Pengertian WWW Beserta Fungsi dan Sejarah WWW lengkap

Pengertian WWW Beserta Fungsi dan Sejarah WWW lengkap,- WWW. Bagaimanapun cara kamu membacanya, kamu pasti sangat akrab dengan kata ini. www akronim dari World Wide Web adalah kata yang sangat melekat di jaman serba jaringan seperti sekarang ini. Setiap hari, hampir tidak kita lewatkan tanpa akses internet.

Nah, untuk mengakses situs tertentu, biasanya alamat situs dimulai dengan www. www adalah sistem yang dipakai untuk mengirimkan data ke jaringan internet, sehingga data tersebut bisa tersebar dan diakses oleh siapapun, kapanpun, dan dimanapun di seluruh belahan dunia.

Banyak orang berpikir bahwa www sama dengan internet. Padahal sebenarnya, www hanyalah suatu bagian dari jaringan internet secara keseluruhan. Kali ini saya akan mengulas mengenai www secara menyeluruh, baik dari segi pengertian, fungsi, hingga sejarahnya.

Pengertian WWW

pengertian www

World Wide  Web atau yang lebih mudah disebut dengan istilah www merupakan program yang digunakan sebagai pengatur lalu lintas jaringan internet yang sebelumnya dilakukan oleh FTP. Istilah www diberikan untuk semua bagian internet yang bisa diakses melalui web browser pengguna.

Sekarang ini jumlahnya telah mencapai milyaran situs web dan tersebar ke seluruh penjuru dunia dengan komputer server yang terhubung dengan jaringan internet.

Keuntungan dari adanya www adalah munculnya fitur hyperlink yang memungkinkan kita untuk mengkliknya secara langsung. Hyperlink biasanya ditandai dengan huruf yang berwarna biru serta bergaris bawah. Misalnya kamu ketik www.jurnalponsel.com, secara otomatis akan berubah warna biru dengan underline dibawahnya.

Hyperlink biasanya digunakan oleh para perancang situs untuk meletakkan jejak agar memudahkan pengunjung situs menemukan halaman atau situs lain yang terkait dengan konten tersebut.

Fungsi WWW

Berbicara tentang fungsi WWW secara umum adalah memudahkan pengguna untuk mengakses berbagai informasi melalui suatu alamat url. Tentu saja, pengguna membutuhkan koneksi internet untuk bisa mengakses www. Jika dijelaskan secara mendetail, fungsi www bisa dibedakan berdasarkan jenis layanan yang diberikan. Berikut 4 jenis layanan www beserta fungsinya

1. Web Mail Service

Siapa yang sering berkirim surat elektronik? www memiliki layanan web mail service yang memungkinkan kita untuk saling bertukar surat elektronik dengan orang lain secara gratis ataupun berbayar.

Penyedia layanan gratis misalnya adalah yahoo, gmail, serta hotmail. Sedangkan untuk penyedia layanan emai berbayar biasanya dilakukan oleh perusahaan yang menggunakan domain mereka sendiri, untuk keperluan perusahaan tersebut.

2. Search Engine atau Mesin Pencari

Untuk pengguna yang sering menggunakan mesin pencari untuk menemukan suatu informasi dengan kata kunci tertentu pasti tahu bahwa mesin pencari merupakan salah satu bentuk layanan yang dimiliki oleh www. Saat ini mesin pencari yang paling populer dan paling banyak digunakan oleh pengguna adalah Google.

3. Web Hosting

Web hosting merupakan sebuah “tempat” yang digunakan untuk menyimpan database sebuah situs web. Ketika kita mengakses sebuah situs web yang terhubung dengan web hosting tempat dimana data situs web tersebut disimpan, maka kita bisa menikmati informasi yang ada di dalamnya.

Sebaliknya, jika sebuah situs web tidak terhubung dengan web hostingm maka kita tidak bisa mengakses situs tersebut.

4. Portal

Ketika kita berselancar di jaringan internet dan menemukan sebuah halaman web yang menyediakan beberapa layanan sekaligus seperti berita terbarum tanya jawab, chatting atau surat menyurat elektronik, maka kita sedang mengunjungi sebuah portal. Saat ini, salah satu portal yang terpopuler adalah portal yahoo.com

Dari keempat penjelasan tersebut kita dapat menyimpulkan bahwa www menghubungkan pengguna (user) dengan server ataupun user yang lain untuk bertukar data, dokumen, dan berbagai informasi yang lain. www tidak hanya berperan sebagai pengatur, tetapi juga sebagai penyedia dan penampil data yang ada di internet. Hal ini memungkinkan pengguna untuk saling bertransfer data secara cepat dan teratur.

Sejarah WWW

Tim Berners Lee, Penemu www. Sumber Gambar qeprize.org

Dari awal kemunculannya hingga sekarang, www telah mengalami banyak sekali pengembangan dalam sistem kerjanya. www pertama kali ditemukan pada tahun 1991 oleh Tim Berners Lee dan telah mengalami sejarah yang cukup panjang. Berikut adalah timeline sejarah www dari awal hingga sekarang:

1. Tahun 1989

Tim Berners Lee mengungkapkan idenya untuk membuat sebuah protokol internet yang berguna untuk distribusi informasi. Ide ini diungkapkan di CERN, sebuah laboratorium fisika partikel yang ada di Jenewa.

2. Tahun 1990

Tim Berners Lee menemukan Hypertext Markup Language (HTML), Uniform Resource Identifier (URL), serta Hypertext Transfer Protocol (HTTP) sebagai 3 teknologi dasar yang kemudian menjadi basis sebuah website.

3. Tahun 1991

Berawal dari kebutuhannya dalam menyusun arsip riset yang dilakukannya, Tim Berners Lee menemukan World Wide Web atau WWW. WWW memiliki cikal bakal dari pengembangan equire yang dilakukan oleh Tim. Equire ini merupakan jaringan yang saling terkait untuk mempermudah pencarian informasi terkait arsip-arsip yang dimiliki oleh Tim Berners Lee

4. Tahun 1993

Sebuah web browser diciptakan oleh Marc Andersen dan tim NCSA yang kemudian diberi nama Mosaic. Mosaic memiliki basis grafik untuk OS X-Windows dan menjadi sangat populer di kalangan pengguna internet, baik yang lama maupun yang baru. Dalam perjalanannya, NCSA kemudian mengembangkan Mosaic menjadi versi lain seperti Macintosh, komputer berbasis Windows, NeXT, serta UNIX.

5. Tahun 1994

Andersen melakukan kerjasama dengan Jim Clark untuk membuat Netscape. Netscape kemudian menggeser kedudukan Mosaic sebagai web browser yang populer di kalangan pengguna saat itu.

6. Tahun 1995

Terhitung sedikitnya 300.000 situs web telah muncul dan dikembangkan. Kemunculan ini jauh lebih banyak dari tahun sebelumnya yang hanya memiliki 50 situs web.

7. Tahun 2009

Tim Berners Lee kemudian membangun World Wide Web Foundation dengan tujuan untuk membagikan web terbuka (open web) kepada seluruh pengguna jaringan internet.

Pada saat ini, www lebih banyak dikenal sebagai pelengkap alamat sebuah situs web. Terutama untuk mereka yang tidak benar-benar mengetahui dunia internet. Padahal, www memiliki fungsi yang lebih besar ketimbang hanya sebuah pelengkap situs website saja.

12 Situs Nonton Drama Korea Gratis dan Terbaru

Pesona drama korea memang luar biasa. Ceritanya yang menyayat hati, tragis, romantis dan terkadang berakhir manis bagaikan magis untuk penikmatnya. Apalagi dibalut dengan alur...
litalia
5 min read

12 Browser Tercepat Dan Ringan Dengan Fitur Menarik

Kita tentu sepakat bahwa internet adalah kebutuhan primer, terkhusus bagi generasi millennial. Hampir tidak ada yang bisa lepas dari internet sepanjang hari. ya, memang...
litalia
5 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.