Secret Of Mana, Berpetualang Demi Sumber Energi

2 min read

Secret Of Mana, Berpetualang Demi Sumber Energi, Ada banyak game yang dahulu tersedia di platform lain, kini sudah tersedia di Android. Sebut saja Secret of Mana. Dahulu game ini hanya ada di Super Nintendo yang saat itu diperkenalkan pertama kali pada tahun 1994, sebelum akhirnya pengembang memutuskan membuatnya dalam edisi platform yang lain (Android, iOS, PC dan lainya). Di iOS, game ini diperkenalakan pada akhir 2010 khusus untuk iPhone dan iPod Touch.

Pasalnya banyak yang mengeluh ketika memainkan game Secret of Mana versi iOS. Terutama karena gameplay yang tidak jelas dan hilangnya opsi multiplayer. Lalu bagaimana dengan yang di android? untuk menemukan jawabanya, kali ini saya akan coba melakukan review pada game Secret of Mana untuk platform android.

Secret Of Mana, Berpetualang Demi Sumber Energi 1

Alur Petualangan Game Secret Of Mana

Secret of Mana adalah game yang mengusung genre permainan single sekaligus juga multiplayer (untuk platform selain android dan iOS) yang dibuat dan diterbitkan langsung oleh pengembang bernama Square. Akan ada tiga karakter seperti sprite, girl dan hero, yang dikenal dengan Popoi, Primm, dan Randi.

Pemain game bisa memilih salah satu dari tiga karakter yang ada selama permainan game berlangsung. Dua karakter lainnya yang tidak dipilih pemain akan berperan sebagai karakter pendamping yang dikendalikan melalui AI (Artificial Intelligence). Setiap karakter memiliki kekuatan dan kelemahan.

Game mengambil tempat petualangan di dunia fantasi yang mengandung sumber energi, energi itu disebut mana. Manusia menggunakan sumber energi untuk membangun Benteng Mana, sebuah kapal perang. Dewa menjadi marah dan mengirim tentara binatang raksasa untuk menghancurkan peradaban. Dengan mekanika hebat, gameplay adiktif, Secret of Mana adalah permainan fantasi permainan terbaik yang bisa dimainkan dan dinikmati.

Secret Of Mana, Berpetualang Demi Sumber Energi 2

Jika dinilai dari gameplay yang ditawarkan, Secret of Mana tidak menawarkan game pla yang kompleks. Alur ceritanya hanya sederhana dengan sedikit variasi senjata dan mantra (dan juga menentukan apa yang akan digunakan dan kapan). Hanya saja, meski demikian  sepertinya ia masih layak anda mainkan dengan berbagai pertimbangan berikut.

Grafis dan Soundtrack Orisinil

Sejak pertama kali diluncurkan di Nintendo, Secret of Mana memang begitu terkenal dengan soundtrack lagu Hiroki Kikuta. Bahkan banyak pemain yang langsung memiliki ikatan dengan lagu tersebut. Ketika mendengar lagu itu, maka yang diingat adalah game Secret of Mana. Selain karena lagunya yang sangat tepat, ia juga sangat mudah untuk diingat.

Lagu itu juga sangat tepat ketika dilibatkan sebagai soundtrack pertempuran, musik pada peta dan juga disepanjang drama. Jadi untuk urusan musik, entah pada versi nintendo maupun versi android, keduanya sama-sama baik dan tepat.

Grafisnya juga tak bisa dikatakan buruk. Malah cenderung mengesankan. Tiap karakter dan lingkungan fantasi yang ada dalam game, memiliki detail yang cukup mengesankan. Siapa saja yang memainkan game ini pasti akan menikmati keindahan grafisnya.

Kontrol Permainan yang Mudah

Memang kebanyakan game petualangan terbaik pasti memiliki kontrol permainan yang mudah. Itu menjadi syarat mutlak demi mengarahkan karakter dalam game menyelesaikan permainan. Pada game Secret of Mana juga demikian, tiap pemain dapat dengan mudah mengarahkan karakter. Dengan hanya menekan layar atau memiringkan layar untuk membuat karakter berjalan.

Secret Of Mana, Berpetualang Demi Sumber Energi

Apalagi game juga sangat adiktif. Dimana ia mampu menyesuaikan dengan setiap ponsel android yang menggunakanya. Tidak ada yang sulit dan masalah untuk urusan kontrol permainan. Kalau saya harus memberikan nilai, saya tidak akan keberatan memberikan nilai 8 atau 9 untuk kontrol permianan Secret of Mana.

Kesimpulan

Secret of Mana rilis ketika hampir semua game petualangan sekaligus juga RPG terbaik tidak sampai ke Amerika Utara. Sehingga bisa dibilang saat itu hampir tak ada kompetisi. Beda dengan sekarang, sudah banyak game dengan genre yang sama. Meski demikian, secret of Mana tetap bisa jadi pilihan yang baik.

Ia masuk dalam kategori game berbayar dengan harga kurang lebih 9 dolar. Tentu saja harga ini cukup murah jika dibandingkan dengan game terbaik lainya yang sampai 60 dolar. Tapi itu akan jadi harga yang mahal jika kamu tak menyukai jalan ceritanya.

Download game Secret Of Mana

15 Top Game Bela Diri Dengan Grafis Terbaik Android 2018…

15 Top Game Bela Diri Grafis Terbaik untuk Android 2018 Gratis, Apakah kamu menyukai game bela diri (fighting) dan action? Nah, android hari ini...
litalia
5 min read

12 Game Untuk Anak SD Android Yang Mendidik dan Edukatif,…

12 Game Untuk Anak SD Android Yang Mendidik dan Edukatif, Unduh dan Download Gratis, Jangan salah sangka dulu ya bunda, jika selama ini bunda...
litalia
4 min read

5+ Game Petualangan Mobil Untuk Perangkat Android

5+ Game Petualangan Mobil Untuk Perangkat Android, Untuk kali ini saya akan menyuguhkan beberapa pilihan game petualangan mobil untuk android. Dengan jumlah yang cukup...
litalia
2 min read