Pengertian Sistem Politik Menurut Para Ahli, KBBI dan Umum

Sistem politik merupakan salah satu sistem yang ada di dalam sebuah negara. Sistem ini sangat mempengaruhi jalannya pemerintahan pada sebuah negara. Oleh karena itu, sangat penting bagi sebuah negara memiliki sistem politik yang sehat agar mampu mencapai apa yang dicita-citakan.

Tapi tahukah kamu apa itu sistem politik? Sistem politik tidak hanya bicara soal kekuasaan. Tetapi lebih luas dari itu. Biar lebih jelas, berikut uraian lengkap pengertian sistem politik menurut para ahli, KBBI, dan umum.

Pengertian Sistem Politik Menurut Para Ahli

Kita bisa memahami apa pengertian sistem politik dari beberapa ahli terkemuka di dunia:

1. Fredrick W. Frey

Sistem politik adalah sebuah sistem interaksi dalam suatu masyarakat yang mana alokasi-alokasi nilai-nilai yang mengikat dan bersifat otoritatif dibuat dan diimplementasikan dalam pemerintahan.

2. David Easton

Sistem politik adalah jalinan interaksi yang diabstrasikan dari seluruh tingkah laku sosial semua pihak sehingga nilai-nilai dialokasikan secara otoritatif kepada masyarakat.

3. Rober A. Dahl

Sistem politik adalah pola yang tetap dari hubungan  yang terjadi antara manusia yang melibatkan hingga tingkat tertentu serta meliputi pengendalian, pengaruh, kekuasan, ataupun wewenang.

4. Samuel P. Huntington

Sistem politik sebagai budaya (kultur) yang terdiri dari nilai-nilai (values), sikap-sikap (attitudes), orientasi (orientation), mitos (myths) dan kepercayaan (beliefs) yang berhubungan dengan politik dan yang memiliki pengaruh dalam masyarakat.

5. Drs. Abdul Kadir

Sistem politik adalah suatu sitem yang legitimate, yang berfungsi untuk memelihara ketertiban (order-manitaining) atau sistem yang mampu mengubah (transforming system) sebuah masyarakat.

Pada dasarnya sistem politik merupakan suatu pola interaksi yang tetap, legitimate, yang mengikat dan bersifat otoritatif, yang juga melibatkan kekuasaan, aturan, dan hubungan diantara keduanya.

6. Mohamad Bahrudin Podomi

Sistem politik adalah rangkaian metode yang bersifat sistematis, terstruktur, dan fleksibel terhadap faktor-faktor internal maupun eksternal dalam sebuah pemerintahan.

7. Drh. Wiku Adisasmito

Sistem politik adalah suatu dugaan abstrak dari beberapa kekuatan yang saling berbenturan antara negara dan pemerintah.

8. Sukarna

Sistem politik adalah suatu sistem yang digunakan untuk memperoleh bagian kekuasaan dalam sebuah negara yang juga berfungsi untuk mengatur hubungan pemerintah dan rakyat atau sebaliknya, pengaturan negara dengan negara atau  negara dengan rakyatnya.

10. Rusadi Kantaprawira

Sistem politik adalah mekanisme yang terbentuk dari beberapa fungsi atau peranan dalam sebuah struktur politik yang saling berhubungan satu sama lain dan menampakkan suatu proses yang langgeng.

11. Prayetno

Sistem politik adalah sejumlah lembaga politik di masyarakat yang berfungsi mengubah input (demand, support dan resources) menjadi kebijakan yang otoritatif dan menguntungkan bagi masyarakat (out-put).

12. Samuel H. Bear

Sistem politik adalah sistem yang memiliki 4 variabel, yakni:

  • Budaya politik (Political Culture) yang mampu mengangkat nilai-nilai politik, sistem kepercayaan dan sikap emosional.
  • Kekuasaan sebagai alat untuk mencapai tujuan.
  • Kepentingan sebagai tujuan yang akan dicapai
  • Kebijaksanaan (policy) yang merupakan konsekuensi yang dihasilkan dari proses saling mempengaruhi.

13. Dr. Yanuarius Koli Bau, M.Si

Sistem politik memiliki beberapa elemen di dalamnya seperti di bawah ini:

  • Inputs
  • Authoritative decision making aktivites of argencies
  • Outputs (keluaran)
  • Feed back atau umpan balik
  • Environment (lingkungan)

Pengertian Sistem Politik Menurut KBBI

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), sistem politik berasal dari kata ‘politik’ dan ‘sistem’. Politik dalam KBBI didefinisikan sebagai:

  1. (pengetahuan) mengenai ketatanegaraan atau kenegaraan (seperti tata sistem pemerintahan, dasar pemerintahan): bersekolah di akademi politik; 
  2. segala urusan dan tindakan (kebijakan, siasat, dan sebagainya) mengenai pemerintahan negara atau terhadap negara lain: politik dalam dan luar negeri; kedua negara itu bekerja sama dalam bidang politik , ekonomi, dan kebudayaan; partai politik; organisasi politik; 
  3. cara bertindak (dalam menghadapi atau menangani suatu masalah); kebijaksanaan: politik dagang; politik bahasa nasional

Sedangkan kata ‘sistem’ memiliki arti sebagai:

  1. Perangkat unsur yang secara teratur saling berkaitan sehingga membentuk suatu totalitas
  2. Susunan yang teratur dari pandangan, teori, asas, dan sebagainya
  3. Metode

Pengertian Sistem Politik Menurut Umum

Setelah melihat pengertian dari sistem politik menurut para ahli dan menurut KBBI, kali ini kita akan melihat sistem politik menurut umum atau keseluruhan.

Sistem politik menurut umum adalah sebuah kumpulan dari beberapa pendapat yang membentuk satu kesatuan sistem dan berhubungan satu sama lain yang berfungsi untuk menjalankan pemerintahan serta melaksanakan dan mempertahankan kekuasaan dalam sebuah negara dengan cara mengatur hubungan antara individu satu dengan individu lainnya atau hubungan sebuah negara dengan negara lain.

Juga dapat disebut sebagai tatanan dari beberapa fungsi atau peranan dalam tatanan struktur politik yang memiliki hubungan satu sama lain yang menunjukan suatu proses yang langsung memandang dimensi waktu (melampaui masa kini dan masa yang akan datang).

Itulah beberapa pengertian sistem politik berdasarkan pendapat ahli, KBBI, dan secara umum. Penggunaan sistem politik dalam sebuah negara memang sangat penting untuk menjaga kestabilan jalannya pemerintahan.

Sistem Politik di Indonesia

Indonesia sendiri menggunakan sistem politik demokratis yang mengutamakan kepentingan rakyat di atas segalanya. Sistem politik demokratis seperti ini memiliki ciri prinsip seperti di bawah ini:

  1. Kedaulatan rakyat
  2. Persamaan politik (political equality)
  3. Konsultasi kepada rakyat
  4. Majority rule dan minoruty right

Berbeda dengan sistem politik totaliter atau kediktatoran seperti yang digunakan Korea Utara, Indonesia justru lebih mendengarkan suara rakyat sehingga rakyat diajak untuk  membangun negara bersama-sama dengan pemerintahan, bukan menjadikan rakyat sebagai alat.

Salah satu ciri yang paling menonjol dari sistem politik demokratis di Indonesia adalah dengan adanya pemilihan umum yang memberikan hak pada rakyat untuk memilih pemimpin negara. Hingga saat ini, sistem politik demokratis di Indonesia berjalan sangat baik dengan terwujudnya kesetaraan hak dan kewajiban setiap orang dalam  menjalankan sistem pemerintahan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.