Pengertian Windows Beserta Fungsi dan Sejarah Windows

Pengertian Windows Beserta Fungsi dan Sejarah Windows,- Perkembangan teknologi komunikasi dan informasi semakin melaju dengan begitu pesat. Perkembangan tersebut dilakukan sebagai upaya untuk memudahkan kehidupan manusia. Sebagai salah satu contoh, dahulu ukuran komputer sangat besar, bisa seukuran rumah, tetapi sekarang? Ukuran komputer sudah disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya.

Sebagai perangkat yang kerap digunakan sehari-hari misalnya untuk mengerjakan tugas kuliah, bekerja, sampai berbisnis, ada banyak sekali komponen yang mengusung sebuah komputer. Salah satu yang tidak asing bagi para pengguna komputer di seluruh dunia adalah kata ‘Windows’.

Meski sudah jamak didengar, apakah di antara kalian ada yang bisa menjelaskan apa itu pengertian Windows? Bagaimana fungsi dari Windows? Hingga sejarah terbentuknya Windows? Jika kalian belum bisa menjelaskannya, akan lebih baik untuk menyimak ulasan berikut ini.

Pengertian Windows

Apa yang pertama kali kalian lakukan ketika sudah membeli komputer? Kalian pasti diharuskan untuk menginstal Operating System. Operating System (OS) atau dalam bahasa Indonesia diartikan sebagai sistem operasi merupakan perangkat lunak yang dibutuhkan agar komputer bisa berfungsi dengan baik.

Jika tidak ada sistem operasi, sebuah komputer tidak akan berjalan. Nah, keberadaan sistem operasi ini sangat penting karena berperan untuk menghubungkan perangkat keras dengan berbagai perangkat lainnya yang ada di sebuah komputer. Di pasaran sendiri, ada berbagai macam sistem opreasi yang diperjual-belikan. Dan salah satu yang paling terkenal adalah Windows.

Sistem Operasi Windows atau kerap disebut dengan Windows saja adalah sistem operasi yang dikembangkan oleh perusahan terkemuka yang bernama Microsoft Corporation. Windows hanyalah salah satu pilihan Sistem Operasi. Sebagai sebuah sistem operasi, Windows menggunakan Graphical User Interface (GUI) atau diusung dengan tampilan antarmuka yang berbasis grafis.

Fungsi Windows

Sebagai sebuah sistem operasi, Windows memiliki berbagai fungsi-fungsi tertentu. Apakah kalian bisa menyebutkan dan menjelaskan apa saja fungsi WIndows? Jika tidak, berikut adalah ulasan beberapa fungsi Windows yang biasa kita temukan saat menggunakanya.

  1. Windows berfungsi sebagai penghubung antara aplikasi dan perangkat keras, sehingga keduanya bisa berintegrasi dan bekerja sesuai permintaan pengguna secara konsisten dan stabil.
  2. Mengendalikan dan mengelola sumber daya yang sedang dijalankan, termasuk di antaranya adalah perangkat lunak dan perangkat keras yang ada di sebuah komputer.
  3. Mengelola semua proses yang terdiri atas persiapan, penjadwalkan, serta pemantauan program yang sedang dilakukan atau dijalankan.
  4. Mengelola data masuk (input) dan data keluar (output) serta mengendalikannya.

Nah itulah beberapa fungsi utama windows. Selain itu, tentu saja masih ada banyak fungsi windows yang lainya sesuai dengan siapa pemakainya.

Sejarah Windows

Windows telah berkembang dari masa ke masa, dari tingkat yang begitu rumit menjadi tingkat yang sangat sederhana. Sebuah revolusi pertama kali yang diusung oleh Windows adalah tidak menggunakan lagi MS-DOS. Tidak digunakannya MS-DOS berimbas para pengguna tidak lagi mengetikkan perintah lewat command line. Para pengguna komputer cukup menggunakan mouse atau keyboard untuk mengetikkan atau memberikan perintah.

Perintah-perintah itu seperti membuka menu utama, kotak dialog, menjalankan aplikasi, dan sebagainya. Kemudahan inilah yang kemudian membuat Windows sering dipakai oleh para penguna komputer di seluruh dunia, baik yang berasal dari kalangan bawah, menengah, maupun atas.

Windows tentu saja tidak muncul secara mendadak dan begitu saja ada seperti sekarang ini. Melainkan dengan proses yang sangat panjang. Sebelum terkenal seperti yang sekarang ini, Windows terus melakukan berbagai perubahan. Perubahan terjadi terutama karena adanya kegagalan dari versi-versi yang ada.

  • Sebagai perkenalan, Windows versi pertama bernama Windows Graphic Enviroment 1.0 yang pertama kali diperkenalkan pada 10 November 1983. Sejak versi pertama ini, Bill Gates sebagai pelopor langsung memperkenalkan antarmuka grafis (GUI) versi 16-bit.
  • Setelah diperkenalkan, versi pertama ini baru dirilis ke pasaran dua tahun sesudahnya, yakni pada November 1985. Peluncuran Windows 1.0 sebagai upaya untuk memenuhi kebutuhan komputer dengan tampilan bergambar.
  • Windows 1.0 masih memiliki banyak kekurangan dalam beberapa fungsi. Hal ini membuat versi ini kurang terkenal di pasaran. Tidak hanya itu saja, Windows 1.0 juga masih kurang lengkap, meski sudah memiliki kemampuan untuk memperluas kemampuan MS-DOS dengan tambahan anta-muka berbasis grafis. Maka muncullah Windows 2.x.
  • Windows 2.x merupakan generasi kedua dan menjadi lebih populer dibandingkan versi pendahulunya. Kepopuleran Windows 2.x salah satunya disumbang karena kedekatannya dengan aplikasi grafis buatan Microsoft, yakni Microsoft Excel for Windows dan Microsft Word for Windows.
  • Selepas generasi 2.x muncul lagi versi-versi lainnya seperti Windows 2.1x, Windows 3.0, OS/2, hingga Windows 3.1. Setelah Windows 3.1, Microsoft mulai mengembangkan sebuah inovasi baru, yakni mengeluarkan Windows NT. Nama NT seperti asing dibandingkan dengan generasi-generasi sebelumnya karena Windows ini merupakan sistem operasi pertama yang menggunakan kernel hibrida.
  • Kembali tidak puas dengan performa Windows NT, Microsoft pun meluncurkan inovasi-inovasi lagi. Lalu keluarlah Windows 95, Windows NT 4.0, Windows 98, Windows 2000, dan Windows 2000.
  • Salah satu generasi yang paling terkenal dari Windows adalah XP. Windows XP dikeluarkan pada tahun 2001 dan sangat laku di pasaran. Hal ini karena Windows XP memiliki tampilan yang ramah pengguna ditambah dengan tampilan taskbar punya visual yang baik. Ditambah ada pula inovasi berupa ClearType, CD-burning, dan fitur autoplay dari sebuah CD.
  • Setelah meraih kesuksesan dengan Windows XP, Microsoft kembali menelurkan produk-produk terbaru seperti Windows Vista dan generasi yang paling kekinian adalah Windows 2010. Windows ini dirilis Juli 2015 tombol Start dan desktop yang lebih seimbang. Tampilanya juga elegan dan minimalis.

Demikianlah pembahasan mengenai pengertian windows, fungsi hingga sejarah Windows. Yang pasti sebagai produk dari sebuah teknologi, Windows akan terus melakukan upgrade agar menjadi sebuah sistem yang lebih baik. Tentu saja, bakal akan ada windows generasi yang lebih baru lagi.

Ada pertanyaan atau komentar?