dapat dikelompokkan  ke dalam klasifikasi yang didasarkan pada beberapa tinjauan. Berikut ini akan dibahas jenis-jenis komputer yang diklasifikasikan secara umum antara lain berdasarkan ukurannya, fungsi, prinsip operasi, tujuan penggunaan, serta berdasarkan generasinya.

1. Jenis Komputer Berdasarkan Ukurannya

Bila ditinjau dari ukurannya komputer dapat dibagi menjadi empat jenis komputer, antara lain Mainframe Computer, Supercomputer, Minicomputer, dan Microcomputer.

2. Jenis Komputer Berdasarkan Fungsinya

Jenis-jenis komputer yang didasarkan pada fungsinya dapat dikelompokkan menjadi empat macam, yaitu Workstation, Server, Information Appliance (IA) dan Embedded System.

3. Jenis Komputer Berdasarkan Prinsip Operasinya

Jika ditinjau dari prinsip operasinya, komputer dapat dikelompokkan menjadi tiga jenis.  Ketiganya antara lain komputer digital, komputer analog, dan kompute hybrid.

4. Jenis Komputer Berdasarkan Tujuan Penggunaannya

Berdasarkan tujuan penggunaannya, jenis komputer diklasifikasikan menjadi dua, macam yaitu general purpose computer (komputer untuk tujuan umum dan special purpose computer (komputer untuk tujuan khusus)

5. Jenis Komputer Berdasarkan Generasi

Seperti halnya yang telah dibahas sebelumnya, berdasarkan perjalanan sejarah komputer dari masa ke masa, jenis komputer berdasarkan generasinya terbagi menjadi lima macam. Kelimanya ialah komputer generasi pertama (tahun 1942-1955), komputer generasi kedua (tahun 1955-1964), komputer generasi ketiga (tahun 1964-1975), komputer generasi keempat ( tahun 1975 sampai sekarang), serta komputer generasi kelima yang masih dirancang dan dikembangkan untuk menjadi komputer masa depan.

Akhir Kata

Jika membaca dengan seksama ulasan perjalanan sejarah komputer dan perkembangan komputer tersebut, kita akan dibuat takjub dengan adanya pencapaian demi pencapaian yang terjadi. Komputer mengalami evolusi mulai dari ukuran, fungsi, hingga kecanggihannya sampai akhirnya menjadi seperti komputer yang kita temui hari ini. Semoga ulasan tersebut bermanfaat untuk anda.

Ada pertanyaan atau komentar?