Pengertian Printer dan Fungsinya Beserta Jenis-jenis Printer

Masih ada yang tidak kenal dengan nama printer? Saya pikir, semua pembaca tahu alat seperti apa itu printer. Setidaknya kita mengenal printer sebagai sebuah perangkat elektronik yang sering kita gunakan untuk mencetak gambar atau tulisan di kertas. Saat ini penggunaan printer sudah sangat banyak pada berbagai keperluan yang berbeda.

Namun, tahukan kamu bahwa printer sekarang sudah mengalami perkembangan yang sangat pesat. Karena perkembangannya tersebut, agaknya kurang tepat lagi jika kita cuman mengartikan prnter adalah alat cetak di kertas seperti yang umumnya kita ketahui. Seiring berkembangnya teknologi, pengertian, fungsi, hingga jenis printer juga terus berkembang hingga terjadi banyak perubahan.

Pengertian Printer

Pengertian Printer

Dari asal namanya, printer memang hanyalah sebatas alat untuk mencetak. Ini karena Printer berasal dari kata print yang memiliki arti cetak. Secara sederhanya, printer merupakan sebuah alat atau mesin yang digunakan untuk mencetak. Bisa untuk mencetak tulisan, gambar, foto dan lainya pada sebuah kertas.

Nama tersebut sesuai dengan sejarahnya dimana alat printer digunakan untuk mencetak di kertas. Hingga mesin printer elektronik pertama kali dibuat oleh perusahaan Jepang bernama Epson. Pada tahun 1968, Epson merilis EP-101 yang merupakan mesin printer elektronik pertama.

Sejak saat itu, printer elektronik terus mengalami perkembangan yang cukup pesat. Mulailah bermunculan berbagai perusahaan yang juga merilis printer elektronik. Jenis printer juga mengalami perkembangan yang sangat pesat. Printer mulai menggunakan teknik dan teknologi berbeda yang terus berkembang. Misalnya pada 19888 HP sudah mulai mengenalkan printer laser.

Namun, kebanyakan masih memiliki kegunaan yang sama yaitu printer hanya mencetak sebatas mencetak tulisan atau gambar di atas kertas saja. Perkembangan ini juga terjadi dalam juangka waktu yang cukuplama.

Akhirnya, pada tahun 2010 printer mulai mengalami perkembangan yang lebih pesat ke tahapan selanjutnya. Pada sekitar tahun tersebut printer yang mencetak tidak hanya gambar atau kata 2D saja, tapi juga sudah ramai menjadi pembicaraan printer yang bisa mencetak 3D.

Dengan adanya perkembangan pada tahap selanjunya inilah printer sudah tidak bisa kita artikan lagi sebagai sebatas alat untuk mencetak kata atau gambar pada kertas saja. Kini dan kedepannya kamu bisa mencetak sesuatu yang 3D dengan menggunakan printer. Namun, agaknya masih memerkukan waktu agar printer 3D bisa ditemukan semudah printer 2D saat ini. Jadi, bisa dikatakan printer adalah alat untuk mencetak yang bisa melakukan pencetakan.

Fungsi Printer

Printer sebenarnya memiliki satu fungsi utama yaitu mencetak atau menyajikan data dari komputer kepada pemakainya secara langsung. Data yang dicetak atau disajikan bisa bermacam-macam jenisnya, seperti foto dan dokumen.

Akan tetapi, dalam fungsi mencetak tersebut ada banyak fungsi lainnya yang bisa kamu gunakan. Tentu saja fungsi tersebut juga bergantung kepada jenis dan juga kemampuan dari printer tersebut sendiri. Berikut ini beberapa fungsi printer:

1. Mencetak Tulisan

Fungsi Printer

Fungsi ini biasanya digunakan untuk kepentingan kantor atau kepentingan tugas bagi para pelajar dan juga mahasiswa. Mencetak tulisan disini bisa digunakan untuk mencetak laporan, tugas, artikel, hingga mencetak tulisan hal lainnya. Oleh karena itulah biasanya di berbagai kantor yang masih membutuhkan bahan tercetak pasti memiliki printer sendiri. Tentu saja hal ini lebih hemat ketimbang mencetak di mesin percetakan.

2. Mencetak Foto

menyajikan data

Jika dulu mencetak foto maka harus di lakukan di tempat tertentu dan dengan mesin cetak foto tertentu. Saat ini mencetak foto sudah bisa dilakukan oleh hampir semua jenis printer. Hampir semua jenis printer pribadi bisa mencetak dengan menggunakan kertas foto. Dengan begitu, anda bisa mencetak foto menggunakan printer anda.

3. Cetakan Lainnya

mencetak foto dan gambar

Kedua fungsi itu umumnya bisa digunakan printer pribaddi biasa. Namun, ada banyak fungsi lain yang biasanya diperlukan printer khusus seperti untuk mencetak spanduk, baner, sablon, dan bahkan mencetak 3D.

Jenis-jenis Printer

Jenis-jenis Printer

Jenis printer bisa ke dalam banyak jenis, tergantung dari mana kita melihatnya. Dengan pembagian ini jenis printer bisa lebih mudah digolongkan. Berikut ini beberapa diantaranya:

1. Jenis Printer Berdasarkan Pemakaian

Berdasarkan pemakaiannya, printer bisa dibagi menjadi printer perseorangan dan printer Jaringan. Printer perseorangan atau pribadi adalah printer yang umumnya disambungkan dengan satu computer saja. Biasanya jenis printer ini digunakan secara pribadi di rumah atau digunakan di kantor, tapi untuk satu computer saja.

Printer jaringan adalah printer yang dihubungkan dengan jaringan komputer. Ini dapat kamu temukan di berbagai tempat pencetakan. Ini juga biasa digunakan di perkantoran.

2. Jenis Printer Berdasarkan Teknologi

Berdasarkan teknologi yang digunaknnya, printerbisa dibagi menjadi beberpa jenis seperti printer daisy wheel, line printer, dot matrix, inkjet, dan laserjet. Saat ini umumnya yang banyak digunakan adalah jenis printer inkjet. Jenis ini adalah jenis printer dengan tinta isi ulang yang biasa digunakan di berbagai printer perseorangan saat ini.

Adapun printer lain yang cukup sering digunakan saat ini adalah laserjet. Jenis ini dikenal memiliki kecepatan mencetak yang cukup tinggi. Biasanya jenis printer inkjet ini digunakan sebagai printer jaringan di berbagai tempat percetakan atau kantor.

Berdasarkan teknologinya, bisa kita kelompokkan beberapajenis printer:

  • Printer inkjet untuk mencetak foto dan gambar
  • Printer laser cocok untuk mencetak dalam jumlah banyak
  • Printer foto untuk Anda yang hobi foto

3. Berdasarkan Merek Yang Beredar di Pasaran

Khusus untuk pasar elektronik di Indonesia, ada beberapa jenis printer yang beredar dengan berbagai spesifikasi yang dimiliki sekaligus bisa jadi rekomendasi bila kamu ingin beli printer

  • CANON PIXMA iP2770
  • Brother Business Smart Plus MFC-J5520DW
  • HP Envy 5540 All-in-One
  • EPSON WorkForce WF-3521
  • HP DeskJet 1112 Printer [K7B87D]
  • Brother Work Smart MFC J885DW
  • FUJI XEROX DocuPrint CP115W
  • Brother HL-1211W
  • Dell B1265 Laser
  • HP Officejet Pro 8610
  • Primera Trio Portable All-in-One
  • Canon PIXMA iP110

Selain beberapa merek di atas, tentu saja masih ada banyak merek lainya yang juga layak kamu pilih. Semua tergantung kebutuhan kamu.

Cara Mengaktifkan Virtualization Technology di BIOS (Lengkap)

Komputer memang teknologi yang keren dan luar biasa hebatnya. Saking kerennya, ada banyak teknologi di dalamnya yang ternyata tak semua pemilik sadari. Salah satunya...
litalia
2 min read

Cara Mengatur Ukuran Kertas pada Printer dan MS Word

Untuk mendapatkan sebuah cetakan sesuai keinginan, maka hal yang musti kamu lakukan yakni terlebih dahulu melakukan pengaturan kertas pada printer dan Microsoft Word sesuai...
litalia
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *