Permainan Bola Voli – Teknik, Peraturan, Waktu, Sejarah, Pencipta, Lapangan

Permainan Bola Voli

Ada banyak olahraga yang bisa kita mainkan bersama teman-teman, salah satunya adalah Bola Voli. Permainan ini merupakan salah satu cabang olah raga internasional yang dimainkan oleh 2 tim. Tiap tim terdiri dari 6 pemain. Masing-masing menempati posisi dan peran yang berbeda.

Sama seperti olahraga sepak bola, permainan yang diciptakan oleh William G. Morgan ini juga telah mengalami sejarah panjang hingga bisa seperti sekarang ini. Dahulu, bermain bola voli tidaklah seperti ini. Belum ada aturannya. Untuk lebih jelas, berikut uraian lengkap soal permainan bola voli.

Sejarah Singkat Bola Voli

Sejarah bola voli dimulai dari Amerika Serikat. Saat itu, Willian G. Morgan pada 9 Februari 1895 di Massachusetts, Amerika Serikat menciptakanya dengan nama mintonette.

Pada dasarnya bola voli merupakan gabungan dari empat cabang olahraga lain. Keempat olahraga tersebut adalah handball, tenis, baseball, dan bola basket. Meski merupakan gabungan dari empat cabang olahraga, bola voli berawal dari inspirasi Morgan terhadap bola basket.

Jika menilik pada sejarah, bola basket ditemukan oleh James Naismith empat tahun sebelumnya atau pada 1891. Kedua tokoh penting tersebut juga sama-sama mengabdikan diri sebagai instruktur olahraga.

Awalnya Mintonette atau bola voli hanya dimainkan oleh anggota YMCA yang sudah tidak berusia muda lagi. Makanya teknik dan aturan permainan voli tidak seberat dan seaktif bola basket. YMCA atau Young Men’s Cristian Association merupakan organisasi kegamaan bagi para pemuda Kristen untuk menyebarkan ajaran agama. Organisasi ini didirikan di London pada tahun 1884.

Mintonette berubah menjadi volleyball atau bola voli pada tahun 1896 tepat pada pertunjukkan pertama pertandingannya yang digelar oleh sekolah YMCA. Morgan sebagai pencipta olahraga tersebut hadir memperkenalkan aturan bermain bola voli.

  • Pertama bola voli merupakan pertandingan antara dua tim dengan anggota masing-masing lima orang.
  • Kedua durasi bola voli didasarkan pada jumlah sesi yang saat itu adalah sembilan sesi dan masing-masing tim melakukan tiga kali servis untuk setiap sesi.
  • Ketiga permainan tersebut bisa dilakukan secara indoor ataupun outdoor dan tidak ada jumlah anggota tim tertentu. Artinya berapa saja boleh ikut bermain.

Sejarah Bola Voli di Indonesia

Lambat laun, permainan bola voli terus mengalami perkembangan. Dari Amerika kemudian menyebar ke berbagai negara, tak terkecuali juga masuk ke Indonesia. Sejarah bola voli di Indonesia sangat erat kaitanya dengan penjajahan yang dilakukan Belanda.

Belanda adalah yang pertama kali memperkenalkan bola voli di tanah air. Tepatnya pada tahun 1928. Pada waktu itu permainan voli dimainkan orang-orang Belanda dan para golongan bangsawan. Demi bisa bermain dengan baik, mereka mendatangkan pada pelatih langsung dari Belanda.

Selain pelatih profesional bola voli, belanda juga mendatangkan dan mengembangkan bulu tangkis. Peran para tentara tak bisa dikesampingkan. Merekalah yang biasa memainkan olahraga ketika berada di asrama. Mereka bahkan tak hanya berlatih saja, melainkan juga sering membuat kompeteisi untuk mengasah kemampuan antar kompeni.

Tak butuh waktu lama untuk permainan bola voli berkembang di Indonesia. Muncullah klub-klub bola voli di kota-kota besar. Perkembanganya pun sangat pesat, terutama setelah Indonesia merdeka. Maka berdirilah Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) pada 22 Januari 1955 di Jakarta.

Teknik Permainan Bola Voli

Permainan bola Voli merupakan olahraga internasional yang dimainkan oleh 2 tim. Tiap tim terdiri dari 6 anggota. Permainan yang diciptakan oleh William G. Morgan ini dapat dimainkan di lapangan indoor ataupun outdor, dengan ukuran 18 x 9 meter.

Secara garis besar olahraga bola voli dimainkan dengan cara memukul bola melewati net dari tim yang satu ke tim lawan. Lebih jelas mengenai cara bermain bola voli, berikut teknik-teknik bermain bola voli.

1. Teknik Service

Service merupakan teknik dasar pertama yang harus dikuasai oleh pemain bola voli. Service dilakukan diawal permainan, serta ketika terjadi penambahan point atau pelanggaran.

Teknik service merupakan pukulan bola voli yang dilakukan dari daerah garis belakang lapangan yang melambung melewati net kearah area tim lawan yang dinilai kosong atau lemah. Service yang dilakukan akan mendapat poin, jika jatuh ke tanah di wilayah tim lawan.

Teknik ini bisa menjadi senjata sekaligus juga serangan. Pemain yang memiliki service bagus dengan kecepatan tinggi, biasanya kerap mendapatkan poin dari hanya service saja. Tetapi bila gagal melakukan service dengan baik, bisa saja malah membuka peluang lawan membuat serangan balik.

Untuk melakukan teknik ini dengan baik, pemain harus memperhatikan sikap badan, pandangan mata, lambungan bola, serta timing yang tepat ketika memukul bola. Semakin tepat dan kuat service dilakukan, semakin bagus pula hasilnya.

Teknik service memiliki beberapa jenis atau macam. Berikut mecam-macam teknik service beserta cara melakukanya:

Service Bawah

Teknik service bawah merupakan tehnik yang paling mudah dan umum digunakan. Cara melakukannya:

  • Pemain berdiri dikotak service dengan posisi satu kaki lebih maju.
  • Berat badan bertumpu pada kaki belakang.
  • Bola dipengang dengan tangan kiri, kemudian lambungkan, dan tangan kanan mengayun dari belakang ke kedepan untuk memukul bola ke arah wilayah kosong tim lawan.
  • Posisi tangan kanan dikepalkan, tumpuan berat badan dipindahkan ke kaki depan untuk menghasilkan pukulan yang kuat.

Kesulitan melakukan gerakan ini adalah dalam mengarahkan bola. Namun hal ini dapat diatasi dengan latihan terus menerus.

Service Atas

Sedikit lebih sulit dibanding service bawah adalah service atas. Cara melakukan teknik ini adalah:

  • Mula-mula pemain berdiri di kotak service, posisi salah satu kaki lebih maju dengan lutut ditekuk.
  • Berat badan ditumpu oleh kaki belakang.
  • Bola dipengang dengan kedua tangan, kemudian lambungkan keatas.
  • Posisi tangan tetap lurus, kemudian tarik tangan kanan kebelakang dalam posisi menghadap ke depan.
  • Selanjutnya pukul bola sambil memindahkan berat tubuh ke depan.

Service Samping

Cara melakukan service samping:

  • Dimulai dengan pemain berdiri di kotak service dengan posisi kedua kaki dihadapkan ke segi lapangan dan lutut ditekuk.
  • Bola voli dipegang dengan tangan yang diangkat setinggi kepala, kemudian lambungkan.
  • Angkat tangan dengan gerakan melingkar untuk memukul bola, sambil memutar badan hingga menghadap net, dan pindahkan berat tubuh kedepan.

Teknik ini lumayan sulit, terutama bagi pemain pemula.

Jump Service

Teknik jump service merupakan teknik service paling sulit dan biasanya dilakukan oleh professional. Kelebihan service ini terletak pada kecepatan bolanya yang sulit diatasi lawan. Sehingga bisa menjadi senjata untuk menyerang lawan. Cara melakukan jump service:

  • Berdiri agak jauh dari belakang lapangan, dengan posisi kedua kaki dirapatkan.
  • Bola dipegang dengan kedua tangam kemudian lambungkan tinggi keatas.
  • Tekuk kedua lutut kemudian lompat seoptimal mungkin dan pukul bola seperti melakukan teknik smash dengan pergelangan tangan ditekuk.
  • Pukul bola sambil memindahkan berat tubuh kedepan, agar dapat melakukan pendaratan dengan baik.

Teknik memiliki prosentase yang cukup tinggi untuk menghasilkan poin secara langsung. Tetapi bila tidak tepat, bisa memberikan poin pada lawan secara gratis.

2. Teknik Passing

Passing merupakan teknik yang dilakukan untuk menerima, menahan dan mengendalikan bola untuk diberikan ke teman dalam satu tim. Teknik passing terbagi  menjadi dua, yaitu:

Passing Atas

Passing atas dilakukan dengan cara:

  • Pemain berdiri dengan kaki dibuka selebar bahu dan lutut sedikit ditekuk.
  • Tempatkan badan dibawah bola, dan tangan diangkat ke depan dahi dengan posisi jari merenggang.
  • Usahakan tangan rileks dan jari ditegangkan agar bola dapat memantul dengan baik.

Passing Bawah

Passing bawah dilakukan dengan cara:

  • Pemain berdiri dengan kaki dibuka selebar bahu dan lutut sedikit ditekuk.
  • Rapatkan dan luruskan kedua tangan posisi jempol sejajar.
  • Kemudian ayunkan kedua lengan dari bawah hingga setinggi bahu, sambil meluruskan lutut saat menerima bola.

3. Teknik Smash

Teknik smash merupakan teknik memukul bola dengan kekuatan penuh sambil melompat. Teknik ini akan menghasilkan serangan bola yang keras dan menukik, sehingga sulit diterima oleh tim lawan. Cara melakukan teknik ini:

  • Awalan: pemain berdiri dengan jarak 2,5-4 meter dari net dengan rileks. Posisi tubuh agak condong kedepan, dan berat tubuh ditumpu oleh kedua kaki secara seimbang.
  • Tolakan: jari kaki dan tumit dihentakkan pada lantai, dan kedua lengan diayunkan kedepan, kemudian lakukan lompatan vertical setinggi mungkin
  • Pukulan: Lecutkan tangan dan pukul bola secepat dan setinggi mungkin kea rah lawan. Posisi telapak tangan diatas bola, dan lakukan polesan agar bola berputar dan menukik turun di wilayah lawan.
  • Pendaratan: mendarat dengan kondisi kedua lutut dan jari-jari lentur, posisi tubuh kembali seperti semula, dengan sikap sempurna dan rileks.

Menurut arah bola, smash dibagi menjadi smash silang dan smash lurus. Menurut umpannya, smash dibagi menjadi open smash, semi smash, quick smash, dan push smash. Menurut kurva bola, smash dibagi menjadi Drive Smash, Top Spin, dan Lob Smash.

4. Teknik Blocking

Teknik Blocking merupakan teknik yang digunakan untuk membendung serangan tim lawan. Yaitu dengan menahan bola dengan kedua tangan agar tidak melewati net dan tetap di wilayah lawan. Cara melakukan teknik blocking:

  • Pemain bersiap didekat net dan mengikuti arah datangnya bola.
  • Lutut ditekuk (jongkok) dan siap untuk melompat.
  • Posisi tangan di depan dada, siap untuk membendung bola.
  • Ketika bola datang, pemain melompat setinggi mungkin dengan posisi sangan rapat dan mengarah ke atas, kemudian pukul bola kembali ke wilayah lawan.
  • Lakukan pendaratan dengan kedua kaki yang mengeper.

Cara Bermain Bola Voli

Jumlah pemain bola voli secara resmi adalah enam orang untuk masing-masing tim ditambah dengan beberapa pemain pengganti. Aturan ini berlaku secara internasional dan nasional.

Jika salah satu tim mengalami kekurangan pemain, maka sekurang-kurangnya harus minimal empat orang. Dengan kata lain jika pemain yang bisa ikut hanya tiga orang, maka tim yang kekurangan pemain tersebut dinyatakan gugur.

Setiap anggota tim yang ikut bermain bola voli memiliki posisi yang berbeda-beda. Posisi setiap pemain jika dibagi secara umum terdiri atas empat yaitu Set-Upper atau Tosser, Spiker atau Smasher, Libeero atau Defender, dan Server.

  • Set-Upper memiliki tugas mengatur ritme permainan untuk bisa dengan baik melakukan serangan ke lawan. Artinya Set Upper atau Tosser adalah jendral lapangan permainan, ialah yag mengatur bagaimana serangan dilakukan sekaligus mengatur ritme permainan.
  • Spiker memiliki peran untuk memberikan pukulan keras kepada lawan sekaligus juga sebagai blocker guna memblok bola dari serangan tim lawan. Spiker adalah ujung tombak penyerangan. Merekalah yang coba dengan kekuatan pukulanya mengarahkan bola ke lapangan lawan. Karena itu, umumnya para spiker adalah mereka yang memiliki ukuran tubuh tinggi sekaligus memiliki kekuatan lompatan tinggi dan pukulan keras.
  • Defender tau liberoo adalah pemain yang memiliki tugas menahan serangan dari tim lawan menggunakan teknik passing. Pemain ini bebas keluar masuk lapangan. Pemain ini boleh melakukan berbagai upaya untuk menahan bola lawan, boleh melakukan passing atas ataupun bawah. Yang tidak boleh dilakukan pemain ini adalah smasher kepadakubu lawan.
  • Terakhir Server adalah posisi untuk melakukan servis. Posisi ini bersifat random dan bergantingan seiring permainan. Setiap pemain akan melakukan service secara bergantian sesuai dengan urutan rotasi permainan bola voli.

Rotasi Permainan Bola Voli

Berbeda dengan jenis permainan sepak bola, pada permainan bola voli pemain harus melakukan rotasi. Kesalahan melakukan rotasi bisa mengakibatkan pemain lawan mendapatkan poin secara gratis.

Rotasi dalam permainan bola voli dilakukan saat tim mendapatkan giliran service setelah memenangkan rally atas regu lain. Rotasi dilakukan sekali searah jarum jam. Atau putaran server dilakukan dari kanan depan ke sisi kanan belakang lapangan. Berikut cara rotasi permainan bola voli:

  1. Setiap regu bola voli terdiri dari dua baris, serta mengisi tempat sebanyak enam titik:
  • ”Posisi 1 berada di ”Kanan belakang, adalah pemain server”.
  • ”Posisi 2 berada di ”Kanan depan, tepat di depan dari posisi kanan belakang.
  • ”Posisi 3 berada di ”Tengah depan, di kiri posisi kanan depan.
  • Posisi 4 berada ”Kiri depan, di kiri posisi tengah depan.
  • Posisi 5 berada ”Kiri belakang, di belakang posisi kiri depan.
  • Posisi 6 berada ”Tengah belakang, di belakang posisi tengah depan.
  1. Ketahui peran pemain dalam regu. Masing-masing peran memiliki tugas yang tidak akan berubah. Hanya ketika melakukan rotasi, pemain akan memiliki peran baru. Jadi yang perlu diperhatikan, dimana posisi pemain setelah melakukan rotasi. Disitulah petanya akan terlihat. Satu-satunya yang peranya tidak berubah adalah liberoo.
  2. Rotasi dilakukan saat bola keluar garis dan pemain yang mendapatkan angka bukanlah yang melakukan server. Maka rotasi dilakukan oleh regu tersebut. Rotasi dilakukan searah jarum jam. Pemain di depan kanan berpindah ke kanan belakang, dengan begitu pemain tersebut menjadi server baru. Sedang bagi regu yang melakukan server dan mendapatkan angka, tidak perlu melakukan berotasi melainkan tetap di posisi yang sama.
  3. Setelah melakukan server dari posisi 1, maka berputar ke posisi 6 (tengah belakang), lalu ke posisi 5 (kiri belakang), lalu ke posisi 4 (kiri depan), lalu ke posisi tiga (tengah depan), lalu ke posisi dua (kanan depan), dan kembali lagi ke posisi 1.
  4. Perlu diingat, rotasi hanya dilakukan satu kali setelah regunya mendapatkan server. Dan akan dilakukan kembali oleh tim yang mendapatkan poin dari service yang dilakukan lawan.

Aturan rotasi permainan bola voli ini penting untuk diingat, sebab wasit tidak akan memberi tahu rotasi setiap tim. Melainkan akan memberikan poin pada tim lawan jika tim kamu melakukan kesalah rotasi.

Peraturan Bola Voli

Olahraga bola voli pada awalnya memang hanya fokus pada bagaimana agar bola bisa sampai ke wilayah lawan di sebelah net. Lalu seiring berjalannya waktu bola voli terus mengalami perkembangan terkait aturan dalam permainannya. Hal ini bertujuan agar permainan menjadi lebih tertib dan terarah.

1. Peraturan Peralatan

Olahraga bola voli memerlukan tiga unsur peralatan utama agar jalannya pertandingan lancar. Tiga unsur tersebut adalah bola voli, net, dan lapangan. Agar sesuai dengan standar internasional, anda wajib tahu bagaimana detail dan ukuran dari unsur-unsur tersebut.

Lapangan Permainan

Ukuran lapangan voli standar internasional adalah 9×18 meter. Dalam lapangan voli terdapat garis tepi dengan ketebalan 5 cm. Kemudian ada garis batas serang sepanjang 3 meter yang diukur dari garis tengah lapangan. Penjelasan lebih lengkap ada pada sub judul berikutnya.

Bola Voli

Standar ukuran bola voli adalah 65-67 cm untuk keliling bolanya. Berat bola voli dianggap sesuai standar jika sudah mencapai 260-268 gram. Bahkan untuk tekanan anginnya juga sudah ditetapkan. Yakni 0,3-0,325 kg/cm2. Bola voli pun mesti berbahan dari kulit asli atau sintetis.

Net

Net digunakan sebagai pembatas antara dua tim. Ukuran net untuk pemain putra dan putri memiliki sedikit perbedaan. Bagi atlet putra, ukuran net bola voli setinggi 2,43 meter. Sedangkan untuk atlet putri, ukuran tinggi net-nya 2,24 meter.

Ada juga satu peralatan pembantu dalam permainan voli. Yakni antena yang berada di tiap ujung tiang atas. Fungsi antena sebagai pembatas gerakan bola agar tetap terkontrol sehingga tidak terlalu mengarah ke samping atau melebar.

2. Peraturan Sistem Pertandingan

  • Sama halnya dengan olahraga lain, voli juga memiliki satu orang wasit yang bertugas sebagai pemimpin jalannya pertandingan.
  • Seorang wasit akan dibantu oleh 4 orang lainnya yang bertugas sebagai penjaga garis serta pencatat skor.
  • Satu tim bola voli terdiri atas 10 pemain. Namun dari 10 pemain tersebut, hanya 6 orang saja yang masuk menjadi pemain utama. Sedangkan sisanya duduk di bangku cadangan.
  • Berbeda dengan sepakbola, dalam bola voli tidak ada batasan pergantian pemain.
  • Meskipun umumnya satu tim terdiri atas 6 pemain, namun permainan tetap bisa berjalan walaupun satu tim hanya memiliki 4 pemain.
  • Akan tetapi jika satu tim berisi kurang dari 4 pemain, pihak penyelenggara secara otomatis akan menganggap tim tersebut kalah meskipun belum bertanding.
  • Seorang pemain dilarang memainkan bola lebih dari satu kali secara berturut-turut.
  • Permainan dimulai dengan melakukan coin toss terlebih dulu seperti halnya permainan bulu tangkis.
  • Sistem perhitungan poin dalam bola voli adalah 25 rally point. Maksudnya ketika kedua tim mendapatkan hasil seri 24-24, maka akan terjadi deuce. Pertandingan akan dilanjutkan lagi dengan target dua poin berikutnya. Jika ada tim yang terlebih dulu unggul dua poin, otomatis akan keluar sebagai pemenang.
  • Perolehan angka bagi tim lawan terjadi jika tim lawan berhasil memasukkan bola ke dalam lapangan anda. Bola dianggap masuk jika anda tidak bisa mengembalikan passing atau smash dari lawan. Bola yang tersangkut net di daerah sendiri juga akan menjadi poin tambahan bagi lawan.
  • Bola yang jatuh ke luar lapangan ketika kita melakukan serve juga akan menjadi poin tambahan bagi lawan.

3. Peraturan Pemain

Tiap pemain dalam satu tim memegang posisi tersendiri. Empat peran utama dalam olahraga ini adalah tosser, defender, spiker, serta libero. Berikut uraian tugas masing-masing pemain tersebut:

  • Tosser bertugas sebagai pengumpan bola ke sesama rekan serta memiliki andil untuk mengatur jalannya permainan bola.
  • Spiker berperan sebagai pemukul bola agar bisa jatuh di lapangan lawan. Pukulan bola dari spiker juga dihadapkan tidak bisa dikembalikan lawan meskipun sudah di-smash oleh spiker lawan.
  • Libero peranannya sebagai pemain bertahan. Pemain satu ini bisa bebas keluar masuk namun tidak berhak melakukan smash ke tim lawan.
  • Defender juga sama seperti libero, yakni merupakan pemain bertahan. Namun lebih dikhususkan bertahan dari serangan lawan.
  • Bagi pemain yang akan menjadi tosser, maka harus memiliki insting yang baik. Seorang tosser juga mesti jeli dalam membuat dan mengambil keputusan secara cepat. Baik dalam menerima maupun mengumpan bola.

4. Peraturan Pelanggaran

Agar kita menghindari kesalahan-kesalahan selama permainan berlangsung, perlu mengetahui apa saja hal yang dianggap sebagai pelanggaran dalam permainan bola voli seperti berikut:

  • Pemain yang melakukan kontak dengan net baik secara sengaja atau tidak maka akan dicatat sebagai pelanggaran.
  • Pemain pun tidak boleh berdiri melewati garis pembatas tengah dan tidak diperkenankan melempar serta menangkap bola seperti dalam permainan bola basket.
  • Pemain mesti memantulkan bola sebelum menyentuh lantai. Maka jika mendapat smash dari lawan, harus ekstra hati-hati dalam mengembalikan bola agar tidak sampai jatuh ke lantai.
  • Jika pemain mengenai net sebanyak 2 kali selama pertandingan, kesalahan tersebut akan dihitung sebagai double foults.
  • Semua bagian tubuh boleh digunakan untuk memnatulkan bola. Namun pemain dilarang keras mengembalikan bola dengan cara menendang kuat-kuat.
  • Pemain dilarang untuk tidak melakukan spike di bagian atas tim lawan.
  • Jika serve akan dilakukan, masing-masing pemain harus stay di posisinya.
  • Jika ada salah satu anggota tim berkata kasar kepada tim lawan, maka hal tersebut akan dianggap sebagai pelanggaran.

Ukuran Lapangan Bola Voli

Berdasarkan standar internasional dan standar nasional, lapangan bola voli memiliki ukuran panjang 18 meter dengan lebar 9 meter. Ukuran ini jika dibandingkan dengan lapangan sepak bola adalah seperlimanya. Lapangan bola voli sendiri memiliki batasan-batasan yang ditunjukkan dengan garis putih. Dan garis tersebut juga memiliki maksud serta ukuran masing-masing.

  • Pada bagian tengah yang dekat dengan net terdapat dua garis putih, jarak antara kedua garis tersebut adalah 3 meter. Garis tersebut dikenal sebagai garis serang.
  • Garis putih yang ada di lapangan voli memiliki lebar 5 cm.
  • Lalu ada juga daerah untuk menghalau bola yang disebut daerah clearance. Daerah clearace ini terdapat di bagian belakang dan bagian samping lapangan. Khusus untuk bagian belakang memiliki ukuran sekitar 3 sampai 8 meter, sedangkan untuk bagian samping sekitar 3 sampai 5 meter.
  • Sebagai olahraga yang menggunakan net, bola voli juga menerapkan ketentuan khusus untuk ukuran net yang digunakan. Net bola voli memiliki panjang 9 meter dan lebar 1 meter dengan ukuran mata jala sebesar 10 cm berbentuk persegi. Sementara pita untuk tepian atas net berukuran 5 cm dan untuk tepian samping juga 5 cm.
  • Tiang untuk bola voli memiliki panjang 2,55 meter. Kemudian ketinggian net setelah terpasang di tiang berbeda tergantung gender pemainnya. Untuk pemain putri tinggi net yang digunakan adalah 2,24 meter.
  • Sedangkan untuk pemain putra tinggi netnya adalah 2,43 meter. Adapun antena yang terletak di atas net bola voli memiliki tinggi 80 cm. sementara jarak antara tiang dan garis tepi lapangan bola voli adalah 0,5 sampai 1 meter.

Ukuran Bola Voli

Tidak jauh berbeda dengan olahraga yang menggunakan bola lainnya, bola voli juga memiliki standar ukuran untuk bola yang digunakan dalam permainan. Standar inilah yang kemudian diterapkan setiap negara di dunia untuk membuat bula voli.

Bola voli memiliki ukuran untuk keliling lingkaran berkisar pada 65 sampai 67 cm dengan diameter yang berukuran sekitar 18 sampai 20 cm. Adapun berat bola voli sekitar 260 sampai 280 gram. Sementara tekanan untuk bola voli mulai dari 294,3 sampai 318,82 dalam ukuran hPa atau mbar.

Waktu Permainan Bola Voli

Berapa lama waktu permainan bola voli? Jawabanya tidak ada batasan. Hal ini tentu berbeda dengan permainan sepak bola yang dimainkan selama 2 x 45 menit.

Waktu permainan bola voli diukur dari tim mana yang paling cepat mengumpulkan 25 angka (rally point). Sistemnya sama seperti dalam permainan bulu tangkis. Tim mana yang lebih cepat mengumpulkan 25 point adalah pemenang dalam satu set.

Untuk penentuan pemenang permainan bisa digunakan dua sistem. Ada yang menggunakan two winning set dan ada yang menggunakan three winning set. Pada Two winning set pertandingan akan berakhir begitu salah satu regu memperoleh dua set kemenangan langsung. Sedangkan three winning set akan berakhir permainan bila ada satu regu memperoleh tiga set kemenangan langsung.

One Reply to “Permainan Bola Voli – Teknik, Peraturan, Waktu, Sejarah, Pencipta, Lapangan”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *