Apa itu Syntax? Pengertian Syntax dan Contohnya Dalam Bahasa Pemrograman

Bahasa muncul sebagai sarana sekaligus juga alat komunikasi. Tanpa bahasa, kita akan sangat kesulitan menyampaikan sebuah maksud dan tujuan. Tak terbatas pada ucapan dan lisan, bahasa juga bisa dalam bentuk isyarat. Bahkan dalam dunia teknologi ada pula yang disebut sebagai bahasa pemprograman.

Bahasan pemprograman ini digunakan agar sebuah program bisa berjalan dalam sebuah komputer. Bahasa pemprograman dalam komputer memiliki aturan, salah satu aturan yang mengatur bahasa ini adalah syntax. Sebagian dari kamu mungkin ada yang belum familiar dengan syntax. Namun bagi kamu seorang programmer pasti berbeda. Mengapa? Karena hampir seluruh aktifitas yang dilakukan oleh seorang programmer pasti ada kaitannya dengan syntax.

Bagi seorang programmer tentu harus menguasai bahasa pemrograman termasuk syntax yang mengandung berbagai macam bahasa. Buat kamu yang baru mulai dengan dunia pemrograman sangat penting untuk terlebih dahulu berkenalan dengan apa itu syntax. Untuk lebih jelasnya berikut pengertian syntax dan contoh penggunaanya dalam bahasa pemrograman.

Pengertian Syntax

Syntax adalah sebuah aturan yang digunakan untuk menulis kalimat agar mampu dimengerti oleh bahasa pemrograman. Dalam pembuatannya, seluruh aturan syntax harus terpenuhi. Karena ketika proses kompilasi setiap barus script akan dilakukan pengecekan. Jika terdapat syntax yang salah maka compiler akan melaporan terjadinya error massage dan tidak akan meneruskan pembuatan bytecodenya.

Jika tidak dihubungkan dengan dunia pemprograman, syntax adalah seperangkat aturan, prinsip, dan proses yang mengatur struktur kalimat dalam bahasa tertentu, biasanya termasuk urutan kata. Hal ini sesuai yang ditulis dalam wikipedia. Istilah sintaksis juga digunakan untuk merujuk pada studi tentang prinsip dan proses tersebut. Dalam matematika, sintaksis mengacu pada aturan yang mengatur sistem matematika, seperti bahasa formal yang digunakan dalam logika.

Contoh Syntax

Untuk lebih jelasnya berikut ada beberapa contoh syntax yang dapat kamu pelajari.

A. Syntax pada Java

  1. Case sensitive, merupakan suatu metode penulisan syntax yang cukup sering digunakan untuk mengelompokkan penulisan huruf menjadi besar ataupun kecil. Contohnya “Double” dan “double” yang mana berbeda arti.
  2. Nama Class & Program, dalam penulisan nama pada Class di Java harus diawali dengan huruf capital. Contohnya “class Nama” atau “class NamaAnda”. Selain itu, nama program juga harus sama dengan nama class yang ada. Terutama pada program yang mempunyai satu class.
  3. Nama Method, untuk menuliskannya harus diawali dengan huruf kecil. Namun jika suatu method mempunyai nama lebih dari satu kata maka dalam kata kedua harus diawalai huruf capital. Contohnya “public void methodSaya”.
  4. Main Method, main method ini wajib dimiliki oleh class yang hendak di eksekusi atau dijalanakan. Contohnya “public static void main(Strings[] args)”.

B. Syntax pada Web (HTML)

  1. <a> adalah definisi dari anchor atau sering disebut dengan hyperlink. Dengan menuliskan link dalam tag anchor kemudian disisipkan objek tertentu maka setelah di klik kamu akan dibawa pada halaman sesuai dengan alamatnya.
  2. <body> adalah syntax yang mengindikasikan bahwa mulai memasuki bagian body dalam halaman suatu web. Biasanya nih pada halaman ini terdapat logika yang dibuat berupa table, gambar, atau dalam bentuk informasi lainnya.
  3. <div> disini adalah suatu syntax yang mempunyai peran penting dalam pengelompokkan beberapa elemen dalam web. Contohnya dalam penentuan ukuran font pada teks ataupun paragraph.
  4. <h1> sampai <h6> mendefinisikan beberapa jenis teks atau heading sesuai dengan ukuran. Mulai dari h1 paling besar hingga h6 terkecil. Biasnya pada teks paragraph menggunakan tag umum yaitau <p>.

Selain beberapa contoh di atas, masih ada banyak penggunaan syntax dalam dunia pemprograman.

Fungsi dan Elemen Syntax

Syntax berfungsi menyediakan bentuk-bentuk notasi sebagai alat komunikasi antara programmer dengan bahasa pemrograman untuk mempermudah pembuatan suatu program. Untuk itu syntax juga mempunyai elemen-elemen pendukung antara lain:

  1. Himpunan Karakter merupaka elemen pendukung syntax yang berfungsi untuk menyediakan bentuk-bentuk notasi komunikasi antar programmer dan pemroses bahasa pemrograman.
  2. Identifier, berfungsi untuk string dari huruf dan angka. Namun sekarang sudah banyak bahsa pemrograman yang mengguanakan identifier dengan tanda “.” Atau “-“.
  3. Simbol untuk operator, biasanya sih bahasa pemrograman menggunakan karakter “+” dan “-“. Simbol ini berfungsi untuk merepresentasikan dua buah operasi dasar aritmetika dan memanfaatkan karakter spesial. Serta bisa juga menggunakan string operator layaknya FORTRAN dengan .EQ. dan ** untuk perpangkatan.
  4. Komentar, berfungsi untuk penambahan komentar dalam beberapa bentuk dan baris komentar yang terpisah di dalam program seperti pada  FORTRAN. Menggunakan karakter khusus seperti /* dan */ di bahasa C. Contohnya “-“ di Ada, “//” di C++ atau “!” di FORTRAN.
  5. Noise Word, berungsi sebagai kata pilihan yang disisipkan dalam statement dalam peningkatan readability. Contohnya statement GO TO label. Jika diuraikan GO bermakna sebagai keyword dan TO untuk meningkatkan
  6. Keyword & Reserved Word, adalah identifier untuk bagian tetap dari syntax suatu statemen. Contohnya IF untuk memulai suatu statemen kondisi.
  7. Blank, brfungsi sebagai aturan penggunaan spasi pada bahasa pemrograman yang sangat bervariasi. Contohnya bahasa C. Biasanya spasi diabaikan, kecuali jika ada simbol “=+” yang berarti operator tunggal.
  8. Delimiter & Tanda Kurung, berfungsi untuk menandai awalan dan akhiran dari suatu syntactic unit seperti statemen atau ekspresi.
  9. Ekspresi, berfungsi mengakses data dalam program dan mengembalikan suatu nilai. Ekspresi disini adalah dasar dari blok syntactic dari statemen yang dibangun.

Nah itulah pembahasan kita menganai apa itu syntax, pengertian syntax dan contohnya dalam bahasa pemrograman. Semoga bisa menambah wawasan kamu. Jika ada yang perlu didiskusikan, tulis dalam kolom komentar.

12 Situs Nonton Drama Korea Gratis dan Terbaru

Pesona drama korea memang luar biasa. Ceritanya yang menyayat hati, tragis, romantis dan terkadang berakhir manis bagaikan magis untuk penikmatnya. Apalagi dibalut dengan alur...
litalia
5 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.