Pengertian Teknologi, Sejarah, Perkembangan, Manfaat, dan Contoh Teknologi Terbaru

Teknologi kini sudah melekat dalam kehidupan manusia, bahkan di zaman yang serba digitalisasi ini, manusia seperti tidak bisa lepas dari adanya penggunaan teknologi. Mulai dari bangun tidur hinggu tidur kembali, hidup manusia penuh dengan teknologi.

Hanya saja, apa yang sebenarnya kita pahami dengan teknologi itu? apakah hanya sebatas peralatan digital saja? Dan apa manfaatnya bagi kehidupan manusia? Nah, daripada kamu bingung menerka-nerka jawabannya, kali ini saya akan membahas mengenai pengertian teknologi, sejarah, manfaat, macam-macamnya, serta contoh teknologi yang terbaru. Untuk itu, kamu bakal rugi kalo tidak menyimak artikel berikut ini.

Pengertian Teknologi

Kata teknologi terdiri dari dua kata, yakni techno dan logos. Makna techno itu sendiri yaitu keterampilan sedangkan logos berarti ilmu, yang keduanya berasal dari bahasa Yunani. Dari kedua kata tersebut dapat dijelaskan bahwa teknologi adalah ilmu yang mempelajari tentang suatu keterampilan. Jadi tidak hanya sebatas bental digital saja.

Penggunaan istilah teknologi ini di adopsi dari bahasa Inggris, yakni technology pada tahun mulai berakhirnya revolusi industri kedua, yaitu sekitar abad ke 20-an. Untuk lebih jelasnya, mengenai pengertian teknologi, maka penulis sajikan ke dalam kalimat yang lebih sederhana lagi.

Teknologi adalah berbagai macam sarana atau alat yang dapat digunakan dalam membantu dan mempercepat penyelesaian tugas atau pekerjaan manusia. Teknologi ini juga merupakan pengembangan dari ilmu sains yang berfungsi untuk membantu dalam memecahkan permasalahan yang ada di kehidupan manusia.

Dari penjelasan tersebut, dapat ditarik kesimpulan secara umum mengenai pengertian teknologi yaitu adalah sebuah benda atau alat yang diciptakan dengan pemikiran dan proses pembuatan untuk mencapai hasil atau nilai tertentu. Dengan kata lain, teknologi ini lebih cenderung kepada alat, mesin, ataupun lainnya yang diciptakan untuk membantu memecahkan masalah yang ada di dunia, baik dari teknologi yang memiliki tingkat kerumitan yang sederhana hingga teknologi yang sangat rumit.

Sejarah Teknologi Singkat

Lantas bagaimana sejarah teknologi itu ada? Sejarah singkat mengenai teknologi ini, terbagi menjadi 6 masa, antara lain sebagai berikut:

1. Masa pra sejarah

Pada masa ini, penggunaan teknologi dibagi menjadi tiga tahap, yakni zaman batu, zaman perunggu, dan zaman besi. Penggunaan teknologi pada masa pra sejarah ini masih sangat sederhana, dan manusia menggunakan teknologi tersebut untuk bertahan hidup seta melakukan aktivitasnya sehari-hari.

2. Teknologi zaman kuno

Berbeda dengan masa sebelumnya, di masa zaman kuno ini, perkembangan penggunaan teknologi lebih di fokuskan pada pembangunan kontruksi, maritim, bidang pertanian, dan lain sebagainya. Tentu hal ini dimksudkan demi tercapainya arah kehidupan yang lebih baik.

3. Teknologi abad pertengahan hingga era modern

Pada masa ini, perkembangan teknologi mulai megnalami kemajuan. Dimana dalam abad pertenahan ini sudah dapat ditemukan adanya berbagai macam ilmu, baik ilmu astronomi, medis, matematika, bahkan ilmu kartografi. Hal ini pula yang membuat, bahwa adanya teknologi ini semakin penting bagi kehidupan manusia.

4. Teknologi era revolusi industry

Memasuki era revolusi industry ini, keberadaan teknologi di dunia semakin jelas dan besar kegunaanya. Pada masa ini, telah banyak teknologi atau mesin-mesin yang dibuat, dimana mesin tersebut mampu membantu menyelesaikan pekerjaan manusia.

Pada zaman ini, keberadaan teknologi semakin berkembang, dan kedudukannya semakin penting, karena adanya mesin-mesin yang muncul mulai menggantikan tenaga manusia dalam bekerja. Seperti mesin tenun, mesin uap, sepeda, dan lain sebagainya.

5. Teknologi di abad 20

Di abad ke 20 ini, teknologi semakin memuncak dan meluas saja, dimana pada abad ini perkembangan ilmu pengetahuan semakin mengalami kemajuan, baik di bidang ilmu militer, ilmu sains (munculnya fisika quantum), serta penemuan-penemuan lain, yang mengarahkan pada penemuan atau munculnya komputer serta sistem informasi lainnya.

Pada abad ini, juga telah ditemukannya teknologi yang hingga sekarang selalu mengalami pembaharauan pada fitur-fiturnya, yakni telepon genggam.

6. Perkembangan teknologi abad 21

Sedangkan di abad ke 21 ini, teknologi sudah mengalami perkembangan yang sangat pesat, karena hampir semua kehidupan manusia di zaman sekarang ini membutuhkan bantuan teknologi, seperti teknologi yang dibutuhkan dalam bidang sosial, rumah tangga, pendidikan, informasi, komunikasi, dan lain sebagainya.

Oleh karena itu, keberadaan teknologiĀ  sudah tidak dapat kita pungkiri lagi, karena sangatlah penting dan memiliki kontribusi yang lumayan besar bagi kehidupan manusia di zaman sekarang ini.

Macam-Macam Teknologi Dan Perkembangannya

Sekarang ini, keberadaan teknologi terus-menerus mengalami perkembangan seiring dengan berkembangnya zaman. Nah, berikut ini macam-macam teknologi yang ada dalam berbagai sektor, andatara lain:

1. Komunikasi

Teknologi komunikasi merupakan teknologi yang dapat memungkinkan pengguna untuk saling berkirim ataupun menerima pesan ataupun suatu informasi. Berkembangnya teknologi komunikasi ini, di pelopori dengan ditemukannya sebuah telepon genggam, yang mana pada awal ditemukan adanya telepon genggam ini masih menggunakan sinyal analog, kemudian mengalami perkembangan berubah menjadi sinyal digital.

Perubahan tersebut membuat kegiatan komunikasi semakin mudah dan juga cepat. Contoh adanya teknologi komunikasi ini yaitu: 1) telepon; 2) fax; 3) telegram; 4) email; dan 5) aplikasi chatting lainnya.

2. Informasi

Teknologi informasi ini membantu kamu dalam memperoleh sebuah informasi dengan cepat. Teknologi ini, sudah ada sejak zaman dahulu kala, yaitu dengan adanya kentongan yang memberikan sebuah informasi pada warga sekitarnya.

Akan tetapi, semakin majunya perkembangan zaman ini, teknologi informasi ini semakin modern, yaitu dengan adanya televise, radio, komputer dan lain sebagainya. Contoh teknologi tersebutlah yang sekarang menggantikan kentongan sebagai sumber teknologi informasi.

3. Transportasi

Teknologi transportasi ini, yang membantu para manusia untuk mengantarkan ke tempat tujuan tetentu. Adanya teknologi transportasi ini mempermudah dan mempercepat kamu dalam menuju suatu lokasi perjalanan. Dahulu, manusia masih memanfaatkan tenaga hewan untuk dijadikan kendaraan atau tunggangan dalam mengantarkan ke suatu lokasi.

Akan tetapi sekarang, tenaga hewan tersebut sudah tergantikan dengan adanya teknologi transportasi yang lebih canggih. Bahkan, kebanyakan dari teknologi transporatsi tersebut sudah mulai memanfaatkan mesin sebagai alat pengoperasionalannya.

4. Medis

Teknologi medis ini, banyak digunakan pada bidang kedokteran. Karena memang fungsi dari teknologi medis ini untuk membantu para dokter dalam melakukan diagnosa penyakit pasien. Teknologi medis ini banyak memanfaatkan penggunaan komputer yang disambungkan dengan alat-alat medis lainnya. Selain untuk melakukan pendiagnosaan penyakit pada pasien, teknologi medis ini juga banyak digunakan dalam membantu kegiatan penelitian.

5. Ekonomi

Perkembangan teknologi dalam bidang ekonomi ini ditandai dengan semakin majunya sistem keuangan yang digunakan, yakni yang mana dahulu orang bertransaksi dengan dibayar tunai dan langsung bertatap muka. Kini kamu dapat melakukan transaksi secara tidak langsung ataupun melalui online, karena sistem keuangan yang digunakan pada zaman sekarang ini juga sudah berubah dengan adanya e-money.

6. Pangan

Sistem pertanian yang ada pada saat ini tentunya berbeda dengan yang sekarang, misalnya dulu membajak sawah para petani masih memanfaatkan tenaga hewan. Namun, sekarang telah tergantikan dengan teknologi berupa traktor yang digunakan untuk membajak sawah.

7. Pendidikan

Selain itu, teknologi juga mengalami perkembangan pada sektor pendidikan, yang mana tanpa adanya teknologi maka pendidikan tidak dapat berjalan dengan maksimal. Selain itu, dengan adanya teknologi, pendidik yang berkompeten dalam mendidik maka para murid akan cukup kesulitan dalam menangkap mata pelajaran yang disampaikan di sekolah. Tetapi, dengan adanya teknolgi di bidang pendidikan ini, memberikan banyak dampak positif, sehingga dunia pendidikan semakin mengalami kemajuan dengan pesat.

Itulah beberapa macam teknologi dan perkembangannya, yang dapat dirasakan oleh manusia di zaman sekarang ini.

Contoh Teknologi Terbaru Di Dunia

Setelah membahas kesana kemari mengenai teknologi, tentunya teknologi ini sudah sangat mendunia di dalam kehidupan manusia. Oleh karena itu, kamu perlu mengetahui bahwa teknologi ini merupakan beberapa teknologi terbaru yang ada di dunia lho. Apa sajakah teknologi tersebut? Simak penjelesan berikut ini.

  1. Teknoogi terbaru yang pertama merupakan Wigig, dimana wigig ini merupakan teknologi yang nantinya akan menggantikan penggunaan wifi.
  2. Teknologi terbaru yang kedua yakni Matrix Power Watch, teknologi ini memungkinkan kamu untuk mengisi daya baterai atau cash melalui kekuatan panas tubuh.
  3. Teknologi terbaru di dunia selanjutnya yaitu, Invicible car adalah mobil yang dapat merubah warnanya sendiri di setiap lingkungan yang ia singgahi. Mobil ini layaknya bunglon guys, karena mampu melindungi dirinya dengan cara merubah warna. Wahh keren bukan?

Itulah beberapa contoh teknologi terbaru di dunia, yang mungkin belum dikenal atau belum booming di kalangan masyarakat.

Manfaat Teknologi

Adapun manfaat adanya teknologi, yaitu dapat dilihat dari berbagai sektor kehidupan, antara lain:

1. Manfaat teknologi daam bisnis

  • Selalu melakukan pembaharuan produk, karena informasi selalu up to date
  • Memajukan perjalanan bisnis yang lebih mudah dan cepat
  • Berusaha mempertahankan ataupun bertahan dalam setiap persaingan atau kompetisi bisnis.

2. Manfaat teknologi komunikasi

  • Kecepatan, dengan adanya teknologi komunikasi, maka waktu bukanlah menjadi kendala lagi. Sehingga proses penyebaran informasi menjadi lebih cepat, mudah dan singkat.
  • Kejelasan, adanya komunikasi menggunakan gambar, video, ataupun audio, semakin mempermudah dengan jelas maksud dari sebuah pesan atau informasi yang disampaikan.
  • Kedekatan, dengan adanya teknologi komunikasi, mampu membuat kamu merasa sangat dekat dengan siapapun, bahkan kamu menganggap bahwa dunia ini begitu kecil.

3. Manfaat teknologi dalam pendidikan

  • Pengalaman belajar secara personal, artinya perserta didik mampu mengelola atau membuat pembelajaran sendiri.
  • Tanggapan langsung, biasanya e-learning ini memiliki sistem penilaian secara langsung pada peserta didik, sehingga mengharuskan peserta didik yang aktif dan tanggap.
  • Self tangguh, artinya setiap peserta didik dapat membuat konsep belajar mereka sendiri, tanpa harus di tuntun atau mengikuti konsep belajar dari guru. Hal ini berguna untuk mengukur tingkat motivasi peserta didik dalam belajar.
  • Akses yang lebih besar, kemajuan teknologi yang sangat pesat memungkinkan daerah terpencil pun memperoleh pendidikan.

4. Manfaat teknologi dalam kesehatan

  • Memungkinkan dokter dan pasien saling berinteraksi dengan aman dan nyaman, karena teknologi yang digunakan ramah lingkungan.
  • Dokter dapat menjawab pertanyaan rutin serta kurang kritis pada waktu yang tepat, karena sangat fleksibel.
  • Dapat menghemat waktu dan biaya, karena dokter dapat memberi saran dengan pasien melalui komunikasi lewat internet.
  • Adanya perangkat medis, memungkinkan perawatan di rumah sendiri.

5. Manfaat teknologi dalam masyarakat

  • Memberikan kenyamanan bagi para pengguna karena mampu mempermudah kegiatan yang dilakukan.
  • Memberikan kecepatan dan keakurasian informasi, karena dapat dengan mudah dan cepat sampai.
  • Mewujudkan pembangunan di berbagao sektor kehdiupan.

Itulah penjelasan mengenai teknologi lengkap dari pegertian, sejarah, macam dan perkembanganya hingga ke contoh teknologi. Ada banyak hal ternyata yang tidak bisa lepas dari teknologi. Cakupan yang terkait dengan teknologi juga sangat banyak dan luas.

Tinggalkan komentar