Pengertian Pancasila Secara Umum, Etimologis dan Menurut Para Ahli

Pengertian Pancasila adalah

Siapa yang tidak kenal Pancasila? Bahkan hampir semua warga negara Indonesia pasti sudah menghapal kelima dasar negara ini. Meskipun begitu, sebenarnya apa makna dari Pancasila itu sendiri? Jangan sampai hanya menghapal poin saja, tanpa memahami maknanya. Berikut ulasan singkat mengenai Pancasila.

Pengertian Pancasila Adalah

Apa Itu Pencasila? PengertianPancasila adalah merupakan dasar negara Indonesia yang tertuang dalam lima dasar. Kelima dasar inilah yang kemudian selalu dibacakan ketika mengikuti upacara bendera.

Hal ini bertujuan untuk menyadarkan dan mengingatkan bahwa sebagai warga negara Indonesia, maka sudah sepatutnya untuk berpedoman terhadap nilai-nilai Pancasila.

Pengertian Pancasila Secara Etimologis

Dari mana kata Pancasila berasal? Pengertian Pancasila secara etimologis merupakan pengertian yang menyesuaikan dengan konteks asal kata dari Pancasila. Kata Pancasila sendiri sebenarnya merupakan gabungan dari dua kata yaitu ‘panca’ dan ‘sila’.

Kedua kata tersebut merupakan kosakata yang diambil dari bahasa Sansekerta. Dimana ‘panca’ mempunyai arti ‘lima’ dan ‘sila’ mempunyai arti dasar, prinsip, atau asas. Dengan begitu Pancasila dapat diartikan sebagai lima dasar. Hal ini sesuai dengan jumlah sila dalam Pancasila.

Pengertian Pancasila Menurut Para Ahli

Ada cukup banyak pengertian Pancasila yang dikemukakan oleh para ahli. Kebanyakan yang mengutarakannya adalah para tokoh-tokoh yang mempunyai peran penting dalam sejarah perumusan Pancasila sendiri.

Menurut Ir. Soekarno, Pancasila merupakan isi dari jiwa seluruh bangsa Indonesia yang telah diwariskan secara turun-temurun selama sekian abad, dan sayangnya hanya terpendam akibat kebudayaan barat. Oleh sebab itu Pancasila tidak hanya sebatas falsafah negara, tetapi lebih luas yaitu sebagai falsafah bangsa Indonesia.

Sementara itu Mr. Moh. Yamin juga menyatakan bahwa Pancasila berasal dari dua kata yaitu ‘panca’ yang berarti ‘lima’ dan kata ‘sila’ yang berarti asas, dasar, sendi, atau peraturan mengenai tingkah laku yang baik dan penting. Dengan begitu Pancasila adalah lima dasar yang berisi pedoman atau aturan mengenai tingkah laku yang sangat baik dan penting.

Adapun Notonegoro berpendapat bahwa Pancasila merupakan dasar negara Indonesia, maka Pancasila menjadi dasar falsafah serta ideologi negara yang diharapkan untuk menjadi pandangan hidup bangsa Indonesia yang berfungsi sebagai pemersatu, lambang persatuan, dan kesatuan, dan juga pertahanan bangsa dan negara Indonesia.

Pengertian Pancasila Sebagai Dasar Negara

Pancasila sebagai dasar negara merupakan lima sila yang memuat ideologi serta nilai-nilai yang kemudian dijadikan sebagai pedoman, panduan, dan juga landasan dalam menjalani serta mengatur kehidupan berbangsa dan bernegara di kawasan Negara Indonesia baik dalam kehidupan sehari-hari maupun untuk urusan kenegaraan.

Pengertian Pancasila Sebagai Cita-Cita dan Tujuan Bangsa Indonesia

Makna Pancasila sebagai cita-cita dan tujuan bangsa Indonesia dapat diartikan sebagai suatu cita-cita serta tujuan yang akan dicapai oleh bangsa Indonesia.

Hal ini sejalan dengan isi dari teks Pembukaan Undang Undang Dasar 1945 yang memuat cita-cita dan tujuan bangsa Indonesia. Dimana cita-cita tersebut merupakan lima sila dari dasar negara Indonesia yaitu Pancasila.

Itulah jawaban-jawaban atas beberapa pertanyaan umum seputar Pancasila. Mulai dari apa pengertian Pancasila secara umum, bahasa dan ahli, hingga Pancasila sebagai dasar negara dan cita-cita bangsa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.