Pengertian Webcam, Fungsi Webcam dan Cara Kerja

Pengertian Webcam, Fungsi Webcam dan Cara Kerja,- Komputer dipersenjatai dengan berbagai hardware yang membuatnya tampil makin canggih. Termasuk juga berkat keberadaan webcam. Webcam memungkinkan kamu merekam diri kamu secara realtime. Lalu kamu bisa menyebarkan video hasil rekaman ke publik melalui jaringan internet.

Cukup dengan webcam dan bantuan aplikasinya, kamu juga bisa mefoto diri kamu untuk kemudian kamu bagikan melalui jaringan internet.  Bahkan kamu bisa dengan mudah melalukukan video call berkat adanya webcam. Tetapi, sebenarnya perangkat apa ini, apa pengertian webcam, fungsi dan bagaimana cara kerjanya.

Pengertian Webcam

Webcam disebut pula ‘web camera’ adalah peragkat keras komputer yang berbentuk kamera digital dan dihubungkan ke laptop ataupun komputer. Kemampuanya sama seperti kamera digital lainya, mengambil gambar, merekam video. Hanya saja, webcam dilengkapi pula dengan kemampuan merekan dan mengambil gambar secara live.

Artinya, kamu sebagai pengguna komputer bisa mengirim video dan gambar kamu secara langsung ke pengguna lain di seluruh dunia melalui jaringan internet.

Menurut Wikipedia, webcam berasal dari dua kata: web dan camera, yang merujuk pada kamera berkemampuan riiltime. Webcam pertama yang berhasil diciptakan diberi nama Xcoffee.

Xcoffee dibuat pada 1991 oleh Paul Jardetzky dan Quentin Stafford-Fraser. Awalanya belum terhubung ke internet, baru pada 1993 atas bantuan Daniel Gordon dan Martyn Johnson Xcoffee bisa terhubung ke internet.

Tak seperti awal kemunculanya yang terkenal sebagai salah satu hardware mahal, kini sudah banyak laptop yang dilengkapi dengan webcam. Bahkan laptop-laptop kelas murah pun sudah terpasang webcam. Tetapi untuk komputer, kamu harus harus membelinya terlebih dahulu secara terpisah.

Sampai dengan saat ini, sudah ada banyak sekali jenis webcam yang bisa kamu temukan di pasaran. Ada yang bisa dihubungkan dengan port USB dan ada yang bisa dihubungkan dengan wireless.

Umumnya, webcam-webcam tersebut dilengkapi dengan sejumlah fitur utama, seperti Mikrofon, bisa disesuaikan posisinya, sensor terpasang secara build in, lampu indikator dan lain sebagainya.

Berkat perkembangan beberapa aplikasi video call, penggunaan webcam menjadi semakin marak. Misalnya saja untuk Skype. Padalah dahulu tak pernah ada yang menyangkal bahwa webcam akan sepopuler seperti sekarang ini.

Fungsi Webcam

Dari pengertian webcam yang saya jelaskan di atas, sudah bisa dipahami apa fungsi webcam secara umum. Setidaknya webcam sangat membantu kita dalam berkomunikasi. Berikut beberapa fungsi webcam:

1. Berkomunikasi

Fungsi utama webcam adalah membantu kamu dalam berkomunikasi, khususnya komunikasi langsung. Jadi kamu bisa saling bertatap muka dengan pengguna webcam lain melalui jaringan komputer. Sehingga kamu seolah-olah sedang berbicara dengan seseorang di depan kamu.

Apalagi saat ini telah banyak software yang memiliki fitur video call. sebut saja, Skype, Google Hangout, Viber dan lainya. bisa dipastikan, webcam sangat membantu komunikasi dua orang yang lokasinya saling berjauhan. Bisa pula untuk menghubungi keluarga.

2. Belajar jarak jauh

Berikutnya, webcam juga bisa kita gunakan untuk belajar jarak jauh. Maksudnya ketika kita ingin belajar bagaimana cara membuat sesuatu dari seseorang, tatapi orang tersebut ada di luar negeri, sedang kamu ada di Indonesia. Maka kamu bisa gunakan webcam.

Keberadaan webcam membuat jarak tak lagi jadi masalah. Kita bahkan bisa melakukan pelatihan atau training melalui webcam. Sekarang sudah ada banyak penawar jasa webinar atau seminar lewat web.

3. Konferensi jarak jauh

Bagi perusahaan, webcam juga cukup membantu. Terutama bila desang diadakain konferensi jarak jauh. Maka lokasi tak perlu lagi dipermasalahkan, kamu bisa memanfaatkan webcam untuk mengikuti konferensi yang berlangsung. Lebih dari itu, antara manajer dan karyawan tak perlu lagi berada di lokasi yang sama hanya untuk sekadar meeting atau rapat.

Nah itulah beberapa fungsi webcam. Melihat fungsinya yang begitu kompleks, tentu kamu ingin tahu bagaimana cara kerja webcam.

Cara Kerja Webcam

Memahami bagaimana cara kerja webcam paling mudah adalah dengan menggunakan webcam secara langsung. Minimal kamu harus pernah menggunakan webcam agar kamu bisa memahami cara kerja webcam dengan baik.

Webcam itu kamera kompak yang bisa dipasangkan ke komputer, di laptop kamera ini sudah terpasang secara build-in. Mirip dengan kamera pada umumnya, webcam bisa menangkap gambar untuk membuat foto dan membuat rekaman video. hebatnya lagi, webcam bisa mengirim gambar secara riiltime dengan bantuan koneksi internet.

  • Webcam bekerja dengan cara menangkap cahaya melalui lensa webcam yang terpasang di microchip penerima gambar. Umumnya microchip ini menggunakan teknologi Charge-Couple Device (CCD) atau CMOS.
  • Hasil dari penangkapan gambar yang dilakukan oleh lensa webcam bisa langsung diolah secara digital atau langsung disebar luaskan ke berbagai media melalui internet.

Yang perlu diingat, webcam tidak dilengkapu dengan keping memori atau flash memory card. Sehingga webcam tidak memiliki kemampuan menyimpan gambar atau video. webcam hanya berfungsi untuk merekam dan mengirimkan gambar secara live. Jadi jika kamu ingin menyimpan gambar hasil tangkapan webcam, kamu harus meneruskanya ke media penyimpanan di komputer. Bukan di webcam.

Nah webcam itu kemampuan dan fiturnya berbeda-beda. Tergantung kualitas dan harga webcam. Makin mahal webcamnya, tentu saja makin bagus kualitas dan makin lengkap fiturnya. Da webcam yang bisa menangkan gambar dengan kecepatan 30 gambar per detik, tapi ada juga yang gambar diam setiap 30 detik.

Itulah yang bisa saya jelaskan terkait dengan pengertian webcam serta fungsi dan cara kerjanya. Yang pasti saat ini ada beberapa jenis webcam yang bisa kamu temukan. Ada Serial and Parallel port WebCam, USB WebCam, Firewire and Card Based WebCam dan Network and Wireless Camera.

Tinggalkan komentar