Pengertian VGA Card dan Fungsi VGA Card pada Komputer

Pengertian VGA Card dan dan Fungsi VGA Card – Virtual Graphics Array (VGA) Card merupakan salah satu perangkat penting dalam komputer yang berperan dalam penyajian grafik dalam data. Perangkat ini sangatlah penting terutama bagi para pecinta games atau yang biasa dikenal dengan gamer.

Demi memberikan pengalaman bermain game yang seru, komputer kamu harus memiliki VGA Card yang berkualitas tinggi. Tidak hanya game, VGA Card juga sangat berfungsi bagi kamu yang bekerja dibidang multimedia, video maupun fotografi.

Pengertian VGA Card

pengertian VGA Card

VGA Card atau yang biasa disebut dengan display adapter, graphic adapter, video card atau graphic card adalah salah satu perangkat keras dalam komputer yang bertugas untuk memproses segala data dan informasi berbentuk grafis yang nantinya akan ditayangkan dalam layar TV, proyektor, atau televisi yang kamu miliki.

Jadi, ketika layar monitor tidak menampilkan suatu gambar dapat dipastikan bahwa VGA card dalam komputer tersebut mengalami kerusakan atau terjadi pemasangan slot yang tidak sesuai.

VGA card sendiri telah ada dan tertanam atau terintergrasi dalam Central Processing Unit (CPU) dan motherboard. VGA yang tertanam dalam CPU dinamakan dengan “Accelerated Processing Unit (APUs), sedangkan VGA card yang tertanam dalam motherboar dikenal dengan sebutan “On-board Video”.

Dengan tertanam atau terintegrasinya VGA card dalam komputer memiliki berbagai kelebihan seperti lebih praktis, daya yang dibutuhkan tidak terlalu banyak serta dapat lebih menghemat biaya karena tidak perlu membeli VGA card lagi.

Jenis VGA card yang tertanam ini sangat cocok bagi kamu yang memerlukan tampilan grafis yang berkualitas tinggi. Kamu juga dapat menambahkan VGA card dengan kualitas dan performa yang tinggi pada sebuah komputer. Hal ini karena umumnya setiap komputer menyediakan slot expansion yang bisa kamu gunakan jika kamu ingin menambah VGA card pada komputer.

Fungsi VGA Card

gambar pengertian dan fungsi vga card

VGA card dan CPU merupakan dua perangkat yang saling terhubung, sehingga VGA card mampu mengambil data yang terdapat dalam CPU untuk kemudian diproses dan ditampilkan dalam layar monitor.

VGA card berfungsi untuk mengolah berbagai data grafis yang ada dalam komputer seperti decoding MPED-2MPEG4 dan merender grafis 2D maupun 3D.

Selain itu cartu VGA juga mampu menghubungkan perangkat komputer dengan perangkat televisi atau ke berbagai layar monitor dalam satu waktu (multi-monitor). Dan juga, dalam VGA card terdapat sound card sehingga dapat menghasilkan output suara ke perangkat yang telah terhubung seperti televisi.

Jenis-jenis VGA Card

VGA card terbagi berdasarkan dua kelompok besar yaitu berdasarkan klasifikasi memori dan berdasarkan bentuk fisik VGA card tersebut.

Berdasarkan klasifikasi memori VGA card terbagi empat macam, yaitu:

1. EDO RAM

EDO RAM biasa dipakai pada komputer dengan sistem kartu grafik 64 bit. RAM ini berkecepatan antara 60ns-35ns, serta EDO RAM ini biasa ditanamkan di Diamond Stealth 2000 3D, Card winfast s280/2600 3D dan lainnya.

2. SGRAM

RAM ini biasa digunakan untuk komputer yang memiliki kartu grafis berkelas tinggi, sehingga banyak dipakai pada VGA card seperti Martox Mystique, Matrox MGA Millenium, ASUS 3D Explorer dan lain-lain.

3. RAMBUS

RAM jenis ini biasa digunakan untuk mesin video game seperti Sega atau Nitendo, sehingga karti ini tidak banyak diproduksi dan hanya diproduksi oleh Crative Labs seperti MA-332, MA-302, Graphic Blaster xXtreme dan Blaster 3D.

4. Dynamic RAM (DRAM)

DRAM ini biasa digunakan untuk komputer yang memiliki spesifiksi umum yang tidak mementingkan kecepatan tinggi, selain itu itu DRAM ini juga memiliki banyak pilihan warna.

5. VRAM (Video RAM)

Kartu VGA yang mengintegrasikan memori VRAM berkecepatan 20 atau 10 ns, harga VRAM lebih mahal dibanding dengan DRAM karena VRAM lebih cepat dari DRAM. Pemakaian VRAM pada kartu VGA ditujukan untuk komputer kelas atas. Umumnya VRAM dipasang pada VGA yang dikonsentrasikan untuk desain grafis.

Jenis VGA Card Berdasarkan Arsitektur Sistem I/O bus VGA


1. VGA Card ISA (1981 Sistem ISA 8 bit, 1984 Sistem ISA 16 bit)

Jenis VGA card ini merupakan jenis VGA card lama yang slotnya dipasang pada ekpandi ISA bus pada komputer yang menggunakan sistem 8 bit dan 16 bit. VGA ini sudah tidak dipakai pada era sekarang karena kecepatan dan kecepatan transfer data yang tarbatas dan lambat.

2. VGA Card EISA (1988 EISA 32 bit)

VGA card jenis lama ini dipasang pada slot ekpandi IESA pada koputer  dengan sistem 32 bit. VGA card ini juga sudah tidak digunakan karena kecepatan transfer data, kombinasi warna, serta kehalusan data yang kurang maksimal.

3. VGA Card PCI (1993 32 bit dan 64 bit)

VGA card jenis ini dipasang pada slot PCI bus pada komputer dengan sistem 32 bit dan 64 bit. Pada zaman sekarang VGA card ini digunakan pada komputer dengan jenis dual core atau pentium.

4. VGA Card AGP

VGA AGP ini dipasang pada slot AGP bus komputer dengan sistem 128 bit atau 256 bit. VGA jenis ini hanya bisa dipasang ketika motherboar telah memiliki slot AGP. VGA ini berfungsi untuk meningkatkan proses transfer data grafis dari CPU ke layar monitor.

5. VGA Card PCIe (2004 PCIe)

VGA card PCIe dipasangkan pada slot PCIe komputer dengan rangkaian seri sistem I/O-nya (PCIe 1x, PCIe 4x, PCIE 8x, serta PCIE 16x). VGA ini memiliki kecepatan transfer yang tinggi yaitu mencapai 32GB/s sehingga menjadi perangkat teknologi mutahir yang ada untuk perangkat interface sekarang.

Bagian-bagian VGA Card

Bagian-bagian VGA Card

VGA card merupakan perangkat keras berbentuk papan dengan beberapa komponen yang melekat di atasnya, meliputi:

1. Memory

Merupakan tempat penyimpanan informasi grafis dan semua tekstur. Pertama GPU mengambil data dari memori, kemudian data tersebut diproses lalu disimpan dalam memori untuk sisalurkan ke RAMDAC untuk ditampilkan pada layar monitor nantinya.

RAMDAC bertugas untuk mengontrol gambar digital yang kemudian dikonversi jadi signal analog lalu gambar dapar tampil di layar monitor.

2. Graphics Processing Unit (GPU)

Merupakan sirkuit yang dibuat untuk memenipulasi data dengan cepat serta memodifikasi memori agar mempercepat penggarapan gambar oleh frame buffer.

3. Heat Sink

Bagian ini bertugas dalam meratakan suhu pada GPU. Heat Sink dibuat dengan dilengkapi kipas agar dapat membantu mengeluarkan udara panas dalam VGA card.

Demikian beberapa penjelasan terkait VGA card yang terdapat dalam komputer. Jika kamu memiliki minat dibidang games atau mulitimedia, saya sarankan untuk menambahkan VGA card dengan kualitas yang bagus agar dapat menghasilkan gambar grafis yang berkualitas tinggi.

Cara Mengaktifkan Virtualization Technology di BIOS (Lengkap)

Komputer memang teknologi yang keren dan luar biasa hebatnya. Saking kerennya, ada banyak teknologi di dalamnya yang ternyata tak semua pemilik sadari. Salah satunya...
litalia
2 min read

Cara Mengatur Ukuran Kertas pada Printer dan MS Word

Untuk mendapatkan sebuah cetakan sesuai keinginan, maka hal yang musti kamu lakukan yakni terlebih dahulu melakukan pengaturan kertas pada printer dan Microsoft Word sesuai...
litalia
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.