Pengertian XAMPP, Fungsi, Sejarah dan Bagian-bagiannya (Lengkap)

Setelah sebelumnya saya membahasa mengenai PHP, kali ini saya akan memperkenalkan kepada kamu apa itu XAMPP. Mungkin bagi kalian kata ini sangatlah asing, akan tetapi saya yakin kamu bisa menebaknya. XAMPP ini tidak akan jauh-jauh dari perkembangan teknologi. Sebagaimana kebiasaan jurnalponsel yang tetap mengulas dunia teknologi.

XAMPP akan berhubungan dengan komputer, karena ini merupakan salah satu jenis perangkat lunak. Namun XAMPP itu perangkat lunak seperti apa? Itu akan saya jelaskan pada bagian subbab pertama yang membahas mengenai pengertian XAMPP. Baru berikutnya saya akan membahas mengenai fungsinya, serta bagaimana sejarah dan terakhir bagian-bagian XAMPP.

Sejarah Singkat dan Kepanjangan XAMPP

XAMPP merupakan perangkat lunak yang dikembangkan dari LAMP yang terdiri dari beberapa perangkat lunak seperti (Linux, Apache, MySQL, PHP, dan PERL) sebagai project non profit yang dikembangkan oleh Apache Friends. Apache Friends sendiri terdiri dari Tim Inti (Core Team), Tim Pengembang (Development Team) dan Tim Dukungan (Support Tim) yang didirikan Kai Oswalad Seidler dan Kay Vogelgesang pada tahun 2002. Project ini berguna untuk mempromosikan penggunaan Apache web browser.

XAMPP merupakan singkatan dari masing-masing huruf yang memiliki makna tersendiri, makna dari masing-masing huruf tersebut adalah:

  • X

X, sebagai program yang paling banyak dijalankan pada sistem operasi, baik pada windows, Linux, Mac, OS ataupun Solaris.

  • A

Apache, sebagai aplikasi web server, yang mana bertugas dalam menghasilkan halaman web yang benar kepada user melalui kode PHP yang telah dituliskan pada halaman web.

  • M

MySQL, merupakan aplikasi database server yang dapat berguna untuk menambahkan, menghapus, dan mengubah data yang ada pada database. SQL kepanjanan dari Structured Query Language yaitu sebagai bahasa yang terstruktur dalam mengolah database.

  • P

PHP, merupakan bahasa pemrograman yang biasa digunakan untuk membuat web yang bersifat server side.

  • P

Perl, yaitu bahasa pemrograman.

Jadi kalau digabung XAMPP itu singkatan dari X, Apache, MySQL, PHP dan Perl. saya rasa pembahasan mengenai sejarah singkat dan kepanjangan XAMPP sudah cukup, selanjutnya saya akan ulas lebih dalam mengenai pengertiannya dari beberapa ahli.

Pengertian XAMPP Menurut Para Ahli dan Umum

Untuk memahami pengertian XAMPP lebih detail, saya akan kutipkan pengertia XAMPP menurut para ahli, antara lain:

1. Riyanto (2010:1)

Riyanto (2010:1) mengemukakan bahwa XAMPP adalah seperangkat paket PHP dan MySQL yang memiliki basis open source, dimana software ini dapat digunakan sebagai alat pembantu untuk mengembangkan aplikasi berbasis PHP. XAMPP ini berupa satu paket aplikasi yang berisi beberapa perangkat lunak yang berbeda-beda.

2. Wicaksono (2008:7)

Wicksono (2008:7) menjelaskan bahwa XAMPP adalah sebuah software yang memiliki tugas untuk menjalankan website berbasis PHP dengan menggunakan pengolah data berupa MySQL pada komputer lokal. XAMPP ini juga dikenal sebagai Cpanel server yang mampu melakukan preview website tanpa harus tersambung dengan jaringan internet ataupun online.

Dari kedua pengertian menurut para ahli diatas mengenai XAMPP dapat diambil kesimpulan bahwa XAMPP merupakan sebuah paket perangkat lunak (Linux, Apache, MySQL, PHP, dan Perl) yang berisi platform perangkat lunak yang berbeda-beda dengan platform gratis serta open source yang dikembangkan oleh perusahaan Apache Friends.

Fungsi XAMPP

Seperti yang kita ketahui mengenai XAMPP, bahwa fungsi dari XAMPP merupakan server yang berdiri sendiri (localhost), yang berisi software Apache, MySQL, serta penerjemah dengan bahasa pemrograman PHP dan juga Perl. Fungsi dari XAMPP ini hampir sama dengan makna kata XAMPP yang telah dijelaskan di atas pada poin sejarah dan juga kepanjangan dari XAMPP itu sendiri.

Bagian-Bagian Penting Pada XAMPP

XAMPP sebagai web server yang melibatkan banyak perangkat lunak lainnya, tentu memiliki bagian-bagian yang penting. Bagian-bagian tersebut antara lain:

1. Control Panel

Control panel merupakan halaman yang di ibaratkan sebagai kunci, karena control panel ini berguna untuk menghidupkan XAMPP, yang mana kamu harus melewati control panel apabila ingin menghidupkan XAMPP dan masuk dalam sistem operasinya sesuai dengan program yang dibutuhkan. Jika kamu hendak mendesain web, maka biasanya menghidupkan Apache dan MySQL saja.

2. Localhost

Bagian ini berfungsi untuk mengecek apakah halaman kita sudah menyala atau belum. Caranya dengan mengetik browser dan mengakses halaman pada localhost di address bar.

3. Htdocs

Nah, bagian ini merupakan bagian yang berguna untuk membuat desain webnya. Biasanya setelah kamu menginstall aplikasi XAMPP, maka secara otomatis file aplikasi ini aka nada di Drive C pada komputermu. Langkah untuk membuat web, kamu harus membuat sebuah folder terlebih dahulu pada htdocs yang berisi kode-kode halaman. Cara mengaksesnya ketikkan saja pada localhost.

4. phpMyAdmin

bagian terakhir yakni phpMyAdmin, bagian ini berfungsi untuk membuat, menyimpan, menambah ataupun menghapus database dari halaman web. Dan pada bagian ini pula data tersebut akan dipanggil menggunakan bahasa pemrograman. Di dalam bagian ini ada beberapa menu yang berfungsi sebagai berikut:

  • tab database, berguna untuk membuat database halaman sebuah web.
  • Tab SQL, berguna untuk membuat database SQL, sehingga kamu tidak perlu repot untuk merubah file ke dalam format lain, jika file kamu sudah berektensi SQL,ayng artinya hanya perlu dimasukkan kedalam database.
  • Tab status, untuk menampilkan status.
  • Tab users, berguna untuk mengedit nama pengguna dan password.
  • Tab export, berguna dalam pengunduhan kode SQL dalam database.
  • Tabel import, berguna untuk mengimpor kode SQL.
  • Yang terakhir adalah tab Settings, yaitu berguna dalam mengelola dan mengatur jalannya aplikasi XAMPP.

Nah itulah yang bisa saya jelaskan mengenai XAMPP. Semoga bermanfaat dan menjadi bagian khasanah keilmuan kamu. Amiin.

Ada pertanyaan atau komentar?