Pengertian Router Beserta Fungsi dan Cara Kerja Router Pada Jaringan Komputer

Pengertian Router Beserta Fungsi dan Cara Kerja Router Pada Jaringan Komputer – Internet adalah kebutuhan pokok di jaman modern. Hampir setiap hari, kita pasti mengakses internet. Perangkat-perangkat seperti komputer, laptop, smartphone, semuanya terhubung ke internet. Bahkan bila tanpa internet, perangkat tersebut tidak bisa bekerja secara optimal.

Internet juga membuat hidup jadi semakin mudah. Segala informasi bisa kita temukan di internet. Mengirim data dan menerima data, bisa dilakukan melalui jaringan internet. Berkomunikasi juga bisa dilakukan melalui jaringan internet.

Nah tahukah kamu bila untuk menghubungkan perangkat dengan perangkat lain melalui jaringan internet dibutuhkan Router? Router adalah alat yang tak bisa dipisahkan dari jaringan internet. Lantas, apa sebenarnya Router itu?

Pengertian Router

pengertian router adalah

Router merupakan salah perangkat jaringan komputer yang berfungsi untuk menghubungkan beberapa jaringan baik yang sama maupun berbeda.

Selain itu, router juga dapat diartikan sebagai sebuah perangkat atau alat yang berfungsi untuk mengirimkan paket data melalui jaringan internet agar dapat mencapai tujuannya. Proses dalam pekerjaan router dinamakan routing.

Jadi Router ini bisa diibaratkan sebagai perantara. Router adalah siperantara yang menghubungkan beberapa perangkat dalam jaringan (network), bisa dalam bentuk jaringan yang sama, bisa pula dalam jaringan yang berbeda. Misalnya beda topologi jaringan, ada yang bus, star atau ring.

Fungsi Router

fungsi router

Fungsi utama Router yaitu untuk mendistribusikan atau membagi IP adress, baik secara Dynamic Hist Configuration protokol (DHCP) maupun statis kepada komputer yang telah terhubungan dengan router tersebut.

Dengan IP adress yang diberikan router untuk setiap komputer memungkinkan setiap komputer dapat saling terhubung satu sama lain serta saling berkomunikasi, baik pada LAN maupun internet.

Di era yang terus berkembang ini router berkembang menjadi lebih modern dan canggih, yaitu dapat membagikan atau mendistribusikan IP untuk setiap komputer tidak hanya dengan menghubungkan dengan sambungan kabel atau LAN.

Melainkan dapat juga dengan teknologi non-kabel (wireless) sehingga sekarang router dapat disambungkan tidak hanya pada komputer tetapi dapat juga disambungkan ke smartphone, laptop maupun gadget.

Untuk lebih jelasnya, fungsi berikut beberapa fungsi router:

  1. Fungsi utama adalah menghubungkan berbagai jaringan agar dapat mengirim data dari satu jaringan menuju jaringan lainnya.
  2. Berfungsi sebagai perangkat yang mentransimiskan data atau informasi dari satu jaringan ke jaringan dengan sistem kerja yang sama seperti Bridge.
  3. Router berfungsi menghubungkan suatu jaringan lokal kepada koneksi DSL atau biasa disebut dengan DSL router.

Semakin kompleksnya internet, peran Router juga semakin kompleks.

Cara Kerja Router

Kerja router adalah dengan merutekan paket data informasi yang dinamakan dengan proses routing. Dengan proses routing, router dapat tahu tentang arah rute tujuan perjalanan data atau informasi tersebut, apakah jaringan tersebut berada pada suatu jaringan yang berbeda atau mungkin sama.

Jika paket informasi yang yang dituju merupakan jaringan yang sama, router secara otomatis akan menghalangi paket informasi yang keluar serta meneruskan paket informasi tersebut dengan menggunakan proses routing dijaringan yang sama hingga paket data tersebut sampai ke tujuan.

Sedangkan jika paket informasi yang dituju mengarah pada jaringan yang tidak sama atau berbeda, router akan meneruskan kepada jaringan tersebut.

Jenis-Jenis Router

jenis-jenis router

Ternyata Router ini tidak hanya terdiri dari satu jenis saja. Melainkan ada berbagai macam jenis, meliputi:

1. Rouer PC

Router PC merupakan komputer yang didesain sedemikian rupa hingga dapat difungsikan sebagai router. Tidak harus memakai komputer yang berspesifikasi tinggi untuk membuat router PC, karena komputer berprosesor pentiun dua, RAM 64 GB Hard Drive 10 GB serta telah memiliki LAN card bisa dipakai sebagau router PC.

Komputer yang akan digunakan sebagai router PC harus diintal terlebih dahulu dengan menggunakan sistem operasi khusus router. Sistem operasi yang biasa dijadikan untuk router PC adalah sistem operasi Mikrotik.

2. Router Hardware

Router ini adalah sebuah hardware yang mempunyai kemampuan layaknya router, sehingga dengan menggunakan hardware tersebut Anda bisa membagikan IP adress.

Router jenis ini bisa digunakan untuk membagikan jaringan internet yang ada pada suatu wilayah, contoh dari router ini yaitu access point, wilayah yang bisa mendapat koneksi internet atau mendapat IP adress dinamakan dengan HotSpot Area.

3. Router Aplikasi

Router aplikasi yaitu sebuah aplikasi yang jika Anda install pada sistem operasi di komputer Anda, sistem operasi tersebut dapat berperan sebagai router. Contoh dari router aplikasi meliputi: SpyGate, WinProxy Winroute, Wingata dan lain-lain.

Kelebihan Dan Kekurangan Router

Router memiliki berbagai kelebihan dan kekurangan yang melekatinya, diantaranya:

Kelebihan

  1. Dapat menghubungkan satu jaringan komputer dengan jaringan komputer lain.
  2. Mampu melakukan penyaring proses data serta dapat membagikan jaringan menjadi beberapa subnet hingga proses yang ditujukan kepaada IP adress tertentu dapat mengalir dari sari suatu segmen ke segmen lain.
  3. Dapat berperan sebagai topologi jaringan serta tidak peka terhadap masalah yang ada terhadap kelambatan waktu.
  4. Router bisanya dapat terkonfigurasi daripada Bridge.
  5. Setiap proses routing atau pengiriman data harus memakai IP adress.

Kekurangan

  1. Pilihan koneksi terbatas dan tergantung pada jumlah koneksi.
  2. Router dapat mematikan seluruh jaringan atau network yang tidak berguna.
  3. Karena memiliki peran ganda, menjadikan kinerja pada PC router menjadi lebih berat.

Yups, itulah penjelasan singkat tentang router beserta fungsi, cara kerja, jenis, serta kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh router. Semoga bermanfaat. Salam.

Ada pertanyaan atau komentar?