Pengertian Software, Fungsi, Jenis-Jenis dan Contohnya lengkap

Sekilas apa yang bisa kita lihat dari komputer hanya perangkat-perangkat keras yang disusun menjadi satu rangkaian. Perangkat-perangkat keras yang menyusun komputer, tidak akan bisa digunakan tanpa adanya nyawa pada perangkat tersebut. Nyawanya perangkat keras adalah perangkat lunak atau yang lebih dikenal sebagai software.

Kamu tentu sangat akrab dengan yang namanya software. Ketika menghidupkan komputer, perangkat ini langsung bekerja. Tetapi tahukan kamu tentang apa itu software serta fungsi dan jenisnya? Inilah yang akan saya ulas dalam tulisan kali ini.

Pengertian Software

Software biasanya kita terjemahkan sebagai perangkat lunak. Tetapi bagi mereka yang baru belajar komputer, biasanya akan bertanya kembali: apa itu perangkat lunak. Agar tidak mengulang pendefinisian, lebih baik kita definisikan software secara lebih detail.

Secara umum, software adalah data yang sengaja diprogram sekaligus juga disimpan dalam sebuah komputer secara digital yang tidak bisa terlihat secara fisik. Software atau perangkat lunak ini berupa program yang berguna untuk menjalankan perintah atau intruksi.

Melalui software inilah komputer bisa menjalankan atau mengoperasikan sebuah perintah. Software bisa pula dikatakan sebagai pengontrol atau penggerak perangkat keras (hardware). Hardware mengenali software dari bahasa pemprograman yang berupa kode-kode yang disatukan.

Fungsi Software

Dari pengertian software di atas, sudah saya singgung peran dan fungsi software. Secara umum, software memiliki fungsi yang membuat komputer bisa dijalankan. Tanpa adanya software, hardware yang merupakan komponen komputer hanyalah akan menjadi benda mati. Untuk lebih detailnya, berikut fungsi software:

  • Software memiliki fungsi untuk menyediakan fungsi dasar sebuah komputer. Fungsi dasar inilah yang membuat komputer bisa dioperasikan dan dijalankan. Misalnya ketersediaan sistem operasi dan sistem pendukung
  • Software mengatur hardware bisa bekerja secara padu. Pernah tidak kamu membayangkan bagaimana antar satu hardware dengan hardware lainya di komputer bisa saling bekerja sama? semua itu terjadi karena adanya software. Software membuat hardware bekerja secara bersama-sama.
  • Software menjadi penghubung antara software dengan hardware. Beberapa software ternyata juga memiliki peran sebagai penghubung antara software-software dengan hardware.
  • Software juga bisa berfungsi sebagai penerjemah bagi software lain. walaupun memang fungsi semacam ini tidak dimiliki oleh semua software. Fungsi penerjemah ini berkaitan dengan instruksi bahasa mesin untuk bisa di terima oleh hardware.
  • Mengidentifikasi program. Software juga sangat penting keberadaanya untuk mengidentifikasi program dalam komputer.

Melihat fungsi software yang begitu vital bagi komputer, maka tak salah bila menyebut software sebagai nyawanya komputer. Bagaimanapun, komputer baru bisa berjalan bila ada hardware dan software.

Jenis-jenis Software

Melihat fungsi software yang beragam, tentu saja bisa kita tebak bahwa jenis software ini tak hanya satu. Melainkan ada beberapa. Dan benar saja, jenis software saat ini ada banyak sekali jenisnya. Berikut beberapa jenis software menurut jenisnya:

1. Sistem Operasi

Inilah software paling dasar yang wajib dimiliki komputer. Tanpa software ini bisa dipastikan komputer tidak akan bisa dioperasikan. Namanya Sistem Operasi yang dalam bahasa inggris disebut Operating System atau OS. Saking vitalnya Sistem Operasi, tanpanya pengguna tidak akan bisa menggunakan hardware ataupun software lainya di dalam komputer.

Sebab tanpa Sistem Operasi, komputer hanya bisa melakukan booting saja. Sistem Operasi merupakan software kompleks yang memiliki banyak fungsi, antara lain: memberi instruksi processor dalam membaca perintah users, mengatur integrasi hardware dengan CPU, mengatur segala hal yang ada di CPU dan masih banyak lagi.

Untuk tahu lebih banyak soal Sistem Operasi, kamu bisa baca: Pengertian Sistem Operasi, Fungsi, Macam-macam & Contoh Sistem Operasi yang Perlu Kamu Ketahui

Yang perlu kamu tau, sistem operasi ini jenisnya tidak hanya satu. Melainkan ada banyak. Tiap komputer harus diinstal satu Sistem Operasi untuk bisa digunakan. Berikut beberapa pilihan Sistem Operasi komputer:

  • Microsoft Windows. Sampai dengan saat ini, Operating System ciptaan Microsoft Corporation ini memiliki tingkat populer yang tinggi. Banyak pengguna komputer yang memilih menggunakan Windows sebagai OS komputernya dibanding yang lain. Sampai dengan saat ini, terlah tersedia Windows 10 dengan tampilan yang user friendly dan instalasi aplikasi yang mudah. Biar lebih detai, kamu bisa baca: Pengertian Windows Beserta Fungsi dan Sejarah Windows.
  • Berikutnya ada Unix yang merupakan OS hasil buatan Dennis Ritchie dan Ken Thompson. Inilah OS yang didesain serupa dengan OS portable, multi-user dan multi-tasking. OS ini dikembangkan dengan menggunakan bahasa C, sehingga tak salah bila ia serupa dengan DOS. OS ini sangat aman digunakan karena bila ingin melakukan pengaksesan, user, direktori, file, serta group dilakukan dengan ijin tersendiri. Biar lebih detail baca: Pengertian UNIX Beserta Sejarah, Ciri-Ciri dan Contoh Unix
  • Macintosh Operating System. OS ini lebih dikenal sebagai MacOS, yang merupakan OS khusus diciptakan untuk komputer Macintosh (komputer keluaran Apple). Pertama kali, OS ini diperkenalkan pada tahun 1984. Sejak pertama kali muncul, MacOS langsung menyita perhatian pengguna. Banyak pengguna langsung beralih ke MacOS dan meninggalkan OS sebelumnya, terutama karena macOS sangat eye-candy. Biar lebih detail silakan baca: Pengertian MacOS Beserta Sejarah, Kelebihan dan Kekurangan MacOS yang Perlu Anda Ketahui
  • Dari namanya, mungkin kamu bisa menebak bahwa OS ini masih ada hubunganya dengan UNIX. Dan memang benar, OS ini merupakan keturunan dari UNIX. Dari segi penjualan, linux bersaing dengan Windows dan MacOS. Sama seperti Unix, linux juga dijalankan oleh satu atau lebih Command Line Interface (CLI) dan GUI. Linux ini bersifat open source. Baca: Pengertian Sistem Operasi Linux, Sejarah, Macam beserta Kelebihan dan Kekurangan Linux

Selain beberapa jenis OS dia atas, tentu saja masih ada banyak jenis OS lainya. Sebut saja: Amiga, Garuda, Be OS, Google Chrome dan lain sebagainya.

2. Software Pengolah Kata

Berikutnya ada software pengolah kata. Sesuai nama software ini, program atau aplikasi ini digunakan user untuk mengolah kata di komputer. Beberapa contoh software pengolah kata misalnya:

  • Lotus Word Pro. Merupakan software pengolah kata buatan IBM. Kelebihan software terletak pada hasil pengolahan katanya yang bisa dibukan dan disunting menggunakan Microsoft Word. Adanya Helpful Menu Finder yang bisa digunakan untuk menemukan perintah-perintah menjadi kelebihan tersendiri.
  • OpenOffice Writer. Software pengolah kata lainya adalah OpenOfficer Writer yang memiliki kelebihan pada kemampuanya yang bisa digunakan pada multiplatform OS. Jadi ia bisa digunakan di Windows, MacOS, linux, Unix dan lainya. fiturnya serupa dengan apa yang dimiliki oleh Microsoft Word. Hasil olahan kata OpenOffice Writer juga bisa dibuka dan diedit menggunakan Microsoft Word, begitu juga sebaliknya.
  • Microsoft Word. Inilah software pengolah kata yang paling populer bagi hampir seluruh pengguna komputer. Software hasil buatan Microsoft Corporation ini biasanya sepaket dengan Microsoft Office lain, seperti Excel, Acces, Power Point dan sebagainya. software ini punya banyak kelebihan jika dibanding dengan software pengolah kata lainya. Mulai dari user friendly, berfitur lengkap, dan bisa digunakan untuk membuka banyak jenis file.

Selain beberapa jenis software pengolah kata di atas, juga masih ada puluhan software pengolah kata lainya. Sebut saja Star Office Writer, Corel Wordperfect dan lain-lain.

3. Software Pengolah Angka

Kalau ada software pengolah kata, tentu saja ada software pengolah angka. Dan salah satu jenis paling populer adalah Microsorf Excel. Tapi sebenarnya masih ada banyak jenis software pengolah kata lainya, sebut saja:

  • Kspread. Inilah salah satu jenis software pengolah kata gratis dengan sifatnya yang bebas terbuka alias open source. Selain itu, software ini juga multiplatform atau bisa digunakan dibanyak OS. Kelebihanya terletak pada tampilan dan navigasinya sehingga mudah digunakan. Bahkan ia mampu melakukan perhitungan hingga lebih dari 100 fungsi.
  • Star Office Calc. Tidak jauh berbeda dengan software pengolah kata yang pertama dalam daftar ini, software buatan Sun Micro System ini juga bisa digunakan di banyak OS (multiplatform). Ia juga mampu membuat dan mengolah banyak angka pada lembar kerja untuk diterjemahkan dalam bentuk grafik.
  • OpenOffice Calc. Berikutnya ada OpenOffice Calc yang juga merupakan software open source dan multiplatform. Ia juga mampu untuk mengolah banyak angka. Software ini bersifat freeware, sehingga bisa digunakan secara bebas dan gratis tanpa harus membayar lisensi. Kelebihanya terletak pada tampilanya yang user friendly.

Selain beberapa software pengola angka di atas, juga masih ada beberapa jenis software pengolah angka lainya. sebut saja Lotus 123, dan lain-lain.

4. Software Antivirus

Berbeda dengan beberapa jenis software di atas yang berguna untuk menunjang kinerja komputer, antivirus bertugas untuk mengamankan komputer. Itulah mengapa, software ini sering pula disebut sebagai Virus Protection Software. Karena itu, fungsi utama software ini adalah melakukan scanning dan menghapus virus dari sistem komputer. Beberapa jenis antivirus terbaik yang bisa kamu gunakan misalnya Smadav, BitDefender, AVG, Avira, Norton, McAfee Secure dan lain-lain.

Perlu kamu ketahui, jenis-jenis software berdasarkan fungsinya masih ada banyak jenis lainya. Misalnya software pengolah gambar, software pengolah video dan lainya.

Jenis Sofware Berdasarkan Model Distribusinya

Selain berdasarkan fungsinya, software juga bisa dibedakan berdasarkan pada model distrubusinya atau bisa pula berdasarkan jenis layanan yang diberikan. Berikut beberapa jenis software berdasarkan distribusinya:

  • Freeware adalah jenis software yang didistribusikan dan bisa digunakan secara gratis tanpa batasan waktu. Umumnya, freeware adalah hasil karya para komunitas yang disumbangkan kepada. Mereka hanya memegang hak sebagai pengembang dan pengontrol saja. setiap orang bebas mengembangkan software yang sifatnya freeware.
  • Shareware merupakan software yang bisa digunakan secara gratis tetapi dengan fitur yang dibatasi. Biasanya software yang sifatnya masih uji cobalah yang diberikan lisensi shareware. Sehingga ada pula yang menyebutnya sebagai Trialware.
  • Firmware merupakan software yang tersimpan di dalam ROM (Read Only Memori). Firmware tidak bisa diubah sekalipun tidak dialiri oleh listrik. Walaupun ada beberapa firmware yang bisa diubah, mislnya yang ada di EEPROM atau Flash ROM.
  • Commercial Software adalah software yang dikomersilkan. Jadi untuk bisa menggunakanya harus membeli terlebih dahulu. Beberapa contoh software jenis ini misalnya Corel Draw, Microsoft Visual Basic NET, Adobe Photoshop dan lainya. Software jenis ini dilindungi oleh Undang-Undang Hak Cipta.
  • Free Software adalah dalah jenis software yang boleh untuk digunakan, dimodifikasi, disalin atau bahkan diubah. Istilah free software ini muncul dari seorang bernama Richard Stallman dan organisasi Free Software Foundation.
  • Open Source Software merupakan tidak jauh berbeda dengan freeware. Jenis perangkat lunak ini kode sumbernya bisa untuk diubah, ditingkatkan, dipelajari, dan juga bebas untuk disebarluaskan.
  • Malware adalah perangkat lunak yang berbahaya karena diciptakan untuk merusak sistem komputer. Istilah ini berasl dari kata Malicious dan Software. Beberapa jenis malware misalnya kuda troya (trojan horse), cacing komputer, perangkat iklan (adware), rootkit, crimeware dan lainnya.

Nah itulah hal yang bisa saja jelaskan mengenai software. Mulai dari pengertian software serta fungsi dan jenis software. Yang pasti, software adalanya nyawanya komputer. Walaupun tidak semua memiliki fungsi demikian. Jika ada yang ingin didiskusikan lebih lanjut, kamu bisa tulis dalam komentar.

Cara Mengaktifkan Virtualization Technology di BIOS (Lengkap)

Komputer memang teknologi yang keren dan luar biasa hebatnya. Saking kerennya, ada banyak teknologi di dalamnya yang ternyata tak semua pemilik sadari. Salah satunya...
litalia
2 min read

Cara Mengatur Ukuran Kertas pada Printer dan MS Word

Untuk mendapatkan sebuah cetakan sesuai keinginan, maka hal yang musti kamu lakukan yakni terlebih dahulu melakukan pengaturan kertas pada printer dan Microsoft Word sesuai...
litalia
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *