Pengertian UNIX Beserta Sejarah, Ciri-Ciri dan Contoh Unix

Pengertian UNIX Beserta Sejarah, Ciri-Ciri dan Contoh Unix,- Komputer punya raga dan nyawa. Raganya terdiri dari perangkat keras atau hardware, sedang nyawanya adalah perangkat lunak atau software. Salah satu perangkat lunak yang menjadi kunci dari seluruh perangkat lunak lainya adalah sistem operasi. Tanpa sistem operasi, hardware dan software di komputer tidak bisa digunakan.

Sistem operasi adalah sebuah perangkat lunak yang digunakan untuk menjalankan program komputer agar bisa digunakan oleh user. Tanpa sistem operasi, maka aplikasi pada komputer tidak dapat dijalankan sekaligus hardware juga bisa bisa berfungsi. Sehingga perangkat lunak punya peran vital.

Salah satu jenis perangkat lunak yang berkembang menjadi banyak perangkat lunak baru adalah UNIX. Mengapa saya katakan berkembang menjadi perangkat lunak baru? Sebab sistem operasi ini mengalami banyak inovasi sesuai keinginan pengguna.

Pengertian UNIX

Untuk lebih detailnya, saya akan jelaskan pengertian UNIX terlebih dahulu. UNIX yang punya sinonim dengan Multics (Multiplexed Information and Computing Service) merupakan sistem operasi yang berbasis multiuser atau banyak pengguna. Sehingga tidak heran jika sistem operasi ini banyak ditemukan pada komputer-komputer yang ada.

Selain berguna sebagai program yang digunakan untuk menyelesaikan masalah terhadap sebuah sistem komputer, UNIX juga dapat dijadikan sebagai media komunikasi.

Oleh karena itu, UNIX ini sebagai program yang paling banyak diminati masyarakat. Dengan sejuta karakteristik yang lucu dan unik, UNIX dapat memberikan kita ilmu pengetahuan yang luas dan tinggi guys. Karena UNIX memiliki kecerdasan yang dapat dijadikan sumber ilmu dengan bahasa yang mudah dimengerti, sehingga kita atau para perngguna akan mudah menangkap isi informasi yang terdapat di dalam sistem operasi UNIX ini.

Sejarah UNIX

UNIX dikembangkan oleh Multics pada tahun 1969. Sayangnya keterlambatan yang diakibatkan oleh jarak yang jauh antara periset yang mengembangkan dengan laboratorium yang mengelola membuat proyek Multics ini dihentikan oleh AT & T.

Namun, kedua peneliti yaitu Ken Thompson yang menggandeng kerja sama dengan rekannya yakni Dennis Ritchie, yang awalnya mereka bekerja pada proyek Multics, kembali melakukan realisasi pada Multics dengan menggunakan komputer yang lebih portabel yakni komputer PDP-7.

Ken Thompson

Awal Tahun 1971

Pada tahun 1971, Peter Neuman mengusungkan nama baru untuk sistem operasi ini yakni UNIX. Sistem operasi ini telah banyak ditambahkan program-program kecil yang dapat digunakan untuk menjalankan suatu fungsi oleh para ilmuwan AT&T.

Selain itu, Ken Thompson berhasil menggunakan bahasa C yang dirancang oleh Dennis Ritchie yang memudahkan bagi para penggunanya dan memudahkan komputer untuk dibawa dari satu komputer ke komputer lainnya.

Memasuki Tahun 1973 Hingga 1977

Di awal tahun 1973, perkembangan UNIX semakin luas. Hal ini ditandai dengan terdapat 16 komputer di luar Laboratorium Bell yang menggunakan sistem operasi UNIX, serta terdapat 500 tempat menggunakan sistem operasi UNIX, baik di gunakan pada perguruan tinggi bahkan hingga pada negara asing.

Tak puas pada itu saja, di tahun 1977 UNIX mengeluarkan versi terbarunya yang memiliki dukungan komersial. Barkeley membayar 400 (dalam satuan dollar) untuk memperoleh sumber UNIX yang terdapat kode sumber di dalamnya.

Tahun 1978

Setelah itu, ditahun 1978 Bill Joy mengeluarkan salinan koleksi programĀ  sebanyak 30 salinan dan memodifikasi UNIX. Di tahun-tahun berikutnya UNIX ini selalu berkembang, serta melakukan pembaruan-pembaruan pada versi terbarunya.

Akan tetapi, saat nama UNIX berubah menjadi BSD UNIX, AT&T membuat pernyataan bahwa BSD UNIX akan berubah nama menjadi BSD 4.2 dengan lisensi Berkeley, dimana BSD UNIX ini tidak kompatibel karena bukan merupakan produk UNIX yang standar.

Ciri-Ciri Sistem Operasi UNIX

Setiap sistem operasi atau apapun tentunya memiliki keunikan ataupun karakteristik yang berbeda, sebagaimana windows dan macOS. Karakteristik inilah yang biasa disebut ciri-ciri dari sistem operasi tersebut. Lalu bagaimana kita mengetahui sistem operasi itu termasuk dalam UNIX atau bukan?

Nah, berikut ciri-ciri sistem operasi UNIX antara lain:

  • Sistem operasi UNIX ini masuk dalam kategori multitasking atau multiuser, yang dimaksud dengan multiuser atau multitasking yakni memungkinkan pengguna untuk melakukan penggunaan aplikasi atau program dalam waktu yang bersamaan (multiuser dan multitasking).
  • Sistem operasi UNIX ini sangat portable, artinya kamu dapat menjalankan dari satu komputer bahkan ke komputer lain. Bahkan memungkinkan pada semua jenis komputer (portabilitas).
  • Sistem ini memudahkan pengguna untuk mengakses data ataupun informasi yang dimilikinya (sistem berkas hirarki).
  • Memiliki fungsi utilitas yang dapat menyesuaikan program dengan kebutuhan atau keinginan dari para pengguna (utilitas).

Dari ciri-ciri di atas, tentu UNIX berbeda dengan macOS ataupun OS Windows. Meskipun ada beberapa persamaan. Misalnya kemampuan multitasking yang dimiliki hampir semua jenis OS.

Contoh Sistem Operasi UNIX

Selanjutnya agar mempermudah kamu memahami secara menyeluruh apa itu UNIX, saya akan berikan beberapa contoh sistem operasi UNIX.

Jika diawal saya telah membahas awal mula UNIX dan perkembangannya, disini saya akan membahas mengenai UNIX yang telah dikembangkan dan digunakan oleh para pengguna dengan tambahan kebutuhan teknologi yang telah disematkan pada UNIX dari pengembang-pengembang yang menggunakannya.

Bahkan, sistem operasi UNIX ini tidak benar-benar digunakan dengan nama aslinya UNIX. Mereka lebih banyak menyebut istilah Freenix yang sebetulnya cara kerja keseluruhan mengacu pada sistem operasi UNIX. Contohnya yaitu: Agnix (untuk pendidikan), android; Bada; Darwin; FreeBSD; Chrome OS, Linux, Apple Max OS dan lain sebagainya.

Sampai disini, saya rasa sudah cukup apa yang saya jelaskan tentang UNIX. Jika masih ada yang perlu didiskusikan tentang pengertian UNIX, sejarah dan ciri-cirinya, silakan tulis saja dibagian komentar.

Tinggalkan komentar