Pengertian Sound Card Beserta Fungsi dan Cara Kerja Sound Card

Pengertian Sound Card Beserta Fungsi dan Cara Kerja Sound Card,-Mengerjakan tugsa kuliah di komputer tanpa mendengarkan musik, rasanya ada yang kurang. Tanpanya seolah-olah proses mengerjakan tugas jadi terasa begitu berat. Apalagi kalau sudah ada headset ditambah dengan tembang-tembang lagu terbaru, duh nikmatnya. Tapi tahukan kamu apa nama hardware yang membuat komputer bisa memutar lagu?

Bukan media player atau VLC ya, sebab keduanya adalah software. Kalau hardware yang membuat komputer bisa memutar musik disebut dengan sound card. Hardware ini tertanam di dalam motherboard. Kalau diartikan dari susunan katanya, Sound card berasal dari dua kata yaitu “sound” berarti suara, dan “card” berarti kartu. Lantas apakah pengertain sound card berarti kartu suara?

Pengertian Sound Card

Soundcard hanyalah satu dari sekian banyak hardware atau perangkat keras yang ada di dalam komputer. Hardware ini memiliki fungsi utama pengolah data untuk audio serta bunyi. Jadi audio yang muncul dari speaker komputer atau laptop adalah hasil dari olahan soundcard. Sehingga bisa dipastikan, bila kamu memutar multimedia di komputer, tetapi tak keluar bunyi bisa dipastikan ada masalah dengan soundcardnya.

Soundcard berada di dalam komputer menempati slot ISA ataupun PCI yang ada di motherboard. Seiring dengan perkembangan teknologi, ada pula Soundcard yang terhubung melalui slot USB yang kemudian di kenal sebagai Soundcard eksternal.

Dahulu, komputer tidak menggunakan Soundcard seperti sekarang ini. melainkan hanya menggunakan perangkat onboard di motherboard yang hanya mampu mengeluarkan bunyi beep saja. Seiring dengan perkembangan dan makin kompleksnya tugas komputer, maka bunyi pada komputer tidak bisa hanya ditandai dengan beep saja. Maka dikembangkanlah Soundcard menyatu dengan motherboard.

Fungsi Sound Card

Soundcard eksternal

Pada intinya, Soundcard adalah hardware yang berfungsi untuk mengelola audio komputer. Tetapi lebih rincinya, berikut beberapa fungsi utama Soundcard pada komputer:

1. Mengkonversi Sinyal Dalam Bentuk Gelombang Sonic

Baik sinyal analog ataupun sinyal digital akan dikonversi oleh Soundcard ke dalam bentuk gelombang sonic. Inilah fungsi utama dan mendasar dari Soundcard. Dengan adanya kemampuan ini, kita bisa mendengar suara yang dihasilkan oleh komputer akibat adanya sinyal yang masuk atau sedang dikerjakan oleh prosessor.

2. Media Pemrosesan Audio Komputer

Berikutnya, Soundcard juga bisa menjadi media yang memproses audio komputer. Jadi tidak hanya konversi sinyal yang masuk ke prosessor saja, melainkan juga berbagai audio yang ada di komputer pasti melibatkan Soundcard.

3. Meningkatkan kualitas audio di dalam komputer

Berikutnya Soundcard juga memiliki fungsi dalam hal peningkatan kualitas audio komputer, jadi semakin tinggi spesifikasi Soundcard komputer kamu, maka akan semakin bagus kualitas audio yang dihasilkan. Misalnya, jika standar umum Soundcard saat ini bisa menghasilkan output 2.0 atau 2.1 channel. Maka bila kamu ingin kualitas audio yang lebih baik, silakan tingkatkan outputnya menjadi lebih dari 2.1 channel, misalnya 4.1, 5.1, atau bahkan 7.1

4. Menambahkan Fitur Audio Paling Muthakhir

Tidak hanya mengelolaaudio dan output audio, Soundcard juga bisa digunakan untuk menambahkan fitur audio paling mutakhir di komputer. Fitur ini biasanya akan menambah kualitas output audio jadi lebih baik. Beberapa fitur yang bisa ditambahkan misalnya tru sound HD, 3D sound, bass booster, Soround sound, dan lainnya.

5. Mengatur volume dan equalizer pada komputer

Berikutnya, Soundcard juga bisa digunakan untuk mengatur kualitas volume dan equalizer audio komputer. Pada umumnya pengaturan semacam ini pasti ada pada setiap komputer yang menggunakan Soundcard konvensional. Selain volume dan equalizer, bisa juga diatur beberapa hal lainya.

6. Lebih memberikan variasi suara pada komputer

Jika dibandingkan dengan komputer tanpa Soundcard, jelas keberadaan Soundcard begitu terasa pada bagian variasi suara yang dihasilkan. Komputer tanpa Soundcard hanya bisa menghasilkan suara beep, sedang komputer dengan Soundcard bisa mengeluarkan beragam bunyi. Termasuk Sound HD, bass Boost, dan lainya. bahkan dengan Soundcard yang lebih baik, kamu bisa membuat audio yang lebih menarik.

7. Mengolah dan mengedit suara, video juga music

Keberadaan Soundcard memungkinkan pengguna melakukan pengolaan pada berbagai jenis audio di komputer., termasuk pada suara, musik dan juga video. Makanya ketika membuat film atau rekaman musik, kualitas Soundcard haruslah sangat baik. Proses pemotongan musik, editing volume suara, hingga penambahan efek suara, semuanya memanfaatkan fungsi Soundcard.

8. Merekam suara

Selain mengelola audio pada komputer sehingga komputer bisa mengeluarkan suara, Soundcard ternyata juga memiliki peran penting dalam proses perekaman suara. Tanpa ada Soundcard, komputer tidak akan bisa melakukan perekaman.

Cara Kerja Sound Card

Soundcard USB

Fungsi Soundcard yang begitu banyak, khususnya pada hal-hal yang berkaitan dengan audio di komputer, baik itu output, tampilan ataupun perekaman, tentu mengundang pertanyaan: bagaimana cara kerja Soundcard itu? apakah ia sama dengan media player? Berikut penjelasan soal cara kerja Soundcard.

  • Ketika user melakukan aksi dengan cara membuat data digital berupa berkas audio atau berkas lainya yang mengandung konten audio dari harddisk
  • Data audio dari harddisk tersebut akan diteruskan oleh CPU menuju ke unit DSP yang terletak di dalam Soundcard.
  • DSP yang ada di Soundcard lah yang kemudian mengekstrak data digital tersebut
  • Data digital yang diekstrak oleh DSP inilah yang kemudian mengalami proses real-time oleh sirkuit chip DAC yang kemudian menciptakan sinyal analog. Signal analog inilah yang bisa user nikmati via headphone atau speaker komputer.

Begitulah cara kerja Soundcard.

Sampai disini, sepertinya cukup apa yang saya jelaskan mengenai pengertian Soundcard, fungsi Soundcard dan cara kerja Soundcard. Yang pasti, jika kamu ingin kualitas audio komputer kamu lebih baik, cobalah tingkatkan Soundcardnya.

Cara Mengaktifkan Virtualization Technology di BIOS (Lengkap)

Komputer memang teknologi yang keren dan luar biasa hebatnya. Saking kerennya, ada banyak teknologi di dalamnya yang ternyata tak semua pemilik sadari. Salah satunya...
litalia
2 min read

Cara Mengatur Ukuran Kertas pada Printer dan MS Word

Untuk mendapatkan sebuah cetakan sesuai keinginan, maka hal yang musti kamu lakukan yakni terlebih dahulu melakukan pengaturan kertas pada printer dan Microsoft Word sesuai...
litalia
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.