Pengertian VRAM Lengkap Beserta Fungsi dan Jenis-Jenis VRAM

Pengertian VRAM, Fungsi dan Jenisnya – Terkadang kita tidak menyadari bahwa ada salah satu komponen penting dalam komputer atau laptop yang sering kita sepelekan, sebut saja VRAM. Bahkan kebanyakan dari kita malah tidak mengenal sebenarnya perangkat seperti apa VRAM itu.

Bagi gamer alias orang yang mempunyai hobbi bermain game biasanya memiliki perangkat yang bernama VRAM ini. VRAM atau yang biasa disebut dengan Video Random Access Memory merupakan suatu komponen yang terdapat dalam video card.

Sebenarnya cara kerja VRAM ini hampir sama dengan cara kerja RAM. Namun, bedanya jika RAM digunakan untuk menyimpan data dari Central Processing Unit atau CPU, tetapi VRAM digunakan sebagai media penyimpanan Graphical Processing Unit atau GPU.

Nah daripada kalian tambah penasaran, berikut pengertan VRAM, fungsi dan jenisnya yang akan saya jelaskan khusus untuk kamu semua.

Pengertian VRAM

Pengertian VRAM

Untuk membahas apa yang pengertian VRAM, kita bisa melihatnya dari beberapa sudut pandang:

1. Pengertian VRAM menurut Bahasa

Menurut bahasa, VRAM adalah singkatan dari kata Video Random Acces Memory. Akronim VRAM merupakan singkatan (akronim) resmi dalam bahasa Indonesia. Jadi sudah diserap dalam bahasa Indonesia ya.

2. Pengertian VRAM menurut Istilah

Menurut Istilah, VRAM yang merupakan singkatan dari Video Random Acces Memory merupakan jenis solid state memori computer yang dapat membuat grafis warna seperti yang digunakan dalam video game dan antarmuka video game lainnya.

3. Pengertian VRAM menurut Sejarah

VRAM pertama kali ditemukan oleh F. Dill. D. Ling and R. Matick pada penelitian IBM di tahun 1980. Tetapi keduanya baru mematenkan lima tahun setelahnya, yaitu pada tahun 1985. Nah VRAM ini tercipta, sebelumnya telah ada memori berteknologi dual ported tetapi harganya terbilang cukup mahal dan memiliki kualitas terbatas. Baru tahun 1986 kepada publik, IBM untuk pertama kali memperkenalkan VRAM secara komersial dan luas yang system PC/ RT nya yang kemudian malah menjadi standar untuk tampilan graafis.

4. Pengertian VRAM menurut Wikipedia

Menurut Wikipedia, VRAM didefinisikan sebagai memori computer untuk menyimpan data gambar untuk kemudian ditampilkan di monitor komputer, ia berperan sebagai buffer antara CPU dan kartu grafis. Jadi bila ada gambar yang ditampilkan oleh layar, gambar pertama-tama akan dibaca prosessor baru setelah itu akan kemudian ditulis dengan VRAM.

Fungsi VRAM

Fungsi VRAM

Setelah mengetahu pengertian VRAM, rasanya kurang lengkap apabila belum mengetahui apa fungsi VRAM. Berikut fungsi VRAM yang dapat saya jelaskan:

1. Menyimpan data

Pertama, VRAM bisa berfungsi sebagai memori yang menyimpan seluruh data grafis pada komputer yang dibutuhkan oleh GPU sebelum dirender. Hal tersebut disebabkan GPU relative lebih cepat untuk menarik data dari VRAM disbanding menarik data dari hard drive atau bahkan dari RAM system.

2. Memiliki teknologi dual ported

VRAM mempunyai teknologi dual ported yang berfungsi untuk memungkinkan processor menulis gambar selagi video card membacanya untuk tampil dilayar computer kalian. ketika gambar akan ditampilkan di layar monitor, gambar yang  masih dalam bentuk data digital tersebut terlebih dahulu diproses di GPU kemudian ditulis pada VRAM.

Setelah itu baru dikonversi menjadi signal analog oleh RAM digital to analog converter (RAMDAC), hingga pada akhirnya dapat tampil di layar computer kalian.

3. Menggunakan chip dual porting

Berbeda dengan kinerja RAM pada umumnya, VRAM ini telah menggunakan chip dual porting yang berguna untuk memperbarui setiap tampilan gambar pada layar yang telah terbaca oleh VRAM. Dengan menggunakan system yang kece ini, akan dengang mudah terjadinya suatu tampilan dari kerlip antara rendrawing tampilan kalian guys.

Jenis-Jenis VRAM

Jenis-Jenis VRAM

Setiap sistem mempunyai kebutuhan yang berbeda dalam hal penggunaan video memori, hal inilah yang membuat para developer membuat 4 jenis ram yang berbeda sesuai kebutuhan penggunanya. Adapun ke-4 jenis ram tersebut antara lain.

1. Synchronus Graphics RAM (SGRAM)

SGRAM merupakan jenis video random access memory dengan clock yang tersinkronisasi dengan kecepatan clock CPU. Ini merupakan jenis memori yang paling murah. Data yang diterima dimodifikasi dalam satu proses, tidak dengan urutan membaca, menulis dan memperbarui.

2. Multibank Dynamic RAM (MDRAM)

MDRAM merupakan sebuah VRAM yang dikembangkan oleh MoSys dengan peforma yang tinggi namun dengan harga lumayan mahal. VRAM jenis ini bekerja dengan membagi memeri kebeberapa bagian menjadi 32 KB, yang kemudian dapat diakses secara terpisah.

3. Rambus Dynamic RAM (RDRAM)

RDRAM merupakan sebuah VRAM yang dikembangkan oleh Rambus dan merupakan salah satu VRAM tercepat dengan kecepatan transfer data hingga 800 MHz. RDRAM mempunyai bus khusus yang digunakan untuk mempercepat arus data antara VRAM dengan frame buffer.

4. Window RAM (WRAM)

WRAM ini tidak ada kaitannya sama sekali dengan Microsoft. WRAM merupakan sebuah VRAM dengan peforma yang tinggi yang mana mempunyai bandwidth sekitar 25% lebih besar dibandingkan dengan VRAM yang biasa.

Akhir Kata

Nah itulah pengertian mengenai VRAM, fungsi dan jenisnya. Jika kalian mempunyai hobbi bermain game dengan kualitas tinggi, memiliki VRAM merupakam sebuah keharusan bukan?. Mengapa? Sebab perlu kamu ketahui, faktanya semakin besar kapasitas VRAM sebuah komputer maka akan semakin banyak dan semakin kompleks pula gambar yang dapat dirender oleh GPU.

Eits sebelum menentukan jenis VRAM yang akan digunakan, alangkah lebih baiknya jika kalian mengetahui terlebih dahulu kelebihan dan kekurangannya pada computer kalian. mungkin itu saja yang bisa kita bahas pada kesempatan kali ini, semoga bermanfaat dan see you.

Tinggalkan komentar