Ketahui Penyebab Beserta Cara Mengatasi Laptop Lemot Agar Lebih Cepat

Laptop, alat canggih yang rasa-rasanya dimiliki hampir setiap orang. Fungsinya yang beragam membuat piranti ini begitu penting keberadaanya. Mulai dari pelajar, karyawan, pengusaha, dan banyak pekerjaan lainya menempatkan laptop sebagai alat kerja yang vital. Penggunaan laptop pun dapat dibilang cukup krusial dalam kehidupan sehari-hari.

Apalagi dibandingkan dengan menggunakan PC atau komputer, laptop menjadi pilihan yang lebih baik baik terutama bila dilihat dari tingkat efisien dan kemudahan untuk dibawah kemanapun. Namun seperti halnya produk elektronik lainnya, ada kalanya aptop dapat mengalami penurunan peforma meskipun spesifikasi yang dimilikinya sudah sangat bagus.

Cara Mengatasi Laptop Lemot

Penyebab dan cara mengatasi laptop lemot

Jika hal ini terjadi, tentu akan menjadi masalah tersendiri. Semua pekerjaan akan berjalan lambat dikarenakan peforma laptop yang tidak sebagaimana mestinya. Jika sudah seperti ini, untuk mengatasinya kamu harus mengetahui penyebabnya terlebih dahulu dan kemudian baru mencari cara untuk memperbaikinya. Beruntung, karena kali ini saya dengan senang hati akan menjelaskan lebih lanjut mengenai penyebab serta cara mengatasi laptop lemot supaya lebih cepat.

1. Banyak aplikasi-aplikasi yang tersimpan di laptop, padahal itu tidak penting

Saat kamu menggunakan laptop, terkadang kamu ingin mencoba berbagai macam aplikasi yang menurut kamu dapat berguna nantinya. Namun jika aplikasik-aplikasi yang tersimpan terlalu banyak, justru dampaknya akan menyebabkan kapasitas Drive C menjadi penuh.

Dan tentu saja ini membuat sistem menjadi terlalu lama saat membaca hard disk. Efek jangka panjangnya tentu akan menyebabkan proses pembacaan data di dalam hard disk lebih lama dari biasanya.

Cara mengatasinya:

Untuk mengatasi permasalahan ini, kamu bisa melakukan uninstall terhadap aplikasi-aplikasi yang sekiranya jarang atau tidak pernah kamu gunakan. Seleksi mana saja aplikasi yang jarang kamu gunakan.

Kamu juga dapat mengecek aplikasi-aplikasi yang sekiranya tidak sengaja terinstall saat melakukan browsing. Simpan aplikasi yang memang sesuai dengan kebutuhan kamu saja, dan buang yang tidak penting.

Sangat sayang jika sampai memori laptop kamu penuh dikarenakan aplikasi-aplikasi yang jarang digunakan. Untuk menghapus aplikasi-aplikasi ini, kamu bisa lakukan dengan:

  • Buka Control Panel
  • Pada bagian Program, kamu Klik Uninstall Programpenyebab laptop lemot
  • Cari aplikasi mana yang akan kamu uninstalluninstall aplikasi yang tidak perlu
  • Selanjutnya klik aplikasi lalu klik uninstall dan kemudian ikuti petunjuk selanjutnya pada aplikasi tersebut. Umumnya hanya tinggal klik oke-oke atau next-next saja.

Kamu juga dapat melihat aplikasi mana yang memakan ruangan RAM terlalu banyak dari task manager. Kamu hanya perlu menekan ctrl + alt + delete secara bersamaan dan  pilih Task Manager.

2. Virus Yang Menyerang Laptop

Kinerja laptop yang berubah menjadi lemot juga dapat disebabkan karena terinfeksi dengan virus. Virus yang menyerang laptop juga dapat merusak file system yang menyebabkan windows tidak dapat bekerja sebagaimana mestinya. Bahkan lebih parahnya lagi, windows pada laptop juga dapat mengalami error sehingga tidak dapat dioperasikan.

virus menyerang laptop

Selain itu, virus yang berjalan terus dalam laptop dapat memakan banyak ruang dalam RAM sehingga menyebabkan laptop menjadi lambat. Untuk penanganannya, kamu bisa mencoba melakukan scan menggunakan antivirus yang sudah terupdate.

Gunakan antivirus yang memang sudah terbukti kualitasnya. Jangan menggunakan banyak aplikasi antivirus, cukup gunakan 1 saja sehingga tidak menyebabkan bentrok yang akhirnya menyebabkan laptop menjadi semakin lemot.

Cara Mengatasinya:

Dan tak hanya itu saja, kamu juga dapat mengatasi permasalahan dengan cara-cara di bawah ini:

  • Update antivirus secara berkala, meskipun kamu sudah memiliki antivirus, jangan lupakan untuk mengupdate berkala antivirus yang kamu miliki. Perlu kamu ketahui, jika setiap hari ada saja virus baru yang tercipta. Jika database antivirus out to date, maka menyebabkan laptop mudah terinfeksi dikarenakan antivirus yang kamu miliki tidak mengenali virus baru tersebut. Untuk itu penting memperbarui database antivirus milik kamu
  • Jangan pernah download sembarangan web browser. Internet merupakan media utama sebagai penyebaran virus berbahaya. Sehingga kamu harus lebih bijaksana dalam mengunduh apapun yang berasal dari internet, terutama saat membuka email.
  • Jangan menggunakan flashdisk secara sembarangan pada laptop kamu, yang dimaksud disini adalah jangan sembarangan mencolokkan flashdisk yang sudah terinfeksi virus ke laptop kamu. Hal ini akan beresiko menyebabkan laptop kamu mudah terinfeksi virus juga

3. Banyak Program Yang Multitasking

Penyebab lainnya bisa disebabkan karena banyak program-program yang dijalankan dalam suatu waktu secara bersamaan atau disebut multitasking. Multitasking mengakibatkan kerja komponen utama yang ada di dalam laptop seperti RAM, dan processor menjadi lebih berat.

Jika penyebab laptop kamu menjadi lambat disebabkan karena permasalahan tersebut, maka kamu bisa mencoba menjalankan program atau aplikasi satu persatu sehingga kerja RAM atau processor menjadi lebih ringan. Jika kamu memaksakan terus menerus untuk menjalankan banyak aplikasi dalam satu waktu yang bersamaan, maka jangan salahkan jika nantinya laptop menjadi hang atau not responding.

Namun berbeda jika kamu memiliki laptop yang berspesifikasi tinggi, misalnya memiliki RAM berkapasitas 8 GB dan menggunakan processor Intel Core i7, mungkin hal ini bukan menjadi masalah besar.

Cara Mengatasinya:

Untuk melihat berapa banyak program yang berjalan, kamu bisa lihat di Task Manager. Caranya:

  • Tekan ctrl+alt+delete secara bersamaan
  • Lalu pilih Task Manager
  • Pada bagian File Process kamu lihat program apa saja yang sedang berjalan.tampilan task manager
  • Untuk mematikanya, klik program, lalu klin end task.

4. Kapasitas RAM Laptop Kecil

RAM atau Random Acces Memory adalah sebuah memori yang ada di dalam laptop yang berfungsi menyimpan data sementara saat menjalankan suatu program. Sehingga semakin banyak program yang dijalankan dalam laptop, maka akan semakin banyak kapasitas RAM yang dibutuhkan.

ram komputer terlalu kecil

RAM memiliki peran yang paling penting dan utama saat melakukan multitasking.  Sehingga bisa saja laptop lemot karena RAM yang kecil tetapi harus menjalankan beberapa program yang cukup berat.

Cara Mengatasinya:

Jika masalah ini terjadi pada laptop kamu, maka kamu bisa mencoba menambah kapasitas RAM dalam laptop agar menjadi lebih besar.  Sehingga nantinya proses multitasking pada laptop kamu bisa berjalan lebih cepat tanpa mengalami hang. Untuk kisaran harga RAM sendiri sekitar Rp 400.000 untuk kapasitas 4 GB.

5. Ruang Harddisk Tinggal Sedikit

Tak hanya kapasitas RAM yang terbatas, kapasitas Harddisk yang tinggal sedikit juga dapat menyebabkan sistem windows menjadi lambat. Untuk itu lah sisakan ruangan yang cukup dalam setiap drive. Lebih baik hanya mengisi 50 persen kapasitas harddisk saja. Lebih dari itu umumnya bisa menyebabkan lemot.

kapasitas HDD

Terutama pada bagian C, usahakan untuk menyisakan banyak ruangan dan jangan mencampurnya dengan data pribadi. Memisahkan data antara data pribadi dengan system dapat membantu meminimalisir jika nantinya kamu ingin melakukan install ulang pada windows sehingga data pribadi kamu yang tersimpan dapat aman dan tidak terhapus.

Cara Mengatasinya:

sama seperti persoalan pada RAM, masalah ini bisa kamu atasi dengan mengurangi isi harddisk. Atau bisa juga kamu tambah kapasitas harddisk kamu. Menambah kapasitas harddisk juga harus diikuti dengan menambah kapasitas RAM.  

6. Lemot Dikarenakan Tampilan Atau Widget

Sistem operasi seperti Windows, baik itu Windows 7 maupun yang terbaru saat ini windows 10 menggunakan smooth efek atau efek aero yang membuat tampilan lebih indah dilihat. Fitur ini memang cukup bagus, namun sebenarnya malah membuat laptop menjadi lambat apalagi jika spesifikasi yang dimiliki pas-pasan.

Cara Mengatasinya:

Untuk mengatasi hal ini, kamu bisa mencoba setting menggunakan tema klasik.

  • Bagi kamu yang menggunakan Windows XP, klik kanan pada desktop – klik properties – pada display properties, kamu bisa memilih themes classic – save as – ok.
  • Untuk Windows 7, klik kanan pada desktop – klik personalize – di kolam theme, geser ke bawah dan pilih theme windows classic – ok.
  • Dan untuk windows 8 keatas, penggunaan theme klasik memang masih menggunakan fitur aero. Sehingga kamu bisa mencoba lebih mengurangi widget yang ada pada desktop.

7. Hardware Laptop Bermasalah

Masalah lainnya yang bisa menyebabkan laptop menjadi lambat adalah saat terjadi permasalahan pada bagian hardware laptop. Mungkin masih banyak yang belum mengetahui jika permasalahan pada hardware dapat mengakibatkan kinerja laptop lemot.

penyebab laptop lemot 2

Misalnya saja yang terjadi pada bagian fan laptop. Biasanya akan terdengar suara putaran yang tidak terdengar seperti biasanya, seperti suara agak tersendat dan keras. Pemakaian sebentar saja, bisa menyebabkan laptop mudah panas dan lemot. Jika kamu mengalami hal ini kamu bisa mencoba untuk membongkar pada bagian tersebut.

Biasanya tumpukan debu yang tebal menyebbakan fan menjadi bersamalah. Kamu bisa membersihkan debu-debu yang menempel pada fan laptop dan nantinya putaran laptop dapat kembali normal. Dan tentu saja ini akan membuat kinerja laptop menjadi normal kembali.

Cara Mengatasinya:

Jika memang bagian hardware yang menjadi penyebab kerusakan pada laptop kamu. Maka sebelum kamu mencoba mengatasinya, terlebih dahulu ketahui bagian hardware manakah yang bermasalah. Bisa saja HDD, VGA, ataupun bagian lainnya.

8. Menginstall Atau Menjalankan Program-Program “Berat”

Jangan memaksakan laptop kamu untuk menjalankan program atau aplikasi yang sebenarnya laptop kamu tidak sanggup. Misalnya saja, kamu memiliki laptop dengan kapasitas RAM 2 GB dan Intel Pentium N3540, namun kamu mencoba untuk menginstall game Fifa 2016.

Tentu saja hal ini akan sangat memaksa kerja laptop kamu. Setiap program ataupun game tentu memiliki minimum spesifikasinya masing-masing.

Cara Mengatasinya:

Untuk mengatasinya, jika kamu mencoba menginstall sebuah apikasi namun tidak sesuai dengan spesifikasi laptop yang kamu miliki. Maka jangan sekali kali untuk menginstallnya.

Akan lebih baik untuk menghapus program-program yang dirasa “berat” bagi laptop kamu. Gunakan program-program yang memang sesuai dengan spesifikasi laptop yang kamu miliki.

9. File-File Temporary Banyak Yang Menumpuk

Temporary file adalah file-file sementara yang ada di dalam laptop dan dibuat sistem windows untuk berbagai tujuan tertentu. File-file yang terletak pada chance atau recycle bin bisa mempengaruhi kinerja laptop menjadi lebih lambat.

Cara Mengatasinya:

Untuk mengatasi hal seperti ini kamu bisa menggunakan aplikasi pembersih semisal CCleaner. Software ini juga menjadi salah satu solusi alternative dari tool windows yang dinamakan Disk Cleanup.

bersihkan file yang menumpuk

Nah kini cobalah untuk mengecek file-file temporary yang ada di laptop kamu, jika menumpuk banyak maka segera bersihkan sehingga kinerja laptop tidak lemot lagi. Sebaiknya pula, lakukan cleaning secara berkala sehingga kinerja laptop tetap terjaga dengan baik.

10. Harddisk Belum Pernah Didefrag

Saat menjalankan sebuah aplikasi, maka chache yang berasal dari aplikasi-aplikasi tersebut tersimpan di dalam hardisk yang kemudian mengurangi kinerja laptop. Dan tak hanya itu saja, data-data yang berantakan lama kelamaan menyebabkan tumpukan yang menyebabkan kinerja laptop melambat.

Cara Mengatasinya:

Untuk mengatasi hal ini, kamu bisa melakukan defragmentasi pada harddisk kamu. Hal ini bertujuan agar dapat menata kembali data-data berantakan yang ada di dalam harddisk. Sehingga pecahan-pecahan data yang lokasinya berjauhan bisa ditata ulang kembali dan menjadi ebih rapi.

Untuk melakukan defrag harddisk, kamu bisa mencoba cara di bawah ini:

  • Masuk ke Control Panel, kemudian pilih system and securitymasuk ke control panel
  • Pada menu Administrative Tool, klik Defragment and optimize your drivesHarddisk belum pernah didefrag
  • Klik Optimize untuk melakukan defrag harddiskoptimalkan harddisk
  • Jika kamu pengguna windows 8, maka defragment tool berjalan otomatis setiap minggu. Kamu bisa mengubahnya dengan mengklik tombol change setting dan pilih daily, weekly, atau monthly sesuai dengan kebutuhan kamu.

11. Sistem Windows Rusak

Jika sistem windows memang sudah rusak parah, maka ini akan menyebabkan laptop menjadi lambat dan bahkan tak dapat digunakan. Jika sudah seperti ini, maka jalan satu-satunya yang bisa kamu lakukan adalah dnegan menginstall ulang. Windows yang rusak dan lambat bisa disebabkan karean banyaknya file-file yang terhapus maupun sudah corrupt.

Cara Mengatasinya:

Instal Ulang. Kamu perlu dilakukan install ulang sistem windows sehingga dapat fresh kembali.

12. Ekstensi Browser

Ekstensi adalah aplikasi tambahan yang dipasang pada browser dengan mendapatkan fitur tambahan yang tidak dimiliki browser. Pada laptop dengan spesifikasi rendah, ekstensi juga bisa menyebabkan laptop lemot.

Cara Mengatasinya:

silakan kamu buka browser kamu dan lihat ekstensi apa saja yang kamu gunakan, lalu hapus yang tidak penting. Caranya:

  • Buka browser
  • Pilih tool atau klik simbol strip tiga di bagian pojok kanan atas lalu pilih ekstensi atau add-ons.mengatasi laptop lemot
  • Cari ekstensi yang tidak terpakai dan hapus.

Nah itu tadi beberapa tips yang bisa kamu coba untuk mengatasi kinerja laptop yang melambat agar kembali cepat seperti sebelumnya. Jangan hanya membiarkan masalah ini terjadi karena bisa menyebabkan kerusakan yang lebih parah lagi dikemudian hari. Jika masalahmu belum teratasi, silakan kontak saya atau beli laptop baru saja.

Ada pertanyaan atau komentar?