Sejarah Internet di Dunia dan Indonesia Beserta Perkembangannya Lengkap

Sejarah Internet – Lebih dari setengah abad, internet telah mengubah tatanan dunia. Mempengaruhi apapun yang ada di dunia ini. Termasuk bagaimana cara pandang seseorang, apa yang dianggap penting dan tidak penting, bagaimana cara seseorang berkomunikasi dan seterusnya. Hingga pada akhirnya, internet menempati posisi yang luar biasa penting dalam kehidupan. Bahkan kita nyatanya tak bisa benar-benar hidup tanpa ada internet.

Internet bahkan menempati posisi jauh lebih penting dibanding lima atau bahkan sepuluh tahun yang lalu. Dengan tahun kemarin saja, perkembangan posisi internet di dunia ini telah jauh berbeda. Saat ini, hampir-hampir semua hal coba dihubungkan dengan internet (Internet Of Things).

sejarah internet

Karena itu, bila yang kamu tahu tentang internet hanya soal mencari informasi di mesin pencari Google, berbelanja secara online, chatting dan beberapa hal lainya. Maka kamu hanya tahu sebagian kecil dari internet saja. Kamu akan jadi orang yang ketinggalan informasi.

Masih ada banyak hal tentang internet yang begitu menakjubkan. Seperti selayaknya dunia baru, ada banyak hal yang perlu dikenal dan dipelajari. Untuk mempermudah mengenal internet lebih dekat, mari kita pelajari dari sejarah internet dari tahun ke tahun sampai dengan saat ini. Tapi kita mulai dahulu dari pengertian internet.

Daftar Isi

Pengertian Internet Dan Kepanjangan Internet

Pengertian Internet Dan Kepanjangan Internet
Internet bisa jadi telah kamu kenal sebagai satu kata, tetapi sebenarnya internet adalah kependekan dari interconnection-networking. Jika diartikan, interconnection-networking adalah jaringan yang menghubungkan banyak komputer dalam satu jaringan melalui sambungan media komunikasi. Entah itu telepon, satelit atau lainya.

Dalam wikipedia, internet diartikan sebagai seluruh jaringan komputer yang saling terhubung satu dengan yang lainya memanfaatkan standar sistem global Transmission Control Protocol (TCP). Ada juga yang mengartikan internet dari bahasa latin “Inter” yang berarti “antara”.

Kalau menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), internet bisa didefinisikan sebagai jaringan komunikasi elektronik yang memiliki peran untuk menghubungkan seluruh jaringan komputer secara terorganisir di seluruh dunia melalui sambungan telepon atau satelit.

Dari berbagai pengertian internet di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa internet adalah jaringan komunikasi yang berfifat global, terbuka dan menghubungkan seluruh jaringan komputer yang ada di dunia melalui berbagai jenis maupun tipe komunikasi, baik satelit, telepon atau lainnya.

Nah untuk dapat terhubung ke internet, komputer atau perangkat harus melakukan penyatuan terlebih dahulu melalui sambungan TCP ataupun IP. Tpc ini memiliki peranan untuk memastikan bahwa semua koneksi yang berada dalam jaringan internet berjalan dengan baik. Sedangkan IP, memiliki fungsi untuk menjalankan transmisi paket data atau pertukaran paket data dari satu komputer ke komputer yang lainnya.

Perlu kamu ketahui, Sejarah internet telah mengalami perjalanan panjang sampai dengan sekompleks ini. Melalui pembahasan di bawah ini, kita akan bahas secara mendetail.

Penemu Internet

Leonard Kleinrock

Leonard Kleinrock – Bapak Internet

Internet melibatkan banyak komponen dan jaringan di dunia. Ada banyak alat yang memiliki peranan penting dalam jaringan internet. Karena itu, untuk menjawab pertanyaan siapa penemu internet, rasanya cukup sulit memilih satu orang. Tetapi sejauh ini, banyak sumber menyatakan bahwa penemu internet adalah Leonard Kleinrock. Ia dalah seorang ilmuan dan insinyur asal Amerika Serikat (AS). Dia lah yang sering dijuluki sebagai Bapak Internet.

Leonard Kleinrock lahir pada 13 Juni 1934 di New York City, New York, Amerika Serikat. Sekarang Ia menetap di kota Los Angeles. Dia terkenal sebagai si jenius Teknik Ilmu komputer lulusan Universitas California. Setelah menyelesaikan pendidikan kuliahnya di california, Leonard Kleinrock melanjutkan karirnya sebagai jajaran pengajar di Universitas California Los Angeles atau (UCLA).

Dari UCLA lah, lahir teknologi yang sekarang begitu akrab dengan dunia kita, Internet. Leonard Kleinrock memulai proyek demi proyek dan penelitian tentang sistem jaringan komputer sejak berada di UCLA. Sampai akhirnya, pesan pertama dikirimkan ARPANET ke UCLA oleh mahasiswa programmer Charley Kline, pada 29 Oktober 1969 dari boelter Hall 3420.

Dari Kline, pesan tersebut kemudian ditransmisikan ke Universitas Stanford. Dari Universitas California, Los Angeles (UCLA) diketikkan dua huruf L dan O dan dua huruf tersebut kemudian muncul pada layar di Stanford Research Institute yang jauhnya 314 mil jauhnya. Sebenarnya pesan yang ingin ditulisn adalah LOGIN, tetapi huruf G belum bisa tersampaikan.

Dari penelitian itu, kemudian lahirlah penelitian-penelitian yang dilakukan oleh Leonard Kleinrock. Termasuk penelitianya ketika menjabat sebagai ketua kelompok Jaringan Penelitian Nasional untuk Kongres AS pada 1988. Inilah penelitian yang menjadi cikal pengembangan browser web tahun 1993 Mosaic, di NCSA.

Karena jasanya menemukan sekaligus mengembangkan internet, Leonard Kleinrock kemudian menerima banyak penghargaan. Kleinrock terpilih sebagai penerima penghargaan yaitu Nasional of Science, sebuah penghargaan sekaligus kehormatan ilmiah bangsa, yang diberikan oleh Presiden George W. Bush di Gedung Putih pada September 2008.

Kemudian, ia juga menerima penghargaan The 2007 National Medal of Science dalam kontribusi Leonard Kleinrock dalam memberikan kontribusi fundamental teori matematika jaringan data modern, termasuk juga untuk spesifikasi fungsional switching paket yang tidak lain adalah dasar teknologi internet generasi mentoring. Tentu saja selain itu masih ada banyak penghargaan lainya atas jasa penemuanya dalam bidang internet.

Sejarah Perkembangan Internet

Sejarah Perkembamgan Internet dari Tahun ke Tahun
Kapan sejarah Internet pertama muncul di dunia? Tahun 1969 dikenal sebagai tahun kelahiran internet, walaupun sebenarnya cikal bakal lahirnya internet ada jauh sebelum tahun itu. Hanya saja pada tahun 1969 lah internet mulai menemukan titik terang keberadaanya. Hal ini dimulai dari proyek ARPANET (Advanced Research Project Agency Network) milik ARPA (sebuah lembaga yang berada dinaungan Departemen Pertahanan Amerika Serikat).

Dalam penelitian tersebut, ditemukan kenyataan bahwa perangkat lunak bisa berpadu dengan perangkat keras, khususnya pada komputer berbasis UNIX. Dari sanalah kemudian dikembangkan bagaimana bila hal tersebut digunakan untuk membantu komunikasi jarak jauh melalui saluran telepon.

Lambat laun, penemuan tersebut terus dikembangkan sampai akhirnya seperti sekarang ini. Untuk lebih terperinci, mari kita bahasa lebih detail lagi mengenai sejarah penemuan internet di dunia dan perkembanganya, serta di Indonesia.

Sejarah Internet Di Dunia Dan Perkembangannya

Sejarah Internet Di Dunia Dan Perkembangannya
Internet tersu berkembang dari waktu ke waktu. Ada banyak peristiwa menarik di dunia yang menandai perkembangan internet semakin maju. Untuk memudahkan membahasanya, mari kita bahas dalam urutan tahun dan penemuan yang terjadi pada tahun itu.

1. Tahun 1958: ARPA Dibentuk

awal mula sejarah internet

ARPA atau The Advanced Research Projects Agency dikenal sebagai lembaga yang memprakarsai terbentuknya Internet. Nah lembaga ini untuk pertama kali dibentuk pada tahun 1958 oleh presiden Dwight D. Eisenhower. Pembetukan ARPA tak lepas dari peluncuran Aputnik yang dilakukan Uni Soviet satu tahun sebelumnya (1957) yang berhasil mendarat ke orbit bumi. Sputnik merupakan teknologi hebat yang milik Uni Soviet.

Amerika Serikat yang menjadi pesaing utama Uni Soviet merasa tertinggal dengan kemajuan teknologi Rusia tersebut. Karena itulah ARPA kemudian dibentuk dengan misi utama meningkatkan ilmu pengetahuan dan teknologi milik AS. Salah satu sasaran utama yang dikembangkan oleh ARPA adalah jaringan komputer. ARPA kemudian membentuk ARPANET tahun 1969 dengan dana sebesar US$19.800 dari Departemen Pertahanan.

2. Tahun 1961-1964: Leonard Kleinrock Menulis jurnal “Information Flow in Large Communication Nets”

sejarah internet

Di tahun 1961, seorang ilmuan teknik jaringan komputer asal AS bernama Leonard Kleinrock memberikan sumbangsih keilmuan dengan menulis jurnal berjudul “Information Flow in Large Communication Nets” yang bisa diterjemahkan sebagai Aliran Informasi dalam Jaringan Komunikasi Luas.

Dalam jurnal tersebut, Leonard Kleinrock mengungkapkan bagaimana ide dan prinsip yang bisa digunakan untuk mentransmisikan data dalam porsi kecil (paket). Dari prinsip ini, kemudian menjadi lebih sederhana yang kemudian dikenal denga transfer data dalam suatu jaringan komputer. Karena idenya inilah, Leonard Kleinrock terkenal sebagai Bapak Internet.

Lalu pada tahun 1962, ilmuan bernama Paul Baran memberikan saran agar transmisi data menggunakan pesan dibuat dengan ukuran data yang tetap. Ia menulis idenya tersebut dalam sebuah laporan berjudul “On Distributed Communications” atau bisa diterjemahkan sebagai “Dalam Distribusi Komunikasi”. Laporan ini kemudian juga dilanjutkan oleh Leonard Kleinrock kembali. Hingga pada tahun 1964, Leonard Kleinrock mempublikasikan buku mengenai paket net yang mengambil judul “Communication Nets: Stochastic Message Flow and Design”.

3. Tahun 1965-1967: Untuk Pertama Kali Dua Komputer Terpisah Jarak Jauh Bisa Terhubung

Untuk Pertama Kali Dua Komputer Terpisah Jarak Jauh Bisa Terhubung

Untuk pertama kalinya, pada tahun 1965 dua orang Lawrence G. Roberts dan Thimas Merrill mencoba menghubungkan dua buah buah komputer yang terletak di Massachusetts dan California menggunakan sambungan kabel telepon. Ternyata keduanya bisa terhubung.

Terhubungnya dua komputer tersebut tak lepas dari ARPA. ARPA telah berjasa dalam fasilitas pemberian dua komputer TX-2 di MIT Lincoln Lab dan AN/SFQ yang berada di Koorporasi Sistem Pengembangan California. Kedua komputer tersebut dihubungkan dengan menggunakan garis telepon 1200bps.

Dari hasil percobaan ini, kemudian banyak pihak yang menyadari bahwa dua buah komputer yang terpisah bisa terhubung melalui jaringan telepon. Keduanya juga bisa menjalankan program secara bersamaan dan bertukar data. Walaupun memang saat itu, cara menghubungkan dua komputer masih belum praktis. Baru pada tahun 1966, Roberts merencanakan pembentukan ARPANET yang dipublikasikan pada tahun 1967.

4. Tahun 1969: ARPANET Terbentuk

ARPANET Terbentuk

Selang dua tahun setelah publikasi, ARPA benar-benar meluncurkan jaringan komputer bernama ARPANET di tahun 1969. Adalah Lawrence G. Roberts yang ada dibalik semua itu. Dia bekerjasama dengan sebuah komunitas yang disokong langsung oleh DARPA untuk melakuakn perbaikan pada struktur dan spesifikasi ARPANET.

Saat itu, Lawrence G. Roberts dan kelompoknya mengeluarkan sebuah RFQ (Request for Quotation) yang kemudian dikembangkan sebagai salah satu komponen utama ARPANET, yaitu packet switch IMP’s (Interface Message Processors).

5. Tahun 1971-1972: Email Ditemukan

Tahun 1971-1972: Email Ditemukan

Sejak dibangunnya ARPANET, penelitian dan pengembangan seputar teknologi internet terus dilakukan. Penelitian-penelitian seperti proyek host dan protokol atau NCP (Network Control Protocol) telah diselesaikan ditahun-tahun berikutnya. NPC ini kemudian digunakan dalam situs ARPANET.

Baca Juga: Pengertian Email, Fungsi, Manfaat, Jenis dan Cara Kerja Email

Seiring dengan kemajuan yang semakin pesat, maka pada tahun 1971 sistem surat menyurah secara elektronik ditemukan. Adalah Ray Tomlinson, seorang programmer komputer yang berhasil melakukanya. Ia mengirim surat elektronik untuk dirinya sendiri. Ia mengirim satu dari komputer satu ke komputer lainya memanfaatkan jaringan ARPANET. Isi pesan pertama yang ia kirim hanyalah “QWERTYUIOP”. Pesan yang tidak menarik tapi mengubah dunia.

6. Tahun 1974: Nama Internet Pertama Kali Dikenalkan

Nama Internet Pertama Kali Dikenalkan

Nama internet belum dikenal sebelum tahun 1974. Internet berasal dari kata internetworking baru diperkenalkan oleh Vint Cerf dan Bob Kahn pada tahun 1974 dalam jurnal berjudul “A Protocol dor Packet Network Interconnection”. Dari sanalah kemudian lahir nama internet. Itulah mengapa selain Leonard Kleinrock, ada juga yang menyebut bahwa bapak intenet adalah Vint Cerf dan Bob Kahn. Karena merekalah yang pertama kali menggunakan kata internet.

Selain mempublikasikan nama Internet, pada tahun tersebut juga terjadi kerjasama antara Bolt, Beranet dan Newman. Mereka menjadi kontraktor yang menggarap pengerjaan ARPANET. Dari kerjasama mereka, terbentuklah Telenet. Telenet merupakan versi komersial dari ARPANET yang melayani paket data pertama kali secara publik.

7. Tahun 1976-1979: Jaringan LAN dan Grup Diskusi Usenet Terbentuk

Tahun berikutnya, penemuan seputar pengembangan internet masih saja dilakukan. Untuk pertama kalinya pada tahun 1976, ethernet yang merupakan jaringan LAN pertama diciptakan. Pada tahun ini juga, untuk pertama kalinya Ratu Elizabeth II mengirimkan email pertamanya memanfaatkan jaringan internet. Ratu Elizabeth II dari Royal Signals mengirimkan sebuah email ke Radar Establishment di Malvern. Terhitung pada tahun 1977, internet yang bisa terhubung dalam jaringan ARPANET sudah mencapai 111 komputer.

Tahun 1979 Usenet terbentuk. Usenet merupakan grup yang memanfaatkan jaringan internet untuk menyiarkan berita dan diskusi. Grup ini pertama kali dibuat oleh Steve Bellovin, Jim Ellis, dan Tom Truscott. Mereka adalah alumni University of North Carolina AS. Setelah itu, Usenet makin banyak digemari dan jumlahnya meningkat drastis. Apalagi seiring dengan meningkatnya jumlah komputer awal tahun 1980-an.

8. Tahun 1982-1983: Dibentuk TPC dan IP

Tahun 1982, TPC dan IP dibentuk. TPC (Transmission Control Protocol) dan IP (Internet Protocol) merupakan protokol yang memiliki fungsi untuk mengatur komunukasi data. Fungsi utamanya adalah mengatur proses tukar-menukar data antar komputer dalam suatu jaringan internet. Kemudian, Protokol TCP/IP dikembangkan lebih jauh lagi untuk membentuk jaringan komputer yang luas (Wide Area Network)

Tahun 1983, terbentuk pula berbagai nama Domain Name System (DNS) dengan akhiran .edu, .org, .com, .gov, .net, .mil, dan .int. Keberadaan NDS ii tentu mempermudah para pengguna internet untuk mengingat sebuah alamat website. Sebelum terbentuknya NDS tersebut, nama website masih menggunakan nama yang panjang seperti 123.321.567.32.

9. Tahun 1991-1992: Virus Pertama Kali Didistribusikan, Browsing Mulai Populer

Virus Pertama Kali Didistribusikan, Browsing Mulai Populer

Selang beberapa tahun berikutnya, tepatnya pada 1991 untuk pertama kalinya virus bisa didistribusikan ke komputer melalui jaringan internet. Tapi jangan kira virus pertama sekompleks sekarang ini, dahulu virus masih sangat sederhana. Pada saat itu, teknologi hypertext atau WWW (World Wide Web) juga semakin berkembang. Sebenarnya WWW pertama kali dikembangkan pada 1990 oleh Tim Berners Lee. Nah untuk pihak yang pertama kali mempublikasikan WWW adalah CERN.

Tahun 1992, untuk pertama kali melalui jaringan internet, kita dapat mendistribusikan file atau dokumen dalam bentuk video dan audio. Pada tahun ini juga, istilah browsing mulai populer dipergunakan.

10. Tahun 1993: Search Engine Pertama Dibentuk

Search Engine Pertama Dibentuk

Pada tahun 1993 jumlah website yang ada di internet telah mencapai 600 an. Tercatatat White House AS dan Perserikatan Bangsa-Bangsa telah memiliki website. Pada saat itu, nama domain yang digunakan untuk pertama kali adalah .gov dan .org.

Pada saat itu juga, browser untuk internet pertama sekaligus search engine pertama dibuat. Browser itu dikenal dengan nama Mosaic, yang bisa diunduh secara bebas. Meski demikian, Mosaic sebenarnya bukan browser pertama yang tercipta. Tetapi ia yang pertama kali dapat mempermudah akses internet bagi para pengguna awam.

11. Tahun 1994-1996: Muncul Toko Online, Yahoo Hingga Bank Virtual

Muncul Toko Online, Yahoo Hingga Bank Virtual

Kapan toko online pertama kali dibuat? Jawabanya ada pada tahun 1994. Pada saat itu, toko online pertama dibuat bersama dengan munculnya bank virtual dan iklan-iklan di internet. Beberapa toko online yang dibentuk adalah Amazon.com, Craiglist, dan eBay. Bersama dengan itu, muncul pula beberapa situs dating online seperti Match.com yang bertujuan untuk memfasilitasi siapa saja yang sedang cari pasangan.

Pada tahun ini juga, Yahoo sebagai salah satu penyedia layanan email terbesar di dunia dibentuk Jerry Yang dan David Filo. Keduanya adalah alumni Stanford University. Pada awalnya, namanya bukan yahoo melainkan “Jerry and David’s Guide to the World Wide Web”. Baru pada 1995 perusahaan menggantinya menjadi Yahoo!.

Di tahun 1996, beberapa browser telah bermunculan. Malah pada tahun ini terjadi perang browser antara Microsoft dan Netscape. Saat itu keduanya adalah browser penguasa. Keduanya bersaing untuk mendapatkan jumlah pengguna. Microsoft membuat Internet Explorer, sementara Netscape menyainginya dengan membuat browser Navigator.

12. Tahun 1999-2006: Terjadi Banyak Perubahan Dalam Dunia Internet

Terjadi Banyak Perubahan Dalam Dunia Internet

Tahun 1999 untuk pertaka kalinya percobaan sensor dilakukan oleh beberapa negara pada internet. Pada tahun ini juga AOL membeli Netscape. Sebagai dampak dari pembelianya, para pengguna jadi lebih mudah membagikan file secara peer-to-peer. Bahkan Napster kemudian membagikan berbagai macam file musik melalui jaringan internet, sayangnya pada tahun 2001 ditutup karena dinyatakan merugikan industri musik.

Pada tahun sebelumnya, tepatnya pada 2000 telah terjadi ledakan jumlah website terutama untuk domain .com dan 2003 WordPress terkenal sebagai platform blog pertama kali yang muncul. Setahun kemudian, era sosial media dimulai. Ditandai dengan hadirnya Facebook di dunia maya. Lalu pada 2005, untuk pertama kalinya YouTube.com diluncurkan. Sebuah platform media sosial berbasis video yang populer hingga saat ini. Tahun 2006, Twitter baru muncul.

13. Tahun 2010: Media Sosial Menjamur

Media Sosial Menjamur

Di tahun 2010, pengguna aktif facebook sudah mencapai 400 juta. Itu artinya makin banyak orang memanfaatkan media sosial di internet. Selain itu, pada tahun ini juga muncul media sosial bernama Path yang bisa digunakan untuk berbagi hal, mulai dari berbagi tempat, status, lagu, video dan lainya. Path dibuat oleh Dave Morin.

Tak hanya pengguna facebook yang makin meningkat dan Path diciptakan, Instagram dan Pinterest juga diluncurkan pada tahun 2010. Instagram menjadi media sosial yang lebih banyak berbasis foto dan hingga saat ini terus berkembang. Jumlah penggunanya juga terus mengalami peningkatan.

14. Tahun 2011 – Sekarang : Website Sudah Berjuta-Juta

sejarah internet

Mulai tahun 2011, Netcraft memperkirakan jumlah website telah mencapai lebih dari 357 juta website. Beberapa negara bahkan meyebut internet sebagai hak warga negara. Sebut saja di negara Finlandia, Estonia, dan Spanyol. Peluncuran berbagai platform yang membuat akses internet tidak hanya pada komputer dan laptop, menjadikan para pengguna internet makin nyaman dalam berselancar. Hasilnya ada beberapa hal menarik terjadi. Sebut saja, pengguna LinkedIn mencapai lebih dari 100 juta pengguna, diluncurkanya Google+, Microsoft membeli Skype.

Selain itu juga ada beberapa peristiwa menarik lainya seperti internet dilarang di mesir karena digunakan untuk menyebarkan hashtag #Egypt dan #Jan25 melalui media sosial Twitter, 15% remaja pengguna media sosial mengatakan telah menjadi korban bully melalui internet dan seterusnya.

Sejarah Awal Masuknya Internet ke Indonesia

Sejarah Awal Masuknya Internet ke Indonesia

Jika cerita di atas membahas mengenai beberapa peristiwa penting dalam perkembangan internet di dunia, lalu bagaiman dengan di Indonesia? Adakah beberapa peristiwa penting yang juga menjadi titik awal perkembangan internet di negara ini?

Cerita soal sejarah internet di Indonesia dimulai pada tahun 1980 an. Walaupun cikal bakal internet ada sebelum tahun 1980-an. Tetapi pada tahun 1980-an tepatnya pada 1983, seorang ilmuwan ahli komputer bernama Joseph Luhukay untuk kali pertama berhasil melakukan koneksi internet di Indonesia. Ia kemudian juga mengembangkan internet di kampus Universitas Indonesia dengan nama jaringan UINet.

Di tahun 1984, Joseph Luhukay bahkan mampu menghubungkan jaringan UINet ke jaringan internet global. Menariknya, Indonesia adalah negara pertama di Asia yang berhasil melakukanya. Baru setelah itu, pemerintah mulai aktif dalam perkembangan internet di Indonesia.

Selain sosok Joseph Luhukay, ada sosok lain yang juga berperan dalam perkembangan dan masuknya internet di Indonesia. Sosok itu adalah Onno Purbo. Ia bersama dengan teman-temanya mengembangkan frekuensi radio melalui jaringan internet pada tahun 1993. Onno dan teman-temanya sesama pecinta radio amatir merasa bahwa telkon sebagai penyedia industri telekomunikasi di tanah air terlalu memonopoli. Hasilnya Onno dan teman-temanya mencari alternatif lain. salah satunya adalah melalui jaringan internet.

Untuk lebih lengkapnya mengenai perkembangan internet di Indonesia, mari kita bahas lebih rinci.

Sejarah Internet Di Indonesia Dan Perkembangannya

1. 1970-an Menjamurnya Radio Amatir

Internet Di Indonesia Dan Perkembangannya

Jauh sebelum internet masuk ke Indonesia, komunitas radio amatir lebih dulu ada di Indonesia. Bahkan mereka sempat membentuk organisasi bernama ORARI atau Organisasi Radio Amatir Indonesia. Sebagai komunitas, mereka tidak dilahirkan sebagai pemakai saja, melainkan juga mencoba jadi pengembang. Mereka belajar bagaimana cara mengembangkan radio untuk telekomunikasi.

Di tahun 1970 an, radio amatir bahkan sangat populer. Jumlah peminatnya terus meningkat dari semua usia. Meski yang utama adalah remaja dengan rentan usia 15 hingga 30 tahun. Pada saat itu, telepon sudan cukup umum digunakan sebagai alaty komunikasi. Hanya saja masih untuk kalangan tertentu saja. Mengingat jumlah biaya yang dikeluarkan untuk sambungan telepon masih cukup mahal. Terutama untuk mereka yang tidak memiliki penghasilan tetap.

Karena itulah, radio jadi semakin populer. Banyak orang lebih memilih menggunakan radio panggil ketimbang menggunakan telapon. Radio panggil jauh lebih murah ketimbang telepon. Untuk membuat radio panggil biayanya masih cukup terjangkau untuk banyak kalangan.

2. Tahun 1987: Radio dan Komputer Berkombinasi

Hanya saja penggunaan radio panggil dinilai tidka begitu efektif, sehingga diperlukan cara lain. sampai ahirnya pada tahun 1987, senior ORARI Robby Soebiakto memperkenalkan Radio Paket. Dengan cara ini, ia bisa mengkombinasikan teknologi paket radio dengan komputer. Akhirnya pada pengguna komputer dapat mengirim pesan teks melalui gelombang radio.

Sejak saat itu, komunikasi makin berkembang. yang tadinya hanya dilakukan satu arah, sekarang bisa dilakukan dua rah. Bahkan pada tahun 1990, paket radio amatir sudah bisa memanfaatkan teknologi modem telepon. Hasilnya terbentuklah AMPRNet (Amateur Packet Radio Network). Dari organisasi inilah, para anggotanya kemudian menggenal internet.

3. 1987: Mailing List Indonesia Terbentuk

Sumber Sejarah Internet di Indonesia

Tak hanya dari dalam negeri, perkembangan internet di Indonesia juga dipengaruhi para mahasiswa tanah air yang melanjutkan studi di luar negeri. Demi keinginan saling sapa antar mahasiswa di tanah air dan di luar negeri, akhirnya pada mahasiswa memanfaatkan jaringan internet dan membentuk komunitas mahasiswa Indonesia di luar negeri.

Maka demi menfasilitasi itu semua, para mahasiswa berinisiatif membentuk mailing-list khusus untuk mahasiswa Indonesia. Tujuanya agar mereka bisa saling sapa, berbagi kegiatan hingga mengetahui kabar di tanah air. Mailing-list salah satunya yang terbentuk pada 1987 adalah Janus Garuda Indonesia (Janus). Mailing list ini memiliki alamat email [email protected]. Saat itu, mailing list dibuat oleh Eka Ginting, mahasiswa Seattle University, Amerika Serikat.

Seiring dengan perkembangan, mailing list yang awalnya hanya digunakan untuk saling sapa dan berbagi kegiatan serta bertanya kabar, makin berkembang. kini yang dibahas tidak hanya kegiatan kampus saja, melainkan melebar ke berbagai kegiatan diluar kampus. Termasuk juga isu politik, agama, sara, ras dan lainya. makin kompleksnya bahasan, makin banyak pula yang membentuk kelompok baru dan membuat mailing list baru pula.

Setelah menyelesaikan studi di luar negeri, ternyata mereka masih membutuhkan mailing list untuk saling terhubung. Sayangnya, di Indonesia internet masih sangat jarang sekali. Sehingga mereka melakukan berbagai cara agar penyediaan internet di tanah air semakin banyak.

4. 1992-1994: Awal internet Mulai Menjamur di Indonesia

Internet terus tumbuh dan berkembang di tanah air. Tepatnya pada tahun 1990-an, internet bahkan telah menjamur. Ketika itu, terkenallah nama paguyuban network yang terus mengembangkan internet di tanah air. Beberapa tokoh yang berperan dalam perkembangan internet di tanah air sebut saja Onno W. Purbo, Muhammad Ihsan, Robby Soebiakto, Adi Indrayanto, Firman Siregar, Rahmat M. Samik-Ibrahim, Putu Surya, dan Suryono Adisoemarta. Mereka dalah deretan tokoh tanah air yang berperan besar dalam perkembang internet pada tahun 1992 hingga 1994.

5. Terbentuknya Jaringan pendidikan AI3 Indonesia

Tahun 1994, internet memang sudha menjamur di Indonesia. Tetapi untuk mendapatkan tempat yang bisa untuk mengakses internet masih sangat terbatas dan sulit. Media yang digunakan juga masih menggunakan saluran telepon seperti yang ada di UI. Perlu diketahui, menggunakan media telepon untuk internet itu tidak murah, biaya yang digunakan cukup mahal.

Untuk itu butuh alternatif lain, akhirnya pada tahun 1995-1996 penelitian dilakukan. Salah satunya adalah yang dilakukan para akdemisi dari ITB. Dalam sebuah organisasi bernama CNRG (Computer Network Research Group), para akademisi berupaya menciptakan jaringan internet yang lebih murah dan menyeluruh, akhirnya diputuskan menggunakan Radio paket. Dan benar saja, ternyata berhasill tersambung ke IptekNet.

BPPT melalui Lapan akhirnya menaikkan sambungan tersbut dengan menggunakan Leased Line 14.4Kbps yang merupakan kesepakatan DRN (Dewan Riset Nasional). lalu pada 1996, WIDE Project yang berasal dari Jepang memberikan penawaran ke beberapa lembaga pendidikan di Asia untuk bergabung dengan AI3 (Asian Internet Interconnection Initiative). AI3 adalah program yang sengaja dibangun untuk memajukan teknologi internet di kawasan Asia Pasifik. Proyek WIDE AI3 ini dikerjakan bersama dengan perusahaan satelit JCSat Jepang.

Tawaran dari Jepang disambut baik, bahkan cenderung sangat antusias. Terutama untuk beberapa perguruan tinggi seperti BPPT, ITS dan UI. Mereka meyakini bahwa hal tersebut akan membuat pengelolaan internet di tanah air jadi lebih baik. Hal yang sama juga dilakukan oleh ITB, mereka memberikan respon yang baik pada tawaran dan berulang kali Onno W. Purbo mengirimkan email penawaran kepada Jepang.

Banyaknya proposal yang masuk membuat pihak AI3 perlu melakukan seleksi pada siapa yang berhak melakukan kerjasama dengannya. Akhirnya dilakukan seleksi di Singapura. ITB mengirimkan dua wakilnya, Soegiardjo Soegidjoko dan Onno W. Purbo untuk melakukan presentasi di sana. Dan benar saja, ITB akhirnya terpilih untuk pengembangan internet bersama AI3.

Dari kerjasama itu, akhirnya ITB menghubungkan jaringan AI3 ke beberapa perguruang tinggi di tanah air. Tujuanya agar universitas di tanah air bisa saling terhubung satu dengan yang lainya dan bisa saling berbagi informasi.

6. Terbentuknya Jejaring Pendidikan Nasional

Setelah sebelumnya internet lebih banyak terkoneksi di lingkungan perguruan tinggi, akhirnya pada tahun 2006, Departemen Pendidikan Nasional berencana membuat sistem jaringan internet berskala nasional dengan nama JARDIKNAS (Jejaring Pendidikan Nasional).

Sampai 1 April 2007, JARDIKNAS sudah mampu menghubungkan 454 titik. Terdiri dari 1 LPMP, 2 PPPG, 5 BPPLSP, 3 unit Depdiknas Pusat, 33 Kantor Dinas Pendidikan Provinsi dan 390 Dinas Pendidikan Kota/Kabupaten serta 20 Perguruan Tinggi. seluruh titik tersebut terhubung melalui teknologi jaringan internet MPLS milik PT. Telkom.

7. Era Warung Internet (WarNet)

Tak jelas siapa yang pertama kali menyediakan layakan warung internet atau yang lebih dikenal dengan nama Warnet. Tetapi kebanyakan sumber menyatakan bahwa Warnet pertama kali ada sekitar tahun 1996-1998. Beberapa penyedia warna yang cukup terkenal pada masa itu sebut saja Wasantara dari PT POS Indonesia.

Awalnya PT Pos memiliki beberapa fasilitas komputer yang disewakan kepada orang-orang tertentu. dari sinilah kemudian lahir istilah WarNet (Warung Internet) atau WarIn. Walau pada akhirnya WarNet-lah yang digunakan masyarakat, ketimbang WarIn. Bahkan pada tahun 2000, terbentuk Asosiasi Warnet Indonesia yang disingkat AWARI yang diketuai oleh Rudi Rusdiah.

8. Era media online

perkembangan internet

Setelah era warnet berakhir, ditandai dengan banyaknya pengguna komputer dan makin mudahnya komputer terhubung ke internet, media online semakin tumbuh subur. Media online yang kebanyakan menyebarkan berita menjadi komoditas yang ternyata sangat dibutuhkan masyarakat. Di tengah perkembangan internet yang begitu pesat ditambah dengan tingkat kebutuhan masyarakat pada informasi yang tinggi, lahirlah detik.com.

Detik dinilai menjadi media yang lebih fresh dibanding dengan media konvensional yang selama ini ada. Jika media konvensional dicetak dengan rentang waktu harian, mingguan hingga bulanan dengan analisis yang mendalam, maka detik hadir dengan keunggulan dalam kecepatan menyampaikan informasi. Segala informasi yang dibutuhkan masyarakat hadir di detik dengan sangat cepat. Sehingga saat itu detik langsung saja populer.

Keberhasilan detik meggaet pembaca dalam waktu cepat saat itu tak lepas dari para petingginya dalam menggarap detik. Saat itu beberapa orang yang ada di detik memanglah mantan wartawan yang punya inovasi tinggi. sebut saja, Budiono Darsono (eks wartawan DeTik), Yayan Sopyan (eks wartawan DeTik), Didi Nugraha dan Abdul Rahman (mantan wartawan Tempo)

Pertama kali detikcom bisa diakses adalah 30 mei 1998, tetapi baru menyajikan rubik secara lengkap pada 9 juli 1998. Itulah mengapa ditetapkan hari berdirinya detik adalah 9 juli 1998. Pada awalnya, detik hanya berisi informasi berkaitan dengan ekonomi, teknologi dan politik saja. beda dengan sekarang yang sudah sangat kaya rubik. Selain detikcom beberapa media online lainya juga muncul, seperti Kompas, Media Indonesia, Republika dan Suara Pembaruan.

9. Era Blog dan komunitas blogger – sekarang

Era media online

Era media online menjamur menggantikan beberapa media konvensional. Imbasnya bahkan beberapa media cetak gulung tikar dan beralih ke media online. Seiring dengan perjalananya, nge-blog atau membuat blog ikut pula populer terutama mulai tahun 2003. Bahkan perkembanganya makin pesat dengan berdirinya komunitas blogger.

Salah satu tokoh yang begitu terkenal dengan dunia blogger adalah Enda Nasution. Ia bahkan disebut-sebut sebagai “Bapak Blogger Indonesia”. Saat itu ia membuat blog dengan domain enda.goblogmedia.com.

Saat itu, jumlah blog indonesia memag belum sebanyak mailing list. Tetapi seiring dnegan perkembangan teknologi internet, jumlah blog semakin bertambah banyak. beberapa komunitas bloggerpun ikut dibuat. Seperti Bandung Blog Village, Komunitas Blogger Malang, Blogbus, Blogstation (Blogger Depok), Komunitas Blogger Jogja, Bloggerfamily, dan seterusnya.

Bahkan perkembangan saat ini, blog sudah beragam kontenya. Jika dulu blog hanya sebatas konten dalam bentuk tulisan. Kini sudah banyak sekali blog indonesia dengan konten foto dan video. bahkan ada yang secara khusus ngeblog menggunakan video atau yang dikenal dengan nama vlog.

Manfaat Internet

manfaat yang ada di Internet

Perkembangan internet yang begitu pesat dari waktu ke waktu entah di dunia maupun di Indonesia, tentu membawa banyak perubahan dan manfaat. Dari sekian banyak manfaat yang ada di Internet, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Memudahkan Komunikasi

Sejak pertama kali dihadirkan, internet memiliki tujuan untuk mempermudah seseorang melakukan komunikasi. Maka tidak salah bila bicara soal manfaat internet, maka manfaat utamanya adalah mempermudah komunikasi. Sejak hadirnya internet, kita yang terpisah jauh bisa saling menyapa.

Bahkan pertama kali diciptakan, internet banyak diuji untuk kegiatan komunikasi. Misalnya apa yang dilakukan ratu Inggris dalam menyampaikan pesan melalui email. Bahkan saat ini, komunikasi melalui internet adalah komunikasi yang paling mudah dilakukan dibanding dengan melalui jaringan telepon.

2. Memperbanyak Kegiatan

Dengan internet, kita bisa melakukan banyak hal dalam waktu yang sama ketimbang sebelum adanya internet. Kita bisa belajar, mencari informasi, membaca buku, dan berbelanja dalam waktu bersamaan. Kita bahkan bisa mengerjakan tugas kuliah dan pekerjaan sambil memesan paket makanan dan mengirimkanya ke orang-orang tercinta. Internet membuat kita melakukan banyak hal dalam waktu yang cepat.

Bandingkan dengan sebelum adanya internet, untuk mencari referensi bacaan saja, kita harus ke perpustakaan. Bayangkan, berapa banyak waktu yang kita habiskan untuk berjalan ke perpustakaan. Tapi dengan internet, kita bisa akses perpustakaan di tempat tidur kita sendiri. Tanpa harus kemana-mana.

3. Menciptakan Banyak Lapangan Kerja

Memang sejak hadirnya internet, ada beberapa jenis pekerjaan yang menghilang. Tetapi tidak bisa dipungkiri, ada banyak jenis pekerjaan baru yang tercipta sejak hadirnya internet. Sebut saja programer, developer, blogger, publihser dan seterusnya. Jenis pekerjaan ini hanya ada dan muncul setelah internet ditemukan. Bahkan akhir-akhir ini pekerjaan seperti youtuber menjadi pekerjaan yang cukup banyak ditekuni anak muda.

Selain itu juga masih ada banyak jenis pekerjaan lainya. Uniknya lagi, jenis pekerjaan di internet biasanya adalah pekerjaan yang menyenangkan dan berdasar pada kreativitas. Tidak seperti pekerjaan kasar.

4. Mempermudah Seseorang Menemukan Pekerjaan

Di internet, kita bisa menemukan beragam informasi dengan mudah. tak terkecuali informaso tentang lowongan pekerjaan. Imbasnya, kita jadi lebih mudah dalam menemukan jenis pekerjaan yang sesuai dengan passion kita berkat internet.

Perusahaan juga lebih mudah dalam mencari tenaga ahli yang seuai dengan kebutuhanya. Dengan begini, ada semacam win-win solution antara pencari kerja dan penerima kerja.

5. Tempat Aktualiasasi Diri

Internet adalah tempat aktualiasasi diri paling menyenangkan dan paling mudah. itulah mengapa ada banyak media sosial yang menjamur dan memiliki banyak pengguna. Sebab melalui media sosial yang ada di internet, siapa saja bisa mengaktualiasasikan dirinya. Termasuk juga saling sapa antar pengguna media sosial.

6. Mempermudah Menemukan Informasi

Satu lagi manfaat internet yang tak boleh kita lewatkan, yaitu kemampuanya untuk menyediakan beragam informasi yang kita butuhkan. Memang hal ini tidak lepas dari jumlah blog dan media online yang ada di internet. Makin banyak media online dan blog, makin banyak pula informasi yang bisa kita temukan di Internet. Bahkan hampir-hampir tidak ada yang tidak kita temukan di internet.

Selain manfaat di atas, tentu saja masih ada banyak manfaat lainya yang bisa kita dapatkan dari internet, misalnnya saja mempermudah mengirim pesan, file, uang dan seterunya.

Internet Pada Saat Ini   

Internet Pada Saat Ini 

Dan sampai saat ini, sejarah internet masih terus berkembang. Apalagi ditambah adanya media sosial yang bisa membuatmu tidak dapat lepas mengakses internet satu hari pun. Iya, ngak?

Lalu bagaimana perkembangan internet saat ini? menjawab pertanyaan ini sangat sulit. Tergantung dari mana kita melihatnya. Tetapi saya akan memetakan jawaban pada tiga poin. Pertama; media yang digunakan untuk akses internet, kedua; keberagaman konten dalam internet dan ketiga; online shop.

Pertama; media akses yang digunakan untuk mengakses internet telah berkembang. jika dahulu media yang digunakan adalah laptop atau komputer, akses internet sekarang ini lebih banyak menggunakan smartphone. Baik smartphone dengan platform android, windows atau iOS. Hal ini tentu tak lepas dari banyaknya aplikasi yang terhubung dengan internet di smartphone.

Kedua; internet saat ini telah menyediakan segala hal yang kita butuhkan. Tak hanya informasi dan pengetahuan saja, melainkan banyak kegiatan dalam kehidupan yang sekarang ini coba dihubungan dengan internet. Misalnya pendaftaran sekolah, melamar pekerjaan, transfer uang dan seterusnya.

Ketiga; online shop. Kita tentu menyadari bahwa beberapa tahun terakhir, internet begitu populer berkat online shop. Banyak ibu-ibu yang awalnya tidak mengenal jadi tertarik dengan internet karena mereka berbelanja melalui internet.

Nah itulah beberapa poin perkembangan internet, walau sebenarnya perkembanganya jauh lebih kompleks ketimbang itu semua. Semoga perkembanganya bisa kita sikapi dengan hal-hal yang positif. Selamat berinternet.

Sejarah internet

Ada pertanyaan atau komentar?