Apa Itu Perangkat Jaringan Komputer? Simak Pengertian dan Jenis-Jenisnya Sebagai Berikut

Perangkat Jaringan Komputer – Jika berbicara perihal komputer, pasti tidak akan luput dari yang namanya perangkat jaringan komputer. Namun, apakah semua orang sudah mengetahui apa itu perangkat jaringan komputer? Saya yakin beberapa orang belum mengetahuinya.

Perangkat jaringan komputer adalah komponen yang digunakan untuk menghubungkan komputer satu dengan komputer lain, sehingga mereka dapat mengirim atau menerima file dan juga berbagi sumberdaya seperti printer atau mesin faks. Contoh dari perangkat komputer yang paling umum adalah jaringan Local Area Network (LAN).

Dari penjelasan diatas, dapat kita ketahui bahwa perangkat jaringan komputer terdiri dari perangkat keras, lunak dan protokol jaringan komputer serta ISP. Perangkat tersebut saling mendukung satu dengan yang lainnya, sehingga jaringan dapat berjalan lancar.

Nama-Nama Perangkat Jaringan Komputer

Perangkat Jaringan Komputer

Dalam perangkat jaringan komputer terdapat beberapa alat yang mempunyai fungsi yang berbeda-beda. Sebagaimana fungsi perangkat keras jaringan komputer, semua alat akan bekerja sesuai dengan kegunaannya. Dengan begitu, perangkat jaringan akan terhubung satu dengan yang lainnya.

Jadi, jika salah satu perangkat tidak tersambung dalam jaringan komputer, maka perangkat yang lain tidak akan berfungsi. Sistem kerja dari perangkat-perangkat tersebut adalah saling mendukung satu sama lain supaya jaringan dapat berjalan dengan baik. Berikut adalah nama-nama perangkat jaringan komputer yang wajib anda ketahui:

1. Router

Router

Router adalah salah satu perangkat jaringan komputer yang mempunyai fungsi sebagai penghubung antar dua jaringan atau lebih. Dengan begitu, mereka dapat berbagi data dari satu jaringan ke jaringan yang lain. Router juga dapat menghubungkan dua jaringan yang berbeda, misalnya jaringan A dapat terhubung dengan jarigan B.

Cara kerja router hampir menyerupai cara kerja bridge, yaiitu mereka sama-sama meneruskan data dan membagi jaringan menjadi beberapa bagian serta menyatukan bagian-bagian jaringan tersebut. Hal yang membedakan adalah router berada di lapisan ketiga OSI.

Router dapat mengubungkan jaringan dengan menggunakan topologi star, bus, dan ring. Router lebih sering digunakan dalam teknologi jaringan yang berbasis protokol TCP/IP atau sering disebut dengan IP router.

Selain itu, router juga dikenal sebagai access server atau perangkat yang dapat digunakan untuk membuat koneksi. Koneksi tersebut menghubungkan antara LAN dengan layanan telekomunikasi. Adapun router yang menghubungkan antara jaringan lokal dan jaringan Digital Subscriber Line (DSL). Router ini sering disebut sebagai DSL router.

Biasanya, router-router diatas sudah dilengkapi dengan fitur firewall. Disisi lain router juga mempunyai kemampuan untuk memblokir lalu lintas data yang dibagikan melalui broadcast. Hal ini dapat mencegah terjadinya broadcast yang berlebihan sehingga kerja jaringan menjadi lebih lambat.

2. Wireless Card

Wireless Card

Wireless card merupakan salah satu perangkat jaringan yang mampu menghubungkan dua dvice/alat tanpa menggunakan kabel. Perangkat ini juga dapat menghubungkan dua perangkat komputer atau lebih sehingga dapat saling terhubung melalui jaringan Wi-Fi tanpa harus mengguanakan kabel.

Namun saat ini, sudah banyak laptop yang dilengkapi dengan wireless card, jadi pengguna tidak perlu membeli wireless card secara terpisah. Hal ini tentu  berbeda dengan komputer yang harus membelinya secara terpisah, karena tidak dilengkapi dengan wireless card.

3. LAN Card

LAN Card

LAN Card merupakan perangkat jaringan mempunyai fungsi yang hampir sama dengan perangkat lain, yaitu dapat menghubungkan perangkat satu dengan yang lainnya dalam berbagi data. Namun, dalam LAN Card harus menggunakan kabel agar lalu lintas data dapat berjalan dengan optimal.

LAN Card juga berfungsi sebagai pengubah aliran data, dari bentuk paralel menjadi serial. sehingga data akan ditransmisikan melalui media jaringan kabel UTP.

4. Bridge

Bridge

Perangkat bridge adalah sebuah perangkat yang berfungsi memperluas jaringan satu ke bentuk jaringan lain yang lebih luas sehingga dapat digunakan pada perangkat lainnya.

Sebelum bridge membuat tabel internal secara otomatis, perangkat ini harus mengenali alamat MAC yang berfungsi mentransmisikan sebuah data ke dalam jaringan. Adapun keunggulan dari perangkat ini yaitu dengan adanya tabel internal bridge, dapat menentukan segmen manakah yang akan di saring.

5. Modem

Modem

Modulator demodulator atau yang biasanya disebut modem adalah salah satu perangkat jaringan komputer yang dapat merubah data sinyal menjadi analog kemudian kembali lagi menjadi data sinyal digital, sehingga kinerja komputer dapat berjalan.

Ketika modem telah merubah sinyal analog menjadi sinyal digital kembali, maka ia akan menghantarkannya ke komputer. Itu berarti, modem dapat membuat komputer terkoneksi dengan internet. Beberapa jenis modem ydapat kit a jumpai dan masing-masing memiliki kulaitas yang berbeda-beda.

6. Hub

Hub

Hub adalah perangkat jaringan omputer yang berfungsi untuk membagi server ke jaringan lain. Hub sendiri mempunyai beberapa kelemahan, diantaranya apabila hub mengalami gangguan maka transmisi jaringan ke komputer akan terganggu atau tidak dapat berjalan. Karena hal tersebut, hub tidak dapat mengatur kecepatan data yang dikriimkan ke komputer lan.

Cara kerja hub adalah dengan cara menyalin data dari sebuah sumber yang telah tersambung dengan port yang ada di hub tersebut. jadi jika dalam satu ruangan terdapat 5 unit komputer yang tersambung dalam satu hub, kemudian terdapat satu komputer yang meiliki data-data. Maka fungsi dari hub itu sendiri adaah membagikan data dai satu komputer tersebut dan mebagikannya kesemua komputer yang tersambung.

Adapun kelemahan dari hub yaitu tidak dapat mebagikan data secara merata kepada setiap port. Hal ini justru yang membedakan antara hub dan switch. Karena switch dapat membagikan data secara merata. Dalam hub, rentan terjadi tabrakan data apabila lalu lintas terlalu padat.

7. Switch

Switch

Switch adalah perangkat jaringan yang hampir mirip dengan hub. Namun, ada beberapa perbedaan yang menonjol adiantara dua perangkat jaringan tersebut. switch dianggap lebih pintar dalam membagi sinyal koneksi dibandingkan  dengan hub. Switch juga dapat mengatasi masalah collision data atau tabrakan data.

Selain itu, switch mempunyai beberapa kelebihan lain seperti, kecepatan pengiriman data dan luas jaringan yang lebih baik dari hub. Selain digunakan untuk membagi sinyal, switch juga dapat memfilter paket data dan meneruskannya ke jaringan tujuan. Dengan menggunakan switch, setiap komputer akan mendapatkan kecepatan internet yang sepadan.

8. Access Point

Access point merupakan perangkat jaringan komputer yang mempunyai fungsi hampir mirip dengan router. Namun, fungsi access point yang sebenarnya adalah untuk memancarkan sinyal yang bersal dari router dan kemudian digunakan untuk membuat jaringan WLAN. Access point terdiri dari transceiver dan antena yang digunakan untuk menerima sinyal dari client atau sebaliknya dan transmisi.

Adanya access point, kita dapat terhubung dengan jaringan LAN tanpa menggunakan kabel atau nirkabel. Dengan kata lain, access point mempunyai kemampuan untuk menghubungkan dua jenis jaringan yang berbeda, yaitu jaringan wireless dan jaringan LAN. Adapun satu keunggulan dari access point yaitu ia dapat terhubung dengan router secara langsung.

9. Repeater

Repeater

Repeater adalah perangkat jaringan komputer yang mempunyai fungsi memperkuat sinyal pada jarak jauh dan memperluas jangkauan sinyal wifi sehingga perangkat lain dapat terhubung.

Sistem kerja dari repeater adalah dengan cara menerima sinyal dari server, setelah itu memancarkannya kembali dengan jangkauan yang lebih luas dan kuat. Adapun beberapa fungsi repeater selain memperluas dan memperkuat sinyal dalam jarak yang leih jauh. dengan adanya repeater, banyak perangkat yang dapat di mengakses wifi dengan lebih mudah karena jaringan sudah diperkuat dengan repeater.

Fungsi repeater sendiri adalah untuk memperkuat sinyal, sehingga repeater tidak memerlukan kabel dalam mengakses data. Oleh karena itu, repeater  dapat meminimalisir adanya kabel jaringan yang terlalu banyak.

10. Kabel

perangkat jaringan

Perangkat kabel adalah salah satu komponen terpenting yang berfungsi sebagai penghantar arus dan penghubung antara dua komputer atau lebih agar dapat  bertukar data. Kabel sendiri mempunyai beberapa jenis yang digunakan dalam perangkat komputer. Biasanya kabel tersebut berjenis Unshielded Twisted Pair (UTP), kabel utp, stp, dan beberapa jenis lainnya.

Kelemahan dari penggunaan kabel adalah kerumitan yang biasanya terjadi karena pengguna harus menentukan lokasi kabel dan yang lainnya. Namun, jenis kabel yang digunakan bergantung pada jenis topologi jaringan yang digunakan.

11. NIC

Perangkat Keras Jaringan Komputer

Network Interface Cart atau biasa disingkat NIC adalah kartu yang berfungsi sebagai perangkat yang menghubungkan komputer dengan jaringan LAN. Kartu ini sangat berperan penting bagi komputer. Adapun fungsi lain dari NIC adalah membuat perangkat bisa terhubung dengan jaringan melalui kabel.

12. Konektor

Konektor

Konektor merupakan salah satu perangkat jaingan yang berfungsi menghubungkan kabel dengan Network Adaptor. Jika konektor tidak terpasang di perangkat komputer, maka komputer tidak akan berjalan dengan optimal. maka dari itu, konektor menjadi saah satu alat vital bagi perangkat komputer.

Fungsi Perangkat Jaringan Komputer

Fungsi Perangkat Jaringan Komputer

Fungsi jaringan komputer adalah sistem yang didesain agar komputer satu dengan yang lain dapat berbagi data, berkomunikasi, dan mengakses informasi. Perangkat jaringan komputer dapat berfungsi dengan optimal apabila semua perangkat terpasang dengan benar.  Sedangkan jaringan komputer beroperasi dengan didukung oleh komponen perangkat sesuai kebutuhan.

Untuk itu, disini kami akan menjelaskan mengenai fungsi dari perangkat jaringan komputer. Berikut adalah perangkat jaringan komputer dan fungsinya:

1. Router

Fungsi router adalah sebagai alat penghubung antara dua komputer atau lebih supaya dapat berbagi data dari satu komputer ke komputer lain. router sendiri adalah perangkat jaringan komputer yang beroperasi menggunakan jaringan atau koneksi internet dalam bertukar data, hal tersebut biasanya melalui proses yang disebut routing.

Perlu kamu tahu, Router itu memiliki dua dua jenis, ada router statis dan ada yang router dinamis. Keduanya memiliki perbedaan.

  • Router statis merupakan router yang mempunyai tabel routing statis yang diatur secara manual.
  • Sedangkan router dinamis merupakan jenis router yang mempunyai dan membut tabel routing dinamis, ia bekerja dengan memperhatikan lalu lintas jaringan dan juga saling berhubungan denganrouter lain.

2. Hub

Fungsi hub adalah untuk menghubungkan perangkat satu dengan perangkat lain dengan menggunakan LAN Card, sehingga semua perangkat menjadi satu segmen jaringan. Hub juga berperan sebagai konsentrator, penguat sinyal kabel UTP, dan penghubung.

Sama seperti router, hub juga dibagia menjadi dua macam, yaitu hub pasif dan hub aktif. Keduanya memiliki perbedaan yang cukup signifikan.

  • Hub pasif bisa digambarkan sebagai hub yang memiliki fungsi untuk membagi jaringan, namum hub jenis ini tidak dapat melakukan penguatan jaringan. Oleh karena itu, hub pasif tidak membutuhkan tenaga listrik tambahan.
  • Hub aktif adalah jenis hub yang lain yang memiliki fungsi sebagai penghubung dan penguatan sinyal dalam jaringan. Berbeda dengan hub pasif, hub aktif membutuhkan tenaga listrik tambahan supaya dapat bekerja dengan optimal.

3. Access Point

Fungsi Access Point itu hampir mirip-mirip dengan Hub atau Switch, yaitu terminal penghubung yang memancarkan sinyal wireless yang berupa SSID dan kemudian ditangkap oleh wireless di masing-masing komputer.kekuatan sinyal yang dipancarkan juga dapat mempengaruhi area cverage yang akan dijangkau. Fungsi yang paling utama dari Access Point adalah untuk menyediakan akses jaringan wifi.

Dari penjelasan diatas, kita dapat mengetahui macam-macam perangkat jaringan komputer dan juga fungsinya. Hal itu tentu sangat berguna bagi anda yang berkutat di dunia komputer. Dengan hal tersebut, anda dapat mengetahui bagaimana membuat suatu jaringan komputer agar bisa berjalan dengan optimal.

One Response

  1. arif

Ada pertanyaan atau komentar?