Pengertian WiFi Adapter Beserta Jenis dan Fungsi WiFi Adapter di Perangkat Komputer

Pengertian WiFi Adapter Beserta Jenis dan Fungsi WiFi Adapter di Perangkat Komputer,- Komputer telah jauh berkembang meninggalkan edisi pertamanya. Dari segi tampilan, kemampuan dan fungsi, sudah jauh berbeda. Dahulu, komputer tak ubahnya hanya sebuah papan ketik yang sedikit lebih modern, tapi kini komputer menjadi alat canggih yang bisa menghubungkan apa saja. Hanya saja, semua itu bisa terjadi bila komputer terhubung dengan jaringan internet.

Untuk bisa terhubung ke jaringan internet, komputer membutuhkan wifi adapter. Alat inilah yang membuat komputer bisa terkoneksi dengan internet. Berbeda dengan Laptop atau PC yang kebanyakan sudah tertaman wifi adapter, pada komputer tidak demikian. Sebagian ada yang sudah di bekali, tetapi masih banyak yang belum.

Lantas, tahukah kamu apa itu wifi adapter sebenarnya? Apa fungsi dan bagaimana cara kerjanya? Mari kita ulas lebih mendetail.

Pengertian Wifi Adapter

Bisa jadi, kamu yang tak pernah pegang komputer tapi langsung menggunakan laptop atau PC, tak mengenal apa itu Wifi adapter. Sebab alat ini hanya akan benar-benar kamu butuhkan bila kamu ingin komputer terhubung ke internet melalui wifi. Sementara pada laptop, alat ini sudha tertanam di dalamnya sejak pertama kamu beli.

Wifi Adapter bisa didefinisikan sebagai sebuah perangkat yang berfungsi menerima dan mentransmisikan sinyal melalui koneksi nirkabel pada komputer atau Laptop. Alat ini dikenal pula dengan nama Wireles Local Area Network (WLAN) card. Umumnya ia terpasang jadi satu dengan motherboard komputer maupun laptop.

Umumnya, Wifi Adapter bisa beroperasi pada dua mode. Yaitu mode infrastruktur dan mode ad-hoc. Pada mode infrastuktur, transfer jaringan akan dilakukan oleh access point. Access point akan bertindak sebagai pusat jaringan.

Sementara kalau pada mode ad-hoc, koneksi jaringan tidak perlu lagi access point. Melainkan akan langsung terhubung dengan semua perangkat wireless.

Jenis-jenis Wifi Adabter

Perlu kamu tahu, Wifi Adapter itu tidak hanya satu jenis. Melainkan ada beberapa jenis Wifi Adapter yang bisa dibedakan menurut dua hal. Pertama menurut frekuensinya, yang kedua menurut penggunaanya. Mari kita mulai jenis Wifi Adapter menurut frekuensinya.

Berdasarkan frekuensinya, Wifi Adapter dibedakan menjadi dua jenis. Ada Wifi Adapter Single band dan Wifi Adapter Dual Band.

  • Wifi Adapter Single band adalah Wifi Adapter yang hanya beroperasi pada satu jenis frekuensi. Bisa pada frekuensi 2.4 GHz bisa juga 5 GHz. Jenis signal yang dikirim juga hanya satu jenis, bisa 2.4 atau 5 GHz saja. jika menggunakan Wifi Adapter Single band frekuensi 2.4 GHz maka kamu hanya bisa menerima dan mengirim sinyal dari perangkat Fequency 2.4 GHz saja. Begitu juga bisa menggunakan wifi adapater 5 GHzm juga hanya bisa mengirimkan dan menerima dari Fequency 5 GHz saja.
  • Wifi Adapter Dual Band. Jika pada Wifi Adapter Single Band, kamu harus mengonta-gonti frekuensi untuk bisa menerima dan mengirim data hanya pada satu frekuensi saja. maka berbeda dengan Wifi Adapter Dual Band yang bisa menerima dan mengirim dari dua jenis frekuensi. Yaitu frequency 2.4 GHz dan 5 GHz.

Sementara kalau berdasarkan penggunaanya, Wifi Adapter dibedakan yang untuk komputer dan yang untuk selain komputer seperti PDA, notebook dan perangkat lainnya. Pada Wifi Adapter PC umumnya menggunakan slot PCI. Sementara Wifi Adapter untuk gadget non PC bisa menggunakan PCMCIA card tanpa bantuan holder tambahan.

Fungsi Wifi Adapter

Fungsi Wifi Adapter yang utama dalah untuk menerima dan membagikan sinyal koneksi wifi ke komputer. Jadi tanpa adanya Wifi Adapter, komputer tidak akan bisa menerima dan mengirim data melalui jaringan wifi ke komputer lain. sebab komputer tidak bisa terhubung ke jaringan wifi. Pada sistem jaringan yang lebih luas, Wifi Adapter juga bisa kita gunakan untuk menukar koneksi antara PC dan laptop.

Wifi Adapter memungkinkan kamu terhubung ke jaringan hotspot wifi yang ada di sekitar kamu. bahkan kamu bisa berbagi file pada PC atau laptop lain memanfaatkan jaringan wifi dengan perangkat ini. Dengan begitu, Wifi Adapter memiliki fungsi yang sangat penting bagi sebuah komputer ataupun laptop.

Cara Kerja Wifi Adapter

Dari pengertian Wifi Adapter di atas, kamu mungkin sudah bisa membayangkan bagaiman Wifi Adapter bekerja. Ya, Wifi Adapter bekerja dengan cara menangkan signal wifi yang ada di sekitar kita agar terhubung ke komputer. Jadi tanpa adanya Wifi Adapter, komputer tidak akan bisa menangkan signal wifi.

Itu artinya, jika komputer kamu tidak dilengkapi dengan Wifi Adapter, kamu harus menambahkanya sendiri agar bisa kamu gunakan untuk wifian. Cara menambahkan Wifi Adapter di komputer tidaklah terlalu sulit. Untuk menambahkanya, silakan kamu buka casing dekstop komputer untuk menambahkan Wi-Fi Adapter. Letakkan pada bagian slot PCI express atau slot sejenis lainnya. Lalu tutup kembali dekstop komputer, setelah itu lakukan booting.

Nah, selain menggunakan Wifi Adapter sebenarnya kamu bisa juga menggunakan USB Wifi untuk menghubungkan komputer dengan wifi. Tetapi Internal Wi-Fi card adapter memiliki kemampuan yang lebih baik dalam menangkan signal ketimbang USB Wi-Fi karena atena Wifi Adapter lebih besar.

Hanya saja, dibanding dengan USB Wifi, harga Wifi Adapter sedikit lebih mahal. Biasanya berada di atas 100 ribuan. Yang pasti sebelum kamu membeli Wifi Adapter untuk komputer, pastikan bahwa dekstop komputer kamu memiliki slot PCI untuk Wifi Adapter.

Biasanya setelah ada Wifi Adapter atau USB Wifi, kita langsung bisa terkoneksi dengan wifi. Jika tidak, cobalah untuk instal driver terlebih dahulu.

Cara Mengaktifkan Virtualization Technology di BIOS (Lengkap)

Komputer memang teknologi yang keren dan luar biasa hebatnya. Saking kerennya, ada banyak teknologi di dalamnya yang ternyata tak semua pemilik sadari. Salah satunya...
litalia
2 min read

Cara Mengatur Ukuran Kertas pada Printer dan MS Word

Untuk mendapatkan sebuah cetakan sesuai keinginan, maka hal yang musti kamu lakukan yakni terlebih dahulu melakukan pengaturan kertas pada printer dan Microsoft Word sesuai...
litalia
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.