Pengertian Virtualisasi, Fungsi Beserta Jenis-jenis Virtualisasi

Tiga puluh tahun yang lalu mungkin kita tidak pernah berfikir bahwa dunia bakal menjadi seperti ini, dimana kemajuan teknologi melebihi penciptanya. Dunia dikuasai oleh berbagai teknologi hebat. Bahkan ada dunia baru bernama internet, sebuah dunia yang bisa kita gunakan untuk menciptakan hal-hal yang sifatnya virtual.

Kamu mungkin tak pernah memikirkan dimana file-file dalam email kamu tersimpan. Dimana album kenangan dalam drive diletakkan? Kita hanya tahu bagimana menggunakanya tanpa pernah memikirkan bagimana semua itu terjadi. Inilah era dunia virtualisasi, era dimana benda fisik berjalan secara virtual.

Beberapa mungkin akan bertanya, apa itu virtualisasi, jenis, cara kerja dan seterusnya. Tetapi beberapa yang ahli komputer mungkin sudah terbiasa memanfaatkan virtualisasi. Nah biar sama-sama paham, kali ini saya akan jelaskan segala yang berkaitan dengan virtualisasi.

Pengertian Virtualisasi dalam Ilmu Komputer

Pengertian Virtualisasi

Virtualisasi bukanlah sesuatu yang dianggap baru di dalam ilmu komputer. Dari asal katanya saja kita bisa memberikan pengertian virtualiasi. Virtualisasi berasal dari kata virtual yang berarti nyata dan isasi yang menyatakan proses.

Virtualisasi adalah proses pembentukan ha-hal yang bersifat virtual ke dalam bentuk abtrak agar bisa masuk dalam dunia internet. Virtualisasi ini sudah diterapkan pada tahun 60-an. Wikipedia sendiri mendefinisikan virtualisasi sebagai proses abstraksi dari sumber daya komputer.

Menurut Alan Murphy  istilah virtualisasi diambil dari 8 istilah yaitu, hardware virtualization, operating virtualization, management virtuaalization, aplication system virtualizatin, service virtualization, storage virtualization. Untuk penjelasan mengenai 8 hal ini, akan saya bahas pada bagian bawah tulisan ini.  Sama seperti teknologi lainya, teknologi virtualisasi juga sudah banyak digunakan di beberapa kalangan teknokrat dan juga memiliki beragam fungsi.

Perlu kamu ketahui Istilah virtualisasi (virtualization) mempunyai banyak pengertian. Bila mengacu pada kamus Oxford, arti virtualization adalah turunan dari kata virtualize yg mempunyai arti “Convert (something) to a computer-generated simulation of reality”. di dalam terjemahan bebas, virtualisasi bermakna Merubah suatu (mengkonversi) ke bentuk simulasi dari bentuk riil yang ada.

Fungsi Virtualisasi

Kita bahkan menggunaka virtualiasi hampir setiap saat. Terutama ketika kita membuka internet. Untuk lebih detailnya, berikut fungsi virtualisasi:

1. Memudahkan Untuk Backup dan Recovery

Mengapa menggunakan virtualisasi lebih mudah melakukan backup data serta recovery? Kamu bisa mengamankan data  ke dalam komputer virtual kamu. Dengan satu tempat saja yaitu komputer anda. Karena komputer yang sudah menggunakan sistem virtualisasi tidak memerlukan bayak komputer lagi, dan itu akan mempermudah backup dan pengembalian data.

2. Biaya hardware lebih sedikit

Teknologi ini merupakan teknik dengan cara kerja menampilkan beberapa fungsi utama dengan menyembunyikan beberpa teknis. Teknik ini bisa mengurangi biaya hardware menjadi sangat sedikit bila dibandingkan dengan lainnya. Dengan sistem virtualisasi kamu hanya memerlukan satu komputer saja karena sistem ini mampu menjalankan banyak sistem yang berada di komputer virtualisasi kamu.

3. Bisa Mengurangi Panas Pada hardware

Virtualisasi ini bisa mengurangi panas pada saat kita menggunakan beberapa teknologi server yang sangat dibutuhkan pada pendingin yang terdapat di satu ruangan. Kamu juga membutuhan beberapa pendingin, tapi dengan adanya teknologi virtuallisasi, kamu tidak pru menambahkan beberapa pendinin ruangan, sehinga dapat menekan biaya pengunaan listrik.

4. Easy to Cloning

Cloning sistem memang kadang sangat dibutuhkan oleh teknologi server pada umumnya, karena jika kita menggunakan sistem cloning keuntungan yang kita dapatkan sangat banyak. Jika anda memperkerjakan banyak staff IT yang menangani instalasi sistem, dan ingin menembah beberapa install program pada perangkat baru, maka anda tidak perlu menginstall ulang ckup cloning sistem pada peangkat baru yang anda gunakan

Jenis – Jenis Virtualisasi

Jenis – Jenis Virtualisasi
contoh perangkat lunak virtual, Virtualbox

Seperti yang saya katakan tadi, saya akan jelaskan beberapa istilah yang berkaitan dengan Virtualisasi. Istilah ini lebih dikenal dengan jenis-jenis virtualisasi, jenis virtualisasi ada 8 system yaitu:

1. Aplication System Virtualization

Aplication System Virtualization merupakan teknologi virtual yang sudah menerapkan teknik virtual dalam aplikasi di sistem operasi yang terdapat pada komputer. Anda bisa melihat beberapa penerapan teknologi virtualisasi dengan membuka google play dan ketikan kunci cloing appp, anda akan menemukan banyak  sekali aplikasi yang  bisa membantu anda untuk cloning dri beberapa aplikasi, misalnya hatsapp, BBM, dll

2. Management Virtualization

Banyak komputer sudah menggunakan management virtualization  ini, karena mereka lebih di mdahka dalam bekerja sebagai leader maupun dalam merencanakan proyek bangunan yang fungsinya mengambar atau merancang beberapi hari kedepannya. Sehingga dalam hal ini anda sudah ta apa saja yang anda butuhkan dan akan kamu gunakan untuk merencanakannya.

3. Operating System Virtualization

Biasanya sistem ini banyak sekai digunakan di kalangan pelajar. Sistem operasi ini digunakan untuk alat belajar dalam beberapa materi baru. Mengapa memakai ini? Meminimalisir kerusakan pada saat pembelajaran yang tidak diinginkan, biasanya akan menggunakan sistem ini, karena sistem yang akan rusak dan sistem yang asli tidak akan berpengaruh.

4. Network Virtualization

Sistem ini lebih banyak diggunakan oleh kalangan teknisis yang bekerja di Jaringan Internet.  Sistem teknologi ini biasanya digunakan merancang konfigurasi jaringan internet. Dengan sistem ini teknisi hanya perlu menyalin dari virtual jaringan ke jaringan nyata.

5. Service Virtualization

Layanan ini banyak digunakan oleh seseorang yang bekerja dalam pengembangan aplikasi untuk sistem informasi. Anda bisa secara optimal melayani pelanggan dan memperkerjakan sedikit karyawan. Layanan ini juga berfungsi sebagai penghilang kesalahan yang dilakukan manusia.

6. Storage Virtualization

Sistem ini sama dengan storage cloud dan berfungsi sebagai ruang penyimpanan yang dimanfaatkan oleh pengguna yang bisa emnyimpan beberapa file seperti flashdisk pada umumnya. Dengan sistem ini, anda bisa mengakses file yang anda miliki dari mana saja dan kapan saja, jadi and tidak perlu khawatir

Sadar atau tidak dunia berkembang ke arah virtualisasi. Makin kesini, makin banyak hal yang coba divirtualkan di dunia maya. Semoga kelak kita juga menjadi bagian dari bangsa yang maju teknologinya.

Cara Mengaktifkan Virtualization Technology di BIOS (Lengkap)

Komputer memang teknologi yang keren dan luar biasa hebatnya. Saking kerennya, ada banyak teknologi di dalamnya yang ternyata tak semua pemilik sadari. Salah satunya...
litalia
2 min read

Cara Mengatur Ukuran Kertas pada Printer dan MS Word

Untuk mendapatkan sebuah cetakan sesuai keinginan, maka hal yang musti kamu lakukan yakni terlebih dahulu melakukan pengaturan kertas pada printer dan Microsoft Word sesuai...
litalia
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.