Pengertian Server, Fungsi Server Beserta Cara Kerja dan Jenis-jenis Server

Pengertian Server, Fungsi Server Beserta Cara Kerja dan Jenis-jenis Server,- Komputer telah mengalami perubahan seiring perkembangsan zaman. Perubahan-perubahan tersebut dapat dilihat di antaranya dari bentuk komputer yang semakin berkembang hingga perangkat-perangkatnya yang semakin handal. Dengan berbagai perubahan yang terjadi, manusia pun semakin mendapat kemudahan saat mengoperasikan dan mengolah data serta informasi dari komputer.

Dalam pengolahan informasi di komputer, para pengguna mungkin sering mendengar kata server. Namun, apakah kamu tahu apa sebenarnya server itu? Apa jenis-jenisnya? Dan bagaimana fungsinya? Jika kamu ingin mengetahui semua hal itu, berikut adalah ulasannya.

Pengertian Server

Pada komputer yang membentuk sebuah jaringan, biasanya terdapat dua istilah kerap dijumpai, yakni klien dan server. Server bisa didefinisakan sebagai penyedia data untuk klien. Jenis datanya beragam, tergantung kebutuhan klien. Dan klien membutuhkan server untuk terhubung dalam sebuah jaringan atau meminta data kepada server.

Dari penjelasan di atas dapat dikatakan bahwa klien dan server merupakan dua pihak yang saling berhubungan. Meski saling berhubungan, server bisa hidup mandiri tanpa kehadiran klien. Sebaliknya, klien tidak bisa hidup atau sangat bergantung kepada server. Ada alasan mengapa server bisa mandiri tanpa kehadiran klien. Alasan tersebut merujuk dari pengertian server itu sendiri.

Server memiliki banyak pengertian. Namun yang lazim digunakan adalah sebuah sistem komputer yang menyediakan jenis layanan tertentu dalam sebuah jaringan komputer. Jenis layanan tertentu yang ada di server dimanfaatkan oleh para klien yang terhubung dengannya.

Sebuah server komputer biasanya didukung oleh prosesor yang bersifat scalable dan RAM yang besar. Tidak hanya itu saja, sistem operasi yang digunakan sebuah komputer server biasanya telah dirancang secara khusus juga. Hal ini dilakukan agar data dan layanan yang disediakan oleh server tidak diutak-atik oleh orang lain dan tetap aman.

Komputer yang bukan server biasanya menggunakan sistem operasi seperti Windows, MacOS, dan sebagainya. Namun, untuk sistem operasi bagi komputer server biasanya akan berbeda.

Jenis-jenis Server

Server ternyata memiliki banyak jenis. Jenis ini dibedakan sesuai dengan fungsi dan kegunaannya. Berbagai jenis server yang dikenal masyarakat di antaranya adalah Proxy Server, Telnet Server, Virual Server, Web Server, Audio dan Video Server, FTP Server, Aplikasi Server, Mail Server, dan News Server. Berikut adalah ulasan dari berbagai jenis server tersebut.

  1. Proxy Server merupakan sebuah server yang memiliki ciri-ciri membatasi permintaan data, kinerja koneksi, dan berbagai file antar-server dan klien di luar jaringan.
  2. Telnet Server digunakan untuk mengatur komputer dengan melakukan log in dan log out pada komputer host.
  3. Virtual Server muncul ketika sejumlah komputer server fisik seolah-olah menjadi beberapa server.
  4. Web Server adalah server yang biasa digunakan untuk menyimpan konten sebuah website yang komunikasinya menggunakan HTTP.
  5. Audio dan Video Server digunakan untuk menyimpan fitur multimedia pada sebuah website.
  6. FTP Server adalah server yang digunakan untuk mengatur transfer data dalam sebuah jaringan.
  7. Aplikasi Server adalah server yang berfungsi untuk mengolah perintah yang diberikan oleh klien dan menghubungkannya dengan datebase.
  8. Mail Server adalah server yang digunakan untuk menyimpan berbagai macam surat eletronik (e-mail) dan menangani berbagai permintaan klien.
  9. News Server adalah server yang berfungsi untuk mendistribusikan berbagai macam berita melalui jaringan berita.

Fungsi Server

Setelah saya paparkan mengenai pengertian server hingga jenis-jenis server, tentu kamu bertanya apa fungsi server yang sebenarnya. Nah secara sederhana dapat dikatakan bahwa fungsi utama server adalah untuk penyimpanan data. Namun, dari fungsi utama tersebut dapat dijabarkan lagi menjadi fungsi-fungsi yang lebih terperinci. Beberapa fungsi server yang lebih terperinci di antaranya adalah:

  • Melayani dan bertanggung jawab penuh pada permintaan data yang berasal dari komputer klien;
  • Bertanggung jawba dalam mengatur lalu lintas data yang ada;
  • Menyediakan aplikasi dan database yang mampu dijalankan di semua komputer klien;
  • Menyediakan berbagai macam sumber untuk digunakan semua komputer klien termasuk dalam jaringan;
  • Memberikan perlindungan untuk klien dengan melakukan pemasangan firewall atau anti-malware,
  • Server mengatur setiap hak akses ke dalam sebuah jaringan, karena inilah tidak semua klien memiliki kemampuan mengakses data yang ada di komputer server, dan
  • Menyediakan aplikasi dan data base yang mampu dijalankan di semua komputer klien.

Nah itulah beberapa fungsi server. Dari fungsi server tersebut, server ternyata juga memiliki beberapa manfaat.

Manfaat Penggunaan Komputer Server

Keberadaan sebuah komputer server sangat menguntungkan bagi para pengguna. Pasalnya, berbagai biaya dan juga waktu bisa dipangkas jika satu server tersedia. Hal ini akan memungkin pekerjaan menjadi lebih efektif dan efisein.

Tidak hanya itu saja, keberadaan komputer server juga akan bermanfaat ketika klien meminta sebuah data atau file. Saat meminta data, klien bisa langsung mengambilnya dari komputer server.

Cara Kerja Server

Secara sederhana, server bekerja atas permintaan sebuah klien. Namun seiring berjalannya waktu, cara kerja server juga didasarka pada fungsi-fungsi server yang sudah dijabarkan sebelumnya. Untuk memahami tentang cara bekerja server berdasarkan fungsinya, berikut adalah beberapa contoh kasus.

Salah satu kasus yang sering ditemukan misalnya pada Web Server. Ketika kamu mengetikkan sebuah alamat website tertentu pada browser di komputer kamu, maka artinya komputer kamu sedang bertindak sebagai klien yang meminta informasi kepada Web Server.

Kasus lain yang bisa juga dijadikan contoh adalah pada Server ATP. Pada Server ATP, kamu dapat mengunggah sebuah dokumen atau data menuju Server FTP, sehingga dapat disimpan dalam server tersebut.

Demikianlah penjelasannya mengenai pengertian server, jenis-jenis server, fungsi server, beerta manfaat dan cara kerja server. Semoga bermanfaat untuk kamu dan bisa membantu kamu mengenal tentang server yang lebih jauh.

Cara Mengaktifkan Virtualization Technology di BIOS (Lengkap)

Komputer memang teknologi yang keren dan luar biasa hebatnya. Saking kerennya, ada banyak teknologi di dalamnya yang ternyata tak semua pemilik sadari. Salah satunya...
litalia
2 min read

Cara Mengatur Ukuran Kertas pada Printer dan MS Word

Untuk mendapatkan sebuah cetakan sesuai keinginan, maka hal yang musti kamu lakukan yakni terlebih dahulu melakukan pengaturan kertas pada printer dan Microsoft Word sesuai...
litalia
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.