Pengertian Teknologi Informasi, Tujuan, Manfaat & Contohnya Menurut Para Ahli

3 min read

Seiring dengan perkembangan zaman, kehidupan manusia tidak bisa terlepas dari penggunaan teknologi. Bahkan hampir semua lini kehidupan tak ada yang tak dikaitkan dengan teknologi. Termasuk juga dalam bidang informasi. Persebaran inforrmasi yang begitu masif juga tak lepas dari keberadaan teknologi.

Teknologi informasi dengan begitu mudah dan cepat mengubah peradaban manusia di abad ini. Peranya yang begitu mengagumkan, tentu sangat disayangkan bila kamu tak memahami apa pengertian teknologi informasi. Tapi tak perlu risau, karena kali ini saya dengan senang hati menjelaskanya.

Pengertian Teknologi Informasi Secara Umum

Teknologi informasi terbentuk dari dua kata, teknologi dan informasi.

  • Kata teknologi yang merupakan kata serapan yang berasal dari bahasa Inggris, yakni technology yang sudah sangat umum digunakan dalam kehidupan manusia, apalagi pada kegiatan yang bersifat teknis. Teknologi merupakan sebuah alat atau benda yang sengaja dibuat oleh manusia untuk membantu menyelesaikan pekerjaan manusia dengan lebih mudah.
  • Sedangkan informasi, merupakan sebuah hasil pemrosesan, penataan, pengorganisasian ataupun manipulasi dari sekelompok data yang memiliki nilai pengetahuan bagi penggunanya.

Dalam arti sempit, teknologi informasi merupakan sebuah alat yang digunakan untuk menyimpan, memproses, menyebarkan, dan lain sebagainya untuk sebuah informasi tertentu.

Sedangkan pengertian teknologi informasi secara luas ini dapat artikan sebagai alat yang digunakan untuk mengolah data, seperti memproses, mendapatkan, menysusun, dan lain sebagainya untuk menghasilkan sebuah inforamsi yang berkualitas sehingga bermafaat bagi penggunanya.

Pengertian Teknologi Informasi Menurut Para Ahli

Nampaknya, teknologi bukan hanya berkembang sebagai ilmu praktis yang disediakan untuk hal-hal yang berbau teknis. Akan tetapi, teknologi ini sudah berkembang menjadi sebuah ilmu pengetahuan ilmiah yang sangat luas dalam kehidupan. Hal tersebut, telah dibuktikan dengan adanya berbagai bidang ilmu yang didasari oleh adanya teknologi.

Adanya hal tersebut diatas, memunculkan banyak definisi mengenai teknologi informasi dari berbagai para ahli, pendapat terkait teknologi inforamsi dari beberapa ahli tersebut dapat dilihat pada poin-poin berikut ini.

1. Read Bain (1937)

Di tahun 1973, seroang ahli yang berasal dari Amerika mengatakan bahwa teknologi ini meliputi alat, perkakas, mesin, senjata, aparat, keterampilan, komunikasi dan lain sebagainya yang memungkinkan semua manusia dapat menciptakan itu semua.

Dari pendapatnya, dapat disimpulkan bahwa teknologi adalah semua alat yang diciptakan manusia baik secara individu ataupun kelompok yang memiliki manfaat bagi kehidupannya.

2. Ursula Franklin (1989)

Pendapat lain di cetuskan oleh Ursula Franklin, yang berpendapat bahwa teknologi merupakan sebuah cara praktis yang dapat menjelaskan kepada manusia mengenai segala sesuatu yang ada di sekitar manusia.

Pengertian ini lebih mengarah kepada penggunaan teknologi, yang mana merupakan sebuah alat atau benda yang dibuat oleh manusia, yang dapat memberikan manfaat pada kehidupan manusia apabila dipelajari dan dikembangkan, karena teknologi ini bersifat praktis.

3. Djoyohadikusumo (1994)

Pendapat lain diberikan oleh Djoyohadikusumo (1994) yang menyatakan bahwa teknologi merupakan suatu bidang ilmu yang berkaitan erat dengan ilmu sains dan juga ilmu kerekayasaan atau ilmu engineering.

Pendapat ini menyimpulkan bahwa terdapat dua dimensi yang tidak bisa dipisahkan dari teknologi tersebut, kedua dimenasi itu yakni dimensi engineering dan juga dimensi sains. Kedua dimensi tersebut memiliki hubungan yang sangat erat, sehingga teknologi tersebut dapat berkembang apabila keduanya ada.

4. Haag & Keen (1996)

Dari ketiga pengertian diatas terkait teknologi, ahli lain berpendapat bahwa teknologi informasi merupakan alat yang berkaitan dengan tugas-tugas dalam melakukan pemrosesan sebuah informasi.

5. Martin (1999)

Sebuah teknologi informasi tidak melulu terbatas pada TI (hardware dan software) yang bertugas memproses sebuah informasi, teknologi informasi juga dapat digunakan sebagai alat komunikasi yang dapat mengirimkan sebuah informasi atau pesan.

6. William dan Sawyer (2003)

Pendapat lain mengenai teknologi informasi yaitu merupakan sebuah teknologi yang penggunaannya menggabungkan antara komputer dengan jalur komunikasi berkecapatan tinggi, sehingga mampu membawa data berupa informasi yang terkemas dalam bentuk suara, gambar ataupun video.

Dari keenam pengertian teknologi dan juga teknologi informasi diatas, dapat saya simpulkan bahwa teknologi informasi merupakan alat yang digunakan untuk menyimpan, memproses, mengirimkan dan lain sebagainya sebuah informasi tertentu.

Manfaat Teknologi Informasi

Ada banyak sekali manfaat teknologi informasi untuk kehidupan manusia, antara lain sebagai berikut ini:

  • Dapat memperluas pangasa pasar dan membuka peluang bisnis baru.
  • Meningkatkan penggunaan waktu dan operasional kerja dalam sebuah perusahaan.
  • Teknologi informasi juga mampu megurangi biaya operasional dan produksi perusahaan.
  • Memberikan keunggulan kompetitif dalam berbagai bidang.
  • Adanya teknologi informasi tentu membuka manusia untuk mengembangkan dan menerapkan dalam kehidupan sehingga dapat memperluas ilmu pengetahuan.
  • Penggunaannya lebih praktis, sehingga mempermudah pekerjaan yang sulit.
  • Memperoleh informasi dengan mudah, cepat dan tepat.
  • Terakhir teknologi informasi ini, memungkinkan kita berhubungan dengan banyak orang lain dibelahan dunia, sehingga dapat menambah koneksi teman.

Contoh Teknologi Informasi

jurnalponsel.com merupakan salah satu contoh nyata teknologi informasi

Contoh teknologi informasi yang diterapkan dalam aspek kehidupan ini sangat banyak, salah satu contoh teknologi inforamasi misalnya dalam bidang perbankan terdapat layanan E-banking yang mana hal tersebut memudahkan kamu semua dalam melakukan transaksi bank hanya dengan melalui widget yang mendukung aplikasi E-banking tersebut.

Contoh lain yang paling dekat dengan kita adalah keberadaan web browser seperti Chrome atau UC Browser yang menggunakan tampilan depan (home) sebagai tempat menyebarkan informasi paling menarik bagi pembaca. Banyaknya aplikasi berita/informasi saat ini juga merupakan bukti nyata adanya teknologi informasi.

Tujuan Teknologi Informasi

Setelah mengetahui apa itu teknologi informasi dan manfaatnya, beralih ke tujuan teknologi informasi. Secara umum jelas bahwa tujuan adanya teknologi informasi adalah untuk mempermudah penyebaran informasui. Secara khusus tujuan teknologi informasi bisa dilihat dari penggunanya, misalnya  untuk meningkatkan efektivitas serta efisiensi tugas pekerjaan, dan juga untuk membuka kreativitas dalam mengembangkan dan menciptakannya arus informasi.

Setidaknya begitulah yang bisa saya jelaskan mengenai teknologi informasi semoga bisa membantu meningkatkan pemahaman kamu. Bila ada yang belum jelas, silakan tanyakan dalam kolom komentar.

Pengertian Microsoft PowerPoint, Fungsi, Kelebihan & Kekurangannya Lengkap

Pengertian Microsoft PowerPoint,- Powerpoint, satu nama yang sepertinya tidaklah asing bagi pembaca sekalian. Walaupun memang, nama ini merujuk pada banya hal. Bisa berkaitan dengan...
litalia
3 min read

Pengertian Card Reader, Fungsi dan Cara Kerjanya Lengkap

Pengertian Card Reader,- Untuk mempermudah kinerja manusia dibuatlah teknologi yang lebih inovatif dibanding sebelumnya. Kita bisa bandingkan perjalanan mesin ketik dari yang sangat sederhana,...
litalia
2 min read

Pengertian Software, Fungsi, Jenis-Jenis dan Contohnya lengkap

Sekilas apa yang bisa kita lihat dari komputer hanya perangkat-perangkat keras yang disusun menjadi satu rangkaian. Perangkat-perangkat keras yang menyusun komputer, tidak akan bisa...
litalia
5 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *