Pengertian TIK Beserta Manfaat, Contoh dan Sejarah Perkembangan TIK

Hampir seluruh bidang kehidupan mengalami perkembangan teknologi. Tak terkecuali juga bidang teknologi informasi dan komunikasi. Sebuah bidang yang begitu akrab di telinga namun masih ada banyak yang kurang paham bila diminta mendefinisikan apa itu sebenarnya teknologi informasi dan komunikasi. Padahal di pendidikan formal, nama ini kerap dipakai sebagai salah satu nama mata pelajaran.

Pada dasarnya, teknologi informasi dan komunikasi atau yang diseingkat TIK mengandung dua bagian yang saling melengkapi dan sama-sama penting yakni teknologi informasi dan teknologi komunikasi. Untuk lebih jelasnya, saya akan membahas pengertian teknologi informasi dan komunikasi dalam artikel ini, lengkap dengan sejarah dan manfaatnya.

Pengertian TIK

Televisi media teknologi dan komunikasi yang masih populer

Teknologi Informasi dan Komunikasi adalah sebuah terminologi yang menggambarkan perkembangan teknologi serta seluruh peralatan teknis untuk melakukan suatu proses dan menyampaikan sebuah informasi. Ada dua aspek penting yang terkandung dalam TIK yang pertama adalah teknologi informasi dan yang kedua adalah teknologi komunikasi.

Teknologi informasi berkaitan dengan berbagi hal yang dilakukan dan digunakan untuk mendapatkan sebuah informasi, sedangkan teknologi komunikasi berkaitan dengan berbagai cara yang dilakukan untuk melakukan komunikasi dengan bantuan teknologi.

Secara umum, teknologi informasi bisa dijabarkan sebagai studi yang mempelajari pengembangan, implementasi, perancangan, dan manajemen sebuah sistem informasi. Dengan kata lain, Teknologi informasi dan komunikasi adalah suatu hal yang berkaitan dengan proses, manupulai dan penggunaan media sebagai pengiriman, penerimaan dan penyaluran informasi dari satu perangkat ke perangkat lain.

Sejarah Singkat dan Perkembangan TIK 

contoh perangkan teknologi komunikasi

Secara nyata perkembangan teknologi sangat berperan penting terhadap perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Banyak temuan yang menjadi awal sejarah TIK seperti pada tahun 1875 Alexander Graham Bell menemukan teknologi telepon seluler, kemudian temuan Graham Bell berkembang menjadi sebuah jaringan komunikasi yang dilakukan dengan media kabel di seluruh wilayah daratan amerika serikat.

Tak hanya itu perkembangannya juga diikuti dengan pemasangan kabel komunikasi trans-atlantik dan jaringan telepon ini menjadi insfrastruktur masif yang pertama yang dibangun secara sengaja oleh manusia untuk melakukan komunikasi secara global.

Saat masuk abad ke 20 yaitu di kisaran tahun 1910 sampai 1920 dan terwujudlah sebuah transmisi yang dilakukan tanpa media kabel yang menggunakan siaran radio AM untuk pertama kalinya dan komunikasi tanpa kabel yang dilakukan radiopun terus mengalami perkembangan yang sangat cepat.

Lalu terciptalah teknologi komunikasi audio-visual suara yang dilakukan tanpa menggunakan media kabel dan pada tahun 1940 terciptalah teknologi baru berupa teknologi televisi. Komputer elektronik juga mulai berkembang pada tahun 1943 dan terus mengalami perkembangan dari waktu ke waktu.

Perkembangan teknologi elektronika yang sangat pesat membuat perkembangan TIK pada saat ini. TIK lebih berkembang pesat setelah adanya persaingan yang terjadi antara blok barat yaitu amerika serikat dan timur yaitu uni soviet. Penciptaan mesin-mesin canggihpun sudah mulai berkembang pada saat itu karena saat perang memerlukan senjata yang berbeda dan teknologipun berkembang dan menjadi cikal bakal TIK sampai dengan saai ini.

Perkembangan TIK memang sangatlah pesat khusunya di Indonesia karena kini untuk mencari teknologi canggih, mencari informasi berbagi hal dan melakukan komunikasi dengan orang tua, keluarga, teman dan pacar sangatlah mudah dilakukan. Untuk mencari teknologi canggih anda tinggal mencarinya di Google, untuk mencari informasi dalam berbagi hal ada di internet dan untuk berkomunikasi di jaman sekarang sangatlah mudah karena adanya hp.

Manfaat TIK    

Awal Video diproduksi untuk kemudian di informasikan

    

Perkembangan teknologi dan komunikasi yang begitu pesat tentu melahirkan pertanyaan mengapa semua itu bisa terjadi. Ternyata ini tak lepas dari banyaknya manfaat yang diberikan oleh teknologi informasi dan komunikasi. Berikut beberapa diantaranya:

  • Media untuk bertukar informasi. Berbagai media komunikasi bisa dengan mudah kita gunakan berkat perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Kita bisa dapatkan informasi dari media cetak maupun online dengan sangat mudah.
  • Sarana komunikasi. Komunikasi bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun tanpa batasan apapun. Misalnya dengan memanfaatkan jaringan internet. Kita juga bisa berkomunikasi melalui radio.
  • Mempermudah pembelajaran. Berkembangnya pendidikan online merupakan salah satu bukti nyata manfaat teknologi informasi dan komunikasi saat ini. kedepan barang kali bakal ada banyak pembelajaran lain dilakukan secara online.
  • Hemat biaya. Untuk kursus atau privat bisa kita lakukan dengan online, tentu biayanya lebih murah dibanding bila dilakukan secara offline.
  • Meningkatkan produktivitas suatu pekerjaan. Berkat teknologi informasi dan komunikasi kita bisa melakukan banyak pekerjaan dalam waktu singkat.

Contoh Perangkat Teknologi Informasi :

Bicara soal perangkat teknologi informasi, tentu sudah ada banyak sekali contohnya. Misalnya saja komputer yang merupakan contoh teknologi informasi paling banyak digunakan dalam menyelesaikan tugas dan pekerjaan. Selain itu juga masih ada contoh lain. Sebut saja:

  • Televisi yang merupakan media teknologi informasi yang berguna untuk menyampaikan informasi kepada publik dengan sangat mudah. kita pun bisa memanfaatkan media ini untuk pembelajaran, iklan dan lain sebagainya.
  • Dibanding dengan televisi, radio mungkin lebih ketinggalan jaman. Di media ini kita hanya bisa menyampaikan informasi dalam bentuk audio saja. beda dengan televisi yang sudha audio visual.

Contoh Perangkat Teknologi Komunikasi :       

Contoh perangkat teknologi komunikasi paling dekat dengan kita saat ini adalah smartphone. Siapa sih yang saat ini tak memegang smartphone. Jika dulu smartphone adalah perangkat mewah, kini menurut saya tak lagi demikian. Anak SD saja hampir semuanya punya smartphone.

Nah itu sekiranya yang bisa saya jelaskan soal pengertian TIK beserta manfaat dan sejarahnya. Semoga bisa bermanfaat.

Ada pertanyaan atau komentar?