Pengertian USB dan Fungsi USB Beserta Kelebihan dan Kekurangan

Pengertian USB dan Fungsi USB – Komputer dan laptop saat ini boleh dibilang memiliki komponen yang sempurna. Segala yang kita butuhkan, hampir semuanya tersedia secara lengkap di satu komputer atau laptop. Begitu juga untuk kebutuhan mengambil data dan memindahkan data dari komputer ke perangkat lain, telah tersedia USB.

Melalui USB, kita bisa bisa pula mengambil data dari perangkat lain ke komputer. Pokoknya, soal hubung menghubungkan komputer dengan perangkat lain, bisa kita lakukan melalui USB. Nah, sebenarnya apa sih USB itu? apakah fungsinya hanya sebatas itu?

Pengertian USB

Pengertian USB

Ada banyak jawaban bila kita bertanya soal apa pengertian USB. Tergantung dari sudut pandang mana kita melihatnya.

  1. Jika dilihat dari asal kata, Usb adalah akronim untuk kata Universal Serial Bus. Kemudian, USB menjadi singkatan yang dipakai secara resmi di bahasa Indonesia dengan mengabaikan kepanjanganya.
  2. Menurut istilah, USB bisa didefinisikan sebagai sebuah perangkat konektor yang memiliki peranan untuk menghubungkan komputer dengan perangkat lain. Ia merujuk pada sebuah perangkat yang dikembangkan pada tahun 1990-an. Usb biasa digunakan untuk menghubungkan komputer dengan alat eksternal, sebut saja scanner, papan ketik (keyboard), printer, mouse, flash disk, kamera digital, alat penyimpan data (zip drive), atau perangkat lainnya.
  3. Nah kalau menurut Wikipedia, USB didefiniskan sebagai standar bus serial yang memiliki fungsi sebagai perangkat penghubung, yang tidak hanya digunakan pada komputer, melainkan juga pada konsol permainan, ponsel dan PDA.

USB tak bisa dipisahkan dari komputer atau laptop. Setiap kita beli kompuiter pasti sudah dilengkapi dengan USB port standard yang bisa terdiri dari satu atau lebih konektor USB. Konektor inilah yang bisa kita tancapi berbagai perangkat lain agar terhubung dengan komputer. Untuk perangkan windows xp ke atas, biasanya sudah terdapat installer USB bersama dengan paket program windows tersebut.

Fungsi USB

fungsi USB

Dari penjelasan di atas bisa kita pahami bahwa USB memiliki peran untuk menghubungkan komputer dengan perangkat lain. Fungsi USB ada banyak sekali. Tetapi yang paling umum dan biasa kita gunakan adalah untuk mentransfer data baik dari komputer ke perangkat lain, atau dari perangkat lain ke komputer. Selain itu, juga ada beberapa fungsi lainya:

  • Memudahkan kita untuk instal. Tanpa adanya USB, kita tidak akan bisa install sistem operasi. Terutama untuk laptop yang tidak menyediakan CD ROM. Mau tidak mau harus ada USB untuk menghubungkan komputer dengan CD ROM eksternal. Sehingga nanti bisa instal OS.
  • Menghubungkan Komputer dengan Keyboard. Beberapa komputer yang mengalami masalah dengan keyboard, bisa diganti dengan keyboard eskternal. Syaratnya komputer harus ada USB untuk menghubungkan komputer dengan keyboard eksternal.
  • Menghubungkan komputer dengan penyimpan eksternal. Ada banyak perangkat yang bisa kita gunakan untuk penyimpanan eksternal, bisa Flashdisk, bisa pula memori eksternal. Yang pasti, semunya hanya bisa dilakukan melalui USB.
  • Memindahkah data dengan cepat. Sebenarnya selain menggunakan Usb, kita bisa pula memindahkan data menggunakan jaringan komputer atau menggunakan bluethooth, tetapi melalui USB proses pemindahan jauh lebih cepat.
  • Fungsi lainya. Selain fungsi-sungsi USB di atas, tentu saja masih ada banyak fungsi lainya. misalnya menghubungkan mouse dengan komputer, menghubungkan layar komputer lain dan sebagainya.

Pada intinya, USB memiliki fungsi sebagai penghubung komputer dengan perangkat lain. Nah karena keberadaa USB ini, komputer jadi memiliki beberapa keistimewaan:

  • Melalui USB komputer bisa kita posisikan sebagai sebuah host
  • Tak hanya satu, melainkan hingga lebih dari 127 perangkat bisa kita hubungkan ke komputer hanya dengan menggunakan hub USB
  • Komputer bisa kita hubungkan dengan perangkat tertentu melalui USB, dimana kabel USB yang kita gunakan bisa mencapai 5 meter. Bahkan dengan menambahkan perangkat hub USB, kabelnya bisa mencapai 30 meter.
  • Komputer memiliki perangkat USB ‘hot swappable’ atau perangkat keras dnegan port USB yang sifatnya plug and play

Nah jika kamu coba buka USB, maka didalamnya akan ada 4 warna kabel, yaitu merah, kuning, coklat, dan biru. Kabel yang berwarna merah dan coklat adalah kabel dengan fungsi sebagai power (untuk arus listrik). Kabel dengan warna kuning dan biru memiliki fungsi untuk membawa (mentransfer) data.

Istilah Yang Terkait Dengan USB

Berkaitan dengan USB, ada sejumlah istilah yang biasanya kerap kita gunakan dan terkait dengan USB. Beberapa diantaranya adalah:

  • Port adalah istilah yang merujuk pada tempat untuk memasukkan kabel ke komputer.
  • Peripheral merujuk pada perangkat atau perlengkapan
  • Hub merujuk apda alat yang kita gunakan untuk menghubungkan dan memperkuat sinyal komputer melalui media kabel
  • Plug And Play istilah untuk mewakili hal yang bisa langsung dikenali dan digunakan pada sebuah komputer
  • Flash Disk adalah alat untuk penyimpanan data dengan teknologi USB.

Cara Kerja USB

cara kerja USB

Sekilas ketika kita memasukkan flashdisk ke Port USB, akan langsung terlihat bagaimana cara kerja USB. Untuk sederhanyanya begini. Ketika kita memasukkan perangkat yang akan terhubung ke USH, host akan mendata perangkat apa yang terhubung dan menyiapkan memori untuk perangkat tersebut.

Host akan mencari dan memilihkan tipe transfer data yang sesuai dengan perangkat yang kita sambungkan. Bisa Interrupt untuk perangkat dengan transfer data kecil layaknya, mouse dan keyboard, Bulk untuk perangkat dedngan transfer data besar layaknya printer, dan Isochronous untuk perangkat dengan transfer data dua arahseperti speaker dan webcam.

Kelebihan dan Kekurangan USB

Lalu apa sih kelebihan penggunakan USB ini? tentu saja ada beberapa, terutama bila dinilai dari segi kinerjanya yang cepat.

  • Kecepatan yang lebih tinggi. Port USB memiliki kemampuan untuk trasfer data sagat cepat. Biasanya data yang melalui USB akan dipotong-potong dengan ukuran 64 byte.
  • Fleksibel dalam penggunaan. USB memudahkan kita dalam menghubungkan berbagai perangkat ke komputer. Sehingga kita tak perlu menyambungkan kabel tertentu agar sebuah perangkat bisa terhbung ke komputer.
  • Diterima pasar secara luas. USB juga diterima oleh pasar luas. Banyak alat-alat baru yang bisa langsung dihubungkan ke komputer. Itu artinya, pasar dengan sangat terbuka menerima USB.

Sayangnya, USB juga bukan alat yang sempurna tanpa kelemahan. Ada beberapa kelemahan USB, terutama bila dilihat dari panjang kabel maksimal yang bisa terhubung ke USB. Yaitu hanya 5 meter saja. bahkan untuk handycam atau webcam tidak bisa jauh dari komputernya. Begitu juga modem yang tidak bisa jauh dari USB, padahal untuk kabel UTO/p bisa ratusan meter.

Jenis-Jenis Konektor USB

Jenis-Jenis Konektor USB

Nah di pasaran, ada beberapa jenis konektor USB yang bisa kita gunakan. beberapa bahkan ada yang familiar atau biasa kita gunakan dan ada yang asing pula:

  • Konektor USB Tipe A (Type-A USB Connector), konektor yang berbetuk berbentuk persegi panjang yang biasa dipasangkan pada komputer.
  • Konektor USB Tipe B (Type-B USB Connector), berbentuk bujur sangkar biasanya digunakan di Printer ataupun Scanner.
  • Konektor Mini USB, yang digunakan pada perangkat ponsel atau kamera, meski sangat jarang penggunaanya. Bentuknya lebih kecil dari Konektor USB Tipe A atau Tipe B.
  • Konektor Micro USB. Yang lebih sering digunakan pada ponsel adalah Konektor Micro USB, bisa berbentuk Micro USB A dan Micro USB B.
  • Konektor USB Tipe C (Type-C USB Connector), yaitu Konektor USB yang dapat dipasangkan secara terbalik atau “reversible”. Banyak digunakan pada Smartphone, PC dan Laptop.

Masing-masing tipe USB memiliki kecepatan yang berbeda. Untuk saat ini, yang tercepat adalah USB Tipe C.

Cara Mengaktifkan Virtualization Technology di BIOS (Lengkap)

Komputer memang teknologi yang keren dan luar biasa hebatnya. Saking kerennya, ada banyak teknologi di dalamnya yang ternyata tak semua pemilik sadari. Salah satunya...
litalia
2 min read

Cara Mengatur Ukuran Kertas pada Printer dan MS Word

Untuk mendapatkan sebuah cetakan sesuai keinginan, maka hal yang musti kamu lakukan yakni terlebih dahulu melakukan pengaturan kertas pada printer dan Microsoft Word sesuai...
litalia
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.