Pengertian Solaris, Fungsi, Kelebihan dan Kekurangan Solaris

Komputer atau laptop atau berbagai jenis piranti lainya tidak akan bisa bekerja tanpa adanya hardware dan software. Hardware adalah semua komponen yang terlihat di komputer dan sofware adalah komponen yang hanya terlihat di layar monitor. Keduanya tidak akan bisa bekerja tanpa adanya user. Piranti tidak diprogram secara otomatis.

Tetapi sadarkah kamu kalau untuk bisa memasangkan software ke komputer atau laptop, kita butuh yang namanya OS atau Operating System. Pernah kamu membayangkan komputer tanpa OS. Pasti komputernya tidak bisa dihidupkan. Kita juga tidak bisa menjalankan software atau aplikasi tertentu. itulah mengapa setelah beli komputer kita harus menginstal OS.

Nah jenis-jenis OS di dunia ini ada banyak sekali. Banyak developer mengembangkan berbagai jenis OS. Semuanya berlomba untuk memberikan tampilan dan kinerja terbaik bagi sebuah komputer atau laptop. Beberapa waktu yang lalu, saya pernah mengulas tentang OS windows dan Mac OS. Saya juga pernah mengulas soal Linux dan Unix, kini saatnya pindah ke yang lain lagi.

Saya akan mengulan Solaris, mulai dari pengertian Solaris hingga fungsi, kelebihan dan kekuranganya.

Pengertian Solaris

Solaris adalah salah satu sistem operasi (Operating System/OS) yang berhasil diluncurkan oleh miracle. OS yang biasa disebut pula dengan nama Sun Solaris atau SunOS atau bahkan Sun saja ini merupakan OS hasil penelitian dan pengembangan developer ternama Sun Microsistem. Microsistem tak lain adalah hasil pengembangan keluarga UNIX.

Solaris sendiri berupa sistem operasi yang biasanya dijalankan pada perangkat keras dengan spesifikasi X64 bit, X86 bit dan SPARC. Kini solaris menjadi salah satu sistem operasi yang dapat diakses dan diperoleh tanpa batas dan gratis. Dengan kata lain solaris merupakan sistem operasi yang bersifat open souce. Kebanyakan Solaris digunakan oleh pengguna yang lebih mengutamakan sistem web dan database.

Sebelum menggunakan nama Solaris, OS ini telah mengalami perjalanan panjang. Dahulu ia dikenal dengan nama nama oracle solaris. Setelah sukses menjadi sistem operasi open source yang mana sistem operasi ini mudah digunakan oleh pengguna. Kini nama oracle solaris lebih dikenal oleh masyarakat sejak tahun 2010. Sehingga pada tahun yang sama oracle memutuskan untuk mengakuisisi Sun Microsistem.

Setelah oracle mengakuisisi Sun Microsistem, nama solaris saja kini lebih dikenal ketimbang oracle solaris. Kepopuleranya tentu tak lepas dari banyaknya fitur dan berbagai spesifikasi yang dimiliki oracle solaris ini. Dengan adanya berbagai macam fitur, menjadikan oracle solaris menjadi sistem operasi yang diakui secara spesifikasi yang bagus.

Spesifikasi standar yang ditetapkan oleh Single Unix Specification dapat dipenuhi oracle solaris. Dimana semua kode program yang dikembangkan untuk membentuk oracle solaris adalah kode program dibawah lisensi CDDL.

Nama oracle solaris berasal dari produk SunOS versi 4.1 yang dulu dirilid dalam versi mikro. Produk SunOS 4.1 berhasil dipasarkan dengan nama solaris. Dan seiring berjalanya waktu sistem operasi solaris terus dilakukan pengembangan hingga berhasi melakukan rilis versi selanjutnya yaitu SunOS, dan masih dikembangkan oleh Sun Microsistem dengan versi-versi lainnya.

Fungsi Solaris

Oracle solaris secara umum memiliki fungsi yang sama dengan berbagai OS komputer lainya. Tetapi kalau dibandingkan dengan yang lain, OS ini lebih punya fungsi yang lebih signifikan terutama bila digunakan sebagai sistem operasi yang dapat dijalankan pada berbagai arsitektur perangkat keras. Oracle solaris berfungsi sebagai sistem operasi yang dapat dijalankan pada perangkat keras dengan spesifikasi X64 bit, X86 bit dan SPARC.

Kelebihan dan Kekurangan Solaris

Mari kita coba bandingkan berbagai jenis OS dengan solaris, hasilnya solaris memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan tertentu.

Kelebihan OS Solaris

1. Bebas didistribusikan

Oracle solaris bersifat open source yang bersifat mudah didistribusikan sekaligus juga gratis untuk digunakan. Tentu berbeda dengan windows yang berbayar. Itu sebabnya banyak orang yang menggunakan sistem operasi oracle solaris pada masa kejayaan sistem operasi tersebut.

2. Sistem restore mirip dengan restore pada windows

Oracle solaris mempunyai sistem restorww yang hampir sama dengan sistem restore pada sistem operasi windows. Dengan adanya persamaan tersebut akan lebih mudah dipahami pengguna saat melakukan restore.

3. Virtualisasi dalam berbagai bentuk

Dengan adanya virtualisasi bentuk solaris akan memudahkan penggunannya.

4. Skalabilitas pada oracle solaris sangat tinggi

Oracle solarus mempunyai tingkat skalabilitas tinggi yang menguntungkan pengguna karena dapat menggunakan sistem operasi orace solaris dengan maksimal.

5. Sistem file yang stabil

Dengan dilengkapi berbagai fitur menarik, oracle solaris dijadikan sebagai salah satu sistem operasi yang dapat diandalkan karena mempunyai sistem file yang cukup stabil.

Kekurangan OS Solaris

Selain kelebihan, OS ini juga memiliki beberapa kekurangan. Diantaranya:

1. Versi berbayar sangat mahal

Oracle solaris telah dikembangkan dalam berbagai macam versi. Namun adapula versi yang dikembangkan tidak open source yaitu berbayar yang harganya sangat mahal.

2. Izin yang diberikan kurang

Meskipun telah dilengkapi dengan fitur yang cukup, namun sistem operasi oracle solaris masih belum mempunyai hak akses digunakan secara bebas oleh para pejabat.

3. Driver pada hardware masih kurang

Meskipun oracle solaris mempunyai fitur menarik dan cukup standar namun masih belum mempunyai spesifikasi driver hardware yang kurang baik secara keseluruhan.

Dengan adanya berbagai macam versi sitem operasi beredar dipasaran, akan memudahkan pengguna memilih sistem operasi mana yang tepat digunakan. Meskipun solaris masih jauh dibawah windows dan linux, namun tetap saja terdapat kelebihan solaris yang tidak dimiliki kedua sistem operasi tersebut.

Cara Mengaktifkan Virtualization Technology di BIOS (Lengkap)

Komputer memang teknologi yang keren dan luar biasa hebatnya. Saking kerennya, ada banyak teknologi di dalamnya yang ternyata tak semua pemilik sadari. Salah satunya...
litalia
2 min read

Cara Mengatur Ukuran Kertas pada Printer dan MS Word

Untuk mendapatkan sebuah cetakan sesuai keinginan, maka hal yang musti kamu lakukan yakni terlebih dahulu melakukan pengaturan kertas pada printer dan Microsoft Word sesuai...
litalia
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.