Pengertian Sejarah Secara Umum dan Menurut Para Ahli

Pengertian Sejarah Secara Umum

Bicara soal sejarah sama artinya dengan bicara diri kita sendiri. Apa yang terjadi hari ini tidak lepas dari sejarah di masa lampau. Karena itulah, penting sekali memahami apa yang disebut dengan sejarah. Sebab dengan begitu, kita jadi memiliki gambaran yang komprehensif dan menyeluruh.

Pengertian Sejarah Secara Umum

Secara umum sejarah adalah peristiwa yang telah terjadi di masa lampau dan disusun secara runtut berdasarkan bukti yang berkaitna dengan peristiwa tersebut.

Sejarah bisa pula diartikan sebagai ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang suatu peristiwa terkait kehidupan manusia yang pernah terjadi pada masa lampau.

Ada pula yang mengartikan sejarah sebagai ilmu yang membahas tentang kejadian atau peristiwa terkait dengan kehidupan manusia yang terjadi pada masa lampau dan dipelajari melalui bukti.

Ilmu sejarah dipelajarai berdasarkan bukti peninggalan, baik bukti tertulis, lisan, atau peninggalan. Contoh bukti tertulis seperti kitab, atau dokumen kuno lainnya.

Sedangkan contoh bukti lisan yaitu tradisi cerita yang terus ada secara turun temurun. Sementara artefak, prasasti, dan monumen adalah bukti sejarah berupa benda peninggalan.

Pengertian Sejarah Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia

Pengertian sejarah menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah:

  • Asal-usul atau keturunan silsilah
  • Sejarah disebut juga dengan riwayat adalah kejadian dan peristiwa yang benar-benar terjadi pada masa lampau
  • Sejarah sebagai ilmu pengetahuan adalah pengetahuan yang menguraikan tentang peristiwa atau kejadian yang benar-benar terjadi pada masa lampau

Pengertian Sejarah Secara Etimologi

Kata sejarah berasal dari bahasa Arab yaitu sajaratun atau syajaroh yang memiliki arti silsilah atau pohon. Di dalam bahasa Arab sejarah disebut dengan tarikh yang memiliki arti waktu atau penanggalan.

Kata sejarah diambil dari bahasa Yunani yaitu historia yang memiliki arti ilmu atau orang pandai. Di dalam bahasa Inggris menjadi history yang memiliki masa lalu manusia.

Kata yang paling mendekati acuan sejarah adalah geschitte dari bahasa Jerman yang memiliki arti sudah terjadi.

Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli

Para ilmuan dan ahli sejarah mengemukakan pendapat tersendiri terkait pengertian sejarah.

1. Pengertian Sejarah Menurut Moh. Yamin

Sejarah adalah suatu ilmu pengetahuan yang disusun dari hasil penyelidikan dari berbagai peristiwa, serta dapat dibuktikan kebenarannya sebagai bahan kenyataan untuk menjelaskan peristiwa tersebut benar-benar terjadi.

Dapat dijelaskan bahwa sejarah merupakan sebuah pondasi dari ilmu pengetahuan yang didapatkan dari berbagai penelitian dari peristiwa masa lampu yang dapat dicari kebenarannya.

2. Pengertian Sejarah Menurut Herodotus

Bapak sejarah ini, menemukanan bahwa sejarah adalah suatu yang menjabarkan suatu putaran yang berkaitan dengan tokoh, waktu, perilaku, yang dapat memunculkan peradaban.

Maksudnya sejarah merupakan bahan mentah yang dapat dikelola dan diteliti kaitan antara tokoh masarakat dalam peradaban di masa lampau.

3. Pengertian Sejarah Menurut Sartono Kartidirdjo

Sejarah adalah sebuah deskripsi yang menggambarkan pengalaman secara gabungan terhadap peristiwa yang terjadi di masa lampau. Serta menceritakan berbagai kejadian yang bertujuan untuk menghidupkan kembali peristiwa masa lalu ke masa sekarang.

4. Pengertian Sejarah Menurut Ibnu Kaldun

Sejarah adalah catatan kehidupan masyarakat terdahulu atau peradaban manusia yang terbentuk dari watak atau sifat masyarakat tersebut. Itu artinya sejarah menjadi catatan sifat atau watak mayarakat atau peradaban di masa lalu.

5. Pengertian Sejarah Menurut Moh. Hatta

Sejarah menurut Moh. Hatta adalah perwujudan tentang masa lampau. Sejarah bukan hanya sekadar melahirkan asal mula dari berbagai peristiwa, melainkan sebagai bentuk nyata dari suatu kejadian.

Hal ini akan bertolak belakan jika dilihat dari segi ilmu fisika yang berhubungan dengan benda bergerak dan tenaga yang menggerakkannya.

6. Pengertian Sejarah Menurut Nugroho Notosusanto

Sejarah adalah peristiwa yang menyangkut menusia sebagai mahkluk bermasyarakat berdasarkan masa lampau. Nugroho Notosusanto juga menjelaskan sejarah sebagai kisah mengenai segala peristiwa yang disusun berdasarkan bukti peninggalan dari berbagai peristiwa tersebut.

7. Pengertian Sejarah Menurut Moh. Ali

Penjabaran sejarah menurut Moh. Ali, sejarah adalah keseluruhan dari perubahan dan unsur kejadian yang benar-benar terjadi. Dengan kata lain, sejarah adalah ilmu perubahan-perubahan yang menyelidiki suatu kejadian atau peristiwa yang pernah terjadi di masa lampau.

8. Pengertian Sejarah Menurut Kuntowijoyo

Menurut Kuntowijoyo, sejarah adalah hal-hal yang menyuguhkan fakta berdasarkan sifat diakronis, ideografis, unik, dan empiris. Dengan penjelasan berikut ini:

  • Sejarah bersifat diakronis karena berkaitan erat dengan waktu
  • Sejarah bersifat ideografis karena menggambarkan dan menceritakan suatu peristiwa
  • Sejarah bersifat unik karena berisi tentang peristiwa unik yang artinya hanya terjadi satu kali
  • Sejarah bersifat empiris karena berdasar pada peristiwa yang benar-benar dialamai oleh manusia.

9. Pengertian Sejarah Menurut Taufik Abdullah

Menurut Taufik Abdullah, sejarah adalah perilaku atau tindakan manusia dalam jangka waktu tertentu ditempat tertentu yang dilakukan di masa lampau.

10. Pengertian Sejarah Menurut R.G. Collingwood

Menurut R.G. Collingwood, sejarah adalah bentuk penyelidikan tentang hal-hal yang telah dilakukan oleh manusia di masa lampau. Objek utama yang digunakan untuk bahan penyelidikan terkait sejarah adalah tindakan  manusia di masa lampau.

Penyelidikan yang dilakukan diantaranya kapan, dimana, dan dengan cara apa manusia dulu melakukannya. Manusia adalah objek yang tidak dapat dilepas dari sejarah.

11. Pengertian Sejarah Menurut Aristoteles

Sejarah adalah suatu sistem yang mengelola penelitian peristiwa yang pernah terjadi, yang tersusun secara teratur menjadi kronologi.

Aristoteles juga menyampaikan, sejarah adalah kejadian yang menjadi catatan atau rekaman sebagai bukti nyata dan akurat. Pengertian sejarah ini sangat menunjang pengetahuan dari segala aspek.

12. Pengertian Sejarah Menurut Patrick Gardiner

Menurut Patrick Gardiner, sejarah adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari peristiwa yang telah terjadi dan diperbuat oleh manusia di masa lampau.

13. Pengertian Sejarah Menurut Roeslan Abdulgani

Sejarah adalah salah satu cabang ilmu pengetahuan yang meneliti atau menyelidiki secara teratur dan berdasarkan prosedur yang ada. Hal ini menjelaskan bahwa pada dasarnya yang menunjang berbagai ilmu pengetahauan itu berasal dari kehidupan manusua di masa lampau.

Bukti-bukti yang ada dinilai secara kritis karena akan berpengaruh pada pengetahuan di masa depan.

14. Pengertian Sejarah Menurut Leopold Von Ranke

Menurut Leopold Von Ranke, sejarah adalah peristiwa yang benar-benar terjadi di masa lampau.

15. Pengertian Sejarah Menurut Drs. Sidi Gazalba

Ahli filsafat, Drs. Sidi Gazalba berpendapat sejarah adalah masa lampau manusia serta aspek yang lain dan sisusun dengan ilmiah dan juga lengkap, meliputi urutan fakta masa tersebut dengan menjelaskan yang memberi pemahaman tentang apa yang berlaku.

16. Pengertian Sejarah Menurut Rochmawati Wiriatmaja

Sejarah adalah disiplin ilmu yang menjanjikan etika, moral, kebijaksanaan, nilai spiritual, dan kultural. Dimana kajian ini bersifat memberikan pedoman kepada keseimbangan hidup, harmoni dalam nilai-nilai, keteladanan dalam keberhasilan maupun kegagalan.

Serta cerminan pengalaman kolektif yang menjadi kompas untuk kehidupan masa depan.

17. Pengertian Sejarah Menurut Ismaun

Sejarah adalah suatu ilmu pengetahuan yang bersumber sebagai kisah, berkaitan erat dengan peristiwa atau kejadian yang berlangsung dari segala aspek.

Sejarah merupakan catatan atau rekaman pilihan yang disusun dengan cermat tentang kehidupan manusia di masa lalu. Berabahai kisah yang diangkat dari jaman dulu dijadikan sebagai bahan penunjang untuk menambah wawasan dan pengetahuan.

18. Pengertian Sejarah Menurut J.V. Bryce

Menurut J.V. Bryce, sejarah adalah catatan dari apa yang pernah dipernah diperbuat, dipikirkan, serta dikatakan oleh manusia di masa lampau.

19. Pengertian Sejarah Menurut W.H. Walsh

Menurut W.H. Walsh, sejarah menitik beratkan kepada pencatatan yang memiliki arti penting bagi manusia. Catatan yang dimaksud meliputi berbagai tindakan serta pengalaman umat manusia pada masa lampau dengan berbagai hal yang penting sehingga menjadi sebuah cerita yang berarti.

20. Pengertian Sejarah Menurut Robin Winks

Sejarah menurut Robin Winks yaitu ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang manusia dalam kehidupan bermasyarakat di masa lampau.

21. Pengertian Sejarah Menurut Sir Charles Firth

Menurut Sir charles Firth, sejarah merekam semua kehidupan manusia dari berbagai kondisi material yang telah membantu perkembangan, berbagai ide yang membatasi aksi masyarakat, serta perubahan masyarakat yang terjadi terus menerus.

22. Pengertian Sejarah Menurut Rober V. Daniels

Sejarah adalah sebuah kenangan yang bertumpu pada masa lampau. Kenangan yang dimaksud adalah kenangan tentang manusia. Manusia sendiri adalah pelaku sejarah yang memiliki kemampuan menangkap dan mengingat kejadian yang ada. Ingatan tersebut yang akan menjadi sumber sejarah.

23. Pengertian Sejarah Menurut Thomas Carlyle

Sejarah adalah peristiwa pada masa lampau yang mempelajari biografi seorang tokoh. Mereka yang disebut tokoh adalah manusia yang secara langsung terlibat dalam peristiwa sejarah.

Mereka juga disebut sebagai penyelamat pada jamannya. Tokoh juga merupakan orang besar yang tercatat sebagai peletak dasar terjadinya sejarah tersebut.

24. Pengertian Sejarah Menurut Bennedetto Croce

Sejarah adalah rekaman kreasi jiwa baik dibidang yang menjelaskan segala teori maupun bidang yang menjelaskan prakteknya. Hal iini cenderung mengkaji tentang sisi religius dari lahir dan batin, serta akal pikiran, maupun tindakan setiap manusia.

Kepribadian dalam pengertian ini dapat menunjang pengetahuan yang dipraktekkan dari peristiwa masa lampau.

25. Pengertian Sejarah Menurut J. Bank

Sejarah menurut J. Bank, kejadian atau peristiwa yang terjadi di masa lampau. Dimana peristiwa tersebut digunakan sebagai bahan penunjang yang dapat di-pahami dari tindakan atau perilaku manusia di masa lalu.

Secara garis besar, dikatakan bahwa sejarah adalah kejadian atau peristiwa yang berkaitan dengan manusia, baik di masa lampau, masa sekarang, atau masa yang akan datang.

26. Pengertian Sejarah Menurut Gustafson

Gustafson mengemukakan sejarah sebagai penunjang dalam pengetahuan atau sebagai puncak pengetahuan manusia terdahulu. Pengetahuan tentang manusia terdahulu akan mempengaruhi generasi selanjutnya dan menjadikan sejarah sebagai patokan.

27. Pengertian Sejarah Menurut Beirnheim

Sejarah adalah ilmu yang menelusuri ataupun meneliti berbagai peristiwa dalam waktu, keadaan, atau ruang yang menyesuaikan perkembangan manusia.

Manusia sebagai mahkluk sosial akan efektif dan efisien menjadikan sejarah sebagai ilmu pengetahuan dasar dalam penelitian suatu ilmu secara mendalam.

28. Pengertian Sejarah Menurut Edward Hallet Carr

Edward Hallet Carr juga mengemukakan bahwa sejarah sebagai penunjang pengetahuan. Sejarah sebagai dialog anatra masa lampau dengan masa sekarang yang akan selalau memiliki keterkaitan.

Ilmuan dan fakta-fakta yang dimilikinya selalu menjadi proses. Hal ini menjadikan pelajaran dalam menyesuaikan atau mensejajarkan masa lampau dengan masa sekarang.

Pengertian Sejarah Menurut Bahasa

Nah kalau ditinjau dari segi bahasa, terdapat beberapa istilah sejarah menurut bahasa, sebagai berikut:

  1. Bahasa Inggris, sejarah berasal dari kata history yang artinya masa lampau.
  2. Bahasa Arab, sejarah berasal dari kata sajaratun atau syajaroh yang artinya pohon atau keturunan. Penjelasannya, saat membaca silsilah keluarga kerajaan akan tampak seperti pohon dari yang paling kecil hingga yang paling besar. Sejarah diartikan sebagai silsilah keturunan raja yang artinya peristiwa pemerintahan kerajaan di masa lampau.
  3. Bahasa Yunani, sejarah berasal dari kata historia yang artinya belajar atau orang pandai. Sejarah adalah ilmu pengetahuan yang membahas tentang peristiwa terkait kehidupan manusia yang pernah terjadi pada masa lampau.
  4. Bahasa Jerman, sejarah berasal dari geschichte yaitu sesuatu yang telah terjadi pada masa lampau dan berhubungan dengan kehidupan manusia.

Itulah pengertian sejarah dari berbagai sudut pandang. Ada yang menganggapnya hanya sebatas peristiwa di masa lampau, dan ada pula yang menyebut sejarah adalah peristiwa yang berhubungan dengan masa sekarang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *