Penulisan Tanggal Dalam Bahasa Inggris Dan Formatnya Lengkap

5 min read

tanggal dalam bahasa inggris

Penulisan Tanggal Dalam Bahasa Inggris – Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional dan sangat dibutuhkan dalam dunia kerja maupun pendidikan. Baik secara pasif maupun aktif, mampu berbahasa inggris adalah suatu kelebihan tersendiri. Bila kamu memiliki kemampuan bahasa inggris yang baik, biasanya kamu akan lebih mudah mendapatkan pekerjaan. Bahkan pada saat mengenyam pendidikan, kamu bisa dengan mudah mendapatkan beasiswa.

Namun Bahasa Inggris disebut sebagai bahasa yang cukup sulit dipelajari bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Terutama karena bahasa ibu maupun bahasa pergaulan masyarakat kita tidak menggunakan bahasa inggris. Banyak aspek yang membuat belajar bahasa inggris sulit. Seperti spelling, grammar dan speaking.

Kesulitan belajar bahasa inggris juga terjadi saat menulis. Sebab antara pengucapan dan penulisan kata dalam bahasa inggris umumnya berbeda. Tentu berbeda dengan bahasa Indonesia. Termasuk juga soal bagaimana cara menulis tanggal dalam format bahasa Inggris.

Penulisan Tanggal Dalam Bahasa Inggris

Penulisan Tanggal Dalam Bahasa Inggris

Sebelum membahas cara penulisan tanggal dalam secara lengkap, mari kita pelajari terlebih dahulu bagaimana penulisan angka dan bulan pada tanggal dalam bahasa inggris.

Penulisan Angka Pada Tanggal

Penulisan angka dalam bahasa inggris memiliki perbedaan jika dibanding angka yang difungsikan selain untuk menyatakan tanggal. Pada penulisan tanggal, angka yang digunakan ditambah dengan “st”, “nd”, “rd” ataupun “th” sebagai penanda. Sebenarnya semua itu berarti ke-.

Jadi penulisan angka pada tanggal dalam bahasa inggris menggunakan angka ordinal. Angka ordinal adalah angka yang berfungsi untuk menunjukkan sebuah urutan. Lebih lengkap soal angka ordinal, kamu bisa baca: Angka Dalam Bahasa Inggris

Misalnya tanggal 1, maka pada penulisan tanggal di tulis 1st atau dibaca first karena merupakan tanggal pertama dari bulan tersebut. Begitu juga dengan tanggal 2 yang ditulis 2nd yang berarti tanggal kedua dari bulan tertentu, begitu seterusnya. Berikut tabel lengkap penulisan angka pada tanggal dalam bahasa inggris:

Angka Cara Baca
1st First
2nd Second
3rd Third
4th Fourth
5th Fifth
6th Sixth
7th Seventh
8th Eighth
9th Ninth
10th Tenth
11th Eleventh
12th Twelfth
13th Thirteenth
14th Fourteenth
15th Fifteenth
16th Sixteenth
17th Seventeenth
18th Eighteenth
19th Nineteenth
20th Twentieth
21st Twenty first
22nd Twenty second
23rd Twenty third
24th Twenty fourth
25th Twenty fifth
26th Twenty sixth
27th Twenty seventh
28th Twenty eighth
29th Twenty ninth
30th Thirtieth
31st Thirty – first

Penulisan Nama Bulan Dalam Bahasa Inggris

Untuk penulisan nama bulan dapat di singkat menjadi 2 cara. Pertama disingkat dengan menggambil tiga kata pertama, atau yang kedua hanya menggunakan satu huruf pertama saja.

Nama Bulan Singkatan I Singkatan II
January Jan J
February Feb F
March Mar M
April Apr A
May May M
June Jun J
July Jul J
August Aug A
September Sep S
October Oct O
November Nov N
December Dec D

Hanya kalau satu huruf pertama akan ada kerancuan pada Januari, Juni dan Juli juga pada Maret dan Mei Serta pada Agustus dan April. Berikut tabel lengkap penulisan bulan dalam bahasa Inggris.

Format Penulisan Tanggal dalam Bahasa Inggris

Penulisan Tanggal Dalam Bahasa Inggris th

Untuk format penulisan tanggal dalam bahasa inggris ada dua cara. Yaitu berdasarkan British Style dan American Style. Seperti yang kita tau walaupun sama – sama bahasa inggris namun dua Style ini memiliki perbedaan dalam beberapa hal. Salah satu perbedaan tersebut adalah format penulisan tanggal.

Dalam tabel ini juga terdapat format formal hingga non formal. Pemeilihan format penulisan tanggal sangat tergantung dengan dokumen yang dibuat. Apakah untuk surat formal atau tulisan yang kamu buat untuk diri sendiri. Berikut tabel penulisan tanggal dalam bahasa Inggris

FORMAT BRITISH :

Day – Month – Year

AMERICAN:

Month – Day – Year

A The fourth of August , 2019

The sixth of December, 2019

August the fourth, 2019

December the sixth, 2019

B 4th August 2019

25th November 2019

August 4th, 2019

November 25th, 2019

C 4 August 2019

14 July 2019

August 4, 2019

July 14, 2019

D 4/8/2019

11/12/2018

4/8/2019

12/11/2019

E 4/8/19

5/9/18

4/8/19

9/2/18

F 04/08/19

25/07/19

04/08/19

07/25/19

Penjelasan Format Penulisan Tanggal A Sampai F

Dari tabel di atas bisa kita lihat bahwa pada selain berdasarkan British Style dan American Style, penulisan format tanggal dalam bahasa inggris juga dibedakan berdasarka format A hingga F. Lantas apa maksudnya?

Sebenarnya antara A sampai dengan F memiliki perbedaan penggunaan. Format A adalah format untuk dokumen resmi sedang F adalah dokumen tidak resmi. Berikut penjelasan lengkapnya:

1. Format A

Format A adalah format penulisan tanggal yang paling formal jika dibandingkan dengan format lainnya. Format tanggal seperti ini biasa digunakan dalam penulisan tanggal surat, undangan resmi dan surat – surat resmi lainnya.

Penulisan tanggal ini ditulis sesuai dengan grammar yang tepat. Dengan menggunakan to be yang tepat untuk melengkapi format ini. Namun juga terdapat perbedaan antara British Style dan American Style terlihat pada susunan penulisannya.

Pada British Style, penulisannya diawali dengan the, tanggal, of, bulan kemudian tahun. Sedangkan Pada American Style nama bulan ditulis terlebih dahulu. Sebagai contoh ketika kamu akan menulis tanggal 7 oktober tahun 2019 menggunakan British Style, maka dapat ditulis The seventh of October, 2019.

Sedangkan jika kamu ingin menulis menggunakan American Style, dapat kamu tulis: October the seventh 2019. Format ini sangat disarankan untuk penulisan tanggal pada surat resmi, undangan resmi serta dokumen resmi.

2. Format B

Selanjutnya adalah format B, meskipun juga merupakan format formal, namun format ini tidak seformal format A. Mungkin kamu lebih sering melihat penggunaan format B ini ketimbang format A. Tetapi perlu kamu tahu bahwa fromat ini sebenarnya format semi formal.

Meskipun begitu, format ini masih dapat digunakan pada penulisan tanggal untuk surat semi formal namun sopan, contohnya surat lamaran pekerjaan. Penulisannya hampir sama dengan format A tetapi tanpa “the” dan “of”.

Sebagai contoh kamu ingin menuliskan tanggal 11 January tahun 2019 menggunakan British style pada surat lamaran pekerjaan, kamu cukup menuliskan 11th January 2019.

Sedangkan jika kamu ingin menggunakan American Style, kamu cukup menulisnya  January 11, 2019. Dapat kamu lihat bahwa formatnya lebih simple dan terlihat sopan untuk surat semi formal.

3. Format C

Format ini sama kedudukannya dengan format B, yaitu semi formal. Namun mungkin kamu juga sering melihat penggunaan format ini diberbagai surat ataupun tulisan lain. Format ini sering digunakan karena simple dan tidak rumit untuk ditulis. Terlebih lagi, format penulisan tanggal ini hampir sama dengan penulisan tanggal dalam format bahasa Indonesia.

Kamu tidak perlu menambahkan “th” pada angka ataupun of diantara tanggal dan bulan. Contohnya, kamu akan menulis tanggal 19 Maret tahun 2019 menggunakan British Style, maka kamu cukup menuliskan 19 March 2019. Sedangkan jika kamu ingin menulis menggunakan American Style, kamu cukup menuliskan  March 19, 2019.

4. Format D

Format ke empat ini lebih tidak formal lagi. Namun format ini biasa digunakan untuk penulisan tanggal pada laporan ataupun tabel – tabel keuangan, daftar suatu barang maupun kegiatan dan lain sebagainya. Pada format ini hanya digunakan angka tanpa menggunakan nama bulan.

Cara ini sangat efektif digunakn dalam penulisan tanggal pada laporan keuangan ataupun tabel – tabel lain yang membutuhkan keterangan tanggal. Hal ini dikarenakan tidak membutuhkan tempat yang terlalu banyak. Yang membedakan penulisan pada format D antara British style dan American Style ada penempatan tanggal dan bulan.

Sebagai contoh, kamu akan menulis tanggal 18 Desember 2018 dalam format British Style, maka yang perlu ditulis adalah 18/12/2018. Dan jika kamu ingin menulis dalam format American Style, kamu  harus membalik tempat tanggal dan bulan.

Pada British style, tanggal ditulis terlebih dahulu, sedangkan pada American Style bula ditulis terlebih dahulu; 12/18/2018. Mungkin kamu sudah sering melihat format ini pada aplikasi Excel office.

5. Format  E

Selanjutnya format yang hampir sama dengan format D. Bedanya adalah pada format E tahun tidak ditulis secara lengkap. Pada format ini hanya 2 digit terakhir tahun yang ditulis. Contohnya tahun 2017, maka hanya ditulis 17. Format ini juga sering kita temui pada penulisan laporan keuangan dan laporan lain yang membutuhkan tanggal.

Perbedaan pada penulisan format British style dan format American Style pada format ini juga sama, yaitu tanggal dan bulan yang letaknya berbalikan. Sebagai contoh ketika kamu akan menulis tanggal 24 Juni 2018, jika menggunakan format British style, maka kamu harus menulisnya 24/6/2018.

Sedangkan jika kamu menggunakan format American style, kamu harus menulisnya 6/24/2018. Format ini juga menjadi pilihan penulisan pada program excel pada office. Format ini bukan merupakan format yang formal karena penulisannya bisa dikatakan disingkat.

Jadi, kamu hanya bisa menggunakan format ini untuk catatan yang tidak formal atau laporan keuangan atau tabel – tabel lainnya. Kamu sebaiknya tidak menggunakannya untuk penulisan tanggal secara formal pada surat – surat resmi.

6. Format F

Format terakhir yang juga sering kita jumpai adalah format F, dimana penulisan angka tanggal, bulan serta tahun menggunakan 2 digit angka. Ini juga merupakan salah satu format penulisan tanggal yang tidak formal. Penulisan tanggal ini tidak dapat digunakan pada surat resmi ataupun undangan resmi.

Perbedaan antara British style dengan American style juga tetap sama, yaitu letak penulisan tanggal dan bulan. Sebagai contoh, kamu akan menulis tanggal 21 Mei 2017 pada tabel laporan neraca.

Jika menggunakan format British style, maka kamu harus menulisnya 21/05/17. Dan jika kamu akan menggunakan American Style, kamu cukup membalik tempat penulisan tanggal dan bulan yaitu 05/21/17.

Format ini juga sering digunakan pada catatan – catatan pribadi dan tabel- tabel seperti tabel keuangan, atau tabel kegiatan. Pada aplikasi excel juga dapat ditemui pilihan format penulisan tanggal seperti ini.

Tips Memilih Format Penulisan Tanggal Dalam Bahasa Inggris

Dari penjelasan beberapa format diatas dapat diketahui apa saja dan bagaimana penulisan format tanggal yang tepat. Untuk itu, berikut adalah tips yang dapat kamu gunakan bila ingin memilih mana tanggal dalam bahasa inggris yang akan kamu gunakan.

  1. Tentukan dokumen yang akan kamu buat apakah merupakan dokumen resmi, semi resmi atau tidak resmi.
  2. Pilih format yang sesuai dengan jenis dokumen.
  3. Jika bukan format resmi, pilih format yang menurut kamu paling mudah dan tidak memakan tempat.
  4. Usahakan konsisten dalam menulis tanggal. Jika kamu menggunakan British style maka sebaiknya kamu mengunakannya pada penulisan selanjutnya dan sebaliknya.

Dari penjelasan – penjelasan tersebut, dapat kita simpulkan bahwa penulisan tanggal dalam bahasa inggris sangat mudah. Yang membuat terlihat rumit adalah ketika kamu harus mempelajari dua style penulisan yang berbeda. Hal itu dikarenakan terdapat penulisan berdasarkan British style dan American Style.

Sebenarnya penulisannya tidak jauh berbeda, tetapi tetap saja kamu harus memilih salah satu style yang kamu inginkan. Kamu harus konsisten dalam menulis tanggal. Jika kamu sudah menggunakan salah satu format, maka usahakan untuk terus menggunakan format tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *