Pengertian PDF Lengkap Beserta Fungsi dan Kelebihan PDF

Pengertian PDF Lengkap Beserta Fungsi dan Kelebihan PDF,- PDF. Satu kata yang saya yakini pasti familiar buat kamu. Khususnya untuk kamu yang mengenal komputer. PDF adalah salah satu jenis ekstensi yang umumnya dihasilkan oleh software seperti Adope Reader. Jenis ekstensi PDF sering menjadi pilihan utama ketika ingin menyimpan hasil olahan data dokumen lebih aman ketimbang Microsoft Office.

Tapi tahukah kamu mengapa ada ekstensi PDF dan mengapa software ini dibuat? Untuk menjawabnya, kali ini kita akan membahas lebih dalam mengenai pengertian PDF, fungsi dan juga kelebihanya.

Pengertian PDF

Apa itu PDF? PDF adalah singkatan dari Portable Document Format. Kalau didefinisikan, kira-kira begini:

  • PDF merupakan salah satu jenis format dokumen atau berkas yang diciptakan untuk memenuhi kebutuhan pertukaran dukumen digital buatan Adobe System pada tahun 1993.
  • Definisi di atas serupa dengan apa yang diungkapkan oleh Wikipedia. Kemudian, wikipedia menambahkan penjelasan mengenai kegunaan PDF yang telah berkembang dari sebelumnya.
  • Jika sebelumnya PDF hanya untuk pertukaran dokumen digital, kini PDF juga bisa digunakan untuk mempresentasikan dokumen dua dimensi. Baik itu berupa huruf, citra, teks dan grafik vektor dua dimensi.
  • Bahkan pada Acrobat 3-D, PDF memiliki kemampuan membaca dokumen tiga dimensi. Jenis PDF ini menjadi standar ISO sejak Juli 2008 dengan kode ISO 32000-1:2008.

Penggunaan PDF sangat identik dengan dunia kerja, tugas mahasiswa dan lainya yang berhubungan dengan pengolahan data. Data yang sebelumnya diolah dalam software Microsoft Office biasanya akan disimpan dalam dua jenis data. Pertama disimpan dalam ekstensi aslinya dan kedua disimpan dalam ekstensi lainya, salah satunya berbentuk PDF.

Banyak user memilih menggunakan format PDF karena tingkat keamanan dan kepraktisannya dinilai lebih baik dibanding dengan jenis format lainya. Apalagi, file PDF umumnya tidak bisa diubah-ubah lagi. Kecuali dengan software khusus.

Fungsi PDF

Hadinya E-book, tak lepas dari peran PDF dalam bidang pendidikan

Saya yakin, kamu pasti tahu PDF. Kamu juga pasti pernah membuka file PDF, atau bahkan kamu juga pernah convert file dokumen ke PDF atau sebaliknya. Tapi saya tidak terlalu yakin bila kamu tahun apa fungsi dibalik penciptaan PDF sebenarnya.

Memahami alasan utama dibalik penciptaan PDF, sama artinya dengan memahami fungsi PDF yang sebenarnya. Kita bisa memahami alasan penciptaan PDF yang sebenarnya dari:

  • Dilihat dari arti katanya, PDF itu dari kata Portable Document Format atau sebuah format dokumen yang bisa digunakan untuk menyimpan berbagai bentuk dokumen, mulai dari teks atau font, gambar dan lainya. Dari sini bisa kita pahami, bahwa fungsi PDF adalah menyimpan file dokumen dalam format PDF. Tetapi mungkin kamu akan bertanya, kenapa harus disimpan dalam bentuk PDF?
  • File dokumen yang disimpan dalam bentuk PDF bisa digunakan secara fleksibel di komputer manapun. Inilah fungsi utama PDF. Masalah yang kerap ditemui user ketika membuka file dokumen dari satu komputer ke komputer lain adalah perbedaan versi Microsoft Office. Perbedaan versi ini bisa menyebabkan file dokumen menjadi berantakan. Tetapi hal demikian tidak terjadi bila file dokumen tersebut kita simpan dalam bentuk PDF.
  • Berikutnya, file dokumen yang sudah tersimpan dalam bentuk PDF tidak bisa diubah. Kecuali menggunakan software khusus. Hal ini akan membuat data aman dari perubahan yang tidak kita inginkan.
  • Berikutnya, PDF juga memudahkan kita dalam pengiriman data melalui email, khususnya data yang akan kita kirim. Kita tidak perlu lagi mempertimbangkan jenis OS apa yang dipakai oleh penerima, sebab dengan PDF, jenis OS apapun bisa membuka file dokumenya.

Dengan berbagai fungsi yang ditawarkan di atas, tak mengherankan bila format file PDF menjadi bagian penting bagi sebagian orang. Khususnya mereka yang terlibat dalam urusan dokumen digital.

Kelebihan dan Kekurangan PDF Dibanding Format Dokumen Lainnya

Lantas apa kelebihan format PDF bila dibanding dengan format lainya? pada contoh kali ini, misalnya kita bandingkan antara PDF dengan format .doc yang dibuat dari software Microsoft Words.

1. Format PDF Fleksibel Digunakan

Jika dibanding dengan dengan Microsoft Words, jelas PDF sangat unggul dalam bisang fleksibilitasnya. Terutama dalam hal perangkat yang digunakan untuk membukanya. PDF bisa dibuka diperangkat manapun tanpa takut data akan berubah. Berbeda dengan Microsoft Words yang terkadang mengalami perubahan hanya karena beda versi.

Bahkan ketika di buka di Hp, ekstensi PDF akan tetap memiliki tampilan sama seperti bila dibuka melalui perangkat berbasis dekstop. Tentu kemampuan ini tidak dimiliki oleh file dengan format .doc.

2. PDF Memiliki Fitur Lock

Alasan mengapa banyak hasil laporan penelitian dipublikasikan dalam bentuk PDF adalah karena bisa dilindungi fitur kunci atau lock. Kita bisa menambahkan password pada dokumen tertentu. dokumen rahasia misalnya, agar tak bisa dibuka oleh sembarang orang maka kita lengkapi dengan password. Password juga bisa kita terapkan agar file PDF tidak digandakan dan seterusnya.

3. PDF Dapat Diedit

Sebenarnya tujuan utama seseorang menyimpan file dalam bentuk PDF adalah agar file tidak berubah-ubah bila dibuka di perangkat berbeda. Tetapi terkadang kita juga ingin mengedit file PDF. Nah ternyata itu juga bisa dilakukan. Kita bisa menggunakan bantuan software PDF reader. Selain itu, PDF juga memiliki kemampuan menyimpan berbagai jenis gambar.

4. Kompatibel Dengan Berbagai Komputer dan Perangkat Lainya

Hal menarik yang tidak dimiliki ekstensi lainya bila dibandingkan dengan PDF adalah kemampuanya untuk digunakan diberbagai perangkat. Jika pada Microsoft Words hanya bisa dibuka pada komputer yang terinstal software tersebut, maka berbeda dengan PDF. Ia kompatible dengan berbagai OS, termasuk Windows, Linux, Mac-OS dan lainnya.

Bahkan yang lebih menarik, PDF juga kompatible dengan perangkat smartphone. Ketika di buka di smartphone, tampilan file PDF sama dengan ketika dibuka di komputer.

Contoh PDF, Cara Membuat PDF dan Cara Edit PDF

Untuk contoh PDF, kamu bisa temukan dengan ketikkan kata “file PDF” di bagian search pada web browser kamu. lalu untuk cara membuat PDF bisa kamu lakukan dengan menggunakan MS Office seperti Word, Excel, Powerpoint (hanya untuk versi 2010 keatas), lalu Save As PDF. Kamu juga bisa gunakan software gratis lainnya seperti Foxit Reader untuk membuat file PDF.

Sementara untuk cara edit PDF bisa kamu lakukan dengan menggunakan software pdf editor. Hanya saja kebanyakan software tersebut itu berbayar. Untuk mengakalinya, kamu bisa convert file PDF ke word. Baru setelah itu kamu edit. Beres.

Nah itulah beberapa hal yang bisa saya jelaskan dari pengertian PDF hingga fungsi dan kelebihanya bila dibanding dengan software lainya. Saya berharap bisa bermanfaat.

12 Situs Nonton Drama Korea Gratis dan Terbaru

Pesona drama korea memang luar biasa. Ceritanya yang menyayat hati, tragis, romantis dan terkadang berakhir manis bagaikan magis untuk penikmatnya. Apalagi dibalut dengan alur...
litalia
5 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.