Pengertian Pidato

Pengertian Pidato – Pidato merupakan salah satu kegiatan yang membutuhkan kemampuan berbicara di depan banyak orang, sehingga tidak heran banyak orang yang ingin mencari contoh pidato. Pidato ini dilakukan guna menyampaikan ide, gagasan, pernyataan, petunjuk, atau juga nasehat dengan menggunakan susunan kata yang baik dan benar. Tak hanya itu, tetapi pidato juga diartikan sebagai aktivitas berbicara di depan khalayak atau berorasi.

Dalam hal ini, orang yang berbicara atau orator akan menyampaikan sikap, pernyataan, juga memberikan informasi tentang segala sesuatu yang sedang terjadi. Pidato biasanya juga dilakukan oleh orator yang dianggap penting guna menyampaikan pandangan tentang suatu hal dengan cara orasi. Contoh pidato sangat banyak seperti pidato Bahasa Jawa, Pidato Persuasif, dan lainnya. Semua contoh pidato tersebut dapat Anda simak pada artikel berikut.

Pengertian Pidato Menurut Para Ahli

pengertian pidato
pengertian pidato

Berikut ini adalah pengertian pidato menurut para ahli yang dapat Anda simak.

1.Arsjad

Pidato merupakan kegiatan yang dilakukan untuk menyampaikan ide, konsep, atau juga gagasan sang orator kepada audience di muka umum dengan tujuan untuk menciptakan rasa yakin terhadap idea tau gagasan yang telah disampaikan.

2. Emha Abdurrahman

Pidato merupakan kegiatan untuk menyampaikan pendapat atau uraian secara lisan tentang suatu hal atau masalah dengan kalimat yang jelas di hadapan banyak orang dalam waktu tertentu.

3. Syam

Pidato adalah teknik atau kemampuan berbicara yang menggunakan susunan kata dan bahasa yang efektif untuk menunjukkan kemahiran atau keterampilan orator dalam memilih kata yang tepat dan dalam mempengaruhi para pendengar.

4. Wikipedia

Wikipedia Indonesia menyebutkan bahwa pidato merupakan kegiatan untuk berbicara di depan umum, atau melakuan orasi guna menyatakan pendapat atau memberikan gambaran terhadap hal yang sedang terjadi.

Tujuan Pidato

Tujuan pidato adalah sebagai berikut:

  1. Mengajak atau mempengaruhi orang lain agar dapat mengikuti nasehat atau pandangan Anda secara suka rela.
  2. Memberikan informasi atau wawasan kepada orang lain.
  3. Menghibur orang lain sehingga merasa senang dengan apa yang Anda sampaikan melalui pidato.

Fungsi Pidato Secara Umum

Fungsi Pidato Secara Umum
pengertian pidato

Ada beberapa fungsi dalam berpidato secara umum, yaitu sebagai berikut.

1. Pidato Adalah Cara Berkomuikasi Yang Lebih mudah

Pidato menjadi salah satu cara untuk membangun komunikasi di depan khalayak dengan cara yang lebih mudah. Tentu, tidak mudah berkomunikasi dengan orang banyak. Namun, ketika Anda sudah berpidato, maka audiens akan memperhatikan Anda, mendengarkan apa yang Anda sampaikan, juga membangun interaksi yang positif.

2. Pidato Sebagai Wadah Dalam Berorganisasi

Dalam setiap organisasi, metode komunikasi menjadi pondasi penting agar setiap anggota mampu memperoleh informasi. Berpidato akan membantu ketua organisasi untuk menyampaikan informasi agar dapat didengar secara langsung oleh seluruh anggota.

3. Pidato Dapat Menciptakan Suasana Yang Kondusif

Bisakah Anda bayangkan apa yang terjadi ketika Anda berada di ruangan dan hendak menyampaikan sesuatu, namun kondisi begitu tidak kondusif? Ketika banyak yang mengobrol, banyak yang sibuk sendiri, atau apapun itu, maka pidato dapat digunakan sebagai cara yang tepat untuk menyampaikan informasi tanpa membuang waktu.

Informasi dari pidato langsung didengar oleh seluruh anggota, sehingga hanya satu saja yang berbicara dan yang lain cukup menyimak. Bahkan, dari pidato juga akan muncul pertanyaan, sanggahan, atau tanggapan yang akan sangat membantu dalam menjalin komunikasi dan interaksi organisasi.

4. Pidato Membangun Hubungan Harmonis

Ketika berpidato, Anda akan menyampaikan ide, gagasan, atau secara langsung membangun komunikasi dengan seluruh anggota organisasi. Tidak peduli Anda seorang atasan yang hendak memberikan arahan kepada bawahan, atau seorang bawahan yang sedang ditunjuk untuk menyampaikan saran, pidato sangat membantu mengurangi miskomunikasi, dan menjadi wadah untuk menyampaikan aspirasi.

Macam Macam Pidato

Macam Macam Pidato
pengertian pidato

Macam-macam pidato bergantung pada isi atau sifat pidato yang hendak disampaikan, sebagaimana berikut.

  1. Pidato Pembukaan – Pidato singkat yang disampaikan oleh pembawa acara atau MC. Dalam kegiatan tertentu.
  2. Pidato Pengarahan – Pidato yang bersifat mengarahkan dalam suatu pertemuan.
  3. Pidato Sambutan – Pidato yang disampaikan dalam suatu kegiatan atau peristiwa yang dapat dilakukan oleh beberapa orator dengan waktu terbatas secara bergantian.
  4. Pidato Peresmian – Pidato yang bersifat untuk meresmikan sesuatu yang disampaikan pada orang yang berpengaruh.
  5. Pidato Laporan – Pidato yang bersifat untuk menyampaikan suatu kegiatan atau tugas yang telah dilaksanakan.
  6. Pidato Pertanggungjawaban – Pidato yang bersifat menyampaikan laporan pertanggungjawaban dalam kegiatan tertentu.

Metode Berpidato

Metode Berpidato
pengertian pidato

Apa saja metode berpidato? Berikut adalah beberapa metode dalam berpidato yang harus Anda ketahui:

  1. Impromptu – Metode yang digunakan ketika orator melakukan pidato secara langsung tanpa ada persiapan terlebih dahulu.
  2. Memoriter – Pidato dengan metode menghafalkan naskah teks terlebih dahulu.
  3. Naskah – Metode berpidato dengan cara membaca naskah atau teks.
  4. Ekstemporan – Metode berpidato dengan membuat konsep tentang apa yang ingin disampaikan secara garis besar.

Kerangka Pidato

Kerangka Pidato
pengertian pidato

Berikut adalah informasi tentang bagaimana cara menyusun kerangka atau struktur berpidato.

1. Pembukaan

Dalam pembukaan, berikut hal-hal yang harus disampaikan:

Salam Pembuka – Merupakan ucapan untuk memberikan penghormatan, terutama bagi orang-orang berpengaruh dengan jabatan tertinggi sampai jabatan terendah.

Ucapan Syukur – Orator menyampaikan ucapan rasa terimakasih karena kesempatan yang diberikan sehingga dapat menyampaikan pidato juga dapat berkumpul dengan seluruh hadirin.

Ucapan Pengantar – Susunan kata atau bahasa yang digunakan untuk membahas topik yang ingin disampaikan.

2. Isi Pidato

Pada bagian ini, orator akan membahas tentang isi pidato yang ingin disampaikan, entah itu adalah pidato singkat atau tidak.

3. Penutup

Orator menyampaikan kesimpulan dari isi pidato yang telah disampaikan. Orator juga menyampaikan permohonan maaf apabila terdapat kesalahan ketika menaympaikan isi pidato. Juga, orator memberikan salam penutup.

4. Salam

Salam diberikan sebagai tanda bahwa pidato yang disampaikan telah berakhir. Juga, salam bisa menyesuaikan dengan agama masing-masing.

Persiapan Pidato

Persiapan Pidato
pengertian pidato

Guna menciptakan kesan positif selama berpidato, maka perlu dilakukan beberapa persiapan terlebih dahulu. Berikut adalah langkah-langkah yag harus Anda lakukan sebagai bentuk persiapan berpidato:

  1. Ketahui wawasan audience secara umum
  2. Ketahui terlebih dahulu durasi atau waktu yang akan diberikan kepada Anda untuk berpidato.
  3. Susun isi pidato dengan kata-kata yang sederhana yang sangat mudah dipahami oleh semua kalangan.
  4. Ketahui jenis pidato juga tema acara.
  5. Siapkan berbagai bahan juga perlengkapan pidato yang dibutuhkan.
  6. Siapkan mental untuk menghilangkan gugup saat kamu berpidato nanti.

Nah, jika Anda sudah mempelajari beberapa materi tentang pengertian pidato, kini Anda bisa melihat berbagai Contoh pidato singkat berikut ini. Anda bisa menggunakan beberapa contoh tersebut untuk latihan berpidato mulai dari sekarang.

Tinggalkan komentar